Memanfaatkan Transformasi Digital Bagi UMKM

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Jika kita bertanya, apakah UMKM benar-benar sudah memanfaatkan Digital untuk memaksimalkan bisnisnya? Fakta yang kita temukan saat ini di Indonesia ternyata masih banyak UMKM yang belum memaksimalkan transfomasi dari konvensional ke Digital. Seperti yang kita ketahui, pada tahun 2016 jumlah UMKM yang ada di Indonesia mencapai 60 juta. tentunya bicara mengenai digital sangat cocok untuk bisa memaksimalkan bisnis UMKM di Indonesia.

Ada banyak sekali manfaat trasformasi digital yang dilakukan oleh UMKM, hal ini seperti peningkatan penjualan, pengurangan biaya, kemudahan akses informasi dan peningkatan layanan pelanggan serta produktivitas pekerja.

Bicara digital sendiri masih banyak pengguna yang belum paham dan bahkan tidak menggunakan digital sama sekali dalam aktifitas bisnis. Hampir 44 persen UKM pun tengah berinvestasi pada teknologi untuk merasakan perbedaan langsung dalam mendukung proses bisnis mereka saat ini. Ekonomi Digital menjadi faktor penting dalam kelangsungan hidup bisnis mereka untuk beberapa tahun kedepannya.

Menariknya, dari temuan data dari IDCH bahwa aplikasi yang sering digunakan adalah aplikasi perangkat lunak (software) kolaboratif, CRM, dan E-Commerce menjadi andalan UMKM yang sudah Go Digital saat ini. Secara Global, UMKM sudah menyadari banyak mengenai manfaat dari tranformasi digital dan yang pasti akan terus meningkatkan profitabilitas dan skalabilitas bisnis UMKM. Tantangan yang ada dengan menggunakan teknologi adalah bagaimana memaksimalkan penggunaan teknologi tersebut untuk kebutuhan UMKM, ditambah dengan semakin upatenya teknologi membuat UMKM juga harus turut andil dalam perkembangan ini.

UMKM yang berhasil dalam linkungan transformasi digital tentunya dapat bersaing secara dan semakin kompetitif, dan mendulang banyak keuntungan dengan mencapai market global. Apakah Anda masih ragu untuk bisa Go Digital? Semakin cepat kita bertransformasi maka semakin besar peluang bisnis yang akan kita jangkau nantinya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Related Post :