Bagaimana Cara Memulai Bisnis Reseller Online

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Sebenarnya apa itu reseller? Menurut Dictionary Cambridge, reseller merupakan individu atau perusahaan yang membeli produk dari pabrik/manufaktur untuk dijual kembali ke konsumen. Untuk itu anda terlebih dahulu mengeluarkan modal baru bisa memulai berjualan. Sedangkan untuk yang menjual (hampir) tanpa modal itu adalah dropshipper.

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai reseller online. Anda dapat memulai bisnis reseller online dengan cara sebagai berikut :

  1. Membuat brand sendiri dengan menjual produk orang lain
    Banyak dari perusahaan besar yang menjual produk dari bukan mereka sendiri melainkan menjual produk dari perusahaan/orang lain contohnya saja Bukalapak, Tokopedia, Lazada dll. Memang ada sebagian produk yang dihasilkan dari perusahaan mereka sendiri tapi kebanyakan dari produk mereka dari orang lain/perusahaan.
  2. Produk apa yang akan dijual
    Untuk langkah pertama ini memang cukup bingung karena kita akan dihadapkan dengan berbagai kemungkinan/peluang produk yang akan kita jual. Anda harus mempertimbangkan beberapa syarat untuk mengembangkan produk yang akan anda jual.
  3. Selektif dalam menjual beberapa produk.
    Untuk anda yang masih pemula anda harus memilih beberapa produk yang anda jual supaya brand yang anda punya lebih terfokus dari beberapa produk saja, Sehingga mendatangkan perusahaan/individu yang menjadikan reseller anda untuk menjual produk mereka.
  4. Spesifik
    Alasan ini lebih untuk supaya kita supaya lebih fokus untuk mengenai pemasaran, sumberdaya, penjulan, kompetitor dan factor lainnya.
  5. Cari produk yang stabil
    Coba hindari produk yang sifatnya masih sementara, trend dan seasonal. Dengan menjual produk yang stabil bisa membuat brand yang anda punya bisa bertahan lama.
  6. Tingkat permintaan tinggi
    Cari produk dengan tingkat permintaan dari konsumen yang tinggi, supaya keuntungan dari produk yang kita resellerkan menjadi bertambah dan juga bisa meningkatkan brand perusahaan anda.
  7. Gak mudah rusak
    Menjadi bisnis reseller online memang membutuhkan produk dengan produk yang tidak mudah rusak karena daerah cakupan untuk bisnis online memang cukup luas, bisa mencakup antar daerah,nasional, maupun internasional . Untuk itu anda harus mengemas produk tersebut dengan sebaik baik mungkin supaya produk tersebut dapat sampai ketangan pelangan dengan aman.
  8. Hindari produk yang punya banyak konpetitor raksasa.
    Dengan menjual yang memiliki kompetior yang lebih besar akan membuat produk yang anda jual semakin tidak dikenal. Namun anda tidak perlu berkecil hati terlebih dahulu anda harus memiliki strategi yang dapat meningkatkan produk anda.
  9. Pilih produk yang simple
    Pilih produk yang simple supaya produk yang anda kirim tidak membuat anda terlalu rumit.
  10. Pilih target pasar
    Pertmbangkan taget pasar/ siapa saja yang akan menggunakan produk anda. Tentukan konsumen mulai dari umur, jenis kelamin serta factor lainnya. Memilih target pasar supaya anda dapat lebih fokus menentukan indentitas mereka.
  11. 11. Cari supplier
    Setelah benar benar mempelajari dengan pilihan produk, target pasar yang berpeluang selanjutnya adalah mencari supplier sebagai sumber pemasok. Pilih supplier dengan harga termurah serta kualitas yang tepat.
    Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

Related Post :

popup image