Menelusuri Bagaimana Dampak Virus Corona (COVID-19) Bagi Perekonomian Indonesia

News & Release, Serba Serbi / 75 | | 0

Pada Bulan Maret 2020 awal, Indonesia memulai perperangan untuk menghadapi pandemi Virus Corona (Virus Covid 19) yang mulai masuk di Indonesia. Tentunya dengan masuknya pertama kali Virus Corona (Virus Covid 19) di Indonesia akan memberikan dampak secara tidak langsung untuk negara Indonesia yang paling terasa adalah dampak dari Perekonomian dari negera Indonesia.

Sebagai informasi, Virus Corona (Virus Covid 19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang paling baru ditemukan. Virus dan penyakit baru ini tidak diketahui sebelum wabah dimulai di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019 dan masih berlangsung hingga saat ini. Bahkan pada bulan maret WHO mengumumankan bahwa Virus Corona (Virus Covid 19) ini merupakan pandemi global yang harus diselesaikan bersama-sama karena sudah meluas disetiap negara.

Baca Juga : Perbedaan Wabah, Epidemi, dan Pandemi

Survey yang dilakukan oleh Facebook menunjukkan dengan masuknya Virus Corona (Virus Covid 19) di Indonesia, hampir 80% responden dari negara Indonesia takut tertular penyakit Virus Corona (Virus Covid 19), tentunya hal ini didasari oleh karena belum adanya vaksin untuk mengatasi Virus Corona (Virus Covid 19) ini di seluruh Dunia.

 

Menelusuri Bagaimana Dampak Virus Corona (COVID-19) Bagi Perekonomian Indonesia
 

Masyarakat Indonesia sedang mempertimbangkan opsi alternatif, seperti belanja online atau pengiriman rumah, sudah mulai banyak orang di Indonesia yang Menghabiskan lebih banyak untuk pembelian online dalam 2 minggu terakhir, bahkan karena sudah banyak perusahaan yang memberlakukan Work From Home (WFH), banyak masyarakat yang memanfaatkan jasa Order makanan seperti GRAB FOOD dan GOFOOD sebagai jasa Pengiriman makanan yang di pesan lebih sering oleh masyarakat Indonesia dalam 2 minggu terakhir.

Di Indonesia sendiri, seiring dengan WFH juga menunjukkan terjadi peningkatan konsumsi media pada platform seperti Facebook atau Instagram dimana lebih dari 30% mengujungi Facebook dan 36% mengunjung Instagram lebih sering dibandingkan biasanya.

Baca Juga : Apa Itu Work From Home? Keunggulan dan Kelemahannya

Secara umum, kekhawatiran tentang orang lain lebih penting daripada orang yang terpapar virus. Data dari Google sendiri menjabarkan juga hasil pencarian yang menjadi tertinggi adalah mengenai perkembangan Virus Corona (Virus Covid 19) di Indonesia. Dikarenakan tidak adanya vaksin yang ada saat ini untuk Virus Corona (Virus Covid 19) menyebabkan masyarakat lebih takut dan mulai peduli perihal penyabab Virus Corona (Virus Covid 19) di Indonesia

Anda dapat memanfau perkembangan mengenai berita terkait Virus Corona (Virus Covid 19) di Google Trend yang disediakan oleh Google. Ada banyak sekali informasi yang diberikan mengenai perkembagnan serta tips dan trick untuk menghadapi dan mencegah penyebaran Virus Corona (Virus Covid 19).

 

Menelusuri Bagaimana Dampak Virus Corona (COVID-19) Bagi Perekonomian Indonesia | IDCloudHost
 

Sehubungan dengan itu pula, banyak masyarakat yang mulai mengurangi kegiatan diluar ruangan. masyarakat lebih banyak beralih ke menghabiskan waktu online. Seperti yang kita ketahui, Youtube mengalami peningkatan yang signifikan selama terjadinya Virus Corona (Virus Covid 19) dimana ada 41% pencarian youtube untuk Berita Lokal terkait perkembangan Virus Corona (Virus Covid 19).

Secara dampak diperekonomian Indonesia sendiri, salah satu faktor dari Virus Corona (Virus Covid 19) menyebabkan kurs dollar terhadap rupiah meninggi hingga mencapat 16.000 / $US. Bahkan laporan dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menunjukkan terjadi penurunan dalam beberapa minggu terkahir. Indeks Harga Saham Gabungan merupakan salah satu indeks pasar saham yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia.

Menelusuri Bagaimana Dampak Virus Corona (COVID-19) Bagi Perekonomian Indonesia | IDCloudHost
 

Untuk Anda pebisnis, Virus Corona (Virus Covid 19) memberikan dampak yang luarbiasa untuk kelangsungan bisnis Anda. Bahkan dari IDCloudhost sendiri mencatat ada banyak lini bisnis yang terkena salah satunya adalah disektor pariwisata terutama hotel-hotel yang mulai untuk memulangkan beberapa karyawan mereka.

Kira-kira apa saja yang perlu dilakukan untuk bisnis Anda dalam menghadapi Virus Corona (Virus Covid 19) ini ? Berikut ini adalah saran dari Facebook :

  1. Fokus pada kesinambungan bisnis dalam jangka pendek
  2. Capture bangkit kembali dalam jangka pendek
  3. Drive peningkatan struktural dalam jangka panjang

 

Menelusuri Bagaimana Dampak Virus Corona (COVID-19) Bagi Perekonomian Indonesia | IDCloudHost
 

Bagi IDcloudhost sendiri, untuk dapat memberikan keberlangsungan dengan para pelanggan Setia IDCloudhost, kami leluncurkan campaign Save The world yang membantu para pebisnis dalam memberikan solusi terbaik untuk layanan server website dan aplikasi mereka. Terutama bagi mereka yang saat ini mempunyai server di luar negeri dengan pembayaran menggunakan Dollar, tentunya hal ini sangat berdampak karena biaya (free) untuk operasional akan semakin besar dan mahal. Oleh karena itu pada program Save The World ini IDcloudhost memberikan Diskon 50% untuk pemindahan layanan hosting, Diskon 50% untuk pengguna baru Hosting dan VPS.

Lihat Campaign Save The World IDCloudhost

Untuk pelanggan lama jangan khawatir, bagi perusahaan yang membutuhkan kelonggaran untuk pembayaran juga bisa menghungi tim IDcloudhost untuk kita bantu sebisa kita dalam menghadapi masalah ditengah pandemi Virus Corona (Virus Covid 19). Semoga pandemi ini bisa berakhir segera di Indonesia dan tidak ada lagi korban yang berjatuhan karena Virus Corona (Virus Covid 19) di Indonesia. Aamiin!

Related Post :

popup image