Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Startup

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Mengulik server hosting dan segala teknologi yang ada di dalamnya memang tidak ada habisnya. Hosting seakan sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para pemiliki website di seluruh dunia. Tentu ada juga selain hosting yang perlu dimiliki oleh pemiliki website contohnya domain, Namun dari semua teknologi yang mendukung website, hosting merupakan pendukung utama munculnya website di kanal internet. Jika di ibaratkan hosting seperti sebuah rumah dimana rumah itu nantinya akan diisi file-file atau data yang diperlukan sebuah situs. Dalam perkembangannya hosting terdiri dari beberapa jenis, umumnya yang sering dipakai adalah shared hosting, dedicated hosting, dan VPS.

Jenis-jenis hosting diatas dapat kalian pilih setelah melakukan berbagai riset serta pertimbangan. Coba kita ilustrasikan sebuah studi kasus dimana ada sebuah startup yang bergerak pada bidang marketplace, tentu kebutuhan mereka akan sangat kompleks bukan? Mulai dari cara mengatur data pelanggan, menu pendaftaran, data produk yang diupload penjual, trafik yang pada ketika terjadi flash sale atau diskon. Jika website milik anda lemot atau performanya kurang maka akan berdampak pada user experience dari konsumen. Disini pemilihan hosting sangatlah berperan besar pada kinerja dari website Anda. Dari berbagai macam hosting yang sudah disebutkan diatas VPS adalah produk yang cocok untuk studi kasus startup ini.

Tidak hanya startup yang bergerak dalam bidang marketplace saja yang cocok untuk menggunakan VPS ini. Bagi setiap startup yang ingin memiliki performa website yang lebih, aksesbilitas yang tinggi, serta memiliki skalabilitas yang mumpuni maka sangat direkomedasikan menggunakan VPS ini. Apalagi startup tersebut ingin menjaga keamanan data atau sesuatu yang penting maka VPS ini sangatlah pas. Penggunaan VPS merupakan solusi sempurna bagi mereka yang sudah melampaui pemakaian paket hosting seperti Shared Hosting. Selain itu, kelebihan dari VPS adalah beragam spesifikasi yang bisa dipilih. Penasaran apa saja alasan yang harus Anda ketahui untuk memilih VPS sebagai hosting website startup anda? Yuk kita simak pada artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu VPS dan Cara Kerjanya

 

 Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Startup
 

VPS hosting adalah hosting istimewa yang dapat digunakan secara penuh bagi pembeli hosting ini selain itu juga sumberdaya yang ada di VPS bisa dimanfaatkan tanpa harus bingung ada pembagian sumberdaya layaknya shared hosting. VPS ibarat sebuah ruang khusus yang bebas kamu kreasikan untuk ingin diisi apa ruang ini, maka bisa dibilang peggunaan dari VPS ini juga bisa disebut dengan Software as Service. Pengelola VPS bebas menggunakan sumberdayanya. VPS ini sebenarnya merupakan teknologi virtualisasi, mengapa bisa dibilang virtualisasi karena sumber daya yang ada didalamnya dibagi melalui software.

Agar pemahaman lebih mengental mengenai VPS, disini akan diibaratkan VPS seperti sebuah apartemen dari sebuah gedung. Apabila Anda memiliki apartemen di sebuah gedung atau bangunan tentu apartemen tersebut sudah menjadi milik kalian dan bebas untuk melakukan apapun tanpa harus berbagi dengan pemilik apartemen lain di satu gedung tersebut.Kita bisa menamai meja, kursi, kulkas, lampu di dalam apartemen dengan RAM, Storage, CPU, bandwidth dalam sebuah VPS. Tentu barang-barang ini memiliki hak penuh Anda bukan? Berbeda dengan hosting lainnya yang  Anda harus membagi barang-barang diatas dengan pengguna lain.

Analoginya tentu akan berbeda jika Anda menggunakan salah satu jenis hosting yaitu shared hosting. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak jika hosting ini mempunyai sumberdaya yang dibagi-bagi oleh pembelinya. Shared hosting ibarat sebuah rumah yang mana rumah tersebut kita tingga untuk indekos, tentu mau tidak mau kita harus berbagi ruangan seperti dapur, kamar mandi, dan lain-lain. Sehingga shared hosting ini kurang pas karena ada banyak sekali kekurangan yang dimilikinya seperti keamanan yang kurang dan performa yang kurang maksimal.

VPS dikenal dengan teknologi virtualisasi yang membagi sumberdaya pada pengguna VPS sesuai dengan apa yang dibayar oleh pengguna. Sebagai contoh, jika server memiliki 128GB RAM, maka jumlah ini dapat dibagi menjadi 2 bagian atau lebih. Setiap pemegang akun kemudian akan diberi jumlah RAM sebagaimana ditentukan dalam kontrak hosting mereka. Sumber daya yang dialokasikan untuk setiap akun hanya untuk akun itu dan tidak akan disadap bahkan jika akun lain membutuhkan atau menggunakan lebih banyak.

 

Baca Juga : Rekomendasi Anti-Malware Terbaik untuk Laptop / Komputer OS Windows 

 

Kelebihan Memiliki VPS Hosting

 

 Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Startup

Agar Anda lebih mantap lagi untuk memilih VPS sebagai hosting untuk startup, berikut ini akan disajikan kelebihan apa saja yang dimiliki oleh VPS. Pasti banyak yang sudah mengetahui tentang kelebihan yang dimiliki oleh layanan VPS ini. Apabila dibandingkan dengan jenis hosting lainnya VPS ini memiliki keistimewaan tersendiri, seperti sumberdaya yang terpisah, keamanan yang terjamin, penggunaan full-managed, dan masih banyak lagi. Agar anda yang belum paham tentang keunggulan dari VPS ini berikut adalah keunggulannnya.

 

  • Skalabilitas yang tinggi

    Namun, jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, kemungkinan besar tingkat lalu lintas akan meningkat seiring dengan perluasan basis pelanggan, dan Anda akan memerlukan server untuk mengakomodasi ini. Tidak seperti server bersama, yang dapat dibatasi dalam hal skalabilitas, VPS memudahkan untuk meningkatkan operasi tanpa mengganggu fungsi server.

  • Fleksibilitas

    Masalah umum yang dapat terjadi jika Anda tidak menggunakan VPS adalah kurangnya akses ke lingkungan root Anda. Tanpa akses root, Anda harus mengandalkan paket perangkat lunak yang didukung penyedia hosting. Perangkat lunak yang tidak didukung dapat menimbulkan masalah keamanan bagi penyedia hosting, dan pada server bersama, perangkat lunak yang tersedia akan ditentukan oleh host.

  • Kemanan Data Lebih Baik

    Dengan menggunakan VPS otomatis data Anda akan sangat aman karena dari sisi penggunaan sumber daya yang tidak dibagi-bagi tadi. Tentu hal ini sangat penting jika anda merupakan pemiliki website e-commerce untuk melindungi data pribadi pengguna dan pembayaran.

 

Baca Juga : Daftar Aplikasi yang Biasanya Digunakan Oleh Hacker untuk Menjalankan Aksi

 

Alasan Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan VPS

Seiring perkembangan dunia digital yang cepat dan dinamis maka pasti bisa dipastikan ada beberapa hal dikehidupan ini yang akan terdisrupsi. Banyak startup-startup di Indonesia yang melakukan beragam inovasi yang telah mendisrupsi cara-cara lama dalam kehidupan sehingga go digital. Misalnya saja sekarang ada startup yang bergerak pada bidang ride hailing, dulu ojek dipandang sebelah mata oleh masyarakat di Indonesia namun sekarang terbukti dengan inovasi yang dilakukan ojek malah jadi pekerjaan yang digandrungi banyak orang.

Semakin banyak pengguna yang mendaftar di sebuah startup tentu mereka akan melewati berbagai macam proses melalui platform. Salah satunya adalah website, dimana memang tidak bisa dipungkiri campur tangan website tidak bisa dipisahkan dari tumbuhnya sebuah startup. Bagi sebuah startup yang kebutuhan terus berkembang sangat direkomendasikan jika menggunakan hosting VPS. Hosting VPS ini memiliki beberapa kelebihan seperti yang sdah disinggung diatas.

Berbeda dengan jenis hosting lainnya, VPS memiliki OS dan sumber daya sendiri. Mereka terisolasi satu sama lain meski seperti terlihat sekana menggunakan server yang khusus yang sama. Sehingga mekaniskan memungkinkan anda mendapatkan performa yang terbaik. Jika Anda ingin memiliki VPS yang terbaik dan oke banget Anda bisa melihat VPS yang ditawarkan oleh IDCloudHost. IDCloudHost menawarkab berbagai fitur-fitur yag bisa anda sesuaikan dengan bisnis online yang dimiliki. Anda akan merasakan fleksibilitas dan kemudahan paket0paket IDCloudHhost. Berikut adalah alasan mengapa anda harus menggunakan layanan VPS ini.

 

  • Peningkatan Keandalan

    Saat Anda membuat situs web bisnis, perhatian pertama dan terpenting yang perlu Anda ambil adalah keandalan situs web Anda. Penggunaan terpenting dari server pribadi virtual adalah meningkatkan keandalan situs web Anda. Performanya, serta waktu aktif situs web, dapat diperbarui dengan bantuan server VPS. Bersamaan dengan itu, Anda juga dapat mengatasi masalah tertentu seperti RAM, Server Load, dll.

  • Penghematan biaya

    Meskipun solusi hosting VPS agak lebih mahal daripada solusi hosting bersama, solusi ini menawarkan sumber daya, fitur, dan dukungan teknis yang ditingkatkan lebih baik yang sangat berguna untuk bisnis pemula di luar sana. Jika dibandingkan dengan hosting web khusus, solusi hosting VPS jauh lebih murah dan terjangkau. Ini cukup menguntungkan, mengingat fakta bahwa fitur dan layanan yang ditawarkannya hampir mirip dengan host khusus.

  • Performa

    Server VPS beroperasi sebagai server khusus independen meskipun server mungkin terdiri dari lingkungan virtual lainnya. Dan sebagai tambahan, ini menjalankan sistem operasi sebagai salinan. Bersamaan dengan itu, VPS menawarkan pengguna untuk memiliki kontrol administratif, dan fleksibilitas untuk menginstal beberapa aplikasi mereka seperti Apache, MySQL, dan PHP.

  • Keamanan Tingkat Tinggi

    Keamanan situs web startup adalah yang paling penting. Itu adalah sesuatu yang dapat membuat atau menghancurkan bisnis dalam hitungan menit. Salah satu manfaat paling signifikan dari hosting VPS untuk situs web Anda adalah memastikan tingkat keamanan yang tinggi. Bahkan jika Anda berbagi server dengan pengguna lain, data Anda tetap pribadi dengan lingkungan resmi Anda, ini salah satu manfaat paling penting dari paket hosting VPS.

  • Sesuaikan sesuai kebutuhan

    Perusahaan rintisan membutuhkan server yang dapat disesuaikan sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka yang terus berkembang. Ini juga berarti bahwa Anda hanya perlu membayar untuk layanan yang Anda gunakan, bukan biaya tambahan untuk fasilitas yang tidak berguna bagi bisnis Anda. Paket hosting VPS sangat mudah disesuaikan jika diperlukan. Ini berarti bahwa bisnis start-up Anda akan tumbuh selama periode waktu tertentu, paket hosting VPS juga akan berkembang untuk menyediakan sumber daya dan ruang penyimpanan tambahan yang diperlukan.

 

Baca Juga : Apa itu Hosting : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya 

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan bantuan teknologi VPS maka Anda akan lebih mudah dalam menjaga website lebih stabil dan lancar. Jika Anda memiliki sebuah startup yang memiliki trafik yang tinggi. Dengan teknologi internet yang terus meningkat, dan semakin banyak bisnis yang memanfaatkan kekuatan internet untuk meningkatkan eksposur mereka, ada kebutuhan untuk menggunakan server pribadi virtual. Meskipun ada paket hosting lain yang tersedia, seperti paket bersama, ini dapat berdampak negatif pada fungsi situs web jika lalu lintas meningkat.

VPS akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar dan skalabilitas yang lebih mudah saat Anda mengembangkan bisnis. Selain itu, rendahnya biaya penggunaan VPS membuat opsi ini terjangkau untuk hampir semua perusahaan. Jika Anda membutuhkan layanan hosting untuk bisnis Anda, Anda akan ingin mempertimbangkan server pribadi virtual. Demikianlah artikel mengenai alasan menggunakan VPS untuk startup anda.

 

 

Related Post :