Mengenal Apa Itu AdSense dan Cara Memanfaatkannya Untuk Mendapatkan Uang

Serba Serbi, Tips & Tricks / 2 | | 0

Bagi mereka yang mempunyai situs web atau blog, ada banyak cara untuk memanfaatkan dan memonetisasi lalu lintas situs web Anda. Sebagian besar dari cara beriklan ini biasanya berupa cara dengan mengiklankan produk atau layanan pihak ketiga kepada pengunjung situs web Anda. Ada banyak juga program periklanan yang bisa Anda pilih dan menghasilkan uang meski yang paling populer dan lebih dikenali adalah Google AdSense.

Diluncurkan pada pertengahan 2003 oleh Google, AdSenses menjadi program periklanan yang paling terkenal di internet dan menjadi pilihan utama bagi para pemilik blog maupun situs web. Ini adalah peluang bagus bagi webmaster dan pemilik situs untuk memonetisasi lalu lintas mereka karena Google membayar lebih dari $ 10 miliar kepada mereka yang menayangkan iklan di laman situs mereka.

Meski Google AdSense adalah alat populer untuk menghasilkan uang secara online melalui situs web atau blog Anda melalui iklan, tetapi juga ada banyak alternatif Adsense yang mungkin ingin Anda coba seperti Adversal, PopCash, Adbuff dan lain-lain. Namun jika Anda tertarik mencoba program periklanan yang bisa disematkan di laman Anda ini, mari simak penjelasan mengenai AdSense sebagai cara lainnya untuk tetap menghasilkan uang berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu AdSense dan Cara Kerjanya

AdSense atau yang lebih dikenal sebagai Google AdSense adalah program periklanan yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari konten seperti blog, situs web, atau video YouTube. Klien membayar untuk beriklan melalui Google dan Anda akan mendapatkan sebagian dari pembayaran itu dengan cara menghosting iklan di situs, blog atau saluran Anda. Untuk bergabung dan mendaftar ke AdSense sepenuhnya gratis jadi Anda harus berhati- hati jika yang terjadi sebaliknya. Hanya saja untuk dapat bisa menyematkan iklan di laman Anda, Google terlebih dulu harus menyetujui situs web Anda. Sayangnya pihak Google tidak mengungkapkan bagaimana kriteria mereka dalam memberikan persetujuan namun jika situs Anda memiliki konten unik dan mematuhi kebijakan AdSense, Anda dapat mengajukan permohonan. Google juga memberikan batasan umur, mereka yang ingin mendaftar harus berusia minimal 18 tahun.

Setelah permohonan Anda disetujui, Anda dapat mengatur agar iklan muncul di situs Anda serta Anda dapat memilih jenis iklan mana yang dijalankan dan di mana pada halaman iklan tersebut akan muncul. Tetapi mereka yang mempunyai iklan dan muncul di situs Anda menawar hak mereka untuk berada di sana. Adapun AdSense sendiri memungkinkan pengiklannya bersaing untuk mendapatkan ruang di situs web Anda berdasarkan konten Anda, serta seberapa besar kemungkinan mereka mendapatkan klik pada iklan mereka dari pengunjung. Google menentukan iklan- iklan tersebut melalui skor kualitas pengiklan.

Perlu diketahui bahwa ada dua faktor yang berperan di sini, yakni adalah rasio klik tayang atau click-through rate (CTR) yang merupakan persentase pengunjung situs Anda yang menurut Google akan mengklik iklan. Sedangkan rasio yang lain adalah yang disebut sebagai faktor yang mempengaruhi kualitas pengalaman pengguna dari melihat iklan. Walau pihak Google tidak akan mengungkapkan apa yang dimaksud dengan faktor terakhir, namu jika merujuk pada situs resmi mereka, relevansi pengalaman iklan dan halaman arahan adalah kuncinya.

 

Memahami Kelebihan dan Kekurangan AdSense

Mengenal Apa Itu AdSense dan Cara Memanfaatkannya Untuk Mendapatkan Uang
 

 

Bagi mereka yang ingin mendaftar di AdSense, sekali lagi harus memahami bahwa AdSense memiliki pedoman yang ketat dan para penerbit iklan bertanggung jawab untuk memahami dan mengikuti aturan. Tetapi walau AdSense adalah ide yang brilian bagi tiga pihak, Google, pemilik iklan dan Anda selaku pemilik situs web dan blog tempat dimana iklan akan tampil nantinya, AdSense juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

 

Kelebihan AdSense

  • Siapa saja dapat mendatar dan memenuhi persyaratan, bahkan situs baru dapat bergabung secara gratis.
  • Anda dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa iklan dan memilih dari berbagai opsi format iklan yang tersedia.
  • Gunakan akun AdSense yang sama untuk menjalankan iklan di beberapa situs web.
  • Iklan juga berjalan aktif di umpan RSS dan perangkat seluler.
  • Anda akan dibayar secara bulanan oleh Google setelah memenuhi batas jumlah $100.
  • Bagi pendaftar di akun YouTube, setelah akun YouTube Anda memiliki setidaknya 1.000 pelanggan dan 4.000 jam waktu tonton, penerbit dapat menggunakan AdSense di akun YouTube Anda.

 

Baca Juga  :    Ukuran Gambar Iklan Google Ads yang Umum Digunakan

 

Kekurangan AdSense

  • Penerbit membutuhkan lalu lintas yang jelas untuk menghasilkan uang.
  • Jika Anda melanggar salah satu aturan atau pedoman, Google akan menghentikan akun Anda dengan cepat.
  • Butuh waktu untuk mendapatkan dolar yang signifikan dan cara ini sayangnya tidak disukai untuk semua orang.
  • Untuk penayang yang juga mempromosikan produk mereka sendiri atau afiliasi, iklan AdSense dapat bersaing di situs Anda dengan produk atau layanan lain yang membayar lebih tinggi.

 

Baca Juga  :   Panduan Lengkap YouTube Ads untuk Pemula Sebelum Beriklan

 

Cara Memanfaatkan AdSense Untuk Mendapatkan Uang

Mengenal Apa Itu AdSense dan Cara Memanfaatkannya Untuk Mendapatkan Uang
 

Terkenal dan mudah, untuk dapat menghasilkan banyak uang dengan AdSense memerlukan rencana tersendiri juga. Berikut adalah kiat untuk memaksimalkan dan memanfaatkan pendapatan AdSense agar lebih menghasilkan :

  • Para webmaster harus membaca mematuhi kebijakan webmaster Google, serta kebijakan program AdSense.
  • Buat konten hebat yang ingin dibaca oleh target pasar Anda karena pada akhirnya, uang dihasilkan, baik melalui AdSense atau metode monetisasi lainnya, dengan menyediakan konten yang berharga dan lalu lintas berkualitas ke blog atau situs web Anda.
  • Anda diizinkan tiga penempatan iklan standar per halaman, karenanya gunakan semuanya untuk manfaat semaksimal mungkin.
  • Jangan mengklik iklan Anda sendiri atau meminta orang lain untuk mengkliknya karena ini bisa berpotensi buruk. Hindari membeli jasa untuk melakukan Pay Per Click (PPC), atau menggunakan program yang dirancang untuk mengarahkan lalu lintas ke halaman AdSense adalah melanggar aturan. Ingat, Google tidak terlalu memaafkan tentang melanggar aturan, jadi pastikan untuk mematuhinya agar Anda tidak di banned.
  • Google dapat membanjiri Anda dengan alat dan umpan balik, tetapi lakukan yang terbaik untuk menganalisis data Anda untuk melihat apa yang dikatakannya tentang hasil Anda sehingga Anda dapat memaksimalkan upaya Anda.
  • Gunakan teknik pemasaran situs web pembangun lalu lintas organik yang jujur. Manfaatkan SEO atau pengoptimalan mesin telusur dan pemasaran artikel efektif dalam mendapatkan lalu lintas gratis ke situs Anda.
  • Pastikan website atau blog Anda telah dioptimalkan untuk seluler yang responsif mengingat jumlah orang yang menggunakan perangkat seluler tinggi. Pastikan juga Anda menggunakan iklan responsif sehingga Google dapat mengirimkan ukuran iklan yang sesuai ke perangkat seluler yang melihat situs Anda.
  • Sertakan iklan dalam konten untuk visibilitas yang mana ini berarti menyisipkan iklan dalam artikel Anda, yang dapat meningkatkan klik karena akan terlihat selama membaca postingan.
  • Uji jenis dan penempatan iklan untuk menemukan opsi yang menghasilkan pendapatan terbanyak: Mulailah dengan ukuran standar yang direkomendasikan lalu alihkan untuk melihat apakah satu ukuran menghasilkan lebih banyak klik daripada lain.
  • Membaca email dari Google bisa menjadi sangat penting jika Google mengirimkan peringatan tentang sesuatu yang tidak disukai di situs Anda. Kegagalan dalam menangani keluhan Google akan mengakibatkan penghentian program AdSense sehingga ini akan berdampak buruk terhadap Anda.

 

Baca Juga  :     Ukuran Gambar Postingan TikTok Feed, Story, Ads yang Umum Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Cara umum untuk memonetisasi blog atau situs web Anda adalah dengan menggunakan Google AdSense. Walau ini bukanlah cara cepat mendatangkan uang yang bisa memakan waktu lama untuk mendapatkan sejumlah hasil dari menyisipkan iklan di laman Anda. Namun, mengetahui cara menggunakan Google Adsense juga dapat menghasilkan pendapatan dalam waktu jangka panjang.

Mendaftar dan menyediakan laman web serta blog Anda untuk menampilkan iklan dari AdSense adalah komitmen yang cukup kompleks meski memang bukan berarti ini teknik mendapatkan pemasukan yang buruk. Hanya saja Anda harus lebih teliti dan hindari cara- cara kotor dalam AdSense agar pihak Google tidak menempatkan situs web dan blog Anda dalam daftar hitam mereka.

Related Post :