Mengenal Apa Itu Anchor Text Serta Fungsi dan Manfaat untuk Website

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Kamu suka menulis? Tapi tidak tahu caranya agar tulisan anda bisa menghasilkan uang? Nah, salah satunya anda bisa menjadi blogger. Hanya bermodal internet dan kemampuan anda menulis anda bisa mendapatkan uang? Namun, ada beberapa trik yang dilakukan agar tulisan anda menarik dan mendapat rangking pertama didalam pencaharian google.

Salah satunya, ialah dengan anchor text yang menjadi kekuatan dalam internet marketer. Terutama yang bermain di ranah SEO, Anchor Text menjadi teknik dasar yang perlu diketahui karena banyak sekali manfaat yang bisa diberikan untuk Website dan aplikasi.

Anda harus mengetahui kekuatan dari anchor text ketika pada saat ingin mengoptimasi website di mesin pencaharian. Nah, berikut ini pembahasan artikel mengenai Anchor Text.

 

Apa itu Anchor Text ?

 

Anchor text adalah kata familiar yang digunakan oleh banyak para internet marketer yang belum mengetahui arti sebenarnya sampai akhirnya terdapat pembaruan dari Google’s Penguin dan Hummingbird. Anchor text merupakan bagian penting dari SEO dan sangat berpengaruh kuat pada urutan website Anda di mesin pencari.

Ketika Anda menggunakan anchor text dengan baik, maka Anda akan menyaksikan sendiri bahwa peringkat website Anda akan bergeser semakin tinggi setiap harinya. Namun, ketika anda membuatnya dengan pemikiran yang matang, tanpa anda sadari bahwa lama – kelamaan pencarian trafik organik akan muncul diurutan pertama dalam google.

Baca Juga : Panduan Untuk Pengoptimalan SEO

 

Apa itu Anchor Text & Bagaimana Cara Membuatnya?

Diantara berbagai strategi SEO, anchor text adalah satu yang mungkin sering terlewat. Padahal anchor text merupakan satu bagian yang cukup penting dalam optimasi website. Maka dari itu, sudah saatnya Anda mulai memperhatikan anchor text di website Anda.

Anchor Text bisa diterapkan diberbagai media pada website kita terutama pada link maupun link yang berisikan gambar, sehingga hal ini sangat penting untuk bisa membangun backlink internal dan External Website Kita. Anda bisa menempatkan di semua bagian website termasuk pada postingan, sidebar, banner, maupun footer website.

 

Mengapa Anchor Text Penting?

Ketika Google mengandalkan anchor text untuk mengetahui informasi tentang website atau laman. Bagi Google anchor text adalah sebuah deskripsi isi sebuah konten. Anchor text merupakan sebuah teks yang menghubungkan lokasi atau dokumen lain pada sebuah Website dinamakan anchor text.

Intinya anchor text itu adalah sebuah text yang bisa di klik pada hyperlink. Contohnya, pada sebuah kalimat “cara membangun bisnis online” pada Wikipedia merupakan anchor text. Semakin banyak orang mencari suatu tutorial dan merujuk ke suatu laman website anda, maka semakin relevan konten itu dengan yang dicari pengguna internet. Intinya anchor text ikut memperngaruhi website peringkat di mesin pencarian.

Pencaharian Google merupakan sebuah penilaian seberapa relevan sebuah konten ikut berubah. Ini merupakan salah satu cara untuk menentukan peringkat website di mesin pencarian. Pada tahun 2012, Google membuat sebuah algoritma yang diberi nama Google Penguin. Algoritma ini khusus dibuat untuk mengeliminasi website curang dari mesin pencarian dan mengurangi spam.

Artinya, algoritma ini berusaha memaksimalkan konten yang relevan agar bisa muncul di mesin pencarian. Maka dari itu, penting untuk memahami bagaimana anchor text bekerja. Hal ini karena salah satu unit SEO ini ikut menentukan seberapa relevan sebuah konten di mesin pencarian.

 

Jenis – Jenis Anchor Text

Berikut ini ada beberapa jeni anchor text yang terdapat dalam sebuah website :

  1. BrandedBranded adalah anchor text yang berupa nama merk. Branded meupakan anchor text yang cukup aman digunakan, namun jika anda tidak menggunakannya untuk merujuk pada merk website Anda sendiri. Contohnya ialah, Seperti dibawah ini :
  2. Generic
    Generic adalah berupa sebuah perintah atau petunjuk dalam anchor text. Contohnya seperti dibawah ini :
  3. Exact-match
    Exact-match sebagai kata kunci yang hampir sama dengan tautan yang dilampirkan. Misalnya Contoh nya seperti dibawah ini :
  4. Partial-match
    Berbeda dengan sebelumnya, anchor text ini memodifikasi kata kunci utama dari tautan yang dilampir.
  5. Naked link
    Naked Link adalah sebuah anchor link yang menampilkan tautan secara langsung.
  6. Images
    Images merupakan Anchor Text yang diambil dari dari alt text sebuah gambar. Ketika alt text tersebut tidak diisi, maka anchor text akan kosong. Anda perlu menambahkan Anchor Text pada gambar, karena hika gambar tidak bisa diakses dengan baik dan benar, Anchor Text berperan penting menggantikan deskripsi dari gambar tersebut.

 

Membuat Anchor Text

Cara membuat anchor text terbilang mudah. Tentukan kata kunci dan berikan tautan dalam beberapa klik. Akan tetapi, ada baiknya untuk mengingat prinsip-prinsip di bawah ini. Apalagi kalau bukan untuk menghindari penalti dari Google.

1. Keyword pada Anchor Text

Ketika anda ingin memberi sebuah informasi ke papan pencaharian yaitu google, anda harus menentukan kata kunci yang tepat. Kata kunci sangat berpengaruh dalam rujukan konten anda. Anda hanya cukup menggunakan dua sampai tiga kata sebagai kata kunci saja. Semakin tepat kata kunci anda dengan konten anda maka semakin bagus urutan tampilan anda di dalam google.

Buatlah anchor text yang singkat, tepat dan menarik. Agar konten dalam website anda menjadi lebih efektif dan banyak dikunjungi. Dan pastikan Anchor Text  yang Anda buat relevan dengan konten yang Anda berikan agar orang lain  yang mengakses link tersebut juga  tidak tersesat.

 2. Berikan Sinonim kata kunci untukAnchor Text

Dalam sebuah konten, anda dapat memberikan tautan yang tepat dengan konten blog anda. Jika konten anda sesuai dengan tautan anda maka akan membantu meningkatkan ranking dalam mesin pencaharian. 

Ketika anda tidak memberikan tautan atau tautan yang anda berikan tidak relevan dengan konten anda, maka akan membuat pengunjung website anda tidak tertarik untuk membaca konten lainnya pada website anda. Tautan dapat membuat bounce rate website anda  semakin tinggi.

3. Jangan Lakukan Spam pada Anchor Text

Anda tidak dianjurkan untuk memberikan kata kunci yang berulang – ulang dalam anchor text. Hal ini akan membuat website anda akan terkena pinalti dari google karena over-optimization. Anda bisa memberikan kata kunci kalimat sinonim  pada anchor text anda.

Bahkan, mesin pencaharian Google  dapat otomatis mendeteksi sinonim dari keyword yang anda gunakan. Hal ini menjadi salah satu hal yang menarik karena Secara Trafik SEO sungguh hal ini bisa sangat menguntungkan sekali

Baca Juga : Mengapa Seo Penting Bagi Bisnis

 

Kesimpulan Dan Penutup

Dalam sebuah mesin pencaharian yaitu Google, anda pasti menginginkan website anda menjadi urutan pertama. Sehingga dapat membuat pengunjung dalam website anda semakin banyak.

SEO (search engine optimizer) merupakan hal yang paling penting dalam meningkatkan traffic pengunjung website anda. Salah satunya yaitu dengan anchor text sebagai sebuah elemen dari SEO.

Dalam startegi marketing, seorang internet marketer harus mampu membaca peluang dan optimasi dalam sebuah website. Agar konten dalam website yang anda buat dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

 

Related Post :

popup image