Mengenal Apa itu Bisnis Dropship dan Keuntungannya

Business, Marketing / 0 | | 0

Sebelum mengenal bisnis dropship, saat ini sering kali dari kita melihat adanya fenomena belanja online yang tengah diminati oleh berbagai kalangan. Kebanyakan dari masyarakat saat ini mulai enggan membeli barang di toko fisik melainkan lebih memilih belanja didunia maya alias belanja online.

Hal demikian terjadi karena belanja online memang lebih praktis dan kita tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mendatangi toko tersebut. Berbagai toko online yang muncul telah menawarkan sejuta keuntungan dan keunikan dari masing-masing toko tersebut. Seiring dengan bermunculannya toko online tersebut lah yang merupakan menjadi pengaruh dari perubahan pola belanja masyarakat saat ini.

Meskipun begitu, tahukah anda bahwa berjualan melalui toko online atau sosial media anda tidak diharuskan untuk memiliki barang tertentu yang nantinya akan dijual kepada dunia maya? Mungkin yang seperti itu akan terdengar mustahil bagi sebagian orang yang masih awam akan hal tersebut. Namun, tidak akan menjadi mustahil jika anda mengenal bisnis dropship.

Ya, mengenal bisnis dropship memang tidak memerlukan modal sedikitpun untuk membeli barang yang akan kita jual tersebut. Bagi anda yang masih ragu untuk memulai bisnis karena terhambat biaya maka mengenal bisnis dropship sangat cocok bagi anda karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk memulai bisnis jualan online ini.

 

Pengertian Bisnis Dropship

 

Untuk mengenal bisnis dropship lebih jelas lagi, mari kita bahas seperti apasih bisnis dropship itu dan apa saja keuntungan yang didapat apabila kita menjalankan bisnis ini, simak berikut penjelasannya. Mengenal bisnis dropship adalah pola bisnis yang sudah dikenal diberbagai kalangan terutama semenjak adanya era dunia internet yang dapat memudahkan para pelaku bisnis online dalam menjalani usahanya.

Bila diartikan secara sederhana, Bisnis Dropship merupakan bisnis yang memiliki sistem jual beli dimana para penjual tidak diharuskan untuk memiliki stok barang yang akan dijual melainkan yang wajib menyiapkan stok barang tersebut adalah dari pihak supplier.

Supplier disini berperan sebagai pemasok barang yang nantinya diwajibkan untuk menjamin ketersediaan barang yang akan dijual. Dan seorang Dropshiper hanya bertugas untuk memasarkan produk dari supplier tersebut sampai dikenal oleh banyak orang dan kemudian akhirnya banyak yang berminat untuk membeli.

Meskipun barang yang akan dijual bukanlah barang dari anda sebagai Dropshiper namun apabila nantinya ada pelanggan yang ingin membeli barang yang anda pasarkan, supplier akan mengirim barang tersebut langsung kepada pelanggan dengan menggunakan nama anda.

Jika dijabarkan ada pihak-pihak yang terlibat dalam pola bisnis Dropship ini yaitu, dropshipper yang berperan sebagai penjual barang dari supplier, Supplier berperan sebagai pemiliki atau pemasok barang yang akan dijual, dan yang terakhir konsumen yaitu orang yang membeli barang dari si Dropshiper.

Mengenal bisnis dropship, cara kerjanya cukup sederhana. Dropshiper bertugas memasarkan barang yang tersedia dari supplier, kemudian apabila ada yang memesan ia harus menginformasikan barang yang dipesan tersebut kepada supplier atau pemasok agar segera dipersiapkan dan dikirim langsung kepada alamat si pembeli.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online

Dalam hal ini semua proses persiapan sampai pengiriman barang akan dilakukan oleh supplier atau si pemasok barang jadi anda sebagai Dropshiper tidak perlu repot-repot mengurus barang yang dipesan oleh pelanggan.
Dalam menjalani bisnis Dropship pastinya terdapat beberapa keuntungan yang akan diperoleh, berikut beberapa penjelasan keuntungan ketika anda menjadi seorang Dropshiper, diantaranya:

  1. Tidak Membutuhkan Modal

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya menjalankan bisnis dropship memang anda tidak perlu untuk mengeluarkan modal sepeserpun. Hal tersebut karena dropshiper hanya perlu melakukan pemasaran produk kepada konsumen yang nantinya akan diurus oleh pihak pemasok barang hingga sampai kepada tangan pembeli.

  2. Bisa Menjual Produk Dari Berbagai Pemasok atau Supplier

    Keuntungan yang cukup menggiurkan ketika mengenal bisnis dropship adalah ketika anda sebagai Dropshipper dapat melakukan penjualan beragam jenis produk yang berasal dari berbagai supplier. Jadi anda tidak diharuskan hanya berfokus pada satu supplier tetapi bisa dengan banyak supplier sekaligus.Contoh kasus lainnya apabila anda mendapati suatu barang stoknya habis di suatu supplier anda dapat memesannya disupplier yang lainnya. Perlu anda ketahui, semakin banyak produk yang anda jual dari berbagai supplier maka akan semakin banyak pula keuntungan yang akan anda peroleh.

  3. Tentukan Harga Produk Sendiri

    Sebagai Dropshipper, anda memiliki keluasan dalam hal menentukan harga dari barang yang akan anda jual tersebut dengan tetap mempertimbangkan modal dari supplier dan keuntungan yang akan anda peroleh. Hal ini tergantung bagaimana kita bisa bersaing dengan menawarkan harga yang terjangkau dan dapat diterima oleh pasar kita sehingga bisa mendapatkan margin untung yang besar juga pastinya.

  4. Tidak membutuhkan tempat berjualan atau toko

    Yang sering menghambat seseorang untuk memulai menjalankan bisnis adalah menentukan tempat yang strategis untuk berjualan belum lagi modal untuk membeli tempat yang kadang cukup menguras kantong. Lain halnya jika anda mengenal bisnis dropship, anda tidak perlu pusing untuk membuat toko karena bisnis ini hanya dipasarkan lewat dunia maya. Jadi pastinya akan lebih menghemat biaya bukan?

    Satu hal yang disayangkan, banyak dari masyarakat yang menganggap mengenal bisnis dropship sama hal nya dengan reseller karena dua hal tersebut sangat berbeda.Kenapa demikian? Karena biasanya kalau reseller diharuskan setidaknya sudah mempunyai atau menyediakan barang yang akan dijual tersebut, lain halnya dengan mengenal bisnis dropship yang tidak mengharuskan penjual untuk memiliki barang yang akan dijual tersebut terlebih dahulu karena itu merupakan bagian dari supplier.

    Berjualan dengan mengenal bisnis dropship akan membantu anda untuk lebih mengembangkan jaringan bisnis dengan menjelajah pasar yang lebih luas melalui dunia maya. Disamping itu anda akan tetap memiliki nama toko sendiri yang akan dikenal meskipun bukan anda yang mengirim barang tersebut.

Baca Juga : Penyebab Umkm Gagal Dalam Membangun Bisnisnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Dropship merupakan pola bisnis yang sudah dikenal diberbagai kalangan terutama semenjak adanya era dunia internet yang dapat memudahkan para pelaku bisnis online dalam menjalani usahanya.

Bisnis Dropship dapat memudahkan anda dalam berjualan baik online maupun offline. karena produk yang diijual, di drop terlebih dahulu.

Selain itu keuntungan menggunakan Dropship ialah dengan tidak membutuhkan modal, jadi anda hanya cukup mempromosikannya terlebih dahulu kepada pelanggan. Setelah itu, ketika pelanggan sudah membeli produk anda, maka anda dapat membayar modal dari produk anda toko tersebut.

Related Post :

popup image