Mengenal Apa Itu Cloud VPS dan Layanan Terbaiknya di Indonesia

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Virtual Private Server (VPS) adalah salah satu tren yang tengah populer di web hosting saat ini. Mengapa tidak, layanan ini menyediakan lingkungan otonom dengan sumber daya yang cukup untuk menangani situs web dengan lalu lintas tinggi sekalipun. Hosting VPS menghilangkan semua risiko yang terkait dengan hosting bersama yakni overselling, memonopoli sumber daya, keamanan yang buruk.

Sementara itu dengan dukungan paket server virtual semakin murah, membuatnya lebih hemat biaya daripada menyewa seluruh server khusus. Begitu juga pilihannya seperti cloud VPS yang dikenal lebih praktis namun dengan support yang tidak kalah canggihnya. Tren cloud sendiri tumbuh dengan sangat cepat dan mengubah bahkan hal-hal paling mendasar yang biasa kita gunakan contohnya ponsel, TV, game, jam tangan pintar, dll.

Ada banyak alasan mengapa Cloud mendapatkan adopsi yang cepat di tengah masyarakat dan bisnis saat ini karena keuntungan ekonomi, kelincahan, kecepatan, skalabilitas, waktu aktif yang lebih besar, kemandirian lokasi, kolaborasi yang lebih besar, dll. Memahami fakta ini, organisasi, bisnis, perusahaan maupun individual ikut beralih dari teknologi tradisional ke teknologi terbaru yang lebih advance Cloud VPS yang diberikan sebagai layanan cloud. Jadi, jika Anda juga berencana menggunakan hosting VPS tradisional, mari simak penjelasan dibawah ini dalam mencari lingkungan cloud untuk kebutuhan hosting Anda dan adopsi teknologi yang trendy ini.

 

Mengenal Apa Itu Cloud VPS

Mengenal Apa Itu Cloud VPS dan Layanan Terbaiknya di Indonesia
 

Secara garis besar, virtual private server (VPS) adalah metode mempartisi komputer server fisik menjadi beberapa server sedemikian rupa sehingga masing-masing memiliki tampilan dan kemampuan berjalan pada mesin khusus sendiri. Setiap server virtual dapat menjalankan sistem operasi lengkapnya sendiri, dan setiap server dapat di-boot ulang secara independen. Komputasi awan/cloud computing adalah gaya komputasi di mana sumber daya yang dapat diskalakan secara dinamis dan seringkali ter-virtualisasi disediakan sebagai layanan melalui Internet.

Pelanggan yang terlibat dalam komputasi awan tidak memiliki infrastruktur fisik yang berfungsi sebagai tuan rumah bagi platform perangkat lunak yang bersangkutan. Sebaliknya, mereka menghindari pengeluaran modal dengan menyewa penggunaan dari penyedia pihak ketiga. Mereka mengkonsumsi sumber daya sebagai layanan, sebagai gantinya hanya membayar sumber daya yang mereka gunakan.

Hosting VPS sangat populer, begitu juga Cloud VPS. Cloud VPS membawa hosting VPS ke cloud, artinya VPS dikonfigurasikan di lingkungan cloud di semua fitur utama seperti penyimpanan, memori, dll. Di antara beberapa jenis cloud hosting yang tersedia, Cloud VPS hosting adalah yang paling populer. Kebanyakan orang tanpa anggaran yang cukup untuk menawarkan paket cloud dedicated server, cloud VPS akan menjadi pilihan terbaik.

 

Baca Juga  :     Fitur dan Keunggulan Layanan Cloud Object Storage Terbaik Indonesia

 

Manfaat dan Keunggulan Cloud VPS

Seperti yang diketahui, hosting berbasis cloud, bagaimanapun, lebih stabil karena tidak akan ada efek pada kinerja ketika bagian dari komponen turun karena didesentralisasi. Di Cloud, ada opsi untuk mengintegrasikan sumber daya tambahan jika diperlukan. RAM, ruang disk, atau bandwidth, dll., dapat ditambahkan dengan beberapa klik dan diberhentikan ketika tidak lagi diperlukan tanpa kerugian finansial. Dengan demikian, Cloud hosting juga dapat didefinisikan sebagai solusi web hosting yang menyediakan sumber daya sesuai permintaan. Ini dapat diskalakan secara dinamis dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Tidak diperlukan investasi besar dan sumber daya yang tidak perlu dapat dihapus tanpa pembatalan atau biaya lebih lanjut. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan Cloud VPS :

  • Sumber Daya Server Khusus Tersendiri

    Seperti server khusus, di Cloud VPS, sumber daya Anda didedikasikan. Server Cloud VPS memiliki semua sumber dayanya (CPU, RAM, dll.) yang didedikasikan untuk situs web Anda yang hampir identik dengan bagaimana server khusus beroperasi. Setiap VPS Cloud terkandung di dalam dirinya sendiri sehingga pelanggan lain di cloud sama sekali tidak berpengaruh pada situs web Anda.

  • Skalabilitas Lebih Baik daripada Server Terdedikasi

    Cloud VPS lebih mudah diskalakan daripada server khusus. Dengan server khusus, peningkatan kinerja CPU biasanya berarti bahwa teknisi perlu mengganti CPU server itu sendiri atau memigrasikan situs web Anda ke mesin baru. Ini bisa memakan waktu beberapa jam atau bahkan berhari-hari untuk menyelesaikannya karena waktu henti akan terjadi. Dengan Cloud VPS, Anda dapat langsung menskalakan kinerja CPU Anda dengan beberapa inti dan meningkatkan RAM yang diizinkan kapan pun Anda membutuhkannya. Tidak perlu mengganti perangkat keras dan tidak perlu memigrasikan situs web Anda tapi situs web Anda akan tetap aktif dan berjalan.

  • Penyimpanan SSD Berkecepatan Tinggi

    Performa disk meningkat secara eksponensial di lingkungan Cloud VPS. Sederhananya, SSD sangat cepat namun waktu tunggu I/O dan kemacetan hampir dihilangkan. Jika situs web Anda memiliki aplikasi web berkinerja tinggi yang diinstal atau basis data intensif yang besar, Anda memerlukan kinerja SSD secepat ini.

  • Perangkat Keras yang Cepat Pulih

    Tidak seperti hosting server bersama atau khusus, Cloud VPS memiliki perangkat keras yang dapat menyembuhkan sendiri. Di lingkungan cloud, kegagalan perangkat keras tidak berarti waktu henti. Pada dasarnya ini berarti bahwa jika satu node gagal, Cloud VPS Anda secara otomatis dipindahkan ke node lain.

  • Kendali Penuh atas server Cloud VPS

    Di server Cloud VPS, Anda dapat memiliki akses root Anda sendiri hingga bahkan dapat menginstal sistem operasi dan panel kontrol Anda sendiri. Cloud VPS Hosting adalah tentang kebebasan untuk melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Instal sebanyak mungkin aplikasi web khusus yang diperlukan. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang ingin Anda tempatkan di server Cloud VPS Anda.

 

Baca Juga  :    VPS atau Virtual Private Server : Tipe dan Manfaatnya Bagi Website Bisnis

 

Layanan dan Fitur Terbaik Cloud VPS Indonesia

Mengenal Apa Itu Cloud VPS dan Layanan Terbaiknya di Indonesia
 

Turut serta dalam tren cloud VPS yang semakin dibutuhkan secara global termasuk Indonesia, IDCloudHost juga menawarkan berbagai layanan IT termasuk cloud VPS yang merupakan layanan khusus yang digunakan secara private dan lebih aman untuk perusahaan dan startup. Layanan ini sendiri sangat direkomendasikan bagi Anda yang perduli dan memprioritaskan keamanan data dan informasi pada server aplikasi dan website Anda.

Di satu sisi, server Cloud VPS ini juga nantinya akan diisi oleh Anda sendiri dimana Anda bisa melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Layanan Cloud VPS IDCloudHost juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik termasuk DDoS Protection dan Snapshot Technology yang tentunya dapat meningkatkan keamanan dan ketangguhan server yang digunakan. Pengguna juga dapat memanfaatkan layanan Full Cloud Access dan Scale Up as You Grow pertama di Indonesia Dengan fitur, teknologi, dukungan teknis terbaik untuk kebutuhan mereka.

 

Baca Juga  :     Definisi Colocation Server dan Fitur-Fitur Terbaiknya

 

Adapun dukungan dan fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan Cloud VPS dari IDCloudHost adalah :

  • Virtual Server

    Layanan Virtual Machines yang memungkinkan Anda untuk mempermudah setup (instalasi dan pengaturan), mengubah sumber daya, memantau server dan jaringan serta membuat backup dan restore dengan proses mudah dan cepat.

  • Storage Vault

    Layanan penyimpanan S3 dapat digunakan sebagai object storage dengan harga yang terjangkau dan dapat diandalkan yang memungkinkan Anda untuk melakukan manajemen file, backup/restore, dan archives dengan praktis.

  • Docker Containers

    Fasilitas Docker containers as Managed Service yang memungkinkan Anda untuk lebih efektif dan efisien dari sisi waktu dalam mengembangkan layanan sehingga akan lebih cepat serta praktis dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Applications

    Layanan private cloud ini telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi, tools, dan fitur-fitur sehingga menciptakan lebih banyak solusi dan pilihan yang siap digunakan untuk kebutuhan server dengan mudah dan praktis.

 

Selain itu ada beberapa pilihan service yang bisa Anda gunakan pada portal Cloud VPS IDCloudHost diantaranya Virtual Machine dengan pilihan beberapa sistem operasi seperti Linux, Microsoft Server, dan lainnya. IDCloudHost juga menyediakan layanan tambahan untuk manage Cloud VPS Anda untuk kebutuhan IT Consultant, Environment Migration, Maintenance Support, System Monitoring, dll. Untuk mengetahui penawaran menarik lainnya, Anda bisa mengklik link : https://idcloudhost.com/cloud-vps/?swcfpc=1

Related Post :