Mengenal Apa Itu Command Prompt atau CMD Pada Windows

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 2

Prompt perintah Windows atau yang lebih dikenal sebagai command prompt atau CMD, adalah fitur yang telah menjadi bagian inti dari sistem operasi Windows sejak lama. Ada beberapa perintah CMD yang sangat berguna dan mudah digunakan sehingga bahkan pengguna biasa melihat command prompt Windows sebagai bagian penting dari sistem operasi ini.

Meski telah menjadi bagian dari OS ini sejak lama, ternyata banyak pengguna Windows bahkan tidak pernah menyentuh Command Prompt atau malah tidak mengetahuinya. Dengan sistem operasi canggih saat ini, mudah untuk menggunakan komputer tanpa perlu khawatir memasukkan perintah teks di baris perintah. Namun, ada baiknya untuk membiasakan diri dengan dasar-dasar baris perintah di Windows.

Padahal CMD adalah salah satu alat yang paling kuat dalam OS Windows yang memungkinkan pengguna untuk melakukan hampir semua hal yang dapat Anda lakukan dengan GUI, tetapi hanya dengan perkataan. Penggunanya juga dapat menyalin, memindahkan, dan menghapus file, dan bahkan membuat folder yang tidak dapat dihapus. Simak dan ketahui apa itu command prompt (CMD) yang ada pada perangkat Windows berikut ini.

 

Memahami Apa Itu CMD (Command Prompt)

Mengenal Apa Itu Command Prompt atau CMD Pada Windows
 

 

Command Prompt yang secara resmi disebut Windows Command Processor dan sering disingkat CMD, merupakan antarmuka baris perintah untuk sistem operasi Windows. Antarmuka baris perintah sendiri adalah cara berinteraksi dengan komputer secara langsung tetapi dengan menggunakan perintah teks. Cara ini sangat umum digunakan pada pengenalan awal komputer, ketika pengguna harus mengetikkan perintah ke terminal untuk menjalankan proses pada mesin.

Sistem operasi PC awal, seperti MS-DOS, dioperasikan secara eksklusif melalui antarmuka baris perintah. Tidak ada kursor mouse, manajemen jendela, atau elemen Antarmuka Pengguna Grafis atau Graphical User Interface (GUI) lainnya seperti yang umum digunakan oleh pengguna Windows saat ini. Masih berkaitan, istilah lain yang harus Anda ketahui adalah kata shell atau cangkang yang digunakan untuk menggambarkan sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk memberikan perintah ke komputer. Jadi antarmuka baris perintah, serta GUI, keduanya adalah merupakan cangkang.

Versi awal Windows, seperti Windows 3.1, berjalan efektif sebagai antarmuka visual di atas DOS. Versi selanjutnya, termasuk Windows 95 hingga Windows ME, juga menyertakan integrasi MS-DOS yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah melalui MS-DOS Prompt, karena Command Prompt dipanggil pada saat itu. Dimulai dengan Windows XP, Windows kemudian memisahkan diri dari MS-DOS. Tetapi di Windows versi modern, penggunanya masih dapat menggunakan command prompt untuk berinteraksi dengan komputer Anda secara langsung alih-alih mengklik melalui berbagai menu. Command prompt juga dapat menjalankan file batch yang merupakan cara yang bagus untuk mengotomatisasi tugas. Pengguna yang akrab dengan Windows lebih memilih Command Prompt untuk membantu mengerjakan beberapa tugas, karena Anda dapat mengambil tindakan dengan beberapa penekanan tombol sederhana yang memerlukan puluhan klik di GUI.

 

Baca Juga  :   Tutorial Cara Melakukan Ping dan Tracert Menggunakan CMD / Command Prompt

 

Cara Membuka Command Prompt di Windows 10

Mengingat dunia masih umum dalam menggunakan Windows 10, maka ada beberapa cara untuk membuka Command Prompt di Windows. Di bawah ini adalah yang paling sering digunakan :

  • Ketik “command prompt” ke menu Start untuk mencarinya. Anda juga dapat mengetik “cmd” yakni nama pendek dari executable yang menjalankan Command Prompt jika Anda mau.
  • Tekan Win + R untuk membuka kotak Run, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter untuk membukanya.
  • Tekan Win + X atau klik kanan tombol Start dan pilih Command Prompt dari menu. Tergantung pada pengaturan Windows Anda, ini mungkin menunjukkan Windows PowerShell sebagai gantinya. Meski PowerShell lebih kuat daripada Command Prompt, tetapi dapat menjalankan semua perintah yang sama.

 

Baca Juga  :   Cara Cek IP Address Komputer, Laptop, dan HP (Smartphone) dengan Mudah

 

Manfaat Mempelajari dan Menguasai CMD (Command Prompt)

Mengingat penggunaan komputer dewasa ini sudah menjadi umum dan merupakan bagian dalam kehidupan harian banyak orang, maka sebaiknya pengguna harus belajar sebanyak mungkin tentang komputer untuk membuat penggunaan komputer lebih mudah. Memiliki pemahaman dasar tentang baris perintah atau command prompt akan dapat memberi Anda keuntungan yang jauh lebih besar. Berikut adalah beberapa alasan dan manfaat jika Anda mungkin ingin mempelajari lebih lanjut tentang baris perintah CMD.

  • Anda memerlukan cara untuk mengelola file lebih cepat dan lebih mudah di komputer.
  • Anda bekerja dengan komputer dari jarak jauh.
  • Anda ingin mengelola file di server file atau server web, misalnya mengelola situs web.
  • Anda memerlukan untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang biasa dilakukan.
  • Anda ingin belajar lebih banyak lagi tentang komputer.

 

Baca Juga  :    Tutorial Cara Clear Cache DNS dengan Cara Flush DNS

 

Contoh Penggunaan CMD (Command Prompt)

Mengenal Apa Itu Command Prompt atau CMD Pada Windows
 

Meskipun menggunakan antarmuka command line menuntut penggunanya untuk menghafal banyak perintah yang berbeda, namun ini adalah trik yang bisa menjadi sumber daya yang berharga dan tidak boleh diabaikan. Jika Anda menggunakan baris perintah, Anda dapat melakukan hampir semua tugas yang sama yang dapat dilakukan dengan GUI. Namun, banyak tugas dapat dilakukan lebih cepat dan dapat lebih mudah untuk diotomatisasi dan dilakukan dari jarak jauh. Berikut beberapa contoh mudah dalam menggunakan CMD.

Cara Memindahkan Semua File .txt ke Folder Cadangan di Windows

  • Buka Windows Explorer.
  • Buka drive dan folder yang berisi file .txt. Misalnya, Anda dapat pindah ke drive C: dan menavigasi ke folder Pengguna, folder 1 dan kemudian folder Dokumen untuk membukanya bagi pengguna.
  • Setelah di folder, jika folder cadangan tidak ada, Anda bisa klik kanan di folder, klik Baru, pilih Folder, dan beri nama Folder Cadangan untuk membuat folder yang baru.
  • Jika Windows Explorer tidak menampilkan file dalam tampilan Detail, klik tab Lihat dan pilih Detail.
  • Klik kolom Type untuk menelusuri file menurut jenisnya.
  • Kemudian highlight semua file .txt.
  • Lalu klik kanan pada semua file yang telah Anda highlight dan pilih Potong.
  • Buka Folder Cadangan dan di folder itu, klik kanan lalu klik Tempel untuk memindahkan semua file ke folder itu.

 

Baca Juga :    Sebab Domain Tidak Bisa Diakses, Mercusuar atau Page Not Found

 

Kesimpulan dan Penutup

Ternyata, banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan antarmuka grafis dari Windows yang direplikasi di command prompt. Menguasai baris perintah berarti Anda dapat menggunakan CMD untuk melakukan semua hal biasa seperti menyalin, mengganti nama, atau menghapus file dan folder, menavigasi folder, menjalankan aplikasi, mengubah pengaturan dan sebagainya. Namun ternyata command prompt juga memberi Anda kekuatan tambahan yang tidak bisa Anda dapatkan jika Anda hanya menggunakan antarmuka biasa dari Windows.

Beberapa contohnya, command prompt memungkinkan Anda menjalankan perintah ping, netstat, dan ipconfig, yang dapat memberitahu Anda banyak tentang status jaringan Anda. Ada perintah yang dapat Anda gunakan untuk mengelola proses yang berjalan atau bekerja dengan file boot dan data konfigurasi pada drive sistem Anda, perintah yang memungkinkan Anda memeriksa kesehatan drive Anda, perintah yang memungkinkan Anda menginstal atau menghapus fitur Windows tambahan, dan bahkan perintah yang memungkinkan Anda menambah dan menghapus kunci ke atau dari Windows Registry. Jadi, menguasai CMD ternyata juga dapat memberikan Anda pengetahuan bagaimana komputer Anda bekerja.

Related Post :

popup image