Mengenal Apa Itu Control Panel/cPanel Hosting, Kelebihan dan Kekurangannya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 1

Apa Anda sedang mengembangkan situs website Anda dan mempmertimbangkan untuk mencari cara yang lebih praktis? cPanel memungkinkan Anda membuat website yang Anda kembangkan semakin mudah untuk Anda kontrol dengan sangat efisien dan hemat waktu. Bahkan cPanel juga bisa mengkonfigurasi Server atau Virtual Private Server (VPS) yang berbasis Linux.

Dengan adanya cPanel membuat mudah Anda untuk melakukan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan user interface (UI) yang unik dan mudah dioperasikan. Tanpa cPanel, pengaturan web hosting hanya bisa dilakukan melalui perintah teks. cPanel mempermudah Anda dalam mengatur user interface, terutama Anda yang memiliki sistem operasi Linux.

cPanel biasanya dipasang pada Dedicated Server atau Virtual Private Server (VPS) yang menggunakan sistem operasi Linux, FreeBSD, dan sejenisnya. Aplikasi-aplikasi yang didukung cPanel meliputi Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

 

Definisi cPanel dan Host Web Terbaik yang Menggunakan cPanel

Mengenal Apa Itu Control Panel/cPanel Hosting, Kelebihan dan Kekurangannya
 

 

Secara singkat, cPanel adalah antarmuka grafis (GUI) berbasis Linux online yang digunakan sebagai panel kontrol untuk menyederhanakan manajemen situs web dan server. Menggunakan cPanel memungkinkan Anda untuk mempublikasikan situs web, mengelola domain, mengatur file web, membuat akun email, dan banyak lagi.

Memilih host cPanel terbaik untuk memenuhi kebutuhan situs Anda sangat penting. Anda harus berhati-hati dalam memilih host web berdasarkan keandalan, kinerja, dukungan pelanggan, fitur, dan harga. Host web terbaik yang menggunakan cPanel adalah:

  • Bluehost

    Bluehost adalah salah satu penyedia hosting terbesar dan terbaik yang menggunakan cPanel. Bluehost sangat dihormati dan salah satu perusahaan web hosting tertua. Bluehost menyediakan pemasangan WordPress otomatis, domain gratis dan sertifikat SSL, dan dukungan 24/7. WordPress secara resmi merekomendasikan mereka sebagai penyedia hosting.

  • HostGator

    HostGator menggunakan cPanel dan menghosting jutaan domain. Ini adalah salah satu penyedia hosting web paling populer di industri ini. HostGator memberi pelanggannya instalasi WordPress sekali klik, waktu aktif 99,9%, dan dukungan sepanjang waktu. HostGator menjadi salah satu penyedia hosting web terbaik untuk bisnis.

  • GreenGeeks

    GreenGeeks telah menjadi host web terkenal yang menggunakan cPanel. GreenGeeks juga memiliki instalasi WordPress sekali klik, migrasi situs gratis, CDN gratis, dan dukungan hebat. GreenGeeks ramah lingkungan dan menampung lebih dari 500.000 situs web.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Website dan Blog Dengan Platform Instan Populer

 

Manfaat cPanel dan Keunggulan cPanel

cPanel memiliki beragam manfaat yang bisa Anda rasakan saat Anda menggunakan cPanel dalam mengkonfigurasi website Anda. Berikut manfaat cPanel dan keunggulannya.

  • Instalasi

    Manfaat yang terkait dengan cPanel adalah kenyataan bahwa itu sangat mudah untuk diinstal. Semua orang bisa menginstal cPanel dengan mudah bahkan jika Anda seorang pemula. Proses instalasi sangat sederhana dan ditata dalam beberapa langkah sederhana yang dapat diikuti pengguna dengan mudah.

  • Interface

    User Interface atau Antarmuka pengguna cPanel web hosting dilengkapi dengan persyaratan dasar untuk berjalan hanya pada sistem operasi berbasis Linux. Ini hanya membutuhkan ruang disk 20GB terbatas dan membutuhkan RAM 512MB untuk berjalan di sistem. Di zaman sekarang, ini sepertinya persyaratan yang sangat sederhana dan mendasar untuk dipenuhi.

  • Fitur Canggih

    Salah satu hal terbaik tentang cPanel adalah beragam fitur canggihnya. Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses, hosting, dan mengelola akun situs web online mereka dengan mulus. Selain itu, semua fitur cPanel dilindungi oleh antivirus yang mencegah serangan virus dan malware yang tidak diinginkan.

  • Fleksibel

    Salah satu fitur favorit pribadi kami di cPanel adalah fleksibilitasnya. Anda hampir tidak akan pernah menemukan host web yang memungkinkan Anda mentransfer situs web Anda beserta semua kontennya dari satu server hosting web ke server hosting lainnya dengan begitu mudah. Ini bekerja seperti aliran air yang sangat halus dan tidak menimbulkan gangguan teknis.

  • Jaringan Luas

    cPanel adalah nama terbesar di industri panel kontrol web hosting, dan diakui oleh hampir semua klien web hosting potensial. Ini memberi klien rasa keakraban, dan juga memberi klien pikiran, karena mereka tahu bahwa mereka mendapatkan sistem panel kontrol yang stabil.

  • Hemat Biaya

    Berbagai penyedia server khusus, seperti Server EV1 dan Cyber Wurx memiliki kemitraan dengan cPanel yang memungkinkan mereka mendapatkan lisensi murah untuk klien server khusus mereka. cPanel dapat ditambahkan ke server, dalam banyak kasus, hanya dengan biayana bulanan yang jauh dari biaya ratusan dolar untuk membeli lisensi langsung dari cPanel

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Website Gratis di WordPress dan Ide Template Terbaik

 

Kekurangan cPanel untuk Website

Mengenal Apa Itu Control Panel/cPanel Hosting, Kelebihan dan Kekurangannya
 

Segala sesuatu di dunia memiliki dua sisi, yaitu terang dan gelap. Di balik banyaknya manfaat dan keunggulan cPanel dan cPanel bisa menjadi panel kontrol hosting web terbaik di dunia. Tapi ternyata cPanel masih memiliki beberapa fitur mengecewakan yang mengecewakan bagi administrator server atau klien. Berikut adalah beberapa kelemahannya yang paling banyak dilaporkan.

  • Tata Letak Mempersulit Pengguna

    Web Host Manager, panel kontrol reseller cPanel, menggunakan tata letak yang berbeda dari antarmuka cPanel. WHM menawarkan tata letak berbingkai, dengan navigasi memanjang di sebelah kiri, dan menu berbasis ikon di jendela kanan. Meskipun navigasi di antarmuka Web Host Manager sangat mudah, ini terbukti membingungkan bagi beberapa pengecer. Banyak perangkat lunak panel kontrol lainnya menggunakan tata letak/desain dasar yang sama untuk panel kontrol pengecer dan panel pengguna akhir.

  • Harus Selalu Konfirmasi

    Salah satu kelemahan cPanel yang paling membuat frustasi adalah tidak memungkinkan pengguna untuk mengakses semua file tanpa terlebih dahulu mencari persetujuan. Sebagai pengguna, Anda harus meminta izin untuk mengakses semua file dari cPanel yang sangat memakan waktu dan mengacaukan responsivitas file. Namun, masalah ini dapat diperbaiki karena Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan semua file yang dibuat ke akses shell dan menetapkan kode sandi.

  • Keamanan yang Kurang

    Sangat menyedihkan bahwa panel kontrol yang begitu mahir dan kuat akan kekurangan beberapa keamanan dasar tetapi memang demikian. cPanel bergantung pada server perangkat lunak yang dikelolanya. Ini selalu menempatkannya pada risiko menjadi sasaran empuk bagi peretas karena mereka dapat masuk melalui sumber pihak ketiga. Oleh karena itu, enkripsi adalah masalah besar dengan cPanel. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan mengunduh VPN. Mengunduh perangkat lunak ini akan memungkinkan pengguna cPanel mengenkripsi jaringan mereka dan mencegah peretas mendapatkan akses tidak sah.

  • User Interface Terlihat Biasa

    Dibandingkan dengan antarmuka beberapa panel kontrol lainnya, panel kontrol cPanel tidak terlalu profesional. Meskipun mudah digunakan, ini dapat dianggap sebagai antarmuka ‘permen mata’ yang berlebihan. Banyak hosting dan pelanggan sama-sama percaya bahwa lebih banyak waktu dapat dihabiskan untuk mengembangkan fitur baru untuk panel kontrol, daripada dengan membuat desain yang tidak sepenuhnya profesional, dan dalam beberapa kasus, berlebihan.

  • Terlalu Banyak Digunakan

    Banyak digunakan oleh hosting web, oleh karena itu panel kontrol tidak membedakan bisnis Anda dari yang lain: Tidak seperti panel kontrol lainnya, cPanel adalah yang paling banyak digunakan di industri webhosting. Dengan demikian, persaingan antara web host cPanel, dan pasar di dalamnya jauh lebih membanjiri daripada pasar panel kontrol lainnya. Sebuah hosting cPanel memiliki lebih sedikit kesempatan untuk dipilih oleh pelanggan web hosting potensial, daripada perusahaan yang menggunakan Ensim.

 

Baca Juga  :   Kumpulan Rekomendasi Text Editor Terbaik Untuk Pengembangan Website

 

Kesimpulan dan Penutup

cPanel adalah antarmuka grafis (GUI) berbasis Linux online yang digunakan sebagai panel kontrol untuk menyederhanakan manajemen situs web dan server. Maka cPanel memungkinkan Anda untuk dapat mempublikasikan situs web, mengelola domain, mengatur file web, membuat akun email, dan banyak lagi.

Memilih host cPanel terbaik untuk memenuhi kebutuhan situs Anda sangat penting. Anda harus berhati-hati dalam memilih host web berdasarkan keandalan, kinerja, dukungan pelanggan, fitur, dan harga. Ada berbagai keuntungan dan kerugian cPanel, Anda harus pintar dan bijak dalam memilih host cPanel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related Post :

popup image