Mengenal Apa itu Control Panel sPanel dan Fiturnya [Lengkap]

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Untuk mengelola sebuah akun hosting, maka Anda akan membutuhkan control Panel. Di dunia perhostingan sendiri, sangat banyak berbagai pilihan yang bisa digunakan salah satunya yaitu Control Panel sPanel yang lebih sering didengar, dipilih dan dipakai banyak orang.

Control panel sPanel merupakan sebuah control panel hosting yang dikembangkan oleh Masterweb. sPanel mempunyai antarmuka web yang sederhana,  versi teks yang ringan bandwith, fitur- fitur unik , mekanisme kemanan tersendiri dan lainnya. Fungsi dari Control panel sPanel sendiri yaitu berguna untuk melakukan control server berbasis LINUX.  Saat ini sPanel sudah berbasis Debian.

Oleh karena itu banyak orang yang membutuhkan sPanel ini karena kelebihannya tadi, karena ini merupakan panel control generasi yang sudah di upgrade dari versi sebelumnya dan juga solusi all-in-one yang telah mencakup semua yang diperlukan pemilik situs web untuk menumbuhkan bisnis mereka dalam lingkungan yang aman.

 

Aspek Penting yang Harus Anda Perhatikan Saat Memilih Control Panel

 

 Dalam memilih sPanel , Anda juga harus mempertimbangkankan kelebihan dan kekurangannya seperti pada poin dibawah ini :

 

  1. Mudah untuk DioperasikanMempunyai Layanan Support

    Aspek penting yang kedua yaitu mempunyai layanan support. Anda tentu akan sangat membutuhkan dukungan baik itu dukungan pembuat Control Panel atau dukungan yang berasal dari forum. Terlebih jika Anda merupakan seorang pemula, tentunya Anda harus menggunakan Control Panel yang mampu menyediakan layanan support penuh.

  2. Cocok Terhadap Sistem Operasi

    Kecocokan terhadap sistem operasi tentu merupakan hal yang sangat penting. Jika Control Panel yang Anda pilih tidak cocok dengan sistem operasi yang Anda pakai, tentu saja hal itu tidak bisa berfungsi.

  3. Mendukung Software yang Digunakan

    Yang keempat, Anda harus memilih Control Panel yang tentunya mendukung software Anda. Anda harus melihat daftar keserasian aplikasi kerana ketidakserasian dapat menghambat kinerja Anda.

  4. Mampu Menjamin Keamanan

    Keamanan menjadi faktor yang sangat penting juga mutlak. Untuk itu, Anda harus menggunakan Control Panel yang mampu menjamin stabilitas serta keamanan. Salah satu Control Panel yang populer yaitu Control Panel sPanel yang populer dan biasanya sangat cocok bagi para pemula karena menyediakan berbagai macam fitur yang bisa dengan mudah diakses oleh Anda didalam satu halaman. Selain itu, untuk mengoperasikan Control Panel sPanel juga mudah.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Control Panel atau cPanel

 

Fungsi dari Control Panel

 

 Sebelum membahas tentang fitur Control Panel sPanel, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi dari Control Panel itu sendiri. Berikut ini fungsi apa saja yang mampu dilakuka dari sebuah Control Panel :

 

  1. Sebagai Security dan System

    Control Panel berfungsi untuk melakukan administrasi, melakukan sistem, serta berbagai tugas yang berkaitan dengan keamanan.

  2. Sound dan Hardware

    Berfungsi untuk menambah serta menghapus printer maupun perangkat keras lainnya. Selain itu juga berfungsi untuk menambahkan atau menghapus perubahan suara, mengelola kekuasan, update driver, dan sebagainya.

  3. Language, Clock, dan Daerah

    Control Panel berfungsi untuk mengubah waktu, tanggal, angka, bahasa, mata uang dan sebagainya.

  4. Family Safety dan User Account

    Berfungsi untuk mengubah password, mengelola identitas, melakukan pengubahan terhadap akun pengguna, dan lain-lain.

  5. Mengubah Tampilan Dekstop
    Fungsi selanjutnya yaitu berfungsi untuk mengubah tampilan di desktop seperti menerapkan berbagai macam tema desktop serta screen saver, menyesuaikan taskbar atau menu start, dan lainnya.

 

Fitur yang ada di Control Panel sPanel

 

sPanel yang baik dan sempurna adalah yang mempunyai fitur kegunaan seperti dibawah ini :

  • Fitur Keamanan

    Control Panel sPanel telah mengembangkan sejumlah fitur keamanan yaitu eksekusi terproteksi menggunakan CGI-User, wrapper send mail lebih ketat, RBL yang digunakan untuk script CGI, SMTPD yang mempunyai fitur blacklisting atau filtering yang lebih banyak, dan lain-lain.

  • Fitur PHP

    Sejumlah fitur PHP yang ada di Control Panel sPanel antara lain opsi yang digunakan untuk memilih PHP5 dan PHP4. PHP disini adalah per situs atau per subdomain, opsi memilih modus CGI maupun modul Apache.

  • Interface

    Control Panel sPanel berbasis web sederhana dan berbasis text sehingga akan lebih mudah untuk diakses dan lebih ringan ketika ingin mengontrol sebuah situs. sPanel mempunyai fitur yang unik seperti fitur histori backup, AutoBBC, restore profile, dan keamanan “script CGI”.

  • Email

    Di dalam Control Panel sPanel, terdapat pilihan Squirrel mail dan webmail RoundCube. Selain itu, email pop juga dapat jadikan forward.

  • Installer

    Dengan menggunakan sPanel, CMS WordPress, PhpBB, Joomla, Prestashop, OpenCart, MyBB, Drupall, dan juga Modle sudah bisa di install secara otomatis.

  • Database

    Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan sebelumnya, Control Panel sPanel juga menyediakan fitur database seperti MySQL dan juga fitur InnoDB.

  • Backup

    Anda bisa memilih fitur backup periode tiga bulanan, 4 mingguan, serta tujuh harian. Selain itu, Control Panel sPanel menyediakan interface yang berbasis web. Interface tersebut tentunya berguna agar user atau pengguna hosting biasa mampu melakukan restore yang berasal dari backup maupun yang berasal dari histori backup.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Control Panel Plesk Hosting

 

Perbedaan sPanel dan cPanel yang Harus Anda Ketahui

 

Disamping sPanel, ada juga cPanel yang tak jarang membuat orang merasa bingung akan perbedaannya. Tak sedikit juga yang bertanya apakah Spanel dan Cpanel sama?. Karena namanya yang hampir sama menjadikan banyak orang merasa bingung ketika mendengar keduanya.

sPanel dan juga cPanel tentunya mempunyai perbedaan. Memang keduanya merupakan fasilitas yang diperoleh dari provider web hosting terhadap webmaster atau pelanggan yang mampu mengontrol sejumlah fungsi website yang ada di server. Pemberian nama tersebut merupakan nama yang didapatkan dari tiap aplikasi panel hosting yang mengembangkannya. Mari ketahui perbedaan baik itu kelebihan dari sPanel dan cPanel pada penjelasan dibawah ini:

 

  1. sPanel

    sPanel merupakan suatu Control Panel hosting yang memiliki fungsi untuk bisa mengontrol server berbasis LINUX debian yang berasa dari masterweb. Untuk mengontrol situs, Control Panel sPanel memungkinkan user atau penggunanya untuk mengontrol website yang dimiliki oleh mereka secara cepat dan lebih mudah. Selain itu, fitur yang ada di dalam Control Panel sPanel juga sangat unik dan tidak tersedia di Cpanel. Fitur-fitur tersebut antara lain seperti keamanan untuk script CGI, restore perfile, AutoBBC, serta histori backup.

  2. cPanel

    Berbeda dengan sPanel, cPanel merupakan suatu Control Panel web yang disediakan oleh webhosting dan memiliki antarmuka yang berbasis grafis yang membuatnya lebih berat. Fitur yang ada di cPanel yaitu fitur autoinstaller dan mampu mendukung sejumlah CMS website dalam jumlah yang cukup banyak. Namun, cPanel juga tidak mempunyai fitur seperti halnya yang terdapat di sPanel namun cPanel ini memungkinkan penggunanay untuk dapat memilih Control Panel yang sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Mengenal Fitur Encryption di cPanel

 

Kesimpulan dan Penutup

Demikian pembahasan tentang Control Panel sPanel dan fiturnya. Setelah Anda membaca artikel ini, Anda juga bisa mengetahui tentang fungsi dari control panel sendiri. Karena Control Panel juga memiliki beberapa jenis,  maka pilih dan sesuaikanlah dengan keperluaan atau kebutuhan Anda.

Salah satu jenis Control Panel yang paling sering dipilih dan user friendly adalah sPanel ini yang bisa mengontrol website yang berbasis WordPress, Joomla, Phpbb karena kesederhanaan cara pemakainnya hingga menjadi pilihan utama banyak orang.

Selain itu, Control Panel sPanel juga memiliki serta menawarkan fitur-fitur unik yang berfungsi dan juga mampu memudahkan penggunanya atau user untuk mengakses website mereka secara mudah, sederhana, lebih cepat, dan tentunya praktis. Nah, Jika anda ingin membuat website  dengan menggunakan Plesk ataupun Control Panel. Anda dapat menggunakan Layanan Cpanel IDCloudHost dan Layanan Plesk dengan harga murah dan kualitas bagus.

Related Post :

popup image