Mengenal Apa itu Conversion Rate Fungsi, Manfaat dan Contohnya

Business, Content Marketing / 0 | | 0

Saat menjalankan kampanye marketing online pada e-commerce, maka kita membutuhkan  sebuah parameter yang jelas untuk mengukur keberhasilan kampanye tersebut. Untuk pemilik bisnis tidak bisa memastikan sebuah kampanye marketing online bisa berhasil atau tidak hanya berdasarkan intuisi atau pendapat pribadi. Istilahnya terdiri dari 2 kata yaitu conversion dan rate. Conversion adalah situasi ketika pengunjung website melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis. Contohnya dengan menjadi subscriber youtube, mendaftar sebagai anggota, mengunduh ebook, berlangganan newsletter hingga membeli produk. Sedangkan rate berarti peringkat.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang conversion rate, maka sebaiknya untuk memahami definisi conversion terlebih dahulu. Conversion adalah situasi di mana pengunjung website melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis. Yuk, simak ulasan mengenasi Conversion Rate.

 

Apa Itu Conversion Rate?

Conversion rate merupakan persentase pengunjung website dan melakukan tiindakan yang menguntungkan si pemilik bisnis dari total pengunjung website. Pernahkah anda  menghitung keuntungan total pengunjung website anda? Caranya adalah anda bisa dengan membagi jumlah conversion yang terjadi di satu halaman website terhadap total pengunjung halaman website tersebut. Kemudian, hasil pembagian tersebut dikalikan 100. Bahkan, untuk jumlah share dan jumlah pengunjung di media sosial tidak cukup jika dijadikan parameter keberhasilan kampanye marketing online.

Saat ini, Rata-rata perhitungan di semua jenis industri adalah 2,35 persen. 25 persen pelaku bisnis online bisa mencapai conversion rate di angka 5,31 persen. 10 persen lainnya bisa memperoleh angka yang mengagumkan, yaitu 11,45 persen. Anda perlu melakukan perhitungan terlebih dahulu terhadap pencapaian sebelumnya. Jika sebelumnya baru mencapai 0,3 persen atau 0,5 persen, target 2,35 persen adalah angka yang masih normal. Namun, ketika sebelumnya sudah mencapai sekitar 2 persen, targetkan angka yang lebih tinggi lagi.

 

Manfaat Pentingnya Conversion Rate 

CRO sangat penting dalam bisnis online karena tidak peduli seberapa kreatif desain anda dan peforma website anda, Anda tetap butuh pengunjung untuk lebih aktif dalam berinteraksi dengan website Anda dengan cara yang lebih mudah dan efisien.Jika anda tidak ingin repot – repot anda dapat memakai jasa periklanan yang biasa dilakukan oleh perusahaan maupun agensi, Baiasanya pemasaran ini harganya mahal dan tidak efisien. Inilah keunggulan menggunakan CRO, Anda dapat mengidentifikasi terlebih dahulu target pemasaran Anda dan menemukan solusi tepat sekaligus efektif dalam mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, yang perlu diperhatikan ialah startegi CRO ini tidak akan  mengubah siapapun pengunjung aktif website Anda untuk menjadi pengunjung aktif atau berlangganan.  Orang-orang inilah yang akan membantu Anda untuk mengusahakan pemasaran Anda lebih mudah dengan kerelaan mereka memberitahu siapapun relasi mereka akan betapa membantu dan kerennya perusahaan Anda dalam memenuhi keinginan atau kebutuhan mereka.

Untuk keunggulan CRO ini lebih kepada meningkatkan keaktifan pengunjung website yang telah ada dibanding menarik orang secara acak untuk menjadi pengunjung baru website Anda. Investasi ini akan membuat website anda lebih efisien pada bisnis Anda.

Keunggulan lainnya dari CRO ini ialah, anda dapat menjadi terdepan dibanding saingan bisnis Anda. Hal ini karena penilaian dari pasar yang lebih baik kepada Anda dapat menggiring lebih banyak orang untuk beralih ke produk atau layanan Anda yang lebih unggul dibanding perusahaan sejenis lainnya.

 

Cara Meningkatkan Conversion Rate (Conversion Rate Optimization)

Setelah target conversion rate yang sudah Anda tetapkan, Kemudian ikuti langkah-langkah untuk meningkatkan conversion rate disebut sebagai Conversion Rate Optimization (CRO). Berikut adalah 7 cara meningkatkan conversion rate (CRO) yang bisa Anda terapkan:

1. Buat CTA Berbentuk Teks di Blog

Promosi Call-To-Action (CTA) adalah berbagai bentuk, teks, gambar, atau tombol. CTA pada artikel blog meskipun terlihat sederhana, tetapi efektif untuk menambah conversion rate. Call-To-Action (CTA) bisa dilakukan dimana saja, dalam hal ini idcloudhost mengimplementasi Call-To-Action (CTA) diberbagai channel seperti social media, halaman promo, blog, dan lainnya.

Berikut contoh CTA dalam artikel blog pada IDCloudhost, yaitu :

Mengenal Apa itu Conversion Rate Fungsi, Manfaat dan Contohnya | IDCloudHost
 

2. Menggunakan Pop Up

Selain CTA anda dapat membuat conversion rate dengan menggunakan pop up. Ketika anda mengatur tampilan pop up di halaman website dengan desain yang menarik, hal ini dapat menjadi peluang anda menghasilkan tingkat conversion tinggi. Pop up merupakan suatu strategi dimana akan muncul sebuah objek pada halaman website. Ada banyak metode pop up yang muncul salah satunya pada IDcloudhost saat Anda meninggalkan halaman IDcloudhost :

Mengenal Apa itu Conversion Rate Fungsi, Manfaat dan Contohnya | IDCloudHost
 

3. Buat Landing Page yang Menarik

Landing page adalah halaman utama pada website yang sengaja didesain untuk meningkatkan conversion rate bagi bisnis. Landing page lebih sedikit karena laman ini didesain agar pengunjung membuat keputusan pembelian, atau subscribe newsletter. Landing page adalah halaman dalam website yang didesain khusus dengan mindset marketing. Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search) maupun yang tidak berbayar.

Baca  Juga : Mengenal Apa itu Landing Page, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Contoh landing page Halaman Hosting website IDCloudHost:

Mengenal Apa itu Conversion Rate Fungsi, Manfaat dan Contohnya | IDCloudHost
 

4. Layanan Customer Service

Jika pelanggan anda masih kurang paham dengan instruksi didalam website yang sudah tertera, anda dapat membuat bantuan dengan layanan costumer service pada website anda.

Selain itu tugas customer service atau tim sales dalam menjelaskan dan mempromosikan produk anda merupakan salah satu strategi online marketing yang efektif. Anda dapat memudahkan pelanggan anda melalui website anda untuk menghubungi customer service Anda.

Pada website IDCloudHost, Layanan Costumer Service terdapat di halaman atas yaitu header laman bantuan. Di laman bantuan juga terdapat banyak keunggulan yaitu layanan costumer service, tanya jawab, ticket, hingga pembayaran. ikon chat juga terdapat pada bagian paling bawah footer yang memudahkan pengunjung website untuk menghubungi customer service.

Mengenal Apa itu Conversion Rate Fungsi, Manfaat dan Contohnya | IDCloudHost
 

5. Lakukan Remarketing

Terakhir, Cara adalah remarketing. Remarketing yaitu sebuah cara untuk Anda  menampilkan iklan langsung kepada orang-orang yang telah mengunjungi website Anda. Caranya adalah ketika pelanggan meninggalkan website Anda, setelah membeli produk Anda atau pun tidak, mereka akan mulai melihat iklan-iklan bisnis Anda yang muncul di website, media sosial, atau aplikasi yang mereka buka setelahnya.

Mengenal Apa itu Conversion Rate Fungsi, Manfaat dan Contohnya | IDCloudHost
 

Intinya, remarketing adalah strategi marketing untuk mempertahankan keinginan membeli dari para calon pelanggan potensial maupun yang sudah menjadi pelanggan dengan memunculkan produk anda di beberapa sosmed si pelanggan. Teknisnya remarketing otomatis akan dijalankan ketika Anda memasang iklan di Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads.

Baca Juga : Tip Bagaimana Memaksimalkan Periklanan SEM untuk Bisnis Online

Sebagai Rekomendasi Akhir, kita lampirkan Video cara meningkatkan Conversion rate dari TechinAsia Indonesia :

 

Penutup dan Kesimpulan

Teknik marketing Conversion rate merupakan teknik yang dapat menentukan keberhasilan kampanye marketing online. Karena jika banyak orang yang melakukan conversion, semakin meningkat pula keuntungan yang akan dapatkan. Teknik ini cocok untuk anda pemilik bisnis agar dapat menarik orang-orang yang mengunjungi website anda untuk melakukan conversion.

Untuk persentase yang efektif bagi bisnis anda harus mendapatkan Conversion rate sesuai perhitungan target anda. Sehingga tidak mendapat kerugian ketika telah memakai Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Anda dapat menerapkan Conversion rate pada website anda dan social media bisnis anda dengan lebih efektif setelah memahami penjelasan  Conversion rate

Related Post :

popup image