Mengenal Apa itu CSR / Corporate Social Responsibility dan Manfaatnya

Business, Marketing / 0 | | 0

Di dalam sebuah perusahaan, pasti mempunyai alokasi dana sosial alias CSR yaitu Corporate Social Responsibility. Nah, apabila anda adalah seorang mahasiswa maupun sekolah dan ibu rumah tangga anda dapat memanfaatkan dana ini.

Namun pastikan, sebelumnya anda telah menyiapkan sebuah proposal yang berisi rincian alokasi dana csr yang diminta maupun produk csr yang diminta agar dapat meyakinkan si perusahaan. Tidak mudah meyakinkan perusahaan agar mau membantu anda.

Maka dari itu, sebelumnya ada telah mengetahui jenis perusahaanya serta kriteria CSR seperti apa yang di inginkan perusahaan Tersebut. Misalnya CSR untuk beasiswa, Hosting Gratis, Affiliasi dan masih banyak lagi. Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai CSR ini.

 

Apa Itu CSR (Corporate Social Responsibility) ?

 

Corporate social responsibility (CSR) merupakan sebuah kegiatan perusahaan untuk secara sadar mengintegrasikan sebuah perhatian terhadap lingkungan sosial ke dalam operasi dan interaksinya dengan stakeholder, yang melampaui tanggung jawab sosial di bidang hukum.

Secara sederhana corporate social responsibility (CSR) merupakan suatu konsep serta tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai rasa tanggung jawabnya terhadap social serta lingkungan sekitar dimana perusahaan iut berdiri.

Seperti melaksanakan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, membangun fasilitas umum, memberikan beasiswa kepada anak yang kurang mampu, dan memberikan bantuan dana untuk kesejahteraan masyarakat banyak pada umumnya dan masyarakat sekitar perusahaan pada khususnya.

Pada intinya CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder atau pemangku kepentingan, dimana lebih jauh dari pada itu para ahli menyatakan bahwa CSR memiliki 3 definisi yaitu:

 

  1. Melakukan tindakan sosial

    Termasuk di dalamnya adalah kepedulian terhadap lingkungan hidup yang lebih dari batas-batas yang dituntut atau diharuskan dalam peraturan perundang-undangan.

  2. Komitmen usaha yang dilakukan secara etis

    Beroperasi secara legal, serta berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi yang diiringi dengan peningkatak kualitas hidup karyawan termasuk keluarganya, komunitas lokal, serta masyarakat banyak.

  3. Komitmen bisnis

    Untuk turut serta ikut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerja dengan karyawan perusahaan. keluarga pekerja, komunitas wilayah tertentu, serta masyarakat umum secara keseluruhan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hidup bersama.

 

CSR (Corporate Social Responsibility) sangat erat kaitannya dengan suistainable development (pembangunan berkelanjutan) dimana suatu perusahaan dalam melakukan kegiatannya harus berdasarkan pada keputusan yang tidak semata-mata terorientasi pada aspek ekonomi (keuntungan) melainkan juga harus memikirkan dampak sosial dan lingkungan yang mungkin ditimbulkan dari keputusannya tersebut.

 

Manfaat CSR (Corporate Social Responsibility)

Kegiatan CSR memiliki beberapa manfaat, hal ini dapat dirasakan oleh perusahaan dan masyarakat sekitar perusahaan. Manfaat CSR bagi masyarakat antara lain yaitu:

 

  1. Kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan meningkat.
  2. Adanya beasiswa bagi anak yang kurang mampu yang berada di sekitar lingkungan perusahaan.
  3. Fasilitas umum terjamin pemeliharaannya.
  4. Terdapat kegiatan sosial, seperti pembangunan fasilitas umum bagi masyarakat dilingkungan perusahaan.
  5. Sedangkan manfaat CSR bagi pihak perusahaan antara lain:
  6. Citra perusahaan akan meningkat.
  7. Perusahaan memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat bekerja sama dengan perusahaan lain.
  8. Brand merek perusahaan akan lebih kuat di mata masyarakat setempat.
  9. Memiliki kekhasan apabila dibandingkan dengan perusahaan lain.

 

Contoh Program CSR IDCloudHost

Setelah anda mengetahui definisi dari program CSR, Selanjutnya anda dapat mengetahui beberapa contoh program CSR dari PT. Cloud Hosting Indonesia . Yuk, simak contohnya berikut ini  :

 

1. Apa itu Program Affiliasi?

 

Program Affiliasi adalah sebuah program memberikan komisi atau imbalan kepada Anda yang diberikan oleh IDCloudHost sebagai salah satu kontribusi Anda membantu dalam berkolaborasi untuk perkembangan yang lebih baik.

IDCloudhost mengajak dan merekomendasikan anda mengikuti program affiliasi hosting untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara online dengan Mudah, Cepat dan GRATIS tanpa biaya. Anda akan mendapatkan komisi 70% dari setiap total transaksi yang dilakukan. Semakin banyak pengguna yang yang Anda bantu referensi maka akan semakin banyak komisi yang akan Anda terima setiap bulannya.

Menariknya lagi, selama user melakukan perpanjangan layanan pada layanan di IDCloudHost Anda akan tetap mendapatkan komisi sebesar 2% setiap perpanjangan yang dilakukan oleh user. Anda bisa mendaftarkan komunitas atau diri anda ke layanan Affiliasi IDCloudHost.

 

2. Program NGO Go Digital

 

Program Donasi yang membantu NGO / Komunitas / Yayasan di Seluruh Indonesia untuk memperluas dampaknya melalui Akses Digital dari IDCloudHost. NGO GO Digital merupakan salah satu program kolaborasi dan donasi yang dilaksanakan oleh beberapa partner dimana NGO/Yayasan/Komunitas yang terdaftar akan mendapatkan bantuan akses digital untuk membangun platfrom digital organisasinya untuk upaya memperluas dampak manfaat dan kebaikan dari NGO/Yayasan/Komunitas di Seluruh Indonesia. Anda bisa mendaftarkan komunitas atau diri anda ke layanan NGO GO Digital IDCloudHost.

 

3. Program Ekabima

 

Guna mendukung Ekosistem Digital terutama di bidang pendidikan. IDcloudHost memberikan Website Gratis untuk Seluruh Sekolah di Indonesia. Berikut ini fasilitas yang diberikan oleh IDCloudHost :

 

  • Domain Gratis : Domain sch.id untuk Website Sekolah selama 1 Tahun.
  • Hosting Gratis : Cloud Hosting Paket Business Pro selama 6 Bulan.
  • Website Gratis : Pembuatan Website Sekolah & Gratis 3 Bulan Sistem Manajemen Sekolah dari Scola.
  • Google for Education : Bantuan Setup Google for Education.

Anda dapat mendaftarkan Sekolah Anda di : Program Ekabima IDCloudhost

 

4. Beasiswa IDCloudHost Di Telkom University 2020

 

Apakah anda adalah seorang siswa SMA yang  baru lulus dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan universitas? Nah, Beasiswa IDCloudhost adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh IDCloudhost bekerja sama dengan Telkom University. Manfaat yang akan didapat oleh mahasiswa penerima beasiswa ini adalah :

 

  • Beasiswa

    Mendapatkan Beasiswa pendanaan Full dari IDCloudHost untuk membantu Anda meraih cita-cita dan meraih masa depan cemerlang.

  • Pengalaman Kerja

    Peraih Beasiswa akan diberikan kesempatan untuk menambah pengalaman dengan bergabung di IDCloudHost.

  • Bonus

    Mendapatkan berbagai Bonus lainnya dengan bergabung pada Program Beasiswa IDCloudHost untuk mencapai cita-cita bersama IDCloudHost.

Segera daftarkan diri Anda di layanan Beasiswa IDCloudHost x Telkom University menjadi penerima Beasiswa IDCloudhost 2020. Raihlah masa depan gemilang bersama IDCloudhost dan Telkom University.

Baca Juga : Cara Cek Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Secara Online untuk Beasiswa IDCloudHost

 

5. Program Community IDCloudHost

 

Publikasi Pengalaman dan Tutorial Anda bersama IDCloudHost. Bantu Kami berkolaborasi bersama Anda untuk menciptakana artikel panduan tutorial dan pengalaman Anda terkait dunia IT dan bisnis sebaik mungkin. Bagikan pengalaman dan pengetahuan Anda untuk dipublikasikan pada halaman IDCloudHost sebagai referensi Tutorial berbahasa Indonesia yang akan dibaca oleh banyak orang!

Kami sangat berterima kasih atas partisipasi Anda menulis pada program Community IDCloudHost. Kami memberikan Reward Diskon 50% Hosting untuk setiap artikel yang dipublikasikan di Halaman IDCloudHost Untuk bisa dimuat, artikelmu harus memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

 

  • Artikel asli tulisan sendiri dan belum pernah dimuat di media lain (termasuk di blog pribadi).
  • Artikel harus memuat satu ide utama dan topiknya tidak melebar.
  • Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan panjang minimum 600 kata.
  • Artikel dapat dibuat dengan gaya bahasa sederhana yang mudah dimengerti oleh pengguna.
  • Hindari menggunakan kata-kata kasar dan mengandung isu SARA.

 

Kesimpulan dan Penutup

CSR yang merupakan sebuah kegiatan sosial sebuah perusahaan dilingkungan masyarakat. Banyak sekali contoh dan program CSR yang berbeda – beda. Pastikan anda memiliki sebuah proposal yang rinci dan menarik, agar perusahaan mau mengeluarkan CSR ini untuk anda maupun organisasi anda.

Perlu diketahui, anda juga harus mengetahui produk apa saja dalam program CSR yang ditawarkan si CSR. Jangan sampai anda salah mengajukan CSR yang bukan sesuai dengan bidangnya. IDCloudhost sendiri mempunyai berbaga macam dana CSR.

Mulai dari program affiliasi, program eka bima, beasiswa IDCloudHost x Telkom University, hingga memberikan domain gratis. Semakin anda kreatif dalam membuat proposal maupun pemaparan seputar program anda, maka perusahaan juga tidak akan ragu mengeluarkan CSR ini untuk anda.

 

Related Post :

popup image