Mengenal Apa itu Deposito : Pengertian, Syarat, Keunggulan, dan Cara Mendaftarnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Selain menabung dengan cara konvensional seperti yang diketahui umum, ada juga deposito. Suku bunga simpanan adalah suku bunga yang dibayarkan oleh bank komersial atau lembaga keuangan atas setoran tunai pemegang rekening. Rekening deposito termasuk sertifikat deposito (CD), rekening tabungan, dan rekening investasi lainnya sehingga tidak mengherankan kalau banyak yang menjadikan deposito sebagai investasi juga.

Misalnya, suku bunga deposito sering kali dibayarkan untuk uang tunai yang disimpan ke rekening tabungan dan Pasar Uang. Rekening tabungan memperoleh tingkat bunga yang agak rendah, tetapi uang tunai yang disimpan di jenis rekening tertentu lainnya juga dibayar dengan suku bunga simpanan oleh bank dan lembaga keuangan. Suku bunga simpanan dapat ditetapkan untuk jangka waktu tertentu dengan jumlah minimum uang simpanan, atau bisa variabel, yang berfluktuasi dan biasanya tidak dikenakan denda penarikan awal.

Rekening deposito menarik bagi investor sebagai sarana yang aman untuk menyimpan uang cair mereka, mendapatkan sejumlah kecil bunga tetap, dan mengambil keuntungan dari asuransi. Bank biasanya menawarkan tarif yang lebih baik untuk rekening yang memiliki saldo lebih besar yang digunakan sebagai insentif untuk menarik klien bernilai tinggi dengan aset yang cukup besar. Berdasarkan pencapaian tingkat bunga yang lebih tinggi, secara alami semakin besar jumlah yang disimpan, semakin besar pengembalian dari waktu ke waktu.

 

Pengertian Tabungan Deposito

Mengenal Apa itu Deposito : Pengertian, Syarat, Keunggulan, dan Cara Mendaftarnya
 

Kata deposit berarti menempatkan sesuatu di suatu tempat. Sebagai istilah finansial, deposit adalah uang yang Anda simpan di bank untuk disimpan yakni untuk menyetor uang, Anda memasukkannya ke bank. Ketika bank dan credit unions mengacu pada deposito, mereka berbicara tentang uang di rekening Anda, yang mereka pegang untuk Anda simpan. Ini juga bisa merujuk pada barang berharga lain yang mereka pegang untuk Anda, seperti perhiasan di brankas. Meskipun deposit bisa menjadi sesuatu, itu juga bisa menjadi sesuatu yang Anda lakukan. Anda dapat menyetor cek atau menyetor uang tunai atau Anda juga dapat melakukan deposit dengan mentransfer dana dari satu akun ke akun lainnya.

Jadi bisa dikatakan bahwa deposito adalah tindakan menempatkan uang tunai (atau setara tunai) dengan beberapa entitas, paling umum dengan lembaga keuangan, seperti bank. Deposito adalah kredit untuk pihak (individu atau organisasi) yang menempatkannya, dan dapat diambil kembali (ditarik) sesuai dengan ketentuan yang disepakati pada saat penyetoran, ditransfer ke pihak lain, atau digunakan untuk pembelian di tanggal kemudian. Sedangkan deposito sendiri juga biasanya merupakan sumber pendanaan utama bagi bank.

 

Syarat dan Cara Mendaftar Tabungan Deposito

Mempunyai tabungan deposito tentunya lebih banyak mendatangkan keuntungan dari tabungan biasa. Oleh karena itu pula selain mendapatkan keuntungan bunga yang lebih tinggi, persyaratan untuk membuat tabungan ini juga seb kiri berbeda. Simak beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuka tabungan deposito.

 

  • Melakukan pengisian formulir untuk pembukaan rekening deposito baru.
  • Untuk dapat membuka akun perorangan maka Anda harus menunjukkan bukti asli identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor.
  • Sedangkan membuka akun deposito atas nama perusahaan maka diperlukan fotokopi bukti identitas/legalitas badan usaha/hukum.
  • Melakukan penyetoran awal untuk tanda pembukaan rekening deposito.

 

Mengingat bunga dan laba dari deposito berbeda dari tiap bank, maka sebaiknya Anda mencari tahu lebih lanjut mengenai apa saja yang ditawarkan dari bank mengenai pembuatan deposito di bank mereka.

 

Baca Juga  :    Cara Investasi Saham Untuk Pemula Yang Menguntungkan dan Aman

 

Keunggulan Tabungan Deposito

Jika dibandingkan dengan tabungan biasa, tentunya tabungan deposito lebih unggul dalam hal bunga dan keamanan. Adapun manfaat, keunggulan dan cara kerja dari sebuah deposit adalah :

 

  • Relatif lebih aman

    Mempunyai deposito berjangka memang bisa relatif lebih aman karena investasinya mempunyai resiko yang lebih rendah pula. Apabila dibandingkan dengan investasi saham yang datang dengan resiko tinggi tersendiri atau investasi lainnya. Membuka tabungan deposito akan lebih stabil meski masih tetap mempunyai resiko yang tidak sebesar cara investasi lainnya, deposit dianggap cukup mampu dan kuat dalam menghadapi kondisi pasar modal dan pasar uang yang tidak menentu.

  • Mendapatkan suku bunga

    Secara umum, suku bunga yang didapatkan dari deposito jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya. Dengan penawaran suku bunga yang bisa menjangkau hingga 3 – 4 kali lipat dari suku bunga tabungan biasa, membuat banyak orang memilih tabungan jenis deposito berjangka sebagai tidak hanya tabungan namun juga investasi.

  • Administrasi yang dipermudah

    Saat ini proses pendaftaran dan pembukaan akun rekening deposito jauh lebih mudah dan praktis. Dengan adanya digitalisasi yang turut berpengaruh pada banyak sektor termasuk perbankan, beberapa bank di Indonesia juga telah menyediakan pembukaan deposito online yang tidak jauh berbeda dengan pembukaan deposito terdahulu.

  • Adanya jaminan keamanan dari negara

    Alasan utama banyaknya orang memilih deposito adalah selain bisa menjadi investasi juga adanya faktor keamanan yang baik dalam kondisi keuangan dan pasar nantinya. Semua ini telah dijamin oleh negara dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) inilah yang berperan dalam menjamin deposito nasabah dengan jumlah deposit hingga miliaran rupiah dengan imbalan suku bunga tinggi.

 

Baca Juga  :   Apa itu Obligasi : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya

 

Contoh dan Jenis Setoran Tabungan Deposito

Mengenal Apa itu Deposito : Pengertian, Syarat, Keunggulan, dan Cara Mendaftarnya
 

Umumnya tabungan deposito juga terbagi dalam beberapa contoh dan jenis yang biasanya digunakan umum tidak hanya di Indonesia namun juga di negara lain. Adapun contoh dan jenis tabungan umum adalah :

 

  • Setoran deposit

    Jika Anda membawa uang tunai ke teller atau ATM dan meminta mereka untuk menambahkannya ke rekening giro atau tabungan Anda, itu disebut setoran tunai.

  • Rekening deposito

    Rekening bank yang memungkinkan Anda menyetor dan menarik uang disebut rekening simpanan, dan dapat mencakup rekening giro, tabungan, dan pasar uang serta CD (Certificate of deposit ).

  • Deposito

    Deposito rekening koran Anda dapat tersedia sesuai permintaan, itulah sebabnya terkadang disebut rekening giro (atau rekening koran).

  • Jaminan deposito

    Ketika Anda menyewa sebuah apartemen, Anda membayar uang jaminan yakni uang yang dipegang oleh pemiliknya untuk disimpan jika Anda menyebabkan kerusakan pada persewaan Anda atau melewatkan uang sewa.

 

Baca Juga  :     Cara Investasi Reksadana yang Mudah, Aman, dan Menguntungkan

 

Kesimpulan dan Penutup

Suku bunga deposito tetap yang dijamin dengan rekening simpanan tertentu cenderung lebih kecil dibandingkan dengan pengembalian variabel kendaraan keuangan lainnya. Imbalannya adalah bahwa pemegang akun yakin akan keuntungan bertahap dari deposit mereka versus potensi untung atau rugi mendadak pada skala yang lebih tinggi. Selain itu mereka juga yakin bahwa deposito datang dengan resiko yang lebih rendah dan mampu menghadapi perubahan pasar global.

Bank juga suka menawarkan suku bunga yang kompetitif untuk simpanan ini untuk menarik pelanggan. Tergantung pada produknya, suku bunga setoran premium mungkin hanya tersedia dengan syarat tertentu seperti saldo minimum, dan mungkin maksimum. Rekening tertentu juga memerlukan jangka waktu tertentu seperti jangka enam bulan, satu tahun, atau beberapa tahun sehingga uang didepositokan harus tetap disimpan dan tidak dapat diakses oleh pemegang rekening. Jika setoran diakses lebih awal, mungkin ada denda dan biaya yang timbul, termasuk potensi hilangnya suku bunga yang disepakati jika saldo yang tersisa di akun kurang dari jumlah minimum.

Related Post :

popup image