logo Mengenal Apa Itu Email Blast dan Cara Membuatnya Dengan Efektif - IDCloudHost

Mengenal Apa Itu Email Blast dan Cara Membuatnya Dengan Efektif

Mengenal Apa Itu Email Blast dan Cara Membuatnya Dengan Efektif

Apakah Anda pernah menerima email dari sebuah brand kemudian Anda jadi tertarik untuk membeli produk atau menggunakan layanannya? Itu disebut sebagai email marketing. Adapun email marketing merupakan salah satu strategi dari digital marketing dengan tujuan untuk mempromosikan, memperkenalkan produk atau layanan, dan lain sebagainya yang dapat membantu bisnis Anda dalam meningkatkan penjualan.

Email marketing bukan hanya bertujuan untuk memperkenalkan atau menginformasikan tentang konten seputar produk atau layanan, tapi juga berisi pemberitahuan tentang diskon terbaru apa yang sedang ditawarkan hingga informasi terkait event yang sedang berlangsung. Cara membuat email marketing ini juga sangat mudah, Anda tidak perlu mengirimkan email secara satu persatu, Anda bisa dengan otomatis mengirim banyak email dengan email blast.

Sedangkan email blast bisa mengirimkan email marketing Anda secara massal tanpa perlu manual mengetikan alamat email pelanggan atau calon pelanggan Anda secara satu persatu. Anda hanya perlu memasukan data berupa alamat email dari pelanggan atau calon pelanggan yang ingin Anda kirimkan pesan berupa kiriman email marketing, bisa informasi produk atau layanan, event terbaru, diskon, atau apa pun yang Anda butuhkan untuk meningkatkan penjualan Anda. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa itu email blast dan cara membuatnya dengan efektif.

 

Memahami Apa Itu Email Blast dan Manfaat Email Blast

Mengenal Apa Itu Email Blast dan Cara Membuatnya Dengan Efektif
 

 

Email blast atau yang biasa dikenal sebagai siaran email adalah saat Anda mengirim satu email ke sekelompok pelanggan atau prospek sekaligus. Anda bisa menyampaikan ratusan bahkan ribuan pesan dalam waktu sekaligus, ini bisa menghemat waktu Anda dalam mempromosikannya secara satu persatu atau dengan cara konvensional menyebarkan brosur ke rumah-rumah orang. Misalnya, Anda ingin membuat diskon dengan periode waktu yang singkat, Anda bisa menggunakan email blast ini untuk menginformasikannya kepada banyak orang.

Sedangkan manfaat email marketing ini sangat banyak, Anda bisa mempertimbangkannya untuk menggunakan email blast sebagai sarana dalam melakukan digital marketing. Berikut manfaat dari Email Blast yang wajib Anda ketahui jika Anda ingin menggunakan metode ini untuk membantu pemasaran Anda.

  • Hemat biaya

    Salah satu keuntungan paling jelas dari email blast adalah biayanya yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis konvensional. Tidak ada biaya cetak atau ongkos kirim dan tidak ada biaya yang dibayarkan sebagai imbalan atas penayangan di papan reklame, majalah, atau saluran televisi tertentu.

  • Mampu menjangkau banyak orang

    Email blast adalah salah satu cara yang efektif untuk menjangkau banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Anda juga bisa menjangkau konsumen Anda yang sudah terdaftar dalam database, ini memudahkan Anda bisa berkomunikasi dengan konsumen dan dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Anda juga bisa menjangkau calon pelanggan Anda, Anda cukup melakukan pendataan alamat email kepada calon pelanggan sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak orang.

  • Pesan yang disampaikan sesuai dengan sasaran

    Anda bisa menargetkan pelanggan mana yang dapat menerima email marketing dari Anda menggunakan email blast. Anda tidak harus melakukan strategi baru untuk membuat orang menyukai produk atau layanan Anda, Anda cukup mengirimkan email tersebut kepada pelanggan yang sudah tertarik dengan merek bisnis Anda.

 

Baca Juga  :    Strategi Terbaik Untuk Melakukan Email Blast yang Efektif dan Efisien

 

Cara Membuat Email Blast dengan Efektif

Jika Anda sudah mengetahui kelebihan dari penggunaan Email Blast dari penjelasan diatas, tentunya Anda ingin mengetahui langkah selanjutnya. Sekarang waktunya Anda menyiapkan dan menyusun email marketing yang tepat untuk pelanggan atau calon pelanggan lewat email blast. Berikut cara membuat email blast dengan efektif.

  • Tetapkan Tujuan

    Anda harus mempertanyakan Apa yang ingin Anda capai dengan email ini? Apakah Anda ingin menghasilkan sejumlah pendaftaran atau penjualan? Apakah Anda ingin mengarahkan lalu lintas ke halaman tertentu? Menentukan tujuan email ini penting karena untuk menetapkan target yang ingin dicapai sebelum Anda mengirim email blast.

  • Gunakan Bantuan Alat Email Blast

    Anda bisa mencoba banyak tools atau alat untuk mengirimkan email blast ini, Anda juga bisa mencobanya secara gratis dalam periode atau batasan pengiriman tertentu. Pilih tools yang bisa langsung terintegrasi dengan CRM Anda, sehingga Anda dapat menyimpan semua informasi dan aktivitas pelanggan di satu tempat.

  • Buat Email Marketing yang Menarik

    Sekarang Anda harus menyiapkan email apa yang ingin Anda kirimkan. Email Anda akan terdiri dari baris subjek, body copy, satu atau lebih gambar, dan CTA. Elemen yang penting adalah subjek, Anda harus membuatnya menarik perhatian agar dibuka oleh penerima pesan. Pastikan untuk membuatnya pendek (50 karakter atau kurang), jelas dan tidak cerdas, dan hindari kata-kata yang dapat membuat email Anda masuk ke kotak spam.

  • Siapkan Daftar Kirim

    Anda harus mempunyai daftar alamat email yang ingin Anda kirim email blast, Anda bisa mendapatkannya melalui database website milik Anda atau mengumpulkannya dengan menggunakan bantuan Google Form yang Anda sebarkan. Anda bisa memilih target audiens yang seperti apa secara demografi, gender, umur, penghasilan, atau lain sebagainya agar email yang Anda kirimkan tepat sasaran.

  • Analisis Hasilnya

    Ketika Anda sudah mengirimkan email blast, Anda tinggal menunggu tiga hingga lima hari sebelum Anda mengukur hasilnya. Pastikan untuk melacak data seperti rasio terbuka, rasio klik-tayang, dan berhenti berlangganan. Jika Anda menjalankan pengujian beberapa sample A/B, ini juga saatnya untuk menentukan pemenang dan mendokumentasikan pembelajaran Anda untuk penggunaan di masa mendatang.

 

Baca Juga  :    Tips Cara Memilih Platform Email Blast untuk Email Marketing Bisnis

 

Rekomendasi Alat/Tools Terbaik untuk Mengirim Email Blast

Mengenal Apa Itu Email Blast dan Cara Membuatnya Dengan Efektif
 

Setelah Anda menetapkan tujuan pembuatan email, menuliskan email, dan mengumpulkan data penerima email, sekarang yang harus Anda lakukan adalah memilih tools yang tepat untuk mengirim email marketing Anda tersebut. Layanan pengiriman email blast yang Anda gunakan harus memudahkan untuk mengelola daftar kontak Anda, mengelompokkan pengguna ke dalam grup, dan melacak kinerja kampanye pemasaran email Anda. Terpenting dari semua itu adalah memastikan bahwa email yang Anda kirimkan tidak berakhir di kotak spam penerima email. Berikut tools terbaik yang dapat membantu Anda dalam mengirimkan email blast.

  • Constant Contact

    Constant Contact adalah salah satu layanan pemasaran email terbesar dan paling cepat berkembang di dunia. Ini juga merupakan layanan email marketing atau email blast yang paling mudah digunakan dan ramah pemula. Anda dapat dengan mudah mengelola daftar email, kontak, template email, kalender pemasaran, dan lainnya. Contact Constant memiliki uji coba gratis 60 hari yang bisa Anda coba jika budget operasional Anda masih terbatas.

  • SendinBlue

    SendinBlue adalah software marketing SMS dan email lengkap untuk bisnis. SendinBlue adalah salah satu platform pemasaran email dengan pertumbuhan tercepat di Eropa. Ini adalah platform yang mudah untuk Anda gunakan, fitur Editor email drag and drop yang sederhana bisa digunakan dengan mudah oleh pemula. SendinBlue menawarkan rencana pemasaran email gratis tanpa batas kontak. Paket gratis SendinBlue memungkinkan Anda mengirim hingga 300 email per hari, tetapi semua email Anda akan mencantumkan merk SendinBlue atau jika Anda ingin memperbaharui secara premium, Anda biasa membayar paket bulanan mereka.

  • Drip

    Drip adalah platform email marketing perusahaan yang kuat untuk eCommerce, blogger, dan digital marketing. Alat ini menawarkan berbagai alat untuk membuat otomatisasi pemasaran, saluran penjualan, dan personalisasi menjadi mudah. Perangkat lunak email Drip menawarkan integrasi tanpa batas untuk semua pembuat situs web populer termasuk WordPress dan WooCommerce. Dukungan Drip memungkinkan Anda untuk dengan mudah menambahkan formulir pendaftaran pop-up / opt-in ke situs web Anda dan menangkap lebih banyak prospek. Selain menawarkan uji coba gratis, dan paket Drip mulai dari harga bulanan yang mencakup semua fitur drip, harga ini dianggap  cukup terjangkau jika Anda memiliki bisnis yang besar.

 

Baca Juga  :   Bisnis Lebih Efektif Dengan Email Blast Dari Kirim.Email X IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Kelebihan umum dari email blast adalah jenis email ini bisa mengirimkan email marketing Anda secara massal tanpa perlu manual mengetikan alamat email pelanggan atau calon pelanggan Anda secara satu persatu. Email blast atau yang biasa dikenal sebagai siaran email adalah saat Anda mengirim satu email ke sekelompok pelanggan atau prospek sekaligus.

Manfaat dari email blast ini yaitu dapat hemat biaya, menjangkau banyak orang, dan mengirimkan pesan yang tepat sasaran. Setelah itu Anda harus menetapkan tujuan pembuatan email, menuliskan email, dan mengumpulkan data penerima email, sekarang yang harus Anda lakukan adalah memilih tools yang tepat untuk mengirim email marketing Anda tersebut. Layanan pengiriman email blast yang Anda gunakan harus memudahkan untuk mengelola daftar kontak Anda, mengelompokkan pengguna ke dalam grup, dan melacak kinerja kampanye pemasaran email Anda.
 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image