Mengenal Apa Itu Email Hosting dan Cara Kerjanya

Business, Email Marketing / 1 | | 0

Email telah menjadi cara utama komunikasi sejak awal internet dna masih terus digunakan hingga saat ini. Saat ini, terlepas dari evolusi teknologi, email masih tetap sebagai cara paling profesional untuk berkomunikasi, mengingat itu adalah mode komunikasi yang penting untuk semua jenis bisnis. Bahkan menurut Windows IT Pro, sekitar 96% dari peserta survei mereka mengatakan bahwa mereka menggunakan email setiap hari.

Artinya, di industri mana pun, email tetap menjadi alat inti untuk komunikasi dan kolaborasi. Namun, karena banyaknya layanan hosting email yang tersedia di pasaran, bagaimana Anda memutuskan mana yang terbaik untuk bisnis Anda? Sementara beberapa layanan hosting email hanya menawarkan fitur dasar, ada layanan lain yang menyediakan alat seperti kontak dan kalender bersama untuk perusahaan Anda.

Karena email untuk kepentingan bisnis, usaha, perusahaan atau organisasi tentu saja dengan email pribadi. Tidak hanya lebih resmi, email resmi biasanya pasti mempunyai email hosting agar memberi profesionalitas dan kredibilitas sebagai perusahaan yang mengirimi email tersebut. Mari mengenal apa itu email hosting dan cara kerjanya bagi bisnis dan kebutuhan resmi lainnya.

 

Mengenal Apa Itu Email Hosting

Mengenal Apa Itu Email Hosting dan Cara Kerjanya
 

Email hosting pada dasarnya adalah layanan yang bertindak sebagai server untuk email Anda. Host email menyewakan server yang dirancang untuk menangani semua data Anda untuk menerima dan mengirim email. Anda mungkin berpikir bahwa situs webmail umum dan gratis adalah contoh hosting email, seperti Yahoo dan Google, tapi dalam hal ini mengingat kepentingannya adalah secara profesional, maka harus berbayar. Properti unik dari metode hosting ini adalah Anda menyewakan server yang tidak lebih dari meng-host email Anda.

Bisnis yang menggunakan metode ini menyiapkan alamat email melalui nama domain. Kelebihan yang menonjol dari email hosting karena mengirim email langsung melalui server itu sendiri, daripada melalui situs webmail gratis. Sebagai gantinya, klien harus menghubungkan nama domain terdaftar ke server email mereka. Mereka kemudian dapat menggunakan kombo ini untuk menghasilkan nama pengguna unik untuk setiap pengguna email yang mengakses server tersebut. Misalnya, seorang karyawan perusahaan akan menerima alamat unik [email protected](dot)com, dan server akan menampung semua email yang datang dari, dan menuju, email ini.

Properti unik lain dari metode hosting ini adalah server. Tidak seperti situs webmail gratis yang melayani pengguna yang berbeda pada satu waktu, host email biasanya menyediakan server khusus. Ini berarti ia beroperasi hanya untuk sejumlah akun tertentu. Meskipun ini mungkin tidak berarti bahwa server hanya untuk satu akun, sumber daya di dalam server itu hanya akan dicadangkan untuk sejumlah akun tertentu. Lalu jika persyaratan satu klien melebihi kapasitas server mereka saat ini, mereka selalu dapat meningkatkan dan berbagi konten di beberapa server.

 

Baca Juga  :     Apa itu Email Marketing : Pengertian, Cara Kerja, Tips & Trick untuk Bisnis/Perusahaan

 

Cara Kerja Email Hosting

Dengan email hosting, Anda tidak hanya mendapatkan server untuk menghosting email Anda, tetapi juga menghadirkan solusi tambahan untuk meningkatkan skala bisnis Anda. Solusi ini mencakup fitur yang memungkinkan otentikasi aman, perutean ulang dan replikasi email Anda, pengelolaan nama domain pengguna, dan banyak lagi. Penyedia layanan email memberi Anda server yang bertindak sebagai tautan terpercaya antara server email Anda dan server email penerima.

Saat Anda mengirim email, maka email tersebut akan dialihkan antara dua server, untuk memastikan kelancaran pengiriman dan transportasi email Anda. Ini menambahkan keamanan yang lebih besar ke email Anda, sehingga menghilangkan risiko spam dan virus. Dengan email hosting, Anda memiliki lapisan keamanan tambahan saat mengirim informasi sensitif melalui email, meminimalkan risiko pelanggaran data, atau pencurian.

Server email profesional biasanya juga telah dilengkapi dengan enkripsi industri, memastikan transfer data terenkripsi sepenuhnya dan pihak yang tidak berwenang tidak dapat mengaksesnya. Selain itu, dengan hosting email profesional, Anda selalu dapat mengandalkan waktu aktif yang lebih baik. Anda dapat menghindari kesalahan komunikasi yang kritis, dan berkomunikasi dengan cepat dan tepat waktu. Peran email semakin penting bagi bisnis yang mungkin secara teratur mengirim dan menerima komunikasi dari pelanggan yang memerlukan perhatian segera.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Email Marketing untuk Bisnis Online (Tips Email Marketing)

 

Layanan Email Hosting Zimbra IDCloudHost

Mengenal Apa Itu Email Hosting dan Cara Kerjanya
 

Bayangkan jika bisnis Anda beroperasi online dan melayani beberapa pengguna dalam sehari. Konten dan data Anda akan membutuhkan media yang tepat untuk menjangkau klien dan pelanggan Anda secara cepat, efisien serta praktis. Iuni tentunya tidak mudah, karena Anda harus lebih dulu mengetahui kebutuhan dan kriteria Anda untuk dapat memilih email hosting yang tepat. IDCloudHost adalah salah satu penyedia email hosting nasional yang menggunakan Zimbra dengan fitur- fitur pendukung terbaik bagi bisnis Anda.

 

Fitur Unggulan Zimbra

Zimbra Collaboration Network Edition menyediakan infrastruktur kolaborasi terbuka, aman dan pribadi untuk kepentingan profesional yang tinggi, yakni :

  • Zimbra Email with Domain
  • Zimbra Connect (Chat & Video Call) – Soon
  • Zimbra Drive for Save File
  • Zimbra Docs for Create, Share, Edit File

 

Fitur Keamanan Zimbra

Pastikan semua konten penting Anda aman dan terlindungi yang menjamin kelancaran pengiriman dan penerimaan email. Berikut fitur- fitur pendukung keamanan yang terbaik dari Zimbra :

  • SSL SNI for HTTPS
  • Postscreen for Boost Email Security
  • S/MIME Digital Signatures & Encryption
  • Two-factor Authentication

 

Baca Juga  :     Website untuk Design Email yang Mudah digunakan untuk Pemula

 

Digunakan di banyak Perangkat

Zimbra Collaboration Network Edition menggabungkan teknologi sinkronisasi terbaru yang memungkinkan pengguna dan pelanggan Anda untuk tetap menggunakan Microsoft Outlook di Microsoft Windows atau Mac OS X. berikut fitur- fitur yang bisa menjadi adalan :

  • Dukungan ABQ Service
  • Dapat Melakukan Mobile Sync
  • Exchange Web Services
  • Zimbra Connector for Outlook

 

Fitur Administrasi Lanjut

Hemat waktu untuk mengelola penyebaran Zimbra Anda, baik itu di tempat, di-host atau solusi hybrid salah satunya adalah terintegrasi dengan Hosting yang Anda miliki di IDCloudhost dengan mudah dan cepat dengan fitur- fitur :

  • Realtime Backup & Restore
  • Simplified Delegated Admin ?
  • Hierarchical Storage & HAB ?
  • Integrated Unified Communications ?

 

Untuk mendapatkan informasi dan penawaran terbaik bagi kebutuhan email bisnis Anda, silahkan kunjungi laman Email Solution IDCloudHost di https://idcloudhost.com/zimbra-mail/?swcfpc=1

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebagian besar perusahaan web hosting juga menyediakan hosting email untuk Anda. Akan tetapi layanan email hosting yang disediakan oleh perusahaan web hosting sebagian besar hanya menyediakan email POP3 dan dasar-dasar perlindungan spam/virus dan fitur lainnya untuk Anda. Selain itu, beberapa penyedia email hosting gratis masih disisipi iklan. Sekali lagi, jika Anda memiliki usaha kecil atau menengah (UKM), maka Anda sebaiknya tidak mengoperasikan email bisnis Anda menggunakan salah satu penyedia ini karena layanan email biasanya di bawah standar dibandingkan dengan layanan hosting email profesional.

Menggunakan layanan hosting email profesional akan memberi Anda kenyamanan. Anda harus dapat fokus pada bisnis Anda sementara penyedia email hosting mengelola layanan email Anda. Sebagian besar penyedia hosting email menawarkan serangkaian fitur email web yang lengkap termasuk alias tidak terbatas, penerusan tidak terbatas, penjawab otomatis, lampiran besar, perlindungan spam/virus yang kuat, aturan email, IMAP/POP3, penyimpanan online, kalender, milis, daftar putih, daftar hitam, cadangan, pengarsipan, manajemen folder, manajemen kontak, dll.

Anda juga dapat mengakses email Anda dari mana saja menggunakan webmail, ponsel cerdas, dan klien email lainnya seperti Outlook. Kemudian yang terbaik dari semua yang bisa ditawarkan oleh email hosting, layanan email hosting profesional juga sangat terjangkau. Ini menghilangkan kebutuhan akan server email internal dan bantuan tim IT untuk mengelola server email tersebut sehingga pekerjaan Anda menjadi lebih singkat dan cepat.

Related Post :