Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio : Manfaat, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Facebook dan Instagram merupakan social media dari Perusahaan induk Facebook yang saat ini merupakan social media yang banyak digunakan orang didunia. Bahkan untuk para pengguna mungkin tidak asing lagi cara menggunakan facebook dan instagram.

Social media ini mempunyai keunggulan masing-masing yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari penggunannya. Sebut saja Instagram dengan adanya berbagai fitur terutama postingan instagram dan story, membuat banyak sekali pebisnis yang memanfaatkan instagram untuk berjualan.

Dikutip dari Katadata, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 20 persen di tahun 2019 yakni mencapai 150 juta pengguna. Jika dikalkulasikan kembali, Jumlah pengguna Facebook di Indonesia sudah mempunyai Total pengguna 120 juta atau 44.94 dari total populasi di Indonesia. Indonesia merupakan negara ke-4 dengan pengguna Facebook terbanyak setelah India, Ammerika Serikat, dan Brazil.

Tidak berbeda dengan Instagram, Negara Indonesia mempunyai total pengguna 56 juta atau 20.97 persen dari total populasi dimana jumlah tersebut terbanyak ke 4 didunia juga setelah India, Ammerika Serikat, dan Brazil. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat aktif dalam menggunakan social media mereka.

 

Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio

Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio : Manfaat, Fungsi, dan Cara Menggunakannya | IDCloudHost

 

Facebook Creator Studio merupakan salah satu Tools / Aplikasi yang dibuat oleh Facebook yang terintegrasi dalam satu sistem yang dibutuhkan untuk melakukan posting, mengelola social media, memonetisasi / dalam hal ini mendapatkan keuntungan dari social media, hingga mengukur kualitas dan perkembangan social media melalui data dan insight yang diberikan pada dashboard Facebook Creator Studio.

Facebook Creator Studio memungkinkan siapapun untuk dapat mengelola halaman facebook dan Instagram secara bersamaan dengan mudah dan cepat. Apalagi ada banyak sekali fitur yang ditawarkan sehingga dapat memanjakan pengguna facebook dan instagram melalui Facebook Creator Studio ini.

Baca Juga : Panduan Lengkap Facebook Ads : Defenisi, Cara Kerja, Analisa

 

Manfaat menggunakan Facebook Creator Studio

Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio : Manfaat, Fungsi, dan Cara Menggunakannya | IDCloudHost

 

Tentu saja dengan adanya Tools Facebook Creator Studio ini ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan secara tidak langsung, berikut adalah beberapa manfaat dengan menggunakan Facebook Creator Studio :

 

  • Kamu juga dapat mengunggah banyak video sekaligus, lintas konten ke beberapa Halaman dan menjadwalkan, memperbarui atau menyimpan posting sebagai konsep.
  • Tab Home atau Dashboard utama di Creator Studio berisi umpan posting dari Halaman yang dipilih, beberapa wawasan dasar ke dalam konten Kamu dan komposer tempat Kamu dapat mengunggah konten dan mempostingnya ke salah satu Halaman Kamu.
  • Kamu dapat Melakukan Manage untuk Semua konten Kamu di semua Halaman Kamu, semua di satu tempat. Kamu dapat melakukan Lihat, filter, dan cari semua posting video, foto, tautan, dan teks dari semua Halaman Kamu. Kamu juga dapat melihat wawasan dari dan mengambil tindakan pada setiap posting, seperti mengedit, meningkatkan atau menghapusnya.
  • Kamu dapat Memahami lebih lanjut tentang kinerja, keterlibatan, audiens, dan penghasilan Kamu. Pada bagian Insight atau wawasan tersedia banyak laporan terkait social mmedia Facebook dan Instagram.
  • Kamu juga dapat Melacak di mana dan bagaimana konten asli Kamu, yang dilindungi hak cipta, muncul. Halaman Manajer Hak berfungsi dengan mendeteksi konten audio dan video yang cocok dengan file referensi yang Kamu unggah. Kamu dapat menerapkannya di tab Rights Manager di Creator Studio.
  • Creator Studio baik itu Instagram dan Facebook dapat dikelola oleh berbagai Admin atau role lainnya yang bisa dilakukan seperti Admin, Editor, Moderator, Advertiser, dan Analyst. Sehingga penggunaan Creator Studio akan lebih maksimal digunakan untuk mengelola secara tim dari suatu bisnis, usaha, dan perusahaan.
    Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio : Manfaat, Fungsi, dan Cara Menggunakannya | IDCloudHost

 

Mengelola Facebook di Creator Studio

Jika Kamu membuka tolls Creator Studio ini, salah satu social media yang terintegrasi adalah Facebook. Dimana ada banyak sekali Fitur yang bisa digunakan seperti Content Library, Insights, Inbox+, Menetization, Rights Manager, Sound Colection, dan yang terakhir Pages.

Pada bagian Content Library di dalam bagian Facebook Creator Studio memberi gambaran umum tentang semua video, foto, tautan, dan tulisan teks dari Halaman Facebook yang telah Kamu filter. Kamu juga dapat melihat wawasan dari dan mengambil tindakan pada setiap posting, seperti mengedit, meningkatkan atau menghapusnya.

Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio : Manfaat, Fungsi, dan Cara Menggunakannya | IDCloudHost

 

Berikut beberapa penjelasan  Pada bagian Content Library :

  • Posting

    Kamu dapat melihat ikhtisar semua posting Kamu dari Halaman yang dipilih di bagian Posting pada tab Content Library.  Semua postingan tersebut diinformasikan juga beberapa  variabel penting untuk kebutuhan dalam pengelolaan social media milik kamu.

  • Filter

    Kamu dapat mempersempit pencarian Kamu hanya dengan jenis tulisan tertentu dengan mengklik Jenis Posting dan memilih Video, Foto, Tautan, atau Teks. Kamu dapat lebih lanjut memfilter posting berdasarkan tanggal, status (Diposting, Kedaluwarsa, Langsung Sekarang, Dijadwalkan, Konsep, atau Kedaluwarsa) atau temukan posting tertentu dengan mengetikkan judul atau deskripsi di bilah pencarian.

  • Tindakan

    Kamu dapat mengambil tindakan tertentu pada posting Kamu dengan mencentang kotak di sebelah kiri item. Tindakan yang berbeda tersedia tergantung pada peran Halaman Kamu dan format posting yang Kamu pilih.

  • Wawasan

    Kamu bisa mendapatkan wawasan tentang kinerja posting Facebook tertentu dari Perpustakaan Konten. Untuk mengakses detail kiriman ini, klik di mana saja pada kiriman yang muncul di daftar, atau centang kotak di sebelah kiriman dan klik View post insights.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Duit dari Facebook dengan Mudah

 

Mengelola Instagram di Creator Studio

Pada Tools Creator Studio, Social Media Instagram bisa diintegrasikan dan dimanfaatkan dengan baik. Tidak berbeda dengan Creator Studio pada Facebook, di Instagram juga menyediakan halaman Content Library untuk informasi terkait semua konten di Instagram kita mulai dari Filter Photo, Video, Stories, IG TV dan lainnya. Pada Creator Studio di Instagram kita juga melakukan postingan di Postingan Instagram dan IG TV.

Tidak kalah kerennya adalah Creator Studio di Instagram juga menyediakan berbagai wawasan atau insight yang bisa dimaksimalkan untuk menganalisa konten yang sudah Kamu rilis. Fitur yang tidak kalah keren lainnya kita bisa melakukan Penjadwalan pada postingan kita di Instagram, Fitur ini terbilang sangat baru karena di Aplikasi Instagram sendiri kita tidak bisa melakukan Scheduling pada postingan Instagram, namun berbeda di Creator Studio untuk instagram kita bisa melakukan penjadwalan postingan dengan sangat mudah.

Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio : Manfaat, Fungsi, dan Cara Menggunakannya | IDCloudHost

 

Penutup & Kesimpulan

Ada banyak sekali Fitur yang disedikan oleh Facebook Creator Studio yang bisa kita manfaatkan untuk memaksimalkan social media Facebook dan Instagram. Ada berbagai Fitur yang disediakan oleh Facebook Creator Studio termasuk beberapa fitur dasar yang sebenarnya sudah disediakan oleh Facebook dan Instagram sendiri.

Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio : Manfaat, Fungsi, dan Cara Menggunakannya | IDCloudHost

 

Kita melihat bahwa Facebook Creator Studio sangat cocok digunakan oleh para creator serta brand-brand untuk usaha, bisnis, perusahaan dan lainnya karena banyak sekali  manfaat yang didapatkan yang paling keren adalah fitur penjadwalan atau scheduling dan pelaporan  yang sangat lengkap yang dapat mempermudah analisa penggunanya.

Semoga artikel ini bermanfaat, kira kira menurut kamu Fitur apalagi sih  yang harus ada di Facebook Creator Studio biar makin keren dan usefull lagi ? jangan lupa komentar dibawah ya!

Related Post :

popup image