Mengenal Apa Itu Framework dan Manfaat Menggunakannya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 1

Situs web telah menjadi keharusan bagi bisnis, brand, perusahaan, organisasi, instansi bahkan hingga pribadi,di dunia yang berkembang ini untuk menciptakan keberadaan online yang menonjol. Membuat situs web yang canggih dan intuitif adalah cara terbaik untuk menarik pengguna baru. Maka kerangka kerja atau framework web yang tepat dapat membantu Anda dalam pengembangan aplikasi web dan situs web tersebut.

Ada banyak kerangka kerja diluar sana yang bisa Anda gunakan, bahkan beberapa framework populer dapat membantu developer dalam mengembangkan web tanpa kerumitan. Namun, saat mengembangkan situs web pengembang mungkin bingung tentang kerangka kerja mana yang harus dipilih. Mengingat framework adalah bagian intrinsik dari pengembangan web seiring dengan meningkatnya kebutuhan aplikasi web, begitu pula dengan kecanggihan teknologi yang dibutuhkan.

Pengembang web dapat memanfaatkan kerangka kerja pengembangan web terbaik untuk membuat situs web dan aplikasi web yang kaya dan kompatibel dengan browser. Dikarenakan ada banyak kerangka kerja pengembangan web yang tersedia, masing-masing dengan inventarisnya yang beragam seringkali membingungkan pengembang berpengalaman. Anda harus berpikir hati-hati sebelum memilih satu karena masa depan dan kemampuan kerja situs web Anda tergantung pada kerangka kerja yang Anda pilih.

 

Mengenal Apa Itu Framework atau Kerangka Kerja

Mengenal Apa Itu Framework dan Manfaat Menggunakannya
 

Kerangka kerja atau framework yang juga biasa disebut perangkat lunak/software framework adalah sebuah platform untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak. Dimana platform ini akan memberikan landasan bagi para pengembang perangkat lunak dapat membangun program untuk platform tertentu. Misalnya, suatu kerangka kerja dapat mencakup kelas dan fungsi yang telah ditentukan sebelumnya yang dapat digunakan untuk memproses input, mengelola perangkat keras, dan berinteraksi dengan perangkat lunak sistem.

Cara ini akan menyederhanakan proses pengembangan karena pemrogram tidak perlu mengulang kembali proses dari awal setiap kali mereka mengembangkan aplikasi baru. Kerangka kerja mirip dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau Application Programing Interface (API), meskipun secara teknis kerangka kerja mencakup API. Seperti namanya, kerangka kerja berfungsi sebagai dasar untuk pemrograman, sementara API menyediakan akses ke elemen yang didukung oleh kerangka kerja.

Sebuah framework juga dapat mencakup pustaka kode, kompiler, dan program lain yang digunakan dalam proses pengembangan perangkat lunak. Ada beberapa jenis kerangka kerja perangkat lunak yang berbeda yang dalam banyak kasus, kerangka kerja perangkat lunak didukung secara asli oleh Operating System (OS).

 

Baca Juga  :    10 Daftar Framework/Kerangka Kerja Terbaik Untuk Pengembang

 

Jenis Framework/Kerangka Kerja

Sebagai pengembang, Anda harus mencari kerangka kerja yang paling sesuai dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan yang Anda buat. Baik itu bekerja di situs web, ilmu data, manajemen database atau aplikasi seluler, kerangka kerja perangkat lunak ada untuk semua genre pemrograman perangkat lunak. Ada banyak jenis kerangka kerja perangkat lunak untuk memudahkan pengembangan aplikasi untuk berbagai domain pengembangan aplikasi. Dibawah beberapa jenis kerangka kerja perangkat lunak yang sedang populer saat ini :

  • Kerangka Kerja/Framework web

    Ini adalah kerangka kerja yang sangat populer karena jenis framework ini mampu mengubah cara pengembangan web dilakukan, sehingga memudahkan jutaan pengembang untuk membangun aplikasi yang berguna. Jenis kerangka kerja web lebih khususnya lagi kerangka kerja web back-end yang juga disebut situs web dinamis telah banyak membantu pengembang membuat aplikasi web. Tidak hanya dibuat dengan HTML, JavaScript, dan CSS, sebaliknya, framework erb menggunakan bahasa pemrograman untuk berinteraksi dengan database dan kemudian menghasilkan konten akhir. Kerangka kerja web membuat proses ini lebih mudah dimana banyak framework populer menjadi sukses dan berpengaruh hingga menghindarkan pengembang dari keharusan menulis banyak kode atau membuat file konfigurasi kompleks agar fungsionalitas dasar berfungsi.

  • Kerangka Pengembangan Seluler/Mobile Development Frameworks

    Dengan meningkatnya daya tarik seluler dengan cepat, kerangka kerja pengembangan seluler telah mengalami peningkatan yang sama mengesankannya. Sama seperti desktop, kerangka kerja pengembangan seluler memberi pengembang struktur yang mendukung proses pembuatan aplikasi seluler. Jenis framework ini dapat dibagi menjadi dua jenis yang berbeda, aplikasi seluler asli yang artinya aplikasi akan dibuat untuk Apple atau Android dan kerangka kerja lintas platform yang menghasilkan aplikasi yang kompatibel dengan smartphone apa pun.

 

Baca Juga  :    Mengenal Istilah Programming dan Coding Bagi Pengembang/Programmer Pemula

 

Manfaat Menggunakan Framework Bagi Pengembang

Mengenal Apa Itu Framework dan Manfaat Menggunakannya
 

Mungkin tidak semua pengembang beranggapan kalau menggunakan kerangka kerja pengembangan web itu mutlak diperlukan dalam membangun aplikasi web, tetapi pengembang pasti juga ingin roses pekerjaan mereka lebih dapat disederhanakan serta praktis. Jadi, menggunakan framework merupakan metode praktis yang baik karena kemampuannya untuk menguji, dan memelihara aplikasi menjadi hampir tidak mungkin tanpanya. Berikut beberapa manfaat lainnya yang Anda harus ketahui :

  • Menyederhanakan bahasa pemrograman

    Seringnya framework terkadang diperlukan untuk bekerja dengan bahasa pemrograman yang rumit karena mereka dapat menyediakan fungsi yang dapat dimengerti dan terintegrasi.

  • Dapat digunakan kembali

    Keuntungan besar lainnya adalah framework dapat digunakan kembali. Ini mendorong pembangunan komponen yang dapat digunakan kembali yang dapat diintegrasikan ke dalam area lain dari kode dan bahkan dalam proyek yang berbeda. Faktor yang dapat digunakan kembali meningkatkan produktivitas, pemeliharaan, dan konsistensi data, terutama dalam aplikasi besar dengan tim pengembang yang besar. Karena pengembang tidak harus menulis semuanya dari awal, ini memberi mereka waktu untuk fokus pada pembuatan logika aplikasi.

  • Mengoptimalkan proses pengembangan

    Kerangka kerja adalah cara yang bagus untuk mem-bootstrap siklus pengembangan. Pengembang yang bekerja di bawah batasan waktu atau batasan anggaran harus memilih kerangka kerja sumber terbuka populer yang dapat mengembangkan aplikasi kustom dalam waktu singkat, membangun template siap pakai sesuai dengan kebutuhan seseorang. Selain juga memberikan fleksibilitas yang besar kepada pengembang untuk bereksperimen dan menerapkan solusi kreatif.

  • Pengujian dan debugging

    Sebagian besar kerangka kerja menyediakan fungsi pengujian dan debugging bawaan. Dengan penggunaan kembali kode dan praktik standar, aplikasi Anda sudah terpelihara dengan lebih baik dan mudah dipahami. Adanya fitur-fitur seperti pengujian unit, penyelesaian kode, pengeditan kode simultan, dan banyak lagi, memelihara dan memperbarui aplikasi Anda menjadi sangat mudah.

  • Dukungan komunitas

    Umumnya kerangka kerja yang terkenal memiliki komunitas pengembang yang besar. Termasuk dukungan kepada akses mudah ke solusi dan sejumlah besar pengetahuan, bekerja dengan kerangka kerja dilengkapi dengan dukungan dan panduan ekstensif. Disamping itu, pengguna telah mulai mengembangkan banyak alat dan pustaka yang membantu dalam bekerja dengan kerangka kerja yang berarti Anda memiliki akses ke dunia fitur tambahan yang memperluas kemampuan kerangka kerja yang sudah kuat sebelumnya.

 

Baca Juga  :    7 Framework CSS Untuk Membuat Web Responsif

 

Kesimpulan dan Penutup

Mengembangkan perangkat lunak adalah proses yang kompleks. Pengembangan membutuhkan banyak tugas, termasuk pengkodean, perancangan, dan pengujian. Untuk bagian pengkodean saja, pemrogram harus mengurus sintaks, deklarasi, pengumpulan sampah, pernyataan, pengecualian, dan banyak lagi. Sebagai seorang programmer, Anda tidak perlu memulai dari awal ketika Anda memiliki alat yang dirancang untuk membantu proyek Anda.

Alat inilah yang disebut dengan kerangka kerja atau framework yang merupakan perangkat lunak yang dikembangkan dan digunakan oleh pengembang untuk membangun aplikasi dan situs web. Seiring waktu framework sering dibangun, diuji, dan dioptimalkan oleh beberapa insinyur dan pemrograman perangkat lunak yang berpengalaman, sehingga membuat kerangka kerja perangkat lunak bersifat serbaguna, kuat, dan efisien. Menggunakan kerangka kerja perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi memungkinkan Anda fokus pada fungsionalitas tingkat tinggi aplikasi, karena setiap fungsionalitas tingkat rendah ditangani oleh kerangka kerja sehingga membuat pekerjaan menjadi efisien, cepat dan praktis.

Related Post :