Mengenal Apa itu Google Site Kit Plugin di WordPress dan Cara Installnya

Development & Security, Tutorial / 1 | | 0

Google Site Kit Plugin merupakan salah satu Plugin yang memberikan insight kepada pengguna terkait website mereka yang dapat diakses menggunakan platform WordPress. Google Site Kit Plugin by Google memungkinkan Anda untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana orang menemukan dan menggunakan situs Anda, cara meningkatkan, dan memonetisasi konten Anda, langsung di dasbor WordPress Anda.

Google Site Kit Plugin yang terinstall di WordPress memungkinkan Anda untuk dapat terhubung ke beberapa layanan Google seperti :

 

  • Google Search Console : Pada fitur ini memungkinkan Anda untuk Menampilkan data berapa jumlah orang yang melihat website Kamu di pencarian Google atau search engine yang terintegrasi dengan Google Search Console website milik Anda.
  • Google Analytics : Pada fitur ini, Google Site Kit Plugin dapat Menampilkan data bagaimana aktivitas orang – orang di website Kamu baik itu jumlah pageview, unique visitor, dan lainnya.
  • Google Adsense : Pada fitur ini dapat Menampilkan berapa banyak pendapatan yang dihasilkan dari website karena langsung terhubung dengan akun Google Adsense Anda.
  • PageSpeed Insights : Anda dapat Melihat performa situs Kamu dibanding situs lain berupa insight seputer kecepatan website, kualitas website, dan lainnya dari Google langsung di dashboard wordpress website kamu.

 

Cara Install Google Site Kit Plugin di WordPress

Anda dapat dengan mudah melakukan instalasi Google Site Kit Plugin pada bagian Plugin Dashboard WordPress Website Anda :

  1. Silakan ke Menu Plugin, kemudian Klik Add New.
  2. Kemudian cari “Google Site Kit Plugin”.
  3. Jika anda sudah menemukan Pluginnya, klik Install dan Active Plugin.

 

Cara Melakukan Konfigurasi Google Site Kit Plugin

Jika Anda sudah melakukan instalasi dan aktifasi Google Site Kit Plugin pada WordPress Anda. Selanjutnya  Anda perlu melakukan konfigurasi terkait hubungan ke fitur-fitur  yang disediakan oleh Google Site Kit Plugin seperti Google Search Console, Google Analytics, Google Adsense, dan Google Pagespeed Insight. Berikut ini panduan cara  melakukan instalasi dan konfigurasi Google Site Kit Plugin ke Google Search Console :

  1. Pada Dashboard Google Site Kit Plugin, Klik Start Setup untuk memulai


     

  2. Silakan melakukan Login pada akun Google yang sudah terintegrasi dengan beberapa layanan yang disediakan.


     

  3. Jika Sudah melakukan login, maka perlu melakukan Verifikasi Owner, Silakan Klik Sign in untuk melanjutkan Verifikasi


     

     

  4. Jika Anda sudah melakukan verifikasi, silakan memberikan akses website dengan akun Google Anda


     

  5. Selanjutnya Anda hanya tinggal menambahkan wesbite tersebut untuk dapat terhubung ke Google Site Kit Plugin


     

  6. Anda sudah berhasil menghubungkan dengan Google Search Console

 

Untuk Melakukan instalasi pada fitur lainnya seperti Google Analytics, Google Adsense, dan Google Pagespeed Insight silakan melakukan flow yang kurang lebih sama dengan konfigurasi Google Search Console.

 

Manfaat Google Site Kit Plugin

Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan Google Site Kit Plugin untuk website Anda berdasarkan profesi :

Pemilik Utama Website

Jika Anda memiliki situs website dengan CMS WordPress dan ingin melihat bagaimana pengguna menemukan dan menggunakan situs web Anda, Kit Situs tepat untuk Anda. Untuk membantu Anda membangun, mempertahankan, dan menumbuhkan kehadiran online Anda, Kit Situs memberi Anda metrik yang mudah dipahami dan wawasan yang dapat ditindaklanjuti secara langsung di dasbor WordPress Anda.

Adapun Manfaat bagi pemilik Website

  • Statistik yang mudah dipahami langsung di dashboard WordPress Anda
  • Wawasan resmi dari berbagai alat Google
  • Penyiapan cepat untuk beberapa alat Google tanpa harus mengedit kode sumber situs Anda

Developer dan Agensi Website

Jika Anda bekerja di situs web WordPress untuk klien, Kit Situs adalah solusi satu atap untuk menggunakan, mengelola, dan mendapatkan wawasan dari alat Google yang penting untuk membuat situs tersebut berhasil di web.

Adapun Manfaat Developer dan Agensi Website

  • Anda akan mendapatkan wawasan teragregasi dari produk Google, disaring di dashboard yang mudah diakses oleh klien Anda atau tim lain. Tidak perlu menyalin data dari banyak produk untuk menyusun laporan untuk klien.
  • Statistik kinerja situs dan rekomendasi peningkatan datang langsung dari Google – pelanggan Anda akan mendapatkan praktik terbaik terbaru yang direkomendasikan oleh produk Google.
  • Kit Situs menyediakan peran dan izin untuk membantu Anda mengelola akses ke data situs dan memastikan hanya orang yang relevan yang dapat melihat statistik.

Pengaya dan Penyedia hosting

Jika Anda bekerja pada penyedia plugin atau hosting, Kit Situs menyediakan cara yang mudah diukur dan mudah bagi pengguna Anda untuk menyediakan dan mengakses alat dan metrik Google yang utama.

Adapun Manfaat Pengaya dan Penyedia hosting

  • Koneksi mudah ke alat Google resmi. Pelanggan Anda tidak perlu mengedit kode sumber untuk menyiapkan alat Google.
  • Nilai tambah untuk platform Anda. Pelanggan Anda mendapatkan informasi penting tentang kinerja situs mereka di dasbor Anda sendiri.
  • UI fleksibel. Anda dapat menarik statistik dari dasbor plugin dan menampilkan statistik secara native di UI platform Anda.

Related Post :

popup image