Mengenal Apa Itu GTMetrix: Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Bagi setiap perusahaan atau siapa saja yang mempunyai situs web mereka sendiri, kecepatan untuk menampilkan atau loading website yang cepat tanpa adanya lagging adalah salah satu daya tarik untuk mengundang para pembacanya untuk mampir. Hal ini tentu menjadi perhatian yang harus selalu diperhatikan dari waktu ke waktu oleh para pemilik website.

Tidak jarang kita tidak begitu memperhatikan kenyamanan kecepatan website kita yang kadang gagal untuk melakukan loading oleh bermacam alasan seperti konten yang terlalu berat dan besar atau layout website yang rumit. Maka dari itu jika Anda mempunyai website, sebaiknya lakukan pengecekan kecepatan website Anda secara berkala.

Untuk melakukan pengecekan website tersebut, ada banyak tools yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah GTMetrix. Tools pengecekan website ini menggunakan sistem penilaian yang cukup lengkap dan akan memberikan penggunanya analisa jika website mereka mengalami masalah. Mari ketahui mengenai GTMetrix lebih lengkap di bawah ini.

 

Mengenal Apa itu GTmetrix

GTMetrix adalah salah satu alat yang banyak digunakan untuk mendapatkan laporan terperinci tentang kinerja sebuah  situs website. Ini adalah alat gratis yang menganalisis kinerja kecepatan halaman Anda menggunakan Google Page Speed ​​dan YSlow. GTMetrix kemudian menghasilkan skor untuk halaman Anda dan menawarkan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti tentang cara memperbaikinya.

Keuntungan menggunakan plugin GTMetrix WordPress adalah memungkinkan Anda menjalankan analisis langsung dari dashboard WordPress Anda. Tools ini Ini juga memungkinkan Anda menjadwalkan laporan harian, mingguan, atau bulanan. Juga memungkinkan Anda untuk menerima peringatan tentang status situs Anda dari dalam admin WordPress.

GTMetrix juga tidak mengharuskan para penggunanya untuk mendaftar atau dapat digunakan secara gratis meski  API akun gratis Anda terbatas pada sejumlah permintaan tertentu per hari. Bagi mereka yang tidak ingin menggunakan plugin, Anda selalu dapat menggunakan versi berbasis web mereka hanya dengan mengunjungi situs web GTMetrix. Atau, Anda juga dapat menambahkan Bookmarklet GTMetrix di browser Firefox, Chrome, Safari, atau Internet Explorer Anda.

 

Fungsi dan Manfaat GTMetrix

Mengenal Apa Itu GTMetrix: Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakannya | IDCloudhost
 

GTMetrix adalah aplikasi web yang menawarkan serangkaian alat untuk membantu Anda menganalisis dan mengoptimalkan situs web Anda. Pengembang menawarkan versi gratis dengan beberapa fitur dasar tidak terkunci dan dapat digunakan tanpa pendaftaran akun yang lebih banyak menjadi pilihan pengguna bebas.

Tetapi tools ini juga menawarkan paket berbayar berjenjang yang tersedia untuk pengguna yang memiliki banyak situs web atau profesional yang akan dapat mengambil manfaat serta kegunaan  dari hasil analisis yang lebih cepat, akurat, lebih banyak opsi penargetan, akses API tambahan, pemantauan URL per jam, dan laporan PDF label-putih (white label).

Sekilas, pengguna yang memakai tools pengecekan ini  dapat melihat ringkasan kinerja situs web mereka hingga ke tingkat halaman individual. Waktu muat halaman, ukuran halaman, dan jumlah total permintaan pengguna tersedia, serta perbandingan kinerja dengan kecepatan muat rata-rata situs lain yang dianalisis dengan GTMetrix. Beberapa grafik dan bagan informatif akan siap membantu Anda untuk analisis visual juga. Suite ini memiliki banyak lonceng dan peluit kecil lainnya.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting [Lengkap]

 

Pertimbangan penting sebelum menganalisis situs web Anda

Mengenal Apa Itu GTMetrix: Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakannya | IDCloudhost
 

Sebelum bekerja dengan alat pengujian kecepatan situs web apapun baik  GTMetrix atau lainnya, sangat penting untuk memahami bahwa uji kecepatan tunggal tidak terlalu efektif untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang kecepatan pemuatan halaman situs web Anda. Mengukur secara akurat kecepatan pemuatan situs web bisa sulit, karena sejumlah faktor yang berbeda ikut berperan, seperti:

 

  • Beban server saat ini (terutama jika dibagikan)
  • Jumlah pengunjung saat ini
  • Kecepatan koneksi pengguna
  • Kedekatan pengguna dengan server Anda dan lain- lain.

Jadi untuk mendapatkan data yang andal dan informatif, Anda harus melakukan beberapa tes kecepatan pada waktu yang berbeda sepanjang hari, minggu, dan bahkan mungkin sebulan.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Zoho Mail : Keunggulan, Fungsi dan Cara Menggunakannya

 

Cara Menggunakan GTMetrix

Mengenal Apa Itu GTMetrix: Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakannya | IDCloudhost
 

 

Pada dasarnya, banyak pengguna hanya melakukan pengecekan website mereka dengan cara sederhana pula dengan cara memasukkan nama website mereka ke dalam kolom Analyze untuk membaca dan melihat skor keseluruhan secara garis besar seperti dibawah ini:

 

  1. Buka GTMetrix dan kemudian ketik alamat website yang ingin Anda analisa, lanjutkan dengan menekan atau klik tombol Analyze.
  2. Tunggu beberapa saat hingga proses analisa selesai dan menampilkan hasil berupa Google Page Speed, skor YSlow, Loading Time serta Page Size.
  3. Jika hasil yang di dapat kurang memuaskan, lakukan optimasi skor dari yang terendah agar mengalami kenaikan grade.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Dropbox: Keunggulan, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Sangatlah penting untuk pemilik website dalam memahami dan mengetahui istilah hasil analisa GTMetrix agar dapat membaca kebutuhan website mereka. Mari kita pahami bersama istilah yang sering muncul dalam GTMetrix berikut ini :

  • Page Speed

    Skor ini adalah skor yang pertama muncul pada bagian kiri atas yang berfungsi untuk menampilkan berapa skor yang muncul dari sebuah situs web. Untuk menaikkan tingkatan skor ini, Anda dapat mencoba melakukan optimasi pada bagian dari website yang masih berada pada skor angka terendah.

  • YSlow

    Merupakan bagian dari hasil analisa penting website yang sama seperti Google Page Speed. Hasil  analisa yang ditampilkan YSlow juga sama yaitu untuk menunjukkan bagian website mana saja penyebab penurunan performa. YSlow juga memberikan Anda sarang untuk meningkatkan performa website disertai rincian statistik. Walau terlihat serupa, hasil analisa YSlow menggunakan hasil dari kriteria berbeda jika dibandingkan dengan Page Speed.

  • Waterfall

    Grafik hasil analisa menampilkan baw yang berwarna ungu yang adalah merupakan lama waktu hingga proses request selesai. Ada dapat melihat waktu dalam hitungan detik pada bagian sebelah kanan serta dapat melihat link apa saja yang akan menyebabkan kecepatan loading menjadi lambat atau berkurang dengan mengarahkan kursor Anda pada GET.

  • Timings

    Selanjutnya adalah Timing sebagai penampil hasil analisa lanjutan yang termasuk di dalamnya adalah durasi loading halaman website. Beberapa yang termasuk dalam rincian lengkap dalam Timings adalah connect time, redirect time, backend time dan lain sebagainya.

  • Video

    Bagi Anda yang mempunyai akun dan login di GTmetrix,  tool yang satu akan memberikan dan penggunanya akan mendapat beberapa kelebihan tersendiri yaitu Anda dapat melihat seluruh proses pengecekan website Anda dalam format video.

  • History

    Layaknya tab History pada browser, maka History pada GTMetrix juga mempunyai rekaman dan rincian semua data pengecekan website yang pernah Anda lakukan selama 30 hari yang akan terhapus secara otomatis jika Anda tidak memiliki akun di GTMetrix. Apabila Anda ingin terus memantau dan merekam semua History Anda, tidak ada salahnya mendaftar dan mendapatkan akun GTMetrix Anda sendiri.

 

Baca Juga : Mengenal Aplikasi Trello Untuk Kolaborasi Kerja dan Cara Menggunakannya

 

Kesimpulan dan penutup

Secara umum GTMetrix adalah tool sederhana dan mudah digunakan bahkan untuk para pemula sekalipun. Namun walau terlihat simple seperti itu, GTMetrix memiliki banyak parameter analisis yang cukup lengkap dan membantu pengguna untuk membaca hasil analisa website mereka dan membantu Anda untuk meningkatkan kecepatan situs web.

Dari banyak fitur parameter yang bisa Anda baca dari GTmetrix adalah analisa dari Waterfall yang dapat membantu Anda mengetahui bagaimana aset individual Anda dimuat. Hanya saja jika Anda membandingkan GTMetrix dengan alat mengecek kecepatan website lainnya, mungkin hasil yang Anda dapatkan agar berbeda dari GTMetrix.

Untuk mendapatkan hasil dan pembacaan yang konsisten dengan history Anda, sebaiknya Anda cukup hanya memilih dan menggunakan satu tool saja. Setiap pemilik situs web juga disarankan untuk selalu mengecek performa website mereka terlebih lagi jika pemilik web telah melakukan upaya optimasi dan pengembangan. Tetap jaga ritme pengecekan website Anda untuk memastikan kecepat loading yang baik.

Related Post :

popup image