Mengenal Apa Itu .htaccess Fungsi, dan Cara Kerjanya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Sekarang ini banyak file-file yang digunakan dengan berbagai fungsi dan tugas yang berbeda, pada bahasa pemograman mereka harus mengerti berbagai macam file yang digunakan.

Salah satunya adalah file .htaccess, apa sebenarnya .htaccess tersebut? dan mengapa .htaccess sangat penting fungsinya?, juga bagaimana cara kerja dari .htaccess tersebut?. semua yang berhubungan dengan .htaccess bisa diketahui tanpa anda harus ahli dlam bidang pemograman.

Perannya juga amat krusial dalam mencegah hot-linking of images di situs terkait. Perlakuan khusus juga pastinya akan dilakukan di file-file direktori website yang penting. Dengan memberikannya password atau proteksi melalui file .htaccess ini, maka pengunjung tidak akan bisa mengutak-atik isi dari directory web anda.

 

Apa Itu File .Htaccess?

 

.Htaccess umumnya hanya disediakan pada web server yang menggunakan jenis Apache. Seperti jenis lain misalkan Nginx yang belum terlengkapi dengan .htaccess. untuk jenis litespeed telah dapat menggunakan sintax .htaccess namun masih sedikit beda dengan cara penggunaannya

Jenis file text .htaccess pada umumnya bissa ditemukan pada root domain dan dalam folder public_html/.htaccess. file tersebut berapa dalam bentuk hidden file dengan awalam tanda titik (.)

File .htaccess biasanya jenis file sederhana dengan bentuk file text menggunakan format ASCII. Umumnya kita menggunakan file text .htaccess ini dengan tujuan merubah beberapa bentuk konfigurasi yang mangarahkan web server jenis Apache. Peletakan file text .htaccess dapat diletakkan dimanapun di bagian folder website. Hal yang bisa dilakukan menggunakan file text .htaccess adalah :

 

  1. Bisa digunakan untuk mencegah para pengunjung dalam melakukan kegiatan brosing pada direktori.
  2. Bisa me-redirect para pengunjung dalam satu halaman menuju halaman yang lain.
  3. Memberikan proteksi pada password bagian direktori.
  4. Mengubah atau mengganti default pada halaman index di folder tertentu.
  5. Mampu mencegah adanya hot-linking of images pada website.

Beberapa menfaat file .htaccess diantaranya :

 

  1. Bisa menghilangkan jenis extensi .html maupun .php supaya terlihat baik ketika penulisan website.
  2. Melakukan rewrite URL atau mengubah struktur dari URL dengan tujuan menjadi SEO friendly.
  3. Melakukan redirect page menggunakan kode 301 maupun 302.
  4. Memyerahkan password yang ada pada file maupun folder tertentu.
  5. Redirect yang berasal dari https menuju https maupun sebaliknya.

Di atas merupakan manfaat file .htaccess yang umum dan masih banyak manfaat yang dihasilkan oleh file .htaccess ini pada website anda.

Baca Juga : Pembuatan Website Murah – Web Bisnis Online – IDCloudHost

 

Fungsi Dan Cara Kerja Dari File .Htaccess

 

Hal-hal yang bisa dilakukan menggunakan file .htaccess adalah:

 

  1. Menciptakan halaman untuk pesan kesalahan sendiri.
  2. Maksudnya dengan memakai file .htaccess, memberikan kemudahan menciptakan halaman untuk pesan
  3. kesalahan dan bisa dilakukan pada website. Disini tidak ada penggunaan settingan bagian default pada server.
  4. Pembuatan halaman seperti ini bisa menciptakan kesan website yang lebih professional saat menangani kesalahan yang telah terjadi kemudian mengijinkan membuat semacam script dengan kegunaan memberitahu anda saat terjadi kesalahan-kesalahan.

Pesan kesalahan umumnya sering terlihat adalah:

 

  1. Bad request- 400
  2. Authorization Required – 401
  3. Forbidden- 403
  4. Wrong page- 404
  5. Internal Server Error-500

Setelah mengetahui hal tersebut anda bisa menentukan dan memakai pesan kesalahan sendiri, dengan syarat anda sudah mengetahui kode error internet yang digunakan. Misalkan, 404 page not found.

Kemudian menambahkan tulisan berupa perintah dalam bentuk file text .htacces dengan :
ErrorDocument kode /file.html maupun ErrorDocument kode http://www.namadomain/file.php.

Misalkan, jika punya file jenis notfound. Html di root bagian direktori pada website. Dapat menggunakan untuk 404, dengan :

 

1. ErrorDocument 404 /notfound.html maupun ErrorDocument 404

http://www.namadomain/notfound.php

Tetapi ketika file tidak dalam berada di root pada direktori dari website.

 

Bisa ditambahkan struktur pada direktori sebagai di bawah ini :

 

2. ErrorDocument 404 /error/notfound.html

Buatlah file supaya bisa menampilkan pesan kesalahan saat kesalahan tersebut terjadi, kemudian upload banyak file tersebut, kemudian upload file kemudian buatlah file supaya bisa menampilkan jenis pesan kesalahan saat kesalahan tersebut terjadi serta upload file-file, dan upload juga file .htaccess.

 

Allow/Deny Browsing Terhadap Folder

Saat browsing dengan folder yang tidak dilengkapi dengan file .htaccess, semua orang yang melakukan akses pada URL pada website tersebut maka folder yang ditampilkan tidak ada halaman indexnya. Hal tersebut bisa melihat banyak list pada file serta folder yang ada di dalamnya. Dengan demikian supaya bisa mencegah dan menghentikan hal tersebut misalkan akses, bisa menaruh beberapa perintah, sebagai berikut:

IndexIgnore */*

Kemudian saat anda berkeinginan melakukan direktori untul browsing, bisa meletakkan perintah di file text .htaccess:

Options +Indexes

Bisa Mencegah Hot Linking serta Bandwidth Leeching

 

Ketika website yang digunakan terdapat gambar-gambar serta pada website lain bisa membuat link gambar anda kemudian ditampilkan pada wesite mereka, kemungkinan bandwidth yang telah anda punyai akan berkurang. Supaya hal tersebut tidak berkelanjutkan, maka bisa menggunakan perintah sebagai berikut:

 

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http://(www\.)?domainAnda/.*$ [NC]
RewriteRule .(gif|jpg)$ – [F]

Aturan di atas bisa digunakan untuk menciptakan direktori image yang hanya dapat diakses kalau user dalam keadaan mengakses website tersebut.

 

Mencegah dan Menjaga Akses Terhadap File .htaccess

Supaya pengunjung tidak melihat dan menemukan file .htaccess pada website anda, anda dapat melakukan penggunaan perintah-perintah di bawah ini:

<Files .htaccess>
order allow,deny
deny from all
</Files>

 

Redirect Pada Halaman

 

File text yang berupa file .htacces mampu difungsikan dalam melakukan perintah redirect pada sebuah web maupun sebuah halaman pada file jenis html yang ada pada web dengan tujuan halaman yang telah ditemukan. Disini bisa dilakukan ketika dalam keadaan melakukan perawatan di website yang dilakukan user website.

Misalkan:

Redirect /home/html/web/index.html http://namadomain/home.html
Perintah di atas bisa dilakukan untuk menredirect file jenis index.html yang ada di document root berupa (/home/web/html) yang jadi home.html
Redirect permanent /olddirectory http://namadomain/newdirectory/

Perintah di atas digunakan untuk menredirect directory yang lama di website anda dan diarahkan kepada directory website yang baru.

Canonicalization

Jenis file text berupa file .htaccess yang umum yaitu mengerti apakah halaman pada home website tersebut memiliki kendala canonicalization maupun tidak. Canonicalization merupakan salah satu website di halaman bagian home-nya mempunyai format URL yang tidak sama.
Misalkan:

 

namadomain.com,
www.namadomain.com,
namadomain.com/index.html
www.namadomain.com/index.html.

 

Tetapi canonicalization ini tidak cocok digunakan pada system SEO, sebab trafik ke website akan dihitung URL yang beda meski memiliki isi yang sama. Cara mengatasi canonicalization bisa menggunakan script yang adadi file .htaccess. script itu bisa membuat banyak format untuk URL anda dengan menuju ke www.domainAnda.com:

 

RewriteEngine on
Options +FollowSymLinks
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^namadomain.com
RewriteEngine on
RewriteRule ^index\.html$ http://www.domainAnda.com/ [R=301,L]
RewriteCond %{THE_REQUEST} ^[A-Z]{3,9}\ /index\.html\ HTTP/
RewriteRule (.*) http://www.domainAnda.com/$1 [R=301,L]

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Website dan Fungsinya untuk KehidupanSehari-hari

 

Kesimpulan dan Penutup

Beberapa pengertian dan fungsi dari file .htaccess di atas bisa bermanfaat bagi anda yang belum mengerti dan mengetahui .htaccess secara keseluruhan. Anda bisa memaksimalkan potensi-potensi pada website, sehingga tidak mudah terserang oleh berbagai hacker atau malware yang mengancam.

Saat ini kebanyakan website sudah terinfeksi atau terserang serangan yang tidak anda kenal sebab mereka kurang mengerti tentang .htaccess. jadi, dengan .htaccess ini anda bisa melindungi web anda supaya aman dari berbagai jenis hacker dan serangan yang tidak dikenal.

Bagaimana menurut anda? anda dapat menerapkan .htaccess ini kedalam website anda. dengan banyaknya kegunaan dari .htaccess ini akan mempermudah pengolahan data dalam website anda.

Related Post :

popup image