Mengenal Apa Itu Infografis : Tips, Tipe dan Template Terbaiknya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sejak infografik meledak ke kancah desain grafis sekitar sepuluh tahun yang lalu, infografik telah menjadi bahan pokok untuk komunikasi di ruang kelas, di tempat kerja, dan di seluruh web. Popularitasnya meledak hampir di semua industri karena sifatnya praktis dan efisien ini sehingga tidak mengherankan kalau cara ini menjadi pilihan banyak orang.

Dari pemasaran digital hingga sekolah dan ruang kelas, infographic atau infograifs ini digunakan di mana-mana untuk mengkomunikasikan informasi kompleks dengan cara yang menarik secara visual. Cara dan metode ini dianggap tidak hanya lebih menarik namun juga dapat meringkas informasi atau data yang panjang menjadi lebih mudah untuk dipahami dengan waktu yang cepat.

Meski telah digunakan oleh banyak industri dan keperluan, namun jika Anda baru mengenal dunia desain, istilah infografis mungkin masih asing bagi Anda. Jika Anda baru dalam mendesain dan tidak yakin tentang infografis yang sebenarnya, panduan singkat ini dibuat khusus untuk Anda. Dalam artikel ini Anda akan mengenal apa itu infografis, tips membuat dan lainnya.

 

Mengenal Apa Itu Infografis

Infografis atau infographic adalah gabungan dari kata ‘informasi’ dan ‘grafik’ yang menjadi representasi visual grafis dari informasi, data, atau pengetahuan yang dimaksudkan untuk menyajikan informasi dengan cepat dan jelas. Adanya infografis dapat meningkatkan kognisi dengan memanfaatkan grafik untuk meningkatkan kemampuan sistem visual manusia untuk melihat pola dan tren.

Penerapan serupa adalah visualisasi informasi, visualisasi data, grafik statistik, desain informasi, atau arsitektur informasi. Infografis telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir menjadi untuk komunikasi massa, dan dengan demikian dirancang dengan asumsi yang lebih sedikit tentang basis pengetahuan pembaca daripada jenis visualisasi lainnya. Isotipe adalah contoh awal infografik yang menyampaikan informasi dengan cepat dan mudah kepada massa.

 

Tipe atau Jenis Infografis

Mengenal Apa Itu Infografis : Tips, Tipe dan Template Terbaiknya
 

Meskipun ada banyak penyajian infografis yang berbeda, ada tiga kategori umum di mana infografik dapat dikategorikan. Masing-masing tipe atau jenis ini memiliki tujuannya sendiri dan dapat menjadi alat bercerita yang hebat bila diterapkan dengan benar.

  • Infografis Visualisasi Data

    Anda mungkin sudah familiar dengan visualisasi data dalam bentuk grafik dan grafik dasar. Visualisasi data hanyalah representasi visual dari data. Biasanya ini dianggap sebagai ilmu artistik, karena menggunakan estetika desain untuk meningkatkan pemahaman data, sintesis, dan pada akhirnya mengingat. Baik itu pola meta atau titik data tunggal, visualisasi data menerjemahkan data tersebut ke dalam bahasa visual yang dapat Anda pahami dengan mudah dan instan. Di era big data saat ini, akan sangat penting untuk memahami angka dan dapat dengan mudah berbagi informasi dengan lebih cepat dan praktis.

  • Infografis Desain Informasi

    Desain informasi adalah bagian dari desain grafis yang berfokus pada tampilan informasi secara efisien dan efektif. Ini adalah kategori yang luas, yang mencakup banyak disiplin ilmu desain fungsional. Berbeda dengan visualisasi data karena tidak dibuat dari titik data tertentu melainkan konsep atau informasi lain, seperti proses, anatomi, kronologi, atau hierarki.

  • Infografis Editorial

    Meskipun publikasi besar telah menampilkan infografis selama beberapa dekade, ada perubahan dalam gaya dan jenis konten visual yang mereka hasilkan. Tren ini juga didorong oleh kebangkitan sosial. Infografis telah menjadi konten yang sangat mudah dibagikan, sehingga publikasi merangkul media untuk lebih melibatkan pembaca. Sebelumnya, infografik editorial terbatas pada bar, garis, dan diagram lingkaran sederhana, menggunakan ilustrasi hanya dalam fitur yang lebih kompleks untuk memetakan suatu area atau menunjukkan anatomi suatu objek.

 

Baca Juga  :     Infografis : Definisi dan Kegunaanya untuk Keperluan Bisnis

 

Manfaat dan Alasan Menggunakan Infografis

Tidak ada pakem pasti ukuran infografis secara umum. Infografis sendiri terdiri dari berbagai jenis, dan jika Anda ingin infografis Anda benar-benar efektif, Anda perlu memilih jenis yang selaras dengan tujuan dan sifat konten Anda. Umumnya, infografis digunakan untuk satu atau beberapa alasan berikut :

  • Mengilustrasikan data

    Tipe infografis ini biasanya menyajikan statistik, fakta, dan gambar secara visual menggunakan bagan, grafik, dan alat grafik lainnya.

  • Menyederhanakan subjek yang kompleks

    Dengan adanya infografis makan menjelaskan konsep yang sulit dengan bantuan ilustrasi dan petunjuk visual lebih mudah serta tidak bertele- tele.

  • Menggambar perbandingan

    Berdasarkan sifat infografis yang praktis maka dalam membandingkan dua atau lebih produk, layanan, fitur, merek, atau konsep secara visual akan terasa jelas karena dapat diletakkan bersebelahan.

  • Menciptakan kesadaran

    Infografis dapat membantu menyebarkan berita tentang penyebab penting atau menciptakan kesadaran dan visibilitas brand Anda.

  • Meringkas konten yang lebih panjang

    Konten yang panjang akan membuat audiens menjadi jemu, maka ubah tujuan video panjang, posting blog, dan laporan menjadi infografis seukuran gigitan.

 

Baca Juga  :     Cara Memaksimalkan Google Bisnisku (Google My Business) untuk Bisnis Online

 

Tips Membuat dan Merancang Infografis

Saat berbicara tentang infografis, perlu adanya ruang untuk perubahan dan pertumbuhan. Desain pada dasarnya adalah tentang menggunakan inovasi dan imajinasi untuk memberikan kejelasan, sehingga infografis akan terus berkembang seiring waktu. Jadi, jika Anda merasa terinspirasi untuk membuat infografis sendiri, berikut adalah kiat atau tips yang bisa Anda terapkan :

  • Mulailah dengan membuat ringkasan kreatif yang kuat. Untuk menjaga tim Anda tetap pada halaman yang sama, gunakan template singkat infografis kami yang praktis.
  • Pikirkan ide-ide yang tepat karena tidak semua ide infografis cocok untuk merek Anda. Jika Anda mencari ide, cobalah mencari ide dan inspirasi.
  • Gunakan sumber data yang tepat dan Anda dapat menggunakan data internal atau eksternal. Keduanya berharga, tetapi internal sangat ampuh untuk membantu Anda menceritakan kisah data yang unik, asli, dan eksklusif.
  • Ceritakan kisah yang kuat karena sebuah Infografis yang bagus menceritakan satu cerita.
  • Buat visualisasi data yang kuat. Salah merepresentasikan data melalui visualisasi yang ceroboh dapat merusak kredibilitas Anda, jadi pastikan Anda menyajikan data secara akurat dan dengan cara yang akan meningkatkan pemahaman.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Menerapkan Strategi Pemasaran Dalam Bisnis

 

Memilih Template Terbaik Infografis

Mengenal Apa Itu Infografis : Tips, Tipe dan Template Terbaiknya
 

Apakah Anda ingin membuat infografis namun Anda bukan seorang desainer tetapi ingin membuat infografis sederhana dan gratis untuk bisnis, ruang kelas, atau blog Anda? Dengan template yang tepat, siapa pun dapat membuat grafik kreatif untuk melibatkan pembaca dan membantu mereka mengingat informasi dengan lebih cepat secara visual.

Ada banyak aplikasi atau tool diluar sana yang dapat membantu Anda, mulai dari Infogram, Easelly, Creately, Piktochart, Visme dan lain- lain. Bahkan Anda dapat memanfaatkan template gratis jika Anda masih belum yakin dalam merancang infografis pertama Anda. Jangan lupa untuk mencari inspirasi dari bermacam infografis yang ada dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Sumber Foto :  spinxdigital

 

Baca Juga  :    Panduan YouTube Marketing untuk Meningkatkan Perkembangan Bisnis Anda di tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Walaupun infografis telah menjadi alat pemasaran atau alat berbagi informasi utama selama dekade terakhir, namun tidak semua orang memahami kepentingan infografis itu sendiri. Sejatinya infografis telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir menjadi sarana komunikasi massa. Infografis sendiri telah dirancang dengan tujuan dan alat penyampaian informasi data secepat mungkin.

Dirancang untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dengan menyederhanakan subjek yang kompleks dan mengaturnya dalam format yang mudah dipahami, tidak seperti jenis visualisasi lainnya. Karena kesederhanaannya yang adil dan penceritaan yang menarik, infografis telah mendapatkan banyak popularitas dalam beberapa tahun terakhir, dan semua orang dapat melihat infografik dibagikan di seluruh internet dan media sosial.

 

Related Post :