Mengenal Apa Itu Internet Clean Pipe Technology : Fungsi dan Manfaatnya Dalam Perlindungan Online

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Revolusi teknologi saat ini menghasilkan generasi baru aplikasi dan layanan yang tersedia bagi banyak penggunanya tanpa terkecuali, meskipun itu juga meningkatkan kerentanan dan resiko terhadap serangan dunia maya yang menggunakan teknik yang semakin canggih pula. Platform keamanan global mau tidak mau juga harus berinovasi untuk menjawab tantangan ini demi melindungi para pelanggannya.

Sedangkan organisasi yang memungkinkan untuk mengelola infrastruktur IT organisasi lain, seperti penyedia layanan dari berbagai macam latar belakang dengan cepat dan mudah melindungi lalu lintas internet keluar untuk penyewa mereka. Tidak terkecuali dari berbagai perusahaan khusus di Indonesia yang juga aktif berperang melawan banyak jenis serangan, seperti serangan DDoS.

Mengingat akan ancaman online yang terus berkembang ini, setiap bisnis yang bergantung pada layanan pengiriman penting melalui Internet akan mudah terpapar. Salah satu yang paling serius dari ini adalah serangan DDoS (Distributed Denial-of-Service) yang menyerang dengan menciptakan waktu henti, biaya bandwidth, dan kehilangan pelanggan, yang pada akhirnya menyebabkan kerugian finansial yang parah.

 

Mengenal Internet Clean Pipe Technology

Internet Clean Pipe Technology adalah solusi mitigasi DDoS parsial untuk bisnis online dan situs web kritis yang memerlukan perlindungan waktu nyata (real time) terhadap serangan DDoS volumetrik. Tujuan utama dari solusi perlindungan anti-DDoS ini adalah untuk memblokir lalu lintas serangan volumetrik sebelum memasuki pipa data organisasi, memungkinkan layanan web tetap tersedia untuk pengguna yang sah.

Tanpa perlindungan semacam itu, serangan DDoS bervolume besar dapat menyumbat pipa Internet organisasi dan menghabiskan semua bandwidth yang tersedia. Untuk menjaga pipa tetap bersih, semua lalu lintas harus melewati pusat pembersihan atau scrubbing center yakni tempat lalu lintas berbahaya diidentifikasi dan dipisahkan sehingga hanya lalu lintas yang sah yang dapat masuk ke server.

 

Memahami Serangan DDos (Distributed Denial-of-Service)

Mengenal Apa Itu Internet Clean Pipe Technology : Fungsi dan Manfaatnya Dalam Perlindungan Online
 

Dalam komputasi, DDos Attack (Distributed Denial-of-Service) adalah serangan dunia maya di mana pelaku berusaha membuat mesin atau sumber daya jaringan tidak tersedia bagi pengguna yang dituju dengan mengganggu layanan host yang terhubung ke Internet untuk sementara atau tanpa batas. Denial of service biasanya dilakukan dengan membanjiri mesin atau resource yang ditargetkan dengan permintaan yang berlebihan dalam upaya untuk membebani sistem dan mencegah beberapa atau semua permintaan yang sah agar tidak terpenuhi.

Dalam serangan DDoS, lalu lintas masuk yang membanjiri korban berasal dari berbagai sumber. Serangan ini secara efektif membuat tidak mungkin menghentikan serangan hanya dengan memblokir satu sumber. Serangan DoS atau DDoS dapat dianalogikan dengan sekelompok orang yang memenuhi pintu masuk toko, sehingga menyulitkan pelanggan yang sah untuk masuk, sehingga mengganggu perdagangan. Pelaku kriminal serangan DoS sering menargetkan situs atau layanan yang dihosting di server web profil tinggi seperti bank atau gateway pembayaran kartu kredit atau berbagai motivasi penyerangan lainnya.

 

Baca Juga :      Apa itu Data Mining : Definisi, Fungsi, Metode dan Penerapannya

 

Fungsi dan Manfaat Internet Clean Pipe Technology

Firewall, perlindungan anti-virus, dan sistem Pencegahan Intrusi (IPS) dirancang untuk mencegah intrusi individu, bukan untuk menghindari volume lalu lintas gabungan yang tinggi. Perlindungan jenis ini tidak dapat membedakan antara lalu lintas Internet yang berbahaya dan sah. Internet Clean Pipe secara khusus dirancang untuk mendeteksi serangan DDoS, apakah serangan itu membanjiri jaringan (serangan volumetrik), atau gangguan aplikasi online (serangan lapisan aplikasi).

Berikut fungsi dari Internet Clean Pipe Technology :

 

  • Firewall aplikasi

    Kontrol lalu lintas bergantung pada aplikasi yang menghasilkannya dan identitas pengguna maka perlu adanya integrasi dengan sistem direktori perusahaan.

  • Pemfilteran web

    Membatasi pemaparan ke konten berbahaya dan menerapkan kebijakan penggunaan internet perusahaan. Basis data URL selalu diperbarui dan dilaporkan oleh platform Intelijen keamanan global

  • Perlindungan terhadap ancaman

    Pencegahan dari gangguan dan pemblokiran malware. Ini termasuk pada fungsionalitas pencegahan kebocoran informasi berdasarkan jenis dan pola file.

  • Perlindungan ancaman tingkat lanjut

    Layanan sandbox yang mampu mengidentifikasi malware zero-day melalui analisis statis dan dinamis terhadap perilaku file dan tautan.

  • Portal layanan

    Terintegrasi pada platform manajemen layanan keamanan terpadu setiap penyedia layanan perlindungan dengan akses ke laporan dan dasbor secara real time.

 

Baca Juga :     Daftar Payment Gateway Indonesia Terbaik dan Murah untuk Bisnis / Website

 

Sedangkan manfaat dari Internet Clean Pipe Technology :

  • Perlindungan akses internet penuh berdasarkan teknologi keamanan terbaik.
  • Pengurangan biaya, karena tidak perlu berinvestasi dalam perangkat keras, perangkat lunak, pemeliharaan, atau pengoperasian.
  • Layanan yang skalabel berdasarkan virtualisasi, dengan redimensi yang efisien, selaras dengan perubahan apa pun dalam persyaratan aliran untuk layanan internet berlangganan.
  • Hampir 100% dalam ketersediaan layanan berkat arsitektur ketersediaan tinggi.
  • Portal klien dengan laporan dan dasbor waktu nyata.

 

Baca Juga :      Apa itu React : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Kerjanya

 

Penerapan Pengamanan Internet Clean Pipe Technology di IDCloudHost

Mengenal Apa Itu Internet Clean Pipe Technology : Fungsi dan Manfaatnya Dalam Perlindungan Online
 

Clean Pipe Technology dirancang sebagai langkah maju dalam layanan akses internet sehingga perlindungan terhadap ancaman biasanya merupakan ciri- ciri yang melekat pada penyedia jasa layanan web hosting lebih aman dan stabil. Sedangkan perlindungan Internet Clean Pipe Technology ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin menjamin perlindungan berdasarkan teknologi terbaik yang tersedia saat ini serta mencegah kebutuhan investasi atau beban biaya operasional yang tinggi.

Salah satu penyedia jasa layanan web hosting yakni IDCloudHost juga menganggap perlunya perlindungan bagi klien dan pelanggannya demi menjaga keamanan klien. Oleh karena itu IDCloudHost Indonesia ikut berpartisipasi dalam mengamankan dan memberi kepastian proteksi dengan menggunakan ISP yang memanfaatkan Internet Clean Pipe Technology sehingga lebih aman dari DDoS Attack.

Dengan adanya penambahan ISP baru dengan menggunakan inovasi Internet Clean Pipe Technology ini, membuat semua layanan yang diberikan oleh IDCloudHost sudah terhubung dengan data center network yang ada. Keuntungan dari adanya penambahanan ISP baru yang berintegrasi dengan Internet Clean Pipe Technology akan dapat menjamin semua layanan dari IDCloudHost jauh lebih aman dari serangan malware, virus hingga serangan skala sebesar DDoS berbagai bentuk seperti serangan Volumetric Attack (serangan yang memenuhi dan membanjiri jaringan) maupun Application-Layer Attack.

 

Baca Juga :     Mengenal Apa itu API (Application Programming Interface) : Fungsi dan Cara Kerjanya

 

Kesimpulan dan Penutup

Lalu lintas online akan secara otomatis diarahkan ulang dengan partisipasi minimum atau tanpa partisipasi di pihak pelanggan jika mereka menggunakan layanan apapun layanan produk perlindungan dari IDCloudHost yang memakain Internet Clean Pipe Technology. Dengan begini tentunya akan memberikan Anda ketenangan pikiran dan memungkinkan Anda untuk mengalokasikan kembali sumber daya berharga ke aspek penting lain dari bisnis Anda. Dengan adanya perlindungan berkala dari IDCloudHost, pelanggan dapat mempercayakan kestabilan dan kelancaran situs web mereka.

Anda juga dapat untuk terus mengikuti dan melacak perkembangan kemungkinan ancaman yang dihadapi bisnis Anda secara online. Dikelola sepenuhnya oleh IDCloudHost Indonesia, semua layanan produk dari IDCloudHost telah mengandalkan Internet Clean Pipe agar pelanggan domain dan hosting merasa nyaman serta aman. Yakni dengan kemampuan mendeteksi aktivitas DDoS lebih awal dan menghentikan serangan sebelum mencapai jaringan Anda, Internet Clean Pipe yang di implementasikan pada semua produk IDCloudHost telah dirancang khusus untuk melindungi bisnis Anda. Terkelola dengan dedikasi yang tinggi ini adalah solusi lengkap yang melindungi Anda secara aktif dan efektif dari gangguan berbahaya selama Anda melakukan kegiatan online Anda.

Related Post :