Mengenal Apa Itu Jasa SEO dan Cara Menjadi Pakar/Ahli SEO

Business, Search Engine Optimization / 1 | | 0

Pengoptimalan Mesin Pencari atau Search Engine Optimization merupakan hal yang terpenting bagi pemilik situs web saat ini. Dunia modern yang telah di digitalisasi membawa banyak perubahan dan inovasi termasuk kebutuhan akan pakar atau ahli SEO. Adapun pekerjaan seorang pakar SEO adalah mampu menguji, menganalisis, dan mengubah situs web sehingga dioptimalkan untuk mesin telusur, dan situs web tersebut selanjutnya berperingkat lebih tinggi dalam hasil penelusuran di mesin telusur utama seperti Google.

Pakar SEO bekerja dengan membantu dalam mengoptimalkan halaman di seluruh situs web untuk memastikan hasil pencarian relevan dan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang positif, meningkatkan lalu lintas situs web, volume prospek, dan kesadaran merek. Dengan kata lain, Pakar SEO tidak berbeda dengan pemasaran digital atau profesional pemasaran tradisional lainnya dimana tugas mereka pada akhirnya mencoba menciptakan lebih banyak penjualan untuk perusahaan tempat mereka bekerja.

Dengan melakukan penelitian kata kunci dan memanfaatkan alat SEO, seperti Google Analytics, Pakar SEO dapat meningkatkan visibilitas situs web di Google yang akan bermanfaat pada perusahaan yang mempekerjakan mereka. Bahkan beberapa pakar SEO juga tidak jarang bekerja sama dengan anggota tim pemasaran lainnya agar dapat mengembangkan inisiatif baru atau mengelola akun media sosial dengan lebih baik untuk meningkatkan keterlibatan dan lalu lintas pengguna.

 

Mengenal Apa Itu Jasa SEO

Mengenal Apa Itu Jasa SEO dan Cara Menjadi Pakar/Ahli SEO
 

Konsultan dan pakar SEO adalah ahli yang bekerja dengan kemampuan untuk melakukan menganalisis, meninjau, meningkatkan kinerja situs web dan hasil mesin pencari dan tautan masuk. Semua data ini akan dikumpulkan agar dapat mendapatkan saran seorang pakar, menjadi panduan, tugas yang dapat ditindaklanjuti serta menjadi rekomendasi bagi kepentingan perusahaan atau bisnis. Dari sini juga akan memungkikan pemilik bisnis untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas mesin telusur alami, prospek bisnis yang berkualitas, dan posisi peringkat mesin telusur yang lebih tinggi. Disamping juga menghasilkan lebih banyak klik situs web dan lalu lintas mesin telusur yang berkualitas.

Deskripsi pekerjaan konsultan SEO dan juga konsulat SEO untuk WordPress selaku platform yang popular untuk banyak pilihan pembuatan website, kini mengalami peningkatan termasuk untuk memasukkan persyaratan keterampilan canggih yang berfokus pada strategi konten dan fokus kata kunci semantik.Dibutuhkan serangkaian hasil pekerjaan baru yang diperlukan untuk membuat konten yang informatif, unik, dan luar biasa bersama dengan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Bagi pakar SEO yang ingin menawarkan jasa mereka, juga harus mempunyai keterampilan berpikir strategis, analitis, integratif, taktis, dan kritis untuk mengoptimalkan keterkaitan antara media sosial, penilaian kualitas konten, konten landasan, memahami niat pengguna, persaingan ekstrem, dan perilaku pengguna sepanjang waktu. Pakar SEO juga harus dapat memperhatikan pembaruan terbaru bermacam algoritma mesin pencari Google dan persaingan online yang tak ada habisnya.

 

Baca Juga  :     Pengaruh SEO (Search Engine Optimization) Pada Konten dan Kepentingannya Bagi Bisnis/Usaha

 

Skill dan Cara Menjadi Spesialis/Ahli SEO

Sebagian besar Pakar SEO akan bekerja secara langsung sebagai bagian dari tim pemasaran atau pemasaran digital yang lebih besar, sehingga mereka akan bekerja dengan tim pemasaran media sosial, tim pemasaran email maupun pemasar mesin mencari. Tetapi jika dilihat secara lebih luas, SEO menyentuh hampir semua bagian dari situs web perusahaan yang berarti juga mempengaruhi hampir semua bagian dari perusahaan. Akibatnya pakar SEO juga bekerja dengan tim pengembangan, desain, penjualan, TI, dan layanan pelanggan, meskipun ada yang lebih memilih bekerja paruh waktu atau pun freelance.

Spesialis juga SEO dibebankan dengan sejumlah tanggung jawab walau ini bisa saja tergantung pada perusahaan dan industri tempat mereka bekerja. Setiap pakar SEO yang bekerja sebagai pekerja lepas atau di dalam perusahaan pemasaran, harus memiliki sejumlah keterampilan dan skill penting sebagai berikut :

  • Analisis situs web

    Sangat penting untuk keberhasilan setiap kampanye pemasaran SEO bahwa situs web perusahaan target sesuai dengan standar terbaru untuk optimasi mesin pencari. Kata kunci, tautan balik, pemformatan, dan konten hanyalah beberapa area penting yang dipertimbangkan oleh spesialis SEO saat ia menganalisis, mendesain ulang, dan membangun kembali situs web.

  • Pengoptimalan kata kunci

    Meneliti kata kunci dan secara organik memasukkannya ke dalam situs web sangat penting untuk halaman yang dioptimalkan SEO. Pakar SEO harus jeli mengetahui kata kunci yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan klien mereka.

  • Memahami parameter mesin pencari

    Ini mungkin pekerjaan paling penting dari seorang spesialis SEO yang cukup mempunyai peranan krusial. Pakar SEO harus dapat mempertahankan pemahaman yang diperbarui tentang apa yang digunakan mesin pencari utama terutama di Google, sebagai kriteria untuk SERP menginformasikan semua pilihan desain yang dibuat oleh spesialis SEO.

  • Pemrosesan analitik

    Skill yang harus dikuasai lebih lanjut adalah setiap pakar SEO harus mempunyai kemampuan untuk menganalisis masalah, menemukan sumber daya yang sesuai, dan mengembangkan solusi menjadi inti dari tanggung jawab pekerjaan spesialis SEO.

  • Pembuatan konten

    Konten adalah salah satu faktor yang terpenting dalam praktik SEO. Meski kata kunci itu penting, tetapi konten tekstual, informasi, dan grafis yang membentuk halaman juga harus dibuat oleh spesialis SEO.

  • Keterampilan di bidang teknologi informasi

    Seorang spesialis SEO yang terampil harus memiliki latar belakang yang kuat dalam HTML, CSS, sejumlah bahasa pemrograman dan keakraban dengan berbagai sistem operasi dan platform perangkat keras.

  • Manajemen klien

    Pakar juga SEO harus mempertahankan pengetahuan tentang tujuan perusahaan atau kliennya. Setiap situs yang dioptimalkan harus telah sesuai dengan strategi bisnis pemilik situs agar mendapatkan hasil maksimal yang tertarget.

 

Baca Juga  :     Sitemap : Hubungannya Dengan SEO, Manfaat dan Cara Membuatnya Dengan Mudah

 

Contoh Tugas/Pekerjaan Seorang Pakar/Ahli SEO

Mengenal Apa Itu Jasa SEO dan Cara Menjadi Pakar/Ahli SEO
 

Pada dasarnya tanggung jawab pekerjaan Spesialis SEO bervariasi berdasarkan apakah mereka bekerja untuk agen pemasaran digital perusahaan atau freelance. Tetapi deskripsi pekerjaan untuk sebagian besar spesialis SEO sebagian diantaranya mencakup :

  • Bertanggung jawab untuk optimasi halaman untuk pemasaran mesin pencari.
  • Mengembangkan strategi pengoptimalan yang meningkatkan peringkat hasil mesin pencari situs web perusahaan.
  • Berkolaborasi erat dengan tim pengembangan web untuk memastikan praktik terbaik SEO diikuti dengan benar di seluruh konten situs web.
  • Melakukan pengujian, mengumpulkan dan menganalisis data dan hasil, mengidentifikasi tren dan wawasan untuk mencapai ROI maksimum untuk jenis kempen yang berbayar.
  • Bekerja dengan tim editorial dan pemasaran untuk mendorong SEO dalam pembuatan konten dan pemasaran konten.
  • Mengelola pengeluaran kampanye SEO sesuai anggaran, memperkirakan biaya bulanan, dan rekonsiliasi perbedaannya.

 

Baca Juga  :     Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Kesimpulan dan Penutup

SEO adalah konsep yang telah ada selama kurang dari dua dekade sebagai bantuan yang wujud untuk berbagai macam keperluan terutama dalam pemasaran digital yang telah membuka peluang pekerjaan di industri ini. Website yang muncul setiap waktunya membuat mereka memperebutkan perhatian dari pengunjung dunia maya dan juga di halaman mesin pencari populer seperti Google. Ini membuat SEO menjadi raja bagi konten- konten dan juga pencarian organik.

Peluang ini memunculkan pakar profesional SEO yang telah meletakkan diri mereka dalam spesialisasi mempelajari dan menguasai algoritma di balik hasil mesin pencari sehingga mereka dapat membantu klien dan perusahaan mereka muncul dalam pencarian. Meski awalnya pakar SEO adalah individu yang berpengalaman dalam memasarkan perusahaan atau halaman mereka sendiri, tetapi keterampilan ini bisa dipelajari melalui beberapa kursus khusus yang bisa Anda ikuti untuk menjadi pakar SEO yang sukses.

Related Post :