Mengenal Apa Itu Marketing Strategy dan Tips Sukses 2022

Business, Content Marketing, Marketing / 0 | | 0

Membuat marketing strategy yang sukses, Anda harus terlebih dahulu memahami semua komponen-komponennya. Marketing strategy atau strategi pemasaran terdiri dari banyak bagian yang penting, yang semuanya akan menentukan tingkat keberhasilan yang dapat Anda capai dengan caranya masing-masing. Jadi, untuk mengaktifkan strategi pemasaran untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dan memperluas jangkauan Anda, Anda harus terlebih dahulu membuat template strategi pemasaran yang baik. Atau Anda dapat merekrut seorang ahli pemasaran untuk melakukan pekerjaan ini.

Marketing strategy terbaik biasanya adalah yang paling detail. Ini akan membantu bisnis Anda mencapai eksposur yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan saat ini dan meletakkan dasar untuk tahun-tahun ke depan. Melihat marketing strategy yang efektif di masa lalu berkisar pada penggunaan platform yang tepat untuk promosi, membuat iklan yang menargetkan audiens atau demografi tertentu melalui kata kunci dan tagar di situs media sosial dengan kampanye penargetan ulang jika memungkinkan. Namun marketing pada tahun 2022 diproyeksikan akan membutuhkan pemilik bisnis yang bersedia mengambil risiko, berinvestasi dalam brand mereka, mendengarkan lebih saksama daripada sebelumnya ketika terlibat dengan komplain pelanggan online atau menghadapi kegagalan karena persaingan terus tumbuh.

Karena itu, artikel ini akan memberikan Anda pembahasan lebih lanjut mengenai marketing strategy atau strategi pemasaran. berikut adalah daftar beberapa elemen terpenting dari strategi pemasaran yang sukses, serta beberapa tips yang akan membantu Anda memanfaatkannya sebaik mungkin di tahun 2022.

 

Baca Juga :  Marketing Strategy : Pengertian dan Trik Sukses 2022

 

Mengenal Apa Itu Marketing Strategy

Mengenal Apa Itu Marketing Strategy dan Tips Sukses 2022
 

Marketing strategy mengacu pada keseluruhan rencana didalam bisnis untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan produk atau layanan Anda. Marketing strategy berisi proposisi nilai perusahaan, pesan utama brand, data tentang demografi pelanggan sasaran, dan elemen penting lainnya. Marketing strategy yang menyeluruh mencakup 4P yaitu (Product, Price, Place, and Promotion). Marketing strategy yang jelas harus berkisar pada proposisi nilai perusahaan, yang mengkomunikasikan kepada konsumen apa yang diperjuangkan oleh perusahaan Anda, bagaimana perusahaan Anda beroperasi, dan mengapa bisnis Anda layak untuk mereka (pelanggan).

Disisi lain, Anda dapat menyediakan tim marketing dengan tugas utama untuk menginformasikan inisiatif mereka ke semua produk dan layanan perusahaan Anda. Misalnya seperti Walmart (WMT) dikenal luas sebagai pengecer diskon dengan harga murah setiap hari yang operasi bisnisnya dan upaya pemasarannya berakar pada gagasan tersebut. Sehingga tujuan akhir dari marketing strategy adalah untuk mencapai dan mengkomunikasikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan atas perusahaan pesaing dengan memahami kebutuhan dan keinginan konsumennya. Baik itu desain iklan cetak, penyesuaian massal, atau kampanye media sosial, aset pemasaran dapat dinilai berdasarkan seberapa efektifnya mengomunikasikan proposisi nilai inti perusahaan Anda.

Baca Juga :  Mengetahui Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yang Efektif Beserta Tipenya

Di dalam marketing strategy juga terdapat riset pasar yang dapat membantu memetakan keberhasilan kampanye tertentu dan dapat membantu mengidentifikasi audiens yang belum dimanfaatkan untuk mencapai tujuan bottom-line dan meningkatkan penjualan. Marketing strategy membantu perusahaan Anda mengarahkan biaya iklan ke tempat yang paling tepat dan berdampak. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa perusahaan dengan marketing strategy yang terdokumentasi memiliki kemungkinan 313% lebih besar untuk melaporkan keberhasilan dalam kampanye pemasaran mereka.Marketing strategy akan merinci kampanye periklanan, penjangkauan, dan PR yang akan dilakukan oleh perusahaan, termasuk bagaimana perusahaan akan mengukur efek dari inisiatif ini. Kembali lagi, Anda biasanya akan mengikuti 4P.

Fungsi dan komponen marketing strategy yang mencakup riset pasar, berguna juga untuk mendukung keputusan penetapan harga dan entri pasar baru, menargetkan demografi dan wilayah geografis tertentu, pemilihan platform untuk promosi produk dan layanan digital, radio, internet, media cetak, dan lainnya. Platform-platform ini adalah beberapa contoh yang dapat Anda pilih untuk setiap kampanye atau iklan Anda.

 

Baca Juga :  Panduan Sukses Marketing Strategy 2022

 

Tips Sukses Marketing Strategy 2022

Mengenal Apa Itu Marketing Strategy dan Tips Sukses 2022
 

 

Dengan semua yang disebutkan sebelumnya, menjadi sangat jelas bahwa setiap marketing strategy perlu memiliki semacam garis besar. Ini hanya berfungsi sebagai titik acuan utama, sebelum Anda membuat marketing strategy akhir Anda yang tentu saja akan jauh lebih detail. Karena itu, berikut adalah 5 poin utama yang perlu diperhatikan oleh setiap marketing strategy.

  1. Jalankan analisis situasi menyeluruh (SWOT)

    Sebelum Anda mulai berpikir untuk membuat marketing strategy, Anda harus terlebih dahulu menentukan situasi bisnis Anda saat ini. Ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan kekuatan dan kelemahan bisnis, serta peluang dan ancamannya. Karena itulah jenis analisis ini biasa disebut analisis SWOT. Terlebih lagi, jenis analisis ini tidak hanya akan fokus pada bisnis Anda sendiri, tetapi juga akan memberikan informasi tentang pasar saat ini dan pesaing Anda. Dengan memahami pasar dan menganalisis pesaing Anda, Anda akan dapat dengan mudah menentukan celah apa pun dalam penawaran saat ini, yang akan menyisakan banyak ruang untuk keunggulan kompetitif.

  2. Tentukan tujuan

    Langkah ini cukup mudah. Untuk dapat mencapai tujuan Anda, Anda harus terlebih dahulu menentukan apa sebenarnya tujuan tersebut. Jadi, pastikan Anda menuliskan tujuan Anda, tetapi juga fokus untuk menjadikannya SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Timely). Dengan begitu Anda dapat dengan mudah melacak kemajuan Anda atau kekurangan dan memperhatikan pada waktu yang tepat apabila pendekatan Anda untuk mencapai tujuan perlu diubah atau tidak. Selain itu, Anda juga dapat menetapkan kerangka kerja untuk tujuan dan hasil utama yang akan membantu Anda memecah tujuan utama menjadi pencapaian yang lebih kecil dan lebih mudah dicapai. Ini tidak hanya akan memungkinkan Anda untuk tetap di atas kemajuan Anda dengan lebih mudah, tetapi juga memberikan transparansi yang lebih besar di seluruh perusahaan, dan memungkinkan setiap anggota tim Anda untuk tetap berada di jalur yang benar.

  3. Buat anggaran

    Poin kunci selanjutnya dari setiap marketing strategy yang sukses adalah menetapkan anggaran yang jelas. Langkah ini sama sekali tidak kalah pentingnya dari langkah-langkah lainnya. Pastikan Anda secara jelas menentukan anggaran untuk setiap bagian dari marketing strategy Anda, bukan hanya menetapkan anggaran untuk itu secara keseluruhan. Dengan begitu Anda dapat memantau dengan cermat apakah upaya Anda benar-benar membuahkan hasil dalam jangka waktu tertentu, atau Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian lebih lanjut.

  4. Tentukan target audiens

    Memahami dan mengidentifikasi siapa yang Anda coba pasarkan adalah sangat penting. Anda harus terlebih dahulu memahami siapa yang Anda targetkan, agar dapat melakukannya sejak awal. Di sini, Anda perlu membuat apa yang disebut persona pembeli yang akan mencakup berbagai informasi demografis, seperti usia, jenis kelamin, status sosial ekonomi, serta informasi psikografis. Persona ini harus mencerminkan kebutuhan dan tuntutan audiens Anda dan bisnis Anda harus bertujuan untuk menyelesaikannya. Sebaliknya, jika Anda telah menetapkan persona pembeli Anda, pastikan Anda meninjaunya untuk evaluasi, karena kebutuhan dan permintaan pelanggan cenderung berubah dari waktu ke waktu.

  5. Analisis taktik

    Setelah Anda menganalisis perusahaan Anda, menentukan audiens Anda, dan menetapkan tujuan yang jelas, inilah saatnya untuk beralih ke menganalisis berbagai taktik pemasaran yang Anda miliki. Taktik ini harus selaras dengan tujuan Anda, dan sesuai dengan audiens dan peluang Anda untuk perusahaan Anda. Di sini, Anda juga perlu menentukan dan memilih saluran distribusi yang paling tepat, yang seharusnya tidak sulit sama sekali jika Anda telah melakukan tiga langkah sebelumnya dengan benar. Taktik yang Anda pilih akan membantu Anda mencapai tujuan, membangun kehadiran yang kuat di saluran distribusi tempat mayoritas audiens Anda berada, dan memanfaatkan berbagai peluang yang memungkinkan bisnis Anda tumbuh dan memperluas jangkauannya.

Baca Juga :  Marketing Strategy : Pengertian, Kelebihan dan Cara Mengembangkannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Menciptakan strategi pemasaran yang sukses membutuhkan banyak usaha dan penelitian khusus. Ini bukan sesuatu yang bisa dilakukan dalam semalam atau terburu-buru dalam arti apa pun. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan marketing strategy Anda saat ini atau membuat yang sama sekali baru untuk tahun 2022, pastikan Anda memulai riset sesegera mungkin. Awasi semua aspek penting dari kampanye pemasaran yang sukses dan perhatikan detail dengan cermat.

Marketing bukanlah tugas kecil tetapi sangat penting untuk keberhasilan brand apapun.Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami definisi dari marketing strategy atau strategi pemasaran serta 5 tips sukses yang dapat segera Anda terapkan dalam bisnis yang sedang Anda rencanakan atau bahkan mengembangkan kembali bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. 2022 dapat menjadi tahun yang baru yang sukses bagi segala aspek di hidup Anda, termasuk bisnis yang Anda miliki.

Related Post :

popup image