Mengenal Apa Itu Multi-vendor Marketplace Bagi Pebisnis Pemula

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Dengan pertumbuhan digitalisasi global yang semakin tidak terelakkan, maka ini juga mempengaruhi pertumbuhan e-commerce yang cepat dalam beberapa dekade terakhir. Ini tentunya tidak terlepas dari tren yang perlahan bergerak menuju penyediaan pengalaman berbelanja yang serba cepat bagi pembeli. Sekarang, pembeli tidak ingin menghabiskan waktu mencari melalui sepuluh situs web untuk menemukan satu item/produk yang mereka inginkan.

Para pelanggan dan pembeli menginginkan data terkonsolidasi yang membantu mereka dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat dan membantu dalam menghemat waktu dan tenaga. Jawaban untuk lingkungan yang berubah ini adalah pasar ecommerce multi-vendor. Toko online serba ada atau lengkap ini adalah jawaban untuk pemasar e-commerce yang mencari cara untuk meningkatkan toko mereka dan mendorongnya bisnis ke tingkat berikutnya.

Bahkan pada akhir tahun 2020 kemarin saja, akan ada 2,05 miliar pembeli digital global di seluruh dunia. Prediksi ini adalah alasan yang cukup untuk menjelaskan mengapa bisnis dan pengusaha sangat tertarik untuk meluncurkan toko online. Namun, tidak hanya membutuhkan banyak sumber daya dan pemeliharaan, toko online kurang praktis jika Anda ingin tutur berada dan dikenali pasar yang lebih luas lagi. Maka dari itu, multi-vendor marketplace adalah opsi sempurna terutama bagi pebisnis pemula.

 

Definisi Apa Itu Multi-vendor Marketplace

Multi-vendor marketplace adalah platform yang memungkinkan banyak vendor atau penjual untuk membuat toko online atau profil mereka sendiri dan memasang produk untuk dijual. Contoh marketplace ini biasa kita temukan dari Shopee, Lazada, Zalora, Tokopedia, dll, yang terkenal dengan menawarkan dan menjual banyak atau kategori produk dari masing- masing platform mereka. Pasar multi-vendor semuanya biasa memiliki kesamaan beberapa fitur- fitur seperti :

  • Selalu ada satu administrator toko yang mengelola dan maupun khusus bekerja dalam mengatur toko serta menerima komisi dari setiap penjualan
  • Vendor mengelola proses pengunggahan produk, namun admin dapat menyetujui atau menolaknya
  • Operasi pembayaran akan dikelola oleh admin toko
  • Pengiriman atau shipping produk dapat dilakukan baik oleh admin atau vendor
  • Baik admin toko dan vendor dapat menjual produk melalui pasar multi-vendor

 

Baca Juga  :     Cara Memaksimalkan Google Bisnisku (Google My Business) untuk Bisnis Online

 

Keuntungan Bergabung Dalam Multi-vendor Marketplace Bagi Pebisnis Pemula

Mengenal Apa Itu Multi-vendor Marketplace Bagi Pebisnis Pemula
 

Sesuai dengan namanya, pasar atau toko multi-vendor adalah platform bagi penjual pihak ketiga untuk menjual di satu tempat. Secara sederhana, ini adalah toko besar yang berisi berbagai toko kecil yang dijalankan oleh vendor individu. Bagi pebisnis pemula, bergabung dengan multi-vendor marketplace akan membantu memberi exposure pada bisnis mereka jika mereka relatif kecil. Selain juga tentunya akan membantu brand awareness dari bisnis tersebut.

Berdasarkan keuntungan ini, membuat pebisnis pemula memilih bergabung di multi-vendor marketplace ketimbang membuat dan membangun toko online mereka secara langsung. Adapun keuntungan harus Anda ketahui jika Anda memutuskan bergabung dengan marketplace yang serba ada ini.

  • Menawarkan berbagai produk

    Produk yang dijual di pasar multi-vendor ditampilkan oleh sejumlah penjual. Setiap toko e-niaga yang menawarkan berbagai macam produk pasti akan dengan mudah melibatkan lebih banyak lalu lintas dan penjualan.

  • Praktis dan efisien

    Mengurus pengiriman, inventaris, detail serta peningkatan produk, harga, dan berbagai informasi lain yang menyertai menjalankan toko online membutuhkan banyak usaha. Pasar multi-vendor mengeliminasi semua kerumitan ini dan membantu pebisnis lebih fokus pada penjualan mereka. Disamping itu, pelanggan juga menemukan apa [un yang mereka perlukan dari satu platform saja.

  • Biaya lebih rendah

    Karena setiap vendor akan mengelola tokonya sendiri, Anda tidak perlu menyewa sumber daya untuk melakukannya. Anda dapat menginvestasikan lebih banyak waktu untuk menjawab pertanyaan penting terkait penskalaan dan pemasaran.

  • Fleksibilitas

    Vendor pada platform e-commerce multi-vendor dapat menangani informasi produk, harga, dan area pengiriman, membuat penambahan, dan pembaruan sesuai kebutuhan mereka.

  • Pendapatan melalui sistem komisi

    Karena pasar multi-vendor dapat memiliki sejumlah vendor dalam sekaligus, maka platform ini akan memperoleh komisi dari setiap transaksi antara penjual dan pelanggan.

 

Baca Juga   :     Keunggulan Shopify untuk Kebutuhan Website Toko Online / Bisnis Online

 

Cara Kerja Multi-vendor Marketplace

Mengingat tujuan utama dari multi-vendor marketplace adalah untuk menarik para vendor dan membantu para pelanggan online menemukan semua yang mereka cari dari satu platform saja, maka cara kerja marketplace ini cukup ringkas. Pasar multi-vendor bekerja secara efisien dan efektif dengan pemilik toko dan vendor. Penting untuk menjaga komunikasi tetap lurus dan terus memperbarui pelanggan tentang berbagai penawaran serta memastikan produk dikirimkan tepat waktu. Berikut adalah beberapa langkah tentang cara kerja multi-vendor marketplace :

  • Vendor mendaftar ke pasar melalui pendaftaran berbayar atau bahkan gratis bagi beberapa platform marketplace.
  • Setelah vendor mendaftar dan mengunggah produknya, pelanggan dapat mulai membeli dari mereka.
  • Admin toko pasar multi-vendor dapat membebankan sedikit biaya pada setiap transaksi.
  • Sebagian besar pembayaran ditransfer ke admin toko, dan dari sana ke penjual yang dipilih.
  • Pengiriman produk ditangani oleh vendor sendiri atau bahkan admin.
  • Komunikasi tentang produk yang rusak dapat disampaikan kepada vendor atau bahkan admin toko, yang ditangani oleh penjual.

 

Baca Juga  :    Daftar Payment Gateway Indonesia Terbaik dan Murah untuk Bisnis / Website

 

Tips Membuat Multi-Vendor Marketplace

Mengenal Apa Itu Multi-vendor Marketplace Bagi Pebisnis Pemula
 

Tren yang bergeser ke arah memberikan pengalaman berbelanja yang serba cepat kepada pembeli. Sekarang, pembeli tidak ingin menghabiskan waktu menjelajahi sepuluh situs web untuk menemukan satu produk. Mereka menginginkan informasi terkonsolidasi yang membantu mereka dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat dan membantu dalam menghemat waktu. Multi-vendor marketplace adalah jawaban untuk pemasar e-commerce yang mencari cara untuk meningkatkan toko mereka dan mendorongnya ke tingkat berikutnya.

Tertarik untuk membuka multi-vendor marketplace Anda? Tidak mengherankan karena ini adalah peluang bisnis yang bermasa depan cerah dan selalu akan bermunculan dari waktu ke waktu. Berikut beberapa tips yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuat marketplace Anda sendiri :

  • Lakukan riset pasar

    Pelajari pasar dan pahami apa yang beresonansi baik dengan pembeli. Lakukan survei dan analisis laporan sebelumnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pola pembelian sehingga Anda dapat memberikan apa yang mereka inginkan kepada pelanggan.

  • Memilih nama domain yang sesuai

    Nama domain yang Anda pilih harus deskriptif tentang merek Anda. Karena itu, pastikan Anda memikirkannya secara mendetail sebelum memilihnya. Ingatlah untuk membuatnya singkat, pada dan jelas. Selalu periksa apakah domain tersedia sehingga Anda dapat menghindari masalah merek dagang di kemudian hari.

  • Memilih tema dan desain yang sesuai

    Situs web seharusnya tidak terlihat rumit bagi pembeli. Anda mungkin memiliki banyak hal yang terjadi di latar belakang, tetapi situs web Anda harus sederhana, rapi, dan mudah dinavigasi. Pilih tema yang mempromosikan ide ini dan membuat perjalanan pembeli lebih menyenangkan.

  • Sejajarkan strategi pengiriman

    Sebelum Anda meluncurkan toko Anda, pastikan Anda telah memikirkan bagaimana Anda akan mengirimkan produk Anda. Jika Anda gagal mempertahankan tujuan tersebut, Anda harus menghadapi kemarahan pelanggan dan vendor yang akan mengundurkan diri dari platform Anda ini.

  • Strategi pemasaran situs yang tepat

    Setelah Anda menyiapkan situs web multi-vendor, Anda perlu memproyeksikannya ke audiens. Riset pasar akan memberi Anda gambaran yang adil tentang jenis pengguna, preferensi pembelian mereka, pilihan, mode pembayaran yang disukai, dan yang paling penting, platform tempat mereka paling aktif.

  • Mode pembayaran yang efisien

    Sangat penting untuk mengetahui jenis opsi pembayaran yang Anda berikan kepada pembeli Anda. Pelajari tentang berbagai jenis metode pembayaran dan terapkan sebanyak mungkin. Jumlah mode pembayaran yang lebih signifikan membujuk pembeli untuk membeli lebih cepat.

 

Baca Juga  :    Daftar Rekomendasi Software Marketplace Terbaik di Tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Pasar multi-vendor mengacu pada bisnis pasar online yang lebih dari satu pembeli dan penjual yang memulai atau melakukan transaksi. Platform ini bertindak sebagai perantara digital yang menghubungkan pembeli dan penjual di platform yang sama, membuatnya nyaman bagi mereka untuk menemukan satu sama lain, meningkatkan skala bisnis mereka, dan mengelolanya secara efisien pula.

Dalam model bisnis ini, tidak hanya pemilik toko atau pasar dan pembeli tetapi penjual lain juga terlibat. Pemilik toko dan penjual, keduanya bisa berada di area penjualan produk. Di sini pemilik toko adalah pengelola pasar, tetapi penjual juga dapat mengelola produknya masing-masing. Platform marketplace terkenal di Indonesia adalah salah satu contoh terbaik dimana pelanggan, vendor dan pemilih platform serba lengkap ini bertemu dan melebur dalam bisnis yang dinamis.

 

 

Related Post :