Mengenal Apa Itu Odoo, Software Open Source untuk ERP and CRM

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Sebelumnya dikenal sebagai OpenERP, Odoo adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk membantu melakukan Perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau Enterprise Resource Planning (ERP). Software ini merupakan sumber terbuka atau open source yang cukup komprehensif. Oddo menawarkan banyak rangkaian modul bisnis terintegrasi, Customer Relationship Management (CRM), e-commerce, akuntansi, penagihan, manajemen inventaris, manajemen proyek, manajemen gudang, keuangan manajemen, manufaktur dan pembelian.

Semua modul ini bertujuan untuk berkomunikasi secara efisien dan lancar satu sama lain untuk bertukar informasi. Terdiri dari lebih dari 30 modul utama yang diperbarui secara berkala, Odoo juga dilengkapi dengan lebih dari 16.000 aplikasi / plug-in pihak ketiga yang tersedia di toko aplikasi mereka. Mengingat Odoo merupakan sistem modular, pelanggan dapat memulai dengan subset alat dan menambahkan modul sesuai kebutuhan.

Tersedia di cloud atau di lokasi dan dapat digunakan oleh bisnis dari semua ukuran, dengan sifatnya yang open source maka software Odo dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu Odoo juga dapat berintegrasi dengan sistem lain, termasuk pemroses pembayaran dan sistem pengiriman eksternal, seperti Amazon, eBay, UPS, FedEx, dan QuickBooks. Datang dengan pilihan berbayar dan gratis Odoo yang dapat digunakan di iOs dan Android, mari simak penjelasan singkatnya dibawah ini.

 

Memahami Enterprise Resource Planning (ERP) dan CRM (Customer Relationship Management)

Sebelumnya, mari memahami apa yang dimaksud dengan ERP yang merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning adalah aplikasi yang mengotomatisasi proses bisnis. Dari sini penggunanya akan mendapatkan wawasan dan kontrol internal, pendataan di database pusat yang mengumpulkan masukan dari departemen termasuk akuntansi, manufaktur, rantai pasokan, penjualan, pemasaran dan sumber daya manusia (SDM). Jadi sederhananya, sistem ERP membantu menyatukan orang, proses, dan teknologi di seluruh organisasi.

Sedangkan CRM (Customer Relationship Management) mengacu pada prinsip, praktik, dan pedoman yang diikuti perusahaan saat berinteraksi dengan pelanggannya. Dari sudut pandang perusahaan, seluruh hubungan ini mencakup interaksi langsung dengan pelanggan, seperti proses terkait penjualan dan layanan, peramalan, dan analisis tren dan perilaku pelanggan. Bisa dikatakan bahwa CRM berfungsi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu CRM (Customer Relationship Management) Dalam Bisnis

 

Fitur- Fitur Terbaik Odoo

Mengenal Apa Itu Odoo, Software Bisnis Populer
 

Sebagai software bisnis yang populer dan dengan lebih dari seribu unduhan/instalasi per hari, Odoo adalah salah satu solusi sumber terbuka yang paling banyak digunakan di dunia. Memiliki komunitas yang dinamis, fleksibel, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, Odoo dapat diproduksi dengan cepat berkat modularitasnya dan mudah digunakan. Berikut beberapa fitur- fitur terbaik Odoo jika Anda ingin menggunakannya bagi bisnis Anda :

  • Akuntansi

    Selanjutnya Odoo juga membantu dalam mengotomatiskan seluruh proses faktur, memungkinkan pelanggan menghemat waktu dalam entri data. Pengguna juga mendapatkan akses instan ke semua fitur akuntansi di perangkat seluler mereka. Dengan beberapa klik saja maka perusahaan juga dapat secara otomatis melacak aset dan papan penyusutan dan menghasilkan entri amortisasi, serta mengelola semua peristiwa yang terkait dengan aset.

  • E-commerce

    Dengan platform e-commerce terintegrasi, inventaris dan penjualan dapat dengan mudah dipertahankan melalui penyesuaian dan pelaporan stok otomatis. Portal pelanggan khusus akan membantu menjaga data pelanggan tetap teratur dengan pelacakan pesanan dan klaim, sehingga memungkinkan pelanggan mengunduh faktur dan pesanan pengiriman, serta melihat pengiriman yang tertunda dari satu lokasi.

  • CRM

    Odoo menawarkan antarmuka pengguna intuitif yang dirancang untuk penjualan dan dasbor yang memberikan gambaran luas tentang aktivitas penjualan. Selain itu, Odoo juga mempermudah penggunanya dengan memberikan tips dan praktik terbaik yang berguna untuk memungkinkan pelanggan mengonfigurasi dan menerapkan CRM mereka secara strategis. Antarmuka pengguna seluler Odoo mengakomodasi anggota tim penjualan terdistribusi, bahkan jika digunakan tanpa koneksi internet sekalipun.

  • Manufaktur

    Perusahaan dapat menggunakan Odoo untuk mengelola semua perakitan dan operasi manufaktur mereka. Odoo akan secara otomatis memicu pemeriksaan kualitas untuk departemen manufaktur sehingga ini akan mempersingkat pekerjaan.

  • Karyawan

    Memanfaatkan modul karyawan Odoo, perusahaan dapat mengumpulkan dalam satu database semua informasi mengenai setiap karyawan, mencatat status setiap karyawan, jabatan, jenis kontrak, serta tanggal dan jadwal. Pelanggan juga dapat membuat lembar waktu mingguan dan bulanan dan melacak waktu yang dihabiskan oleh karyawan per proyek.

  • Inventaris

    Manajemen inventaris entri ganda Odoo yang unik memungkinkan pelacakan penuh terhadap bahan dan produk dari pemasok ke pelanggan. Pelanggan dapat mengemas dan mengirimkan pesanan dengan atau tanpa pemindai kode batang. Odoo menyiapkan pesanan pengiriman untuk pelanggan berdasarkan ketersediaan.

 

 

Baca Juga  :   Memahami Manfaat Menggunakan Kampanye Email Marketing Bagi Bisnis

 

Keuntungan dan Manfaat Menggunakan Odoo Bagi Bisnis

Fitur Odoo diatas cukup mencakup banyak pilihan aplikasi bisnis untuk banyak kebutuhan bisnis dan industri yang berbeda dengan keperluan mereka masing- masing dimana bisnis hanya membayar aplikasi yang mereka butuhkan. Untuk kebutuhan CRM, bisnis dapat menggunakan aplikasi CRM Odoo atau Salesforce. Sangat mudah untuk mengintegrasikan Odoo dan aplikasi pihak ketiga dengan mulus untuk merampingkan proses bisnis Anda untuk melakukan operasional perusahaan, manajemen bisnis, dan manajemen keuangan.

Setiap bisnis modern saat ini mungkin sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan dan mengimplementasikan Odoo dalam operasional mereka karena Odoo menawarkan keuntungan dan manfaat yang menarik seperti :

  • Menawarkan biaya yang rendah
  • Kemudahan penggunaan
  • Menawarkan dan memiliki pilihan aplikasi Odoo yang lengkap
  • Telah terintegrasi dengan banyak aplikasi perangkat lunak tambahan pihak ketiga
  • Menawarkan versi gratis Odoo yang disebut Komunitas (Community)

 

Baca Juga  :    Mengenal Jenis Churn Rate dan Cara Menghitungnya

 

Daftar Aplikasi yang Ditunjang oleh Odoo untuk CRM dan ERP

Mengenal Apa Itu Odoo, Software Bisnis Populer
 

Sistem ERP Odoo adalah perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan yang digunakan di seluruh perusahaan untuk pengelolaan proses bisnis. Odoo menyediakan aplikasi bisnis fungsional terintegrasi yang disebut aplikasi Odoo yang membentuk solusi ERP saat digabungkan. Jika Anda tertarik menggunakan Odoo, maka software dengan sumber terbuka ini tersedia dengan harga berlangganan SaaS sebagai edisi Enterprise atau sebagai versi Community bagi pengguna gratisnya. Sedangkan daftar dibawah ini adalah beberapa aplikasi yang ditunjang oleh Odoo :

  • Pembuat situs web dengan Odoo CMS (Content Management System)
  • Perencanaan
  • Akuntansi
  • Faktur atau invoice
  • Berlangganan
  • Manajemen inventaris dan manajemen gudang
  • Konsolidasi
  • CRM (Customer Relationship Management)
  • Sumber daya manusia, termasuk aplikasi untuk Rekrutmen dan Referensi Karyawan
  • Pemasaran yang termasuk aplikasi untuk otomasi pemasaran, pemasaran email, dan e-commerce media sosial
  • Manajemen proyek
  • Timesheets
  • Manufaktur MRP
  • Servis lapangan
  • Titik penjualan
  • Helpdesk untuk dukungan pelanggan
  • Manajemen Siklus Hidup Produk/Product Lifecycle Management (PLM)

 

Aplikasi Odoo Tersedia di Cloud VPS IDCloudhost

Sebagai salah satu solusi termudah dan cepat untuk kebutuhan Anda dalam menggunakan Aplikasi Odoo. IDcloudhost sudah menyediakan instan Deploy bagi kamu yang membutuhkan fasilitas ini dengan cepat dan praktis. Instant Deploy Odoo ini sudah tersedia di layanan Cloud VPS IDcloudhost dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Informasi lebih lanjut Anda bisa melihat postingan berikut  :   Cara Instal Odoo (One Click Deploy) di Cloud VPS IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Odoo yang adalah akronim dari singkatan dari OnDemand (SaaS) Offer dari OpenERP, sering juga diartikan sebagai On Demand Open Object (Objek Terbuka Sesuai Permintaan). Awalnya dimulai di Belgia sebagai TinyERP, kemudian berganti nama menjadi OpenERP sebelum memilih Odoo untuk perusahaannya dan perangkat lunak ERP open-source yang dikenal saat ini.

Terbagi menjadi 2 versi yang bisa dipilih, edisi Odoo Enterprise adalah Odoo Online yang di hosting di desktop atau cloud, tersedia di mana saja dan dari perangkat apa pun. Mengingat ini adalah versi premium yang berbahaya, versi ini tentu datang dengan lebih banyak fitur dan dukungan. Sistem operasi perangkat seluler termasuk Apple iOS dan Google Android sedangkan versi Community Odoo hanya tersedia sebagai solusi ERP desktop dan CRM. Lebih dianggap sesuai sebagai solusi ERP yang cukup baik untuk bisnis kecil dan beberapa perusahaan menengah, maka jika Anda ingin menggunakan Odoo sebaiknya pertimbangkan banyak hal termasuk evaluasi perangkat lunak Anda dan gunakan Cloud VPS IDCloudHost untuk dukungan yang lebih handal.

Related Post :