Mengenal Apa itu Paypal dan Cara Mendaftar dan Menggunakannya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Berbelanja online saat ini merupakan kegiatan yang tidak asing dan malah menjadi suatu budaya baru karena prosesnya yang mudah serta praktis. Saat ini pun banya tersedia banyak situs belanja online yang bisa diakses untuk membeli berbagai barang yang diperlukan. Kemudian untuk melakukan transaksinya, kebanyakan orang sudah menggunakan pembayaran secara online salah satunya PayPal. Jadi, bagaimana cara menggunakan PayPal?

Pembayaran menggunakan PayPal adalah satu alat atau cara bayar termudah untuk transaksi yang dilakukan secara global atau internasional yang bersifat online. Bahkan PayPal juga memiliki beragam fasilitas yang membuatnya mungkin untuk melakukan berbagai transaksi online hingga hampir ke seluruh dunia. Poin ini sangat menarik banyak minat pembeli atau penjual yang ingin mencoba pembelian dan melebarkan sayap intenasional mereka.

Lalu apakah Anda sudah mengenal PayPal? Pernahkah Anda menggunakannya untuk melakukan transaksi pembayaran secara online? Jika belum, maka Anda wajib mengenal apa itu Paypal, cara mendaftarnya, serta bagaimana cara menggunakan PayPal. Semua informasi tersebut bisa Anda simak pada ulasan di bawah ini!

 

Mengenal Apa itu PayPal

PayPal merupakan sebuah rekening virtual yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan transaksi konvensional. Menggunakan PayPal berarti Anda dapat melakukan transaksi pembayaran secara online. Anda bisa menggunakan PayPal untuk membeli produk serta menerima uang bagi mereka yang juga memiliki PayPal.

PayPal sendiri sudah tersedia dalam jaringan yang kuat dan mampu memberikan layanan dari berbagai transaksi antar negara dengan memakai surat elektronik. Tentu saja, keberadaan PayPal sangat mempermudah pemilik toko online, ataupun pebisnis lainnya dalam menawarkan alternatif pembayaran kepada setiap konsumen mereka.

Sampai saat ini, PayPal sudah menjadi alat pembayaran yang paling banyak dipakai. Mengapa demikian? Hal ini tak lain karena tingkat keamanannya yang terbilang sangat baik dengan berbagai fasilitas yang lumayan lengkap. Cara ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan transaksi online vie banking ataupun yang lainnya yang penggunaanya masih terbatas dalam cakupan satu negara saja.

Beberapa hal di atas sekaligus menjadi alasan mengapa banyak orang lebih menyukai menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran dalam bisnis online yang mereka jalankan. Terutama bagi mereka yang berbelanja maupun berjualan di lintas negara. Kapan pun dan di mana pun pengguna berada, mereka bisa menggunakannya dengan mudah dan lancar.

 

Fungsi dan Manfaat Mempunyai Akun PayPal

Mengenal Apa itu Paypal dan Cara Mendaftar dan Menggunakannya
 

Apakah Anda sudah mengetahui cara menggunakan PayPal sebelumnya? Jika sudah, tentu Anda sudah paham betul apa saja fungsi dari alat pembayaran online tersebut. Namun jika belum mengetahui cara menggunakan PayPal maka fungsinya pun belum Anda ketahui lebih lanjut. Berikut merupakan fungsi dan manfaat bisa didapatkan jika Anda mempunyai akun PayPal.

  • Sebagai alat pembayaran online terpercaya di seluruh dunia

    PayPal merupakan salah satu alat pembayaran yang terpercaya hingga ke seluruh dunia. Setiap transaksi harus melalui verifikasi secara sah yang terintegrasi dengan rekening bank dari Amerika Serikat. Jika tidak, akun tersebut harus terintegrasi dengan kartu kredit Visa. Jika verifikasi berhasil dilakukan, maka seluruh transaksi yang Anda lakukan dapat terdeteksi otomatis melalui bank sebagai penyedia layanan transaksi yang Anda lakukan.

  • Sebagai alat menerima dan mengirim uang yang sangat praktis

    Manfaat lain yang bisa didapat adalah kepraktisan dalam melakukan pengiriman maupun penerimaan uang. Anda bisa menggunakan akun untuk mengirim uang secara instan atau bahkan menerima uang secara instan dari sesama pengguna PayPal lainnya.

  • Alat pembayaran yang sudah diakui secara universal

    PayPal merupakan akun pembayaran via online yang sudah diakui, valida dan legal hingga ke seluruh dunia. Tak heran jika semakin banyak saja pengguna yang memakainya untuk melakukan transaksi pembayaran karena hampir semua negara telah mengakui cara bayar online yang satu ini.

  • Alat pembayaran tanpa repot menghitung adanya biaya tambahan

    Saat memakai alat pembayaran online ini tidak ada pembebanan tambahan sehingga Anda tidak perlu repot menghitung adanya biaya tambahan. Pasalnya, PayPal memberlakukan pelayanan yang terjangkau kepada setiap pengguna dengan seringkas dan mudah namun juga seaman mungkin.

  • Dapat melakukan transaksi ke bank lokal

    Manfaat lainnya yang bisa Anda dapat adalah dapat melakukan transfer menuju bank lokal yang tentunya sudah resmi terdaftar. Hanya saja untuk melakukan transfer tersebut akun Anda harus terverifikasi lebih dulu. Ini dilakukan agar menjamin keamanan pengguna dan keabsahan tranksaksi yang dilakukan.

Dengan berbagai pertimbangan di atas, apakah Anda sudah tertarik untuk mengetahui cara membuat dan cara menggunakan PayPal? Jika Anda memiliki kebutuhan transaksi online, tidak ada salahnya Anda mengetahui secara lengkap membuat dan cara menggunakan PayPal di bawah ini.

Baca Juga :   Mengenal Apa itu Virtual Account : Cara Kerja, Keamanan, dan Manfaatnya

 

Bagaimana Cara Membuat PayPal

Mengenal Apa itu Paypal dan Cara Mendaftar dan Menggunakannya
 

Cara membuat dan cara menggunakan PayPal sebenarnya terbilang cukup mudah. Anda pun tidak perlu menunggu waktu yang lama terlebih lagi apabila Anda sudah mempunyai kartu kredit, email, dan sudah berusia lebih dari 18 tahun. Dengan begitu, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk membuatnya!

  1. Langkah pertama, Anda bisa mengakses laman resmi paypal.com.
  2. Kemudian lihat pada laman tersebut. Anda bisa memilih Pelajari Lebih Lanjut jika ingin mendapatkan informasi mengenai PayPal. Jika sudah yakin untuk mendaftar maka pilih menu Daftar Sekarang.
  3. Selanjutnya, pilih jenis akun yang ingin dibuat. Diantaranya Akun Pribadi dan Akun Bisnis.
  4. Isi data pribadi yang sudah disediakan dengan benar dan teliti, lalu klik Setuju dan Buat Rekening,
  5. Setelah itu, Anda akan mendapatkan halaman verifikasi dan masukkan kode yang tersedia lalu pilih menu Lanjutkan dan Masuk ke Rekening Saya.
  6. Selanjutnya, halaman akun PayPal Anda sudah ditemukan. Anda juga bisa melakukan konfirmasi lebih lanjut lewat email.
  7. Dari email yang diperoleh Anda bisa mengklik link PayPal dan lakukan konfirmasi lebih lanjut pada website secara otomatis.
  8. Selanjutnya, Anda bisa login dengan memasukkan email & password yang sudah didaftarkan sebelumnya pada halaman baru PayPal.
  9. Kemudian, terdapat laman pertanyaan keamanan. Anda bisa mengisinya dengan pertanyaan yang mudah untuk diingat lanjut dengan pilih menu Kirimkan.
  10. Terakhir, akun Anda berhasil dibuat. Namun jika ingin mengetahui cara menggunakan PayPal untuk melakukan transaksi online pastikan Anda melakukan verifikasi kartu kredit dulu.

Baca Juga :  Perbedaan Barcode dan QR Code serta Cara Membuatnya Dengan Cepat dan Mudah

 

Cara Pembayaran dengan Menggunakan PayPal

Seperti cara membuatnya yang mudah, cara menggunakan PayPal juga terbilang cukup simple. Terlebih akun PayPal juga memiliki fleksibilitas dalam berbagai perangkat. Saat Anda sudah melakukan verifikasi akun, maka Anda bisa mengetahui cara menggunakan PayPal dalam melakukan transaksi online.

Pembayaran menggunakan PayPal ini sendiri bisa Anda lakukan melalui situs mobile, aplikasi, hingga desktop. Semua transaksi hanya memerlukan pengisian data atau informasi alamat email dan juga password. Seperti saat Anda ingin berbelanja online dan membayar dengan memakai akun PayPal berikut.

  • Masuk terlebih dahulu ke situs toko online yang diinginkan.
  • Anda bisa memilih barang yang dibutuhkan dan checkout ke keranjang.
  • Pilih metode pembayaran dengan menggunakan PayPal.
  • Kemudian, masukkan akun yang Anda miliki lalu konfirmasikan pembayaran lewat email yang sebelumnya sudah terhubung dengan PayPal.
  • Selesai, Anda hanya perlu menunggu informasi dari situs toko tersebut dan pembayaran berhasil dilakukan.

Baca Juga :   Kumpulan Aplikasi Live Chat Untuk Website Dan Toko Online

 

Kesimpulan dan penutup

Cara menggunakan PayPal tersebut sangat mudah bukan? Akun PayPal sendiri sudah terhubung dengan berbagai aplikasi belanja online yang ada di seluruh dunia dengan keabsahan yang legal dan resmi. Dengan begitu, Anda tak perlu ragu lagi jika ingin berbelanja lewat situs luar negeri seperti Amazon maupun eBay.

PayPal sendiri juga bisa Anda andalkan untuk melakukan konversi mata uang dengan otomatis yang membuat proses pembayaran belanja online pun semakin mudah dan sangat praktis. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada dan pembayaran pun dapat dilakukan tanpa perlu menghitung konversi mata uang dengan susah payah. Setelah mengetahui semua informasi diatas, kini Anda sudah bisa mendaftar akun dan menggunakan akun PayPal tersebut dengan berbagai keperluan. Dengan sistem keamanan yang terjamin, kini Anda tak perlu ragu lagi untuk menggunakannya.

Related Post :