Mengenal Apa Itu PHP dan Alasan PHP Penting Bagi Pengembangan Web

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Bahasa pemrograman saat ini sangat beragam namun bahasa pemrograman yang populer salah satunya adalah PHP. Adapun PHP sendiri memudahkan para developer dalam mengerjakan proyek untuk membangun sebuah website atau aplikasi. Meski banyak bermunculan bahasa pengembangan baru, PHP merupakan bahasa favorit para developer karena PHP bisa menjadi bahasa lintas platform yang mudah dipahami.

Bisa dikatakan bahwa bahasa pemrograman ini sangat berjasa bagi developer dalam menjalankan web server. Program PHP dapat berinteraksi dengan berbagai server situs, yang merupakan program yang mengirimkan halaman web ke seluruh dunia. Tidak heran kalau bahasa PHP menjadi salah satu favorit para developer untuk mengembangkan situs website.

Dalam perkembangannya, PHP mengalami perubahan yang sangat baik dari masa ke masa. Skrip PHP yang sederhana dan bisa dipelajari oleh siapa pun. Perlu diingat juga, Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang HTML. Anda bisa mempelajari semua itu selama Anda niat melakukannya. Bagi Anda yang tertarik mempelajari bahasa PHP, Anda wajib mengetahui apa itu PHP dan alasan PHP penting bagi perkembangan web.

 

Mengenal Apa itu PHP dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Mengenal Apa Itu PHP dan Alasan PHP Penting Bagi Pengembangan Web
 

 

PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor, yakni bahasa skrip yang bersifat open source yang banyak digunakan yang sangat cocok untuk pengembangan web dan dapat disematkan ke dalam HTML. Alih-alih menggunakan banyak perintah atau command untuk menghasilkan HTML seperti yang terlihat di bahasa C atau Perl, halaman PHP berisi HTML dengan kode tersemat yang melakukan perintah, contohnya output “HALO, APA KABAR!”. Kode PHP disertakan dalam instruksi pemrosesan awal dan akhir khusus < ?php and? > yang memungkinkan Anda untuk masuk dan keluar dari mode PH”.

Singkatan PHP awalnya berdiri untuk Personal Homepage. Tapi sekarang ini adalah akronimnya berubah menjadi rekursif Hypertext Preprocessor. Arti rekursif adalah bahwa arti lengkapnya tidak mengikuti singkatannya. Kemudian, versi pertama PHP diluncurkan 26 tahun yang lalu. Semakin maju dengan inovasi, meski PHP terbaru sudah di versi 8, dirilis pada November 2020, tetapi versi 7 tetap yang paling banyak dan umum digunakan hingga saat ini.

 

Baca Juga  :     Daftar Kode Warna Pada HTML & CSS dan Cara Menggunakannya

 

Manfaat dan Pentingnya PHP Bagi Pengembangan Web

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan akan pembuatan website dan aplikasi semakin meningkat. Tentu saja ini harus diimbangi dengan perkembangan bahasa pemrograman. Semua itu diperlukan waktu yang tidak cepat untuk mengembangkan sebuah bahasa pemrograman. Tapi para developer berusaha untuk mengembangkan bahasa pemrograman agar lebih mudah dipahami. Bahasa PHP menjadi salah satu bahasa pemrograman yang berjasa bagi pengembangan web adalah PHP. Berikut alasan mengapa PHP penting bagi perkembangan web.

  • Membuat Web Server

    PHP berjalan pada mesin Zend, yang merupakan implementasi paling populer. Ada beberapa implementasi lain juga, seperti parrot, HPVM (Hiphop Virtual Machine), dan Hip Hop, yang dibuat oleh Facebook. PHP banyak digunakan untuk membuat web server. PHP dapat dijalankan di browser dan juga mampu berjalan di baris perintah. Jadi, jika Anda tidak ingin menampilkan keluaran kode Anda di browser, Anda dapat menampilkannya di terminal.

  • Bahasa Lintas Platform

    PHP dapat berjalan di semua sistem operasi utama, termasuk Linux, Windows, dan macOS. Anda dapat menggunakan PHP dengan semua server web terkemuka seperti Nginx, OpenBSD, dan Apache. Beberapa lingkungan cloud juga mendukung PHP seperti Microsoft Azure dan Amazon AWS.

  • Bahasa yang Fleksibel

    Tidak hanya terbatas pada pemrosesan HTML, PHP memiliki dukungan bawaan untuk menghasilkan gambar PDF, GIF, JPEG, dan PNG. Salah satu fitur penting dari PHP adalah mendukung banyak database, termasuk MySQL, PostgreSQL, MS SQL, db2, Oracle Database, dan MongoDB.

  • Menjadi Bahasa Sisi Server

    Saat Anda membuka situs web di browser web Anda, misalnya idcloudhost.com, maka web browser akan mengirimkan permintaan HTTP ke server web tempat idcloudhost.com berada. Server web menerima permintaan dan merespons dengan dokumen HTML. Dalam contoh ini, browser web adalah klien sedangkan server web adalah server. Klien meminta halaman, dan server melayani permintaan tersebut. Selanjutnya, PHP berjalan di server web, memproses permintaan, dan mengembalikan dokumen HTML.

  • Menjadi Bahasa Tujuan Umum

    Ketika berbicara mengenai tujuan bahasa pemrograman, ada dua jenis utama, yakni bahasa khusus domain dan bahasa tujuan umum. Bahasa khusus domain digunakan dalam domain aplikasi tertentu. Misalnya, SQL adalah bahasa khusus domain. Ini digunakan terutama untuk menanyakan data dari database relasional. Dan SQL tidak dapat digunakan untuk tujuan lain. Di sisi lain, PHP adalah bahasa tujuan umum karena PHP dapat mengembangkan berbagai aplikasi.

 

Baca Juga  :      Memahami Perbedaan Closed Source dan Open Source

 

Cara Kerja Bahasa Pemrograman PHP

Mengenal Apa Itu PHP dan Alasan PHP Penting Bagi Pengembangan Web
 

Program PHP berinteraksi dengan server situs, merupakan program yang mengirimkan halaman web ke seluruh dunia. Ini memungkinkan orang lain dari negara manapun bisa mengakses situs website yang telah Anda buat. Kemudahan akses ini sangat membantu para developer untuk mengembangkan situs website mereka menjadi lebih baik lagi.

Saat Anda mengetik URL ke tempat alamat browser web Anda, Anda memberi tahu server web di URL itu untuk mengirimi Anda file HTML melalui email. Kemudian file yang diminta dikirim oleh server web sebagai tanggapan. File HTML dibaca oleh browser Anda, dan selanjutnya menampilkan halaman web. Begitu pun saat Anda menekan sumber di halaman web yang Anda cari, Anda juga meminta file dari server web. Selain itu, saat Anda menekan tombol halaman web yang mengirimkan formulir, server web memproses file. Ketika PHP di-mount, prosedurnya persis sama. Anda mengirimkan file, lalu server web yang kebetulan menjalankan PHP, kemudian merespons dengan HTML. Jika Anda masih bingung bagaimana cara kerja bahasa pemrograman PHP, Anda dapat memahami ini melalui langkah-langkah berikut.

  • Langkah 1

    Klien mengirim permintaan halaman ke server web.

  • Langkah 2

    Server web meneruskan permintaan itu ke juru bahasa PHP.

  • Langkah 3

    Sekarang juru bahasa PHP akan mengambil Tanggal dari Database dan meresponsnya kembali ke server Web.

  • Langkah 4

    Akhirnya server Web merespons klien yang telah meminta permintaan halaman.

 

Baca Juga  :     Jenis/Tipe CMS (Content Management System) dan Daftar Contoh Platform Populernya

 

Kesimpulan dan Penutup

Singkatnya, PHP adalah bahasa pemrograman open source dan server scripting yang sangat baik disesuaikan untuk membuat halaman web Statis atau halaman web Dinamis atau mungkin aplikasi Web dan dapat dimasukkan dalam kode HTML. Ini digunakan untuk menangani konten yang kompleks dan database, serta berfungsi untuk membuat seluruh situs web e-niaga. PHP juga memiliki kontribusi yang banyak bagi perkembangan pembuatan website.

PHP umumnya dikenal sebagai Hypertext preprocessor tetapi pertama kali dikenal sebagai Personal Home Page. Awal mula dirancang pada tahun 1994 oleh programmer bernama Rasmus Lerdorf. PHP akan relatif mudah dipelajari tetapi Anda harus memiliki pengetahuan yang jelas tentang HTML terlebih dahulu. PHP kompatibel dengan berbagai database, termasuk MySQL, PostgreSQL, Oracle, Sybase, Informix, dan Microsoft SQL Server, dan dapat berkomunikasi dengan layanan lain melalui protokol termasuk LDAP, POP3, HTTP, IMAP, dan COM. Selain itu, terbaiknya lagi PHP beroperasi pada berbagai platform, termasuk Windows, Linux, Unix, dan Mac OS X, dll.

 

Related Post :