Mengenal Apa Itu PPC (Pay-Per-Click) Advertising dan Cara Riset Keyword yang Efektif

Business, Marketing / 0 | | 1

Membuat iklan dan memasarkan sebuah produk atau layanan tidak lagi hanya mengandalkan brosur, pamflet, atau tayangan iklan di televisi seperti cara konvensional seperti dulu. Sekarang Anda bisa memasarkan produk atau layanan Anda di internet tanpa harus mengeluarkan biaya yang berlebihan untuk mengiklankan produk atau layanan bisnis Anda. Kemajuan teknologi membuat semua hal mulai berubah dan bisa dilakukan dengan efisien dan hemat secara keuangan.

Bagi Anda yang sedang merintis usaha atau sudah memiliki usaha, sebaiknya Anda memanfaatkan internet dalam mengiklankan produk atau layanan Anda. Anda tidak perlu memiliki banyak karyawan atau orang yang bisa membuat iklan, Anda cukup memanfaatkan akses internet untuk membuat ide iklan yang menarik dan langsung membuat iklan Anda bisa tampil di internet. Selain itu Anda juga bisa membayar jasa influencer sosial media untuk membuat luas jangkauan iklan Anda.

Namun jika bisnis Anda masih tergolong baru dan belum terlalu menginginkan untuk membayar jasa influencer yang lumayan mahal, Anda bisa menggunakan metode PPC (Pay-Per-Click) untuk mengiklankan produk atau layanan Anda. PPC ini tergolong lebih hemat dan bisa menjangkau orang-orang dengan lebih luas. Jika Anda belum begitu paham tentang PPC dan bagaimana cara mempublikasikan iklan Anda di internet, Anda cukup menyimak artikel ini sampai habis.

 

Apa Itu PPC dan Bagaimana Cara PPC Bekerja

Mengenal Apa Itu PPC (Pay-Per-Click) Advertising dan Cara Riset Keyword yang Efektif
 

 

Pay-per-click (PPC) adalah model periklanan online di mana pengiklan membayar penerbit setiap kali tautan iklan “diklik” atau PPC dikenal sebagai model biaya per klik (BPK). Saat Anda mengiklankan produk atau layanan Anda dengan PPC, Anda akan membayar tagihan sesuai dengan berapa banyak orang yang mengklik iklan tersebut yang bisa terhubung ke situs web bisnis Anda, sosial media, atau layanan yang Anda pilih saat membuat iklan.

Model PPC (Pay-Per-Click) didasarkan pada kata kunci, misalnya saja di mesin pencari seperti Google, ketika Anda mengetikan sebuah kalimat Cara Hosting Website pasti akan keluar daftar teratas website penyedia layanan hosting yang bertandakan tulisan iklan di sisi kiri alamat website. Iklan (tautan sponsor) ini akan muncul jika seseorang mengetikan kata kunci terkait dengan produk atau layanan yang diiklankan. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu meneliti dan menganalisis kata kunci yang paling sesuai untuk produk atau layanan sebelum memulai iklan Pay-Per-Click ini.

Selain itu berinvestasi dalam kata kunci yang relevan dapat menghasilkan jumlah klik yang lebih tinggi dan, pada akhirnya, keuntungan yang lebih tinggi. Model PPC dianggap bermanfaat bagi pengiklan dan penyedia layanan PPC seperti Google, Facebook, atau perusahaan lainnya. Bagi pengiklan, model ini menguntungkan karena memberikan peluang untuk mengiklankan produk atau layanan kepada audiens tertentu yang secara aktif mencari konten terkait.

Kampanye menggunakan PPC dianggap lebih efektif karena jumlah harga yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah berapa banyak orang yang telah menekan tombol klik pada iklan, artinya hanya pelanggan potensial yang akan langsung mengklik halaman iklan tersebut sehingga memudahkan Anda mendapatkan pelanggan. Ini juga menguntungkan bagi perusahaan penyedia layanan iklan PPC, seperti perusahaan mesin pencari atau sosial media seperti Facebook, Twitter, Tiktok, dan lain sebagainya. Perusahaan penyedia layanan PPC akan mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang bersedia untuk menggunakan jasa layanan PPC di perusahaan layanan iklan PPC tersebut.

 

Baca Juga  :     Tips dan Strategi Mengoptimalkan Content Marketing

 

Cara Riset Keyword yang Efektif untuk Iklan PPC

Mengenal Apa Itu PPC (Pay-Per-Click) Advertising dan Cara Riset Keyword yang Efektif
 

Jika Anda ingin membuat iklan PPC yang sukses maka Anda harus mendapatkan kata kunci atau keyword yang sesuai dengan audiens target Anda agar iklan kampanye PPC Anda bisa mendapatkan banyak penjualan dan keuntungan dari iklan yang Anda buat. Proses menemukan kata kunci cukup memakan waktu karena keyword umum harus dilakukan dengan taktik berbeda untuk mendapatkan kata kunci yang paling kompetitif. Kata kunci seperti inilah yang nantinya yang dapat meningkatkan efektivitas kampanye PPC Anda. Dibawah ini beberapa cara dan langkah yang bisa coba Anda terapkan.

 

Melakukan brainstorming kata kunci

Anda harus membuat daftar kata daftar kata kunci yang kuat untuk kampanye PPC apa pun yang dapat mulai dengan melakukan mengumpulkan kata kunci yang potensial dn relevan dengan produk atau layanan Anda. Itulah mengapa ide untuk daftar kata kunci Anda harus dimulai di halaman arahan yang ingin ditautkan oleh iklan Anda. Untuk memiliki ide awal untuk daftar kata kunci yang cukup komprehensif yang berhubungan langsung dengan produk atau layanan Anda, Anda harus :

  • Menentukan tujuan pemasaran iklan yang jelas dimana kampanye PPC akan berfokus iklan, siapa penargetan iklan, dll.
  • Memindai halaman arahan yang menautkan ke iklan Anda untuk kata kunci yang relevan dari teks. Semua itu dibutuhkan bagi Anda untuk memunculkan ide-ide berbeda untuk kata kunci yang dapat digunakan dalam iklan.

 

Baca Juga  :    Mengenal Berbagai Jenis/Tipe Email Marketing dan Solusi Terbaiknya

 

Kategorikan Keywords

Buatlah rincian dari kata kunci tersebut berdasarkan dari jenis yang umum, kata kunci relevan, kata kunci merek sampai kata kunci yang digunakan oleh kompetitor Anda. Disini Anda bisa membuat kategori seperti :

  • Kata Kunci Umum

    Berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan bisnis Anda, ambil contoh batik.

  • Kata Kunci Relevan

    Jangan langsung menunjuk ke bisnis Anda yang mungkin dicari audiens Anda. Kembangkan kata kunci Anda dengan tambahan, contohnya batik Riau, dll.

  • Kata Kunci Merek

    Berisi merek atau nama bisnis Anda, misalnya batik Riau Indah Jaya.

  • Kata Kunci Pesaing

    Kata kunci pesaing berisi nama pesaing Anda, misalnya batik Riau Cahaya.

 

Setelah Anda membuat kategori dari masing-masing kata kunci tersebut, selanjutnya Anda bisa menggunakan Excel untuk membuat daftar semua kata kunci yang dapat Anda kumpulkan untuk mempertimbangkan daftar yang telah Anda buat. Mulailah dengan membuat daftar dari 15 hingga 20 kata kunci yang mungkin diketik oleh audiens target iklan Anda di bidang pencarian Google.

 

Baca Juga  :     Panduan Mengenal dan Memahami Video Marketing Bagi Pemula

 

Manfaatkan Google

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semua itu hanyalah titik awal dari proses pencarian kata kunci yang tepat. Selanjutnya, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan Google untuk memeriksa setiap kata kunci, mulai dari kata kunci umum atau umum hingga yang paling spesifik. Sebagai mesin pencari raksasa, Google dianggap sangat tepat untuk membantu mencari kata kunci.

Dengan melakukan ini, Anda dapat mengumpulkan lebih banyak kata kunci potensial yang benar-benar dicari oleh pengguna Google. Hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah buat pencarian yang terkait dengan produk atau layanan yang ingin Anda iklankan, misal Hosting Murah dan Cepat. Begitu Anda mengetik kata kunci ini, Anda akan mendapatkan halaman hasil untuk melihat frasa singkat yang terkait dengan kata kunci Anda.

 

Dengarkan target audiens

Selain Google, sumber lain yang dapat Anda gunakan untuk menemukan kata kunci berkualitas tinggi adalah platform media sosial seperti Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram atau media sosial lainnya. Cari kata kunci yang ingin relevan dengan iklan yang ingin Anda buat, kemudian lihat frekuensi penggunaan kata kunci mana yang paling tinggi, catat hasilnya karena semua kata kunci tersebut merupakan kata kunci potensial untuk iklan Anda. Hanya ketika menempatkan diri Anda pada posisi pelanggan Anda, Anda dapat membuat kata kunci yang sesuai dengan target audiens Anda dan bisa menghasilkan  lebih banyak pelanggan.

 

Baca Juga  :     Bagaimana Menerapkan Strategi Social Media Marketing yang Sukses Untuk Bisnis Besar/Kecil

 

Kesimpulan dan Penutup

Sederhananya, Pay-per-click (PPC) adalah model periklanan online di mana pengiklan membayar penerbit setiap kali tautan iklan diklik atau PPC dikenal sebagai model biaya per klik (BPK). Saat Anda mengiklankan produk atau layanan Anda dengan PPC, Anda akan membayar tagihan sesuai dengan berapa banyak orang yang mengklik iklan tersebut yang bisa terhubung ke situs web bisnis Anda, sosial media, atau layanan yang Anda pilih saat membuat iklan.

Iklan (tautan sponsor) ini akan muncul jika seseorang mengetikan kata kunci terkait dengan produk atau layanan yang diiklankan. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu meneliti dan menganalisis kata kunci yang paling sesuai untuk produk atau layanan sebelum memulai iklan Pay-Per-Click ini. Berinvestasi dalam kata kunci yang relevan dapat menghasilkan jumlah klik yang lebih tinggi dan, pada akhirnya akan membantu memberi keuntungan yang lebih tinggi pada bisnis Anda.

Related Post :

popup image