Mengenal Apa Itu Proxy Server dan Cara Kerjanya

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Pernahkah Anda menyadari ketika Anda membuka media sosial, menonton atau membaca konten maupun video di tempat umum, maka Anda telah menggunakan jaringan publik. Kemungkinan besar juga Anda telah menggunakan server proxy yang seringnya tidak diketahui dan dipahami semua orang walau mereka telah berselancar online setiap hari.

Meski Anda mungkin tidak mengetahuinya, tetapi setiap kali Anda menjangkau situs web atau terhubung dengan siapa pun secara online, koneksi online Anda memberikan alamat komputer atau IP address Anda ke situs atau orang tersebut. Dengan begini Anda akan terhubung dengan siapa saja yang Anda kunjungi secara online.

Tanpa alamat IP, Anda tidak akan dapat melakukan aktivitas Internet atau online apa pun dan orang lain yang online tidak akan dapat menghubungi Anda. Ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk menghubungkan semua orang di dunia saat ini. Cari tahu apa itu proxy server, cara kerjanya dan bagaimana proxy dapat melindungi Anda saat Anda menjelajahi web dunia maya.

 

Mengenal Apa Itu Proxy Server

Mengenal Apa Itu Proxy Server dan Cara Kerjanya
 

Server proxy bertindak sebagai gerbang antara Anda dan internet. Ini adalah server perantara yang memisahkan pengguna akhir dari situs web yang mereka jelajahi. Server proxy menyediakan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi tergantung pada kasus penggunaan, kebutuhan, atau kebijakan perusahaan Anda. Jika Anda menggunakan server proxy, lalu lintas internet mengalir melalui server proxy dalam perjalanannya ke alamat yang Anda minta.

Permintaan kemudian kembali melalui server proxy yang sama meski ada pengecualian untuk aturan ini, dan kemudian server proxy meneruskan data yang diterima dari situs web kepada Anda. Proxy server modern melakukan lebih dari sekadar meneruskan permintaan web, semuanya atas nama keamanan data dan kinerja jaringan. Server proxy bertindak sebagai firewall dan filter web, menyediakan koneksi jaringan bersama, dan data cache untuk mempercepat permintaan umum. Sebuah proxy server yang baik menjaga pengguna dan jaringan internal terlindungi dari hal-hal buruk yang hidup di internet liar selain juga server proxy dapat memberikan privasi tingkat tinggi.

 

Baca Juga  :    Firewall : Tipe, Cara Kerja serta Penerapannya pada PC dan Mac

 

Cara Kerja Proxy Server

Semua server proxy bekerja dengan alamat IP komputer Anda. Alamat IP (Protokol Internet) berfungsi seperti alamat rumah untuk komputer atau perangkat Anda. Sama seperti email dikirim ke alamat fisik rumah Anda, permintaan internet Anda dikembalikan ke alamat IP unik Anda, memastikan bahwa data dikirim ke lokasi yang benar. Saat Anda online tanpa proxy maka ini membuat alamat IP Anda akan terlihat oleh server web.

Faktanya, sangat mudah untuk menemukan alamat IP Anda, yang berpotensi menyebabkan pelanggaran keamanan dan masalah terkait identitas lainnya. Proksi online juga memiliki alamat IP, yang dapat digunakan atas nama Anda sehingga Anda tidak perlu mengungkapkan alamat IP Anda yang sebenarnya. Saat Anda menggunakan proxy server, permintaan internet Anda dikirim ke server proxy, yang menyampaikan permintaan Anda ke internet. Web atau server lain tempat Anda meminta data kemudian mengembalikan permintaan Anda ke alamat proxy, yang mengembalikan data tersebut kepada Anda.

Dengan proxy server, satu-satunya titik kontak untuk jaringan Anda adalah server proxy itu sendiri. Server proxy berbasis web dapat menutupi alamat IP Anda, sehingga menyulitkan server web untuk melacak lokasi fisik Anda. Namun menyembunyikan alamat IP Anda tidak mengenkripsi lalu lintas internet Anda, yang berarti bahwa permintaan data Anda termasuk nama pengguna, kata sandi, dan info akun lainnya tidak dapat dilindungi atau disembunyikan. Terlepas dari batasan keamanannya, ada beberapa jenis proxy yang bekerja dengan cara berbeda.

 

Baca Juga  :     Apa itu DHCP Server: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

 

Manfaat Penggunaan Proxy Server

Mengenal Apa Itu Proxy Server dan Cara Kerjanya
 

Proxy mampu memberikan lapisan keamanan yang berharga untuk komputer Anda. Mereka dapat diatur sebagai filter web atau firewall, melindungi komputer Anda dari ancaman internet seperti malware. Berikut beberapa manfaat penggunaan Proxy yang bisa Anda ketahui :

  • Untuk mengontrol penggunaan khusus

    Banyak yang menyiapkan server proxy untuk mengontrol dan memantau cara karyawan atau anak-anak mereka dalam menggunakan internet. Bisa saja sebuah perusahaan tidak ingin Anda melihat situs web tertentu dan mereka dapat mengkonfigurasi server proxy untuk menolak akses ke situs tertentu.. Mereka juga dapat memantau dan mencatat semua permintaan web, jadi meskipun mereka mungkin tidak memblokir situs tersebut, mereka tahu berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk melakukan cyberloafing.

  • Kegunaan privasi

    Individu dan atau pengguna lain sama-sama menggunakan server proxy untuk menjelajahi internet secara lebih pribadi. Beberapa server proxy akan mengubah alamat IP dan informasi pengenal lainnya yang terdapat dalam permintaan web. Artinya server tujuan tidak tahu siapa yang sebenarnya membuat permintaan asli, yang membantu menjaga informasi pribadi dan kebiasaan penjelajahan Anda lebih pribadi.

  • Penghematan bandwidth dan peningkatan kecepatan

    Anda juga bisa mendapatkan performa jaringan yang lebih baik secara keseluruhan dengan server proxy yang baik. Server proxy dapat menyimpan cache yakni menyimpan salinan situs web secara lokal situs web populer, jadi ketika Anda meminta akses situs tersebut, maka server proxy akan memeriksa untuk melihat apakah ia memiliki salinan situs terbaru, dan kemudian mengirimi Anda salinan tersimpan. Artinya, ketika ratusan orang membuka situs yang sama pada saat yang sama dari server proxy yang sama, server proxy hanya mengirim satu permintaan ke situs yang dimaksud. Ini menghemat bandwidth untuk perusahaan dan meningkatkan kinerja jaringan.

  • Membuka situs yang diblokir

    Proxy server memungkinkan pengguna untuk menghindari pembatasan konten yang diberlakukan oleh perusahaan atau pemerintah. Anda dapat masuk ke server proxy di sisi lain negara dan membuka situs dari sana. Server proxy membuatnya terlihat seperti Anda berada di negara atau area A, tetapi sebenarnya Anda tinggal di tempat asal Anda membuka situs tersebut. Beberapa pemerintah di seluruh dunia secara ketat memantau dan membatasi akses ke internet, dan server proxy menawarkan warganya akses ke internet tanpa sensor.

  • Meningkatkan keamanan

    Selain memberikan manfaat keamanan selain manfaat privasi. Anda dapat mengkonfigurasi server proxy Anda untuk mengenkripsi permintaan web Anda agar tidak ada yang bisa membaca transaksi Anda. Anda juga dapat mencegah situs malware yang dikenal dari akses apa pun melalui server proxy. Selain itu, organisasi dapat memasangkan server proxy mereka dengan Virtual Private Network (VPN), sehingga pengguna jarak jauh selalu mengakses internet melalui proxy perusahaan. VPN adalah koneksi langsung ke jaringan perusahaan yang disediakan perusahaan untuk pengguna eksternal atau jarak jauh.
    Dengan menggunakan VPN, siapa saja dapat mengontrol dan memverifikasi bahwa penggunanya memiliki akses ke sumber daya yakni email, data internal yang mereka butuhkan, sambil juga menyediakan koneksi yang aman bagi pengguna untuk melindungi data perusahaan yang menggunakan cara ini.

 

Baca Juga  :    Jaringan Komputer : Pengertian, Cara Kerja dan Tipe/Jenisnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Karena proxy server memiliki alamat IP sendiri, maka ia bertindak sebagai perantara untuk komputer dan internet. Komputer Anda mengetahui alamat ini dan ketika Anda mengirim permintaan di internet, akan dialihkan ke proxy,yang kemudian mendapat respons dari server web dan meneruskan data dari halaman ke browser komputer Anda, seperti Chrome, Safari, Firefox, dll. Ini membuat sebuah proxy server menjalankan fungsi lebih kepada menjadi firewall dan filter.

Pengguna akhir atau administrator jaringan dapat memilih proxy yang dirancang untuk melindungi data dan privasi yang memeriksa data yang masuk dan keluar dari komputer atau jaringan Anda. Kemudian menerapkan aturan untuk mencegah Anda dari keharusan mengekspos alamat digital Anda kepada dunia dengan hanya alamat IP proxy yang dilihat oleh peretas atau pelaku jahat lainnya. Tanpa alamat IP pribadi Anda, orang-orang di internet tidak memiliki akses langsung ke data pribadi, jadwal, aplikasi, atau file Anda. Dengan itu, permintaan web pergi ke proxy, yang kemudian menjangkau dan mendapatkan apa yang Anda inginkan dari internet. Jika server memiliki kemampuan enkripsi, kata sandi dan data pribadi lainnya mendapatkan tingkat perlindungan ekstra.

Related Post :