Mengenal Apa Itu SBMPTN : Tips & Trik dan Cara Mendaftarnya

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

SBMPTN tentu tidak asing terdengar lagi di telinga pelajar Indonesia. Terlebih bagi mereka lulusan Sekolah Tingkat Menengah Atas. SBMPTN memang sangat penting adanya bagi mereka agar bisa memasuki dunia perkuliahan. Walaupun bukan satu-satunya jalur masuk perguruan tinggi, namun hendaknya setiap pelajar SMA/sederajat mengetahui tips & trik SBMPTN.

Sangat banyak memang para calon lulusan SMA yang telah bersemangat menyiapkan segala sesuatu bagi masa depan dalam hal ini adalah rencana perkuliahan yang akan ditempuh selanjutnya. Termasuk belajar SBMPTN agar lolos masuk Perguruan Tinggi favoritnya. Namun, tidak sedikit pula yang masih awam mengenai apa itu SBMPTN.

Maka dari itu, perlu kita ulas mengenai SBMPTN, tips & trik SBMPTN, dan cara mendaftar SBMPTN agar pertanyaan-pertanyaan seputar SBMPTN dari mereka yang masih awam terjawab dengan gamblang dan jelas.

Baca Juga : Pemanfaatan Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan Indonesia

 

Mengenal Apa itu SBMPTN

 

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini dilakukan secara bersama dengan menggunakan tips & trik SBMPTN dalam proses penerimaan Maba (Mahasiswa Baru) pada PTN. Adapun pelaksanaannya menggunakan pola ujian tertulis nasional.

Digunakannya pola ujian tertulis ini tidak lain telah memberikan banyak keunggulan serta keuntungan, baik bagi calon mahasiswa, bagi lembaga PTN, serta kepentingan secara nasional. Misal keuntungan yang didapat oleh calon mahasiswa yakni dengan adanya lintas wilayah menjadi lebih efisien, fleksibel dan lebih murah.

Terkait soal ujian tertulis yang diberikan kepada para calon mahasiswa adalah penentuan keberhasilan dengan kemampuan melanar tingkat tinggi atau biasa disebut HOT (High order Thinking Skill) yang di dalamnya meliputi soal potensi akademik, dan penguasaan di bidang studi dasar, saintek dan sosial serta humaniora.

Berbeda dengan calon mahasiswa Program Studi Ilmu Seni maupun Keolahragaan, selain mengikuti ujian tertulis sebagaimana di atas, juga harus mengikuti jenis ujian keterampilan. Dengan begitu adanya tips & trik SBMPTN sangat diperlukan untuk mendukung calon mahasiswa agar lulus dalam setiap tahap ujian tertulis yang akan dilalui.

 

Tips & Trik SBMPTN Agar Lolos PTN Favorit

 

SBMPTN kini banyak diperbincangkan dan telah menyita perhatian para pelajar Indonesia. Alasan mereka menginginkan masuk PTN ternama dan favorit sangat bermacam-macam. Salah satunya yakni prospek kerja yang menjanjikan karena lebih diperhitungkan oleh perusahaan swasta maupun milik pemerintah. Tips & Trik SBMPTN akan membuatmu lebih semangat untuk mencapai PTN yang Kamu inginkan.

Berikut tips & trik SBMPTN yang perlu Kamu pahami agar lebih mudah masuk PTN yang kamu impikan :

  • Pemilihan jurusan yang tepat

    Tips & trik SBMPTN yang pertama yang perlu Kamu ketahui adalah mengenai pemilihan jurusan. Kamu harus mempunyai strategi penting agar tidak mengalami kegagalan hanya karena kesalahan dalam pemilihan jurusan. Tips & trik yang harus Kamu lakukan yang pertama yakni mencari tahu akan peminat dari jurusan yang sedang Kamu minati. Selanjutnya, urutkanlah pilihan pertama yang menunjukkan banyaknya peminat ke yang lebih sedikit. Hal lain yang perlu diperhitungkan adalah peringkat daripada universitas / PTN tersebut.

  • Upayakan memilih 3 pilihan PTN dengan jurusan yang sama

    Salah satu tips & trik SBMPTN yang membuat peluang masuk PTN berhasil adalah menuliskan jurusan yang sama pada ketiga pilihan walau dengan PTN yang berbeda. Perhitungan yang demikian sangat logis serta menunjukkan konsistensi dan keseriusan Kamu memilih jurusan tersebut. Yakinlah peluang lolos yang Kamu dapatkan akan semakin besar.

  • Pemilihan jurusan disesuaikan dengan bakat dan minat

    Pemilihan jurusan tidaklah semudah yang dibayangkan. Berapa banyak mahasiswa tingkat akhir yang merasakan bahwa dirinya selama ini telah salah jurusan. Untuk menghindari hal yang demikian, tips & trik SBMPTN buat Kamu adalah memilih sesuai dengan bakat dan minat yang Kamu punya. Memilih jurusan tidak boleh semata-mata memandang prospek kerja ke depannya dan gaji yang bakal diterima. Kesulitan yang ada sebenarnya tidak perlu dihindari, namun berusaha untuk mengatasinya dengan usaha penuh.

  • Pelatihan kemampuan melalui try out SBMPTN

    Penting bagi Kamu untuk mengukur kemampuan mengerjakan soal-soal SBMPTN. Banyak sekali media yang menawarkan try out untuk para pelajar. Keikutsertaan try out akan menentukan tingkat kelolosan masuk PTN. Tips & trik SBMPTN agar berhasil adalah mengikuti try out berulang kali agar lebih maksimal.

  • Bersungguh-sungguh dalam belajar

    Niat belajar sungguh-sungguh merupakan hal pertama yang harus ada dalam jiwa pelajar agar lolos dalam SBMPTN yang pastinya sainganmu sangat banyak. Tidak boleh menyepelekan. Hal ini menjadi tips & trik SBMPTN yang harus ada sejak awal. Niat harus dibarengi dengan praktik. Setelah berniat untuk bersungguh-sungguh selanjutnya Kamu harus mempunyai jadwal belajar yang konsisten. Tips pentingnya adalah atur jadwalmu di waktu mood-mood terbaik yang Kamu punya. Selain itu, belajar soal-soal ujian dengan memahaminya secara seksama.

  • Mengerjakan soal dengan pelan-pelan dan berdo’a

    Setiap jawaban dari soal SBMPTN harus dipikirkan dengan matang-matang. Tips & trik SBMPTN dalam mengerjakan soal adalah tidak boleh terburu-buru. Terlebih tipe soal yang HOTS membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Kunci agar selesai tepat waktu adalah tidak perlu panik oleh batas waktunya.

Tips selain hal di atas dan merupakan kunci dari segala tips adalah berdo’a memasrahkan segala sesuatu kepada Yang Maha Kuasa setelah berusaha secara maksimal dengan memperbanyak latihan. Berikut tips & trik SBMPTN yang perlu Kamu ketahui dan harus Kamu laksanakan mengingat SBMPTN itu tidak mudah. Banyak kompetitor yang sama-sama memperebutkan kursi PTN. Kamu juga harus harus siap mental dan fisik agar tidak down. Selamat mencoba dan semoga berhasil !

Baca Juga : Latar Belakang Pendidikan Para Pendiri / Founder Startup Indonesia

 

Bagaimana Cara Mendaftar SBMPTN

Buat Kamu yang akan masuk dunia perkuliahan penting untuk mengetahui SBMPTN sebagai jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri. Cara mendaftar SBMPTN harus dilakukan setelah persyaratan SBMPTN telah terpenuhi. Di antara cara mendaftar SBMPTN yang harus kamu pahami dengan seksama yakni sebagai berikut :

 

1. Cara mendaftar SBMPTN Tahap Awal

Cara mendaftar SBMPTN pada tahap awal yakni dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  • Dilakukan secara online dengan mengunjungi laman website pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Memasukkan nama dan tempat-tanggal lahir.
  • Mencetak bukti dari pendaftaran awal dan membawa bukti tersebut ke bank ketika melakukan pembayaran pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran sebesar Rp. 200.000,00 sebagai biaya pendaftaran pada Bank Mandiri, BNI maupun BTN.
  • Bila pembayaran telah berhasil, Kamu akan mendapatkan KAP dan PIN guna mendaftar online SBMPTN.

 

2. Cara mendaftar SBMPTN Secara Online

Cara mendaftar SBMPTN secara online bisa dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Mengunjungi website resmi yakni pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Log in dengan memanfaatkan KAP serta PIN yang telah didapat dari Bank.
  • Mengisi data secara detail dan lengkap.
  • Memilih PTN yang diminati.
  • Memeriksa kembali kevalidan data yang telah dimasukkan.
  • Setelah berhasil, mencetak bukti pendaftaran.
  • Tanda bukti tersebut adalah sebagai Kartu Tanda Peserta SBMPTN.
  • Membawa kartu tersebut saat seleksi dilakukan.

Setiap langkah dalam cara mendaftar SBMPTN di atas harus diperhatikan agar tidak ada yang terlewatkan. SBMPTN yang berhasil adalah SBMPTN yang benar-benar dipersiapkan dengan maksimal. Tidak secara asal mendaftar dan mengikuti ujian tertulis yang diselenggarakan pemerintah melalui PTN-PTN yang bersangkutan.

Salah satu kunci terpenting agar bisa lolos dan berhasil dengan mudah adalah dengan mengetahui trik-trik jitu dan melaksanakannya dengan penuh kesungguhan. tidak lupa, do’a kepada Tuhan adalah bentuk terakhir sebagai pemasrahan hasil yang didapatkan nantinya Demikian, ulasan mengenai SBMPTN, tips & trik SBMPTN, serta cara mendaftar SBMPTN semoga dapat memberikan pengetahuan lebih mendalam untuk Kamu terkait jalur masuk PTN. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ! Wish You Luck. . . !

Sebagai informasi tambahan, bagi kamu yang kiranya gagal di SBMPTN jangan patah semangat, IDcloudhost juga memberikan beasiswa Kuliah sampai Lulus di Telkom University bandung loh. Nah bagi kamu yang tertarik jangan lupa untuk cek halaman https://idcloudhost.com/beasiswa/ mengenai Beasiswa IDCloudhost yang dibuka setiap tahun!

Related Post :

popup image