Mengenal Apa Itu SEM (Search Engine Marketing) Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Business, Marketing / 0 | | 2

Saat Anda ingin membuat website atau aplikasi Anda mengalami lonjakan pengunjung, Anda bisa menggunakan banyak strategi untuk mendapatkan target ini. Anda bisa menggunakan dua strategi marketing paling populer, yaitu SEO (Search Engine Optimization) atau SEM (Search Engine Marketing) dimana keduanya merupakan strategi yang bisa meningkatkan trafik website.

Perbedaan di antara keduanya terdapat pada proses yang dilakukan, SEO bersifat organik dan membutuhkan waktu dan usaha yang cukup panjang. Sementara SEM bisa mendatangkan trafik secara instan dan cepat, tapi Anda harus membayar sejumlah nominal untuk melakukan SEM. Ini dikarenakan strategi SEM didasarkan pada gabungan proses SEO dan iklan berbayar.

Jika Anda menginginkan hasil yang cukup instan dan efisiensi waktu, Anda disarankan untuk menggunakan SEM sebagai strategi marketing. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan SEM, Anda harus tahu beberapa hal soal SEM. Seperti apa SEM dan bagaimana cara kerjanya, kelebihan dan kekurangannya, semua itu akan dibahas dalam artikel berikut ini.

 

Definisi SEM dan Jenis-jenis Strategi Marketing

Mengenal Apa Itu SEM (Search Engine Marketing) Serta Kelebihan dan Kekurangannya
 

Mendefinisikan dengan tepat apa yang terdiri dari SEM atau Search Engine Marketing didefinisikan oleh seperangkat alat, teknik, dan strategi yang membantu mengoptimalkan visibilitas situs web dan halaman web melalui mesin pencari. Singkatnya, tujuan SEM adalah untuk mendapatkan posisi mesin pencari yang lebih baik di Google dan situs serupa lainnya. Umumnya, halaman pencarian Google dan situs lain menunjukkan dua jenis hasil. Berikut jenis-jenis hasil yang didapatkan dari strategi marketing.

  • Hasil organik

    Hasil organik ditunjukkan untuk mengetahui hasil mana yang akan ditampilkan, mesin telusur menggunakan algoritma yang memberitahu Anda situs web mana yang paling baik untuk merespons kueri tertentu. Algoritma Google didasarkan pada relevansi yakni konten web dan otoritas yaitu tautan dari halaman lain. Kumpulan teknik dan alat yang digunakan untuk memposisikan daftar organik dikenal sebagai SEO (Search Engine Optimization).

  • Hasil berbayar

    Tidak seperti hasil organik, di sini pengiklan harus membayar untuk setiap klik. Saat Anda ingin mendapatkan trafik dengan membeli iklan di mesin pencari, Anda harus menggunakan solusi periklanan mesin pencari, seperti Google Ads. Sistem ini disebut juga PPC (pay per click/bayar per klik) atau CPC (cost per click/biaya per klik).

 

Baca Juga  :      Mengenal Apa Itu B2B Marketing, Strategi, dan Manfaatnya Bagi Bisnis

 

Cara Kerja SEM dan Jenis/Tipe SEM

Search Engine Marketing (SEM) mencakup teknik SEO dan iklan mesin pencari. Namun, sebagian besar pemasar menggunakan SEM untuk merujuk secara eksklusif ke iklan mesin pencari, atau hasil berbayar. SEM digunakan untuk merujuk pada iklan mesin pencari dan iklan berbayar yang juga merupakan topik yang sangat luas yang memiliki banyak jalan berbeda untuk dijelajahi. Di bawah ini merupakan jenis-jenis SEM yang harus Anda ketahui.

  • Pemosisian SEM

    Pemosisian SEM adalah metode berbayar yang digunakan untuk mendapatkan pemosisian mesin pencari dengan cepat.

  • Kampanye SEM

    Kampanye SEM mewakili seluruh strategi periklanan yang menghasilkan iklan di mesin pencari seperti Google. Kampanye dapat mencakup banyak grup iklan dan kata kunci atau keywords yang berbeda untuk meningkatkan pemosisian.

  • SEM di Google

    Bentuk SEM yang paling populer ada di Google Ads. Untuk membuat kampanye SEM di Google, mulai dari yang paling umum hingga yang paling konkret. Ada banyak cara berbeda untuk beriklan di Google Ads, dengan berbagai opsi dan struktur iklan.

 

Baca Juga  :      Panduan Sukses Marketing Strategy 2022

 

Istilah-istilah yang Terdapat dalam SEM

Saat Anda ingin mencoba menggunakan SEM untuk strategi marketing, Anda juga harus mempelajari istilah yang sering digunakan saat mendiskusikan SEM. Melalui istilah-istilah tersebut, Anda akan lebih memahami cara kerja SEM. Berikut istilah-istilah yang paling penting dalam SEM.

  • Impression atau Tayangan

    Istilah ini merujuk kepada berapa kali kampanye pemasaran iklan Anda terlihat di layar meski tidak benar- benar dihitung secara per orang.

  • CTR (Click Through Rate)

    Jumlah klik yang Anda dapatkan ke situs web Anda dari orang-orang yang melihat iklan, meskipun orang-orang tersebut tidak meng-klik iklannya.

  • CPC (Cost per Click)

    CPC menjelaskan berapa banyak biaya yang Anda bayarkan saat pengguna mengklik iklan Anda

  • CPM (Cost per Million Impressions)

    Ini adalah cara lain untuk membayar iklan pencarian. Bergantung pada sasaran Anda dan bagaimana alat iklan disiapkan, Anda mungkin ingin membayar hanya untuk dilihat oleh target pelanggan Anda.

 

Baca Juga  :      Rekomendasi Alat Marketing SEO Gratis Terbaik 2022

 

Kelebihan SEM (Search Engine Marketing)

Mengenal Apa Itu SEM (Search Engine Marketing) Serta Kelebihan dan Kekurangannya
 

Setelah Anda mengetahui definisi, jenis-jenis, dan istilah-istilah SEM, ini saatnya Anda juga harus mengetahui kelebihan SEM. Berikut ini merupakan kelebihan SEM yang bisa Anda dapatkan.

  • Membantu mengukur dan menguji kinerja iklan

    Jika Anda menggunakan SEM ini berarti Anda melakukan iklan penelusuran berbayar yang memberi Anda kesempatan untuk menguji kinerja iklan dan mengukur hasil yang Anda kumpulkan untuk setiap kampanye. Google Ads memberi Anda akses ke data mendalam tentang iklan berperforma terbaik dalam hal tayangan, klik, Rasio Klik-Tayang (RKT), kata kunci atau keywords berkinerja terbaik, dll. Bergantung pada sasaran kampanye, Anda dapat mengevaluasi kinerja dan mengidentifikasi apa yang pada akhirnya perlu Anda optimalkan untuk kinerja yang lebih baik di masa mendatang.

  • Meningkatkan visibilitas

    Menggunakan SEM yang sudah dioptimalkan dengan mengarahkan trafik yang relevan ke situs web Anda, berpotensi membuat iklan Anda muncul di bagian atas Halaman Hasil Mesin Pencari atau Search Engine Results Page (SERP), yaitu tepat di atas hasil organik. Dengan anggaran iklan yang tepat, penawaran yang dioptimalkan, dan pesan iklan yang menarik, Anda dapat meningkatkan kualitas iklan Anda dan karenanya memastikan visibilitas iklan yang tinggi dan kunjungan situs web yang relevan.

  • Muncul di kata kunci pesaing

    Sebagai praktik terbaik untuk SEM, disarankan untuk membuat iklan penelusuran yang dipicu untuk muncul di kata kunci terkait pesaing Anda. Ini akan membuat iklan Anda muncul pada kata kunci tersebut dan pada akhirnya kesempatan untuk mengubah persepsi klien dari pesaing menjadi produk atau layanan Anda.

  • Bisa membayar sesuai rasio klik

    Setelah iklan pencarian berbayar Anda dibuat, iklan Anda akan muncul secara gratis dan Anda hanya akan membayar ketika seseorang mengambil tindakan yang artinya, mengklik iklan Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan eksposur gratis dan kesadaran merek di mesin pencari dan hanya dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan Anda sehingga mengunjungi halaman arahan Anda.

 

Baca Juga  :     5 Jenis Content Marketing yang Efektif Untuk Pemasaran

 

Kekurangan SEM (Search Engine Marketing)

Di balik banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dari SEM, tentu saja tetap ada kekurangannya. Supaya Anda bisa menilai lebih bijak ketika ingin menggunakan strategi SEM, berikut kekurangan dari SEM (Search Engine Marketing).

  • Biaya jangka panjang yang lebih tinggi

    Perlu diperjelas bahwa SEM hanya berfungsi saat Anda membayar. Meskipun seiring waktu Anda dapat mengoptimalkan kampanye dan mengurangi biaya per klik, Anda harus terus membayar untuk setiap kunjungan yang Anda dapatkan.

  • Tingkat persaingan yang kompetitif

    Search Engine Marketing (SEM) telah menjadi populer dan ada banyak perusahaan yang bersaing untuk memposisikan diri untuk kata kunci yang sama. Persaingan ini menyebabkan biaya meningkat dan terkadang sulit untuk mendapatkan ROI yang baik.

  • Kemungkinkan mengganggu pengunjung website lain

    SEM berpotensi melibatkan penyerangan terhadap ruang pengunjung website lain dengan konten yang tidak mereka cari. Jika pengunjung yang Anda targetkan memiliki pemblokir iklan, mereka mungkin tidak melihat iklan Anda sehingga iklan Anda tidak dapat mencapai target.

 

Baca Juga  Panduan :       Install MailCoach di Cloud VPS IDCloudHost (Fitur One Click / App Catalog)

 

Kesimpulan dan Penutup

Search Engine Marketing (SEM) digunakan untuk menggambarkan iklan pencarian berbayar Google. Teknik ini sering digunakan sebagai strategi jangka pendek yang membawa visibilitas cepat ke produk atau layanan Anda. Dibandingkan dengan Search Engine Optimization atau SEO, SEM dengan iklan pencarian berbayar dapat memberi Anda hasil yang cepat karena memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan target Anda secara instan.

Karena itu SEM dianggap sebagai cara yang sangat efektif bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan tertentu berdasarkan niat pencarian mereka. Anda dapat menampilkan iklan hanya kepada konsumen yang menelusuri menggunakan kata kunci yang terkait erat dengan produk atau layanan Anda. Memilih kata kunci yang tepat yang memicu munculnya iklan Anda membantu Anda membuat iklan yang sangat optimal.

 

Related Post :