Mengenal Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) dan Cara Kerjanya

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Jika Anda memiliki, mengelola, memonetisasi, atau mempromosikan konten online melalui Google Search, maka Anda memerlukan bantuan dan dukungan SEO. Search Engine Optimization atau SEO adalah praktik terbaik yang paling diandalkan untuk mempermudah mesin telusur untuk merayapi, mengindeks, dan memahami konten Anda.

SEO yang juga dikenal dalam Bahasa Indonesia sebagai optimisasi mesin pencari adalah tentang bagaimana membuat modifikasi kecil pada bagian situs web Anda. Namun apabila dilihat satu per satu, perubahan ini mungkin tampak seperti peningkatan bertahap, tetapi jika digabungkan dengan pengoptimalan lainnya, perubahan tersebut dapat berdampak nyata pada pengalaman pengguna dan kinerja situs Anda dalam hasil penelusuran organik. Bagi sebagian orang mungkin sudah terbiasa dengan topik ini, karena SEO adalah bagian terpenting untuk halaman web mana pun, tetapi Anda mungkin tidak memanfaatkannya secara maksimal.

Anda harus membangun situs web untuk memberi manfaat bagi pengguna Anda, dan pengoptimalan apa pun harus diarahkan untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Salah satu pengguna tersebut adalah mesin pencari, yang membantu pengguna lain menemukan konten Anda. SEO adalah tentang membantu mesin pencari memahami dan menyajikan konten. Situs Anda mungkin lebih kecil atau lebih besar dari situs lain dan menawarkan konten yang sangat berbeda, tetapi topik pengoptimalan dalam panduan ini harus berlaku untuk semua ukuran dan jenis situs.

 

Mengenal Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)

Mengenal Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) dan Cara Kerjanya
 

Sejatinya SEO (Search Engine Optimization) adalah seni dan ilmu menempatkan halaman sebuah situs web untuk peringkat lebih tinggi di mesin pencari seperti Google. Karena pencarian adalah salah satu cara utama orang menemukan konten online, peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari dapat menyebabkan peningkatan lalu lintas ke situs web. Maka website pun berlomba-lomba untuk dikenali mesin pencarian dan berada pada laman pertama pencarian.

Di Google dan mesin pencari lainnya, halaman hasil sering kali menampilkan iklan berbayar di bagian atas halaman, diikuti dengan hasil reguler atau yang disebut pemasar pencarian sebagai ‘hasil pencarian organik’. Lalu lintas yang datang melalui SEO sering disebut sebagai lalu lintas pencarian organik untuk membedakannya dari lalu lintas yang datang melalui pencarian berbayar. Pencarian berbayar sering disebut sebagai Pemasaran Mesin Pencari/Search Engine Marketing (SEM) atau bayar per klik/Pay-Per-Click (PPC).

 

Baca Juga   :     Mengenal Sitemap : Cara Membuat dan Pengaruhnya pada SEO

 

Cara Kerja SEO (Search Engine Optimization)

Perlu diketahui bahwa mesin pencari seperti Google dan Bing menggunakan bot untuk merayapi halaman di web, pergi dari situs ke situs, mengumpulkan informasi tentang halaman tersebut dan memasukkannya ke dalam indeks. Pikirkan indeks seperti perpustakaan raksasa di mana pustakawan dapat menarik buku atau halaman web untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda cari saat itu. Selanjutnya, algoritma menganalisis halaman dalam indeks, dengan mempertimbangkan ratusan faktor peringkat atau sinyal, untuk menentukan urutan halaman yang akan muncul dalam hasil pencarian untuk kueri tertentu.

Search Engine Optimization ini juga merupakan strategi pemasaran digital yang berfokus pada kehadiran situs web Anda di hasil pencarian di mesin pencari. Ketika Anda memahami cara kerja SEO, Anda dapat menggunakan berbagai taktik untuk meningkatkan visibilitas Anda atau seberapa tinggi peringkat Anda di hasil pencarian. Anda dapat mengkategorikan taktik SEO menjadi dua cara umum, yaitu :

  • SEO On-page yakni yang mana semua strategi SEO on-page terjadi di situs web Anda.
  • SEO Off-page yakni yang mana semua strategi SEO off-page terjadi di luar situs web Anda.

 

Baik SEO on-page maupun off-page bertujuan untuk membuat situs Anda lebih ramah, serta dapat dipercaya, bagi pengguna dan mesin telusur. Ketika perayap mesin telusur melihat seberapa ramah situs web Anda bagi mereka dan pengguna, itu meningkatkan kemungkinan situs Anda akan mendapat peringkat yang baik untuk berbagai pencarian.

 

Baca Juga  :   Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Alat/Aplikasi SEO (Search Engine Optimization) Terbaik

Sebagai disiplin yang cukup teknis, ada banyak alat dan perangkat lunak yang diandalkan oleh SEO untuk membantu mengoptimalkan situs web. Di bawah ini adalah beberapa alat gratis dan berbayar yang umum digunakan para praktisi SEO :

  • Google Search Console

    Google Search Console yang sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools adalah alat gratis yang disediakan oleh Google, dan merupakan alat standar dalam toolkit SEO. GSC memberikan peringkat dan laporan lalu lintas untuk kata kunci dan halaman teratas, dan dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah teknis di tempat.

  • Google Ads Keyword Planner

    Keyword Planner adalah alat gratis lain yang disediakan oleh Google, sebagai bagian dari produk Google Ads mereka. Meskipun dirancang untuk pencarian berbayar, ini bisa menjadi alat yang hebat untuk digunakan untuk SEO karena menyediakan saran kata kunci dan volume pencarian kata kunci, yang dapat membantu saat melakukan penelitian kata kunci.

  • Backlink Analysis Tools

    Ada sejumlah alat analisis tautan di luar sana, dua yang utama yang terpopuler adalah AHREF dan Majestic. Alat analisis backlink memungkinkan pengguna untuk menganalisis situs web mana yang tertaut ke situs web mereka sendiri, atau situs web pesaing, dan dapat digunakan untuk menemukan tautan baru selama pembuatan tautan.

  • Platform SEO

    Selain itu ada banyak juga platform SEO berbeda yang menyatukan banyak alat yang dibutuhkan SEO untuk mengoptimalkan situs. Beberapa yang paling populer termasuk Moz, Linkdex, BrightEdge atau Searchmetrics. Platform ini melacak peringkat kata kunci, membantu penelitian kata kunci, mengidentifikasi peluang SEO di halaman dan di luar halaman, dan banyak tugas lain yang terkait dengan SEO.

  • Media Sosial

    Sebagian besar situs media sosial tidak memiliki dampak langsung pada SEO, tetapi dapat menjadi alat yang baik untuk berjejaring dengan webmaster lain dan membangun hubungan yang dapat mengarah pada pembuatan tautan dan peluang posting tamu.

 

Baca Juga  :   Cara dan Struktur Penulisan Artikel SEO yang Baik dan Benar

 

Tips Dasar Strategi SEO (Search Engine Optimization) Terbaik

Mengenal Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) dan Cara Kerjanya
 

Strategi SEO yang juga disebut sebagai pendekatan SEO atau strategi pengoptimalan mesin telusur adalah proses perencanaan, penjabaran, dan penerapan langkah-langkah yang dirancang untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. Dengan kata lain strategi SEO adalah proses yang Anda ikuti ketika Anda ingin mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik. Berikut adalah langkah-langkah membuat strategi SEO yang bisa Anda terapkan sendiri :

  • Buat daftar kata kunci/keyword

    Segala sesuatu dalam optimasi mesin pencari berkisar pada kata kunci. Itulah sebabnya penelitian kata kunci biasanya merupakan langkah pertama dari setiap strategi SEO yang sah. Anda dapat dengan mudah menemukan kata kunci yang dicari pelanggan target Anda menggunakan Google Suggest.

  • Metadata

    Disamping riset kata kunci, metadata tidak hanya sama pentingnya tetapi bisa dibilang cara paling langsung Anda dapat membujuk seseorang ke situs web Anda, karena ini adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat oleh Google dan calon pengunjung. Google menggunakan apa yang dikenal sebagai crawler , untuk memindai melalui situs web dan mengumpulkan informasi yang cocok dengan permintaan pencarian, karenanya peringkat yang paling relevan berada di atas.

  • Membuat tautan

    Faktor penting lainnya dalam kinerja SEO adalah memperoleh backlink. Ini adalah saat situs web lain menautkan ke situs Anda dalam artikel atau posting blog. Tidak hanya membantu Anda mendapatkan apa yang dikenal sebagai otoritas domain, tetapi juga secara langsung meningkatkan peluang orang mengklik ke situs web Anda jika muncul di domain andal lainnya.

  • Menggunakan SEO teknis yang lebih luas

    Selanjutnya ada berbagai masalah teknis lainnya di bagian belakang situs Anda yang pernah ditangani, dapat membuat perbedaan besar dalam hasil SEO Anda secara keseluruhan. Pada akhirnya, jika UX situs web Anda tidak lancar dan dapat diakses, akan sulit bagi pengunjung mana pun untuk melakukan sesuatu yang signifikan di situs web Anda. Untuk konteksnya, lebih dari 50% dari semua lalu lintas online adalah seluler, jadi ketika menyangkut hal-hal seperti UX, hal-hal teknis itu penting.

 

Baca Juga  :   Perbedaan Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword dalam SEO

 

Kesimpulan dan Penutup

Menurut informasi yang diambil dari Safari Digital, sekitar 61% pemasar percaya bahwa SEO adalah kunci kesuksesan online, itulah sebabnya bisnis modern mengalokasikan rata-rata 41% dari anggaran pemasaran mereka untuk itu. Singkatnya, meluangkan waktu untuk menguraikan strategi SEO yang tepat dapat merevolusi tidak hanya lalu lintas online Anda tetapi juga bisnis Anda secara keseluruhan.

Mengingat keadaan dunia saat ini, penggunaan internet sama tingginya seperti sebelumnya. COVID-19 membuat masyarakat melakukan lebih banyak belanja online, streaming lebih banyak film dan televisi dari biasanya, dan aktif menghadiri rapat Zoom. Peningkatan ini membuat SEO sangat penting untuk semua hal dan begitu orang-orang yang terlibat didalamnya. Tidak mengherankan sebaiknya pemilik situs atau bisnis yang beroperasi online, harus mengetahui dan menguasai SEO dengan baik.

Related Post :