Mengenal Apa Itu Startup. Pengertian, dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Siapa yang belum mengenal startup? Mungkin masih banyak diantara Anda yang belum benar-benar memahami apa itu startup. Startup sendiri adalah salah satu kata serapan dari Bahasa Inggris yang memiliki arti proses atau tindakan dalam memulai sebuah usaha bisnis atau organisasi baru. Masih bingung mengenai istilah startup?

Apa itu startup sebenarnya merujuk pada salah satu bisnis yang baru saja didirikan dan masih dalam fase pengembangan. Pengembangan tersebut dilakukan agar memperoleh target pasar yang sesuai dengan keinginan. Bagi Anda yang sudah lebih dahulu terjung di dunia startup tentu sudah tidak asing lagi mengenai istilahnya.

Di Indonesia sendiri ada banyak pengusaha muda yang sudah mulai menjajal peruntungannya lewat membangun dan mengembangkan bisnis startup. Hanya saja tidak semuanya bisa sukses dalam waktu bersamaan. Hal ini tentu karena ada beberapa faktor yang mungkin kurang mendukung. Hanya saja perlu adanya tekad yang cukup kuat, kreativitas, serta inovasi tanpa batas demi mewujudkan sebuah bisnis startup yang besar hingga mampu menyangdang gelar unicorn sekalipun.

Bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu startup? Jangan khawatir karena Anda bisa mengenal lebih lanjut mengenai pengertian dan perkembangan bisnis startup dengan menyimak penjelasan di bawah ini!

Baca Juga : Tips Bagaimana Cara Membangun Startup

 

Mengenal Apa itu Startup

Mengenal Apa Itu Startup. Pengertian, dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia | IDCloudHost

 

Apa itu startup umumnya merujuk kepada perusahaan yang memang belum lama beroperasi. Sebagian besar dari perusahaan-perusahaan tersebut adalah perusahaan yang baru didirikan sehingga masih ada dalam fase penelitian dan pengembangan untuk mendapatkan target pasar dengan tepat.

Istilah apa itu startup sendiri diartikan juga sebagai sebuah persahaan baru yang sedang dilakukan pengembangan. Yakni mulai berkembang di akhir tahun 1990 sampai tahun 2000. Namun, hingga saat ini istilah apa itu startup cukup diidetikkan dengan segala hal yang berhubungan dengan teknologi, internet, web, atau hal lain yang masih ada dalam ranah tersebut.

Baca Juga : Gimana Rasanya Kerja di Startup ?

 

Sejarah Bisnis Startup

Mengenal Apa Itu Startup. Pengertian, dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia | IDCloudHost

 

Jika Kita kembali menengok ke belakang, nyatanya penggunaan istilah apa itu startup merupakan hal-hal yang berhubungan dengan internet, website, teknologi, dan hal lainnya. Hal ini karena istilah apa itu startup baru mulai populer hingga skala internasional pada era buble dot-com.

Lantas, apa itu buble dot-com? Adanya buble dot-com merupakan sebuah periode yang terjadi antara tahun 1998 hingga 2000. Ada banyak perusahaan dot-com yang didirikan hampir bersamaan. Nah, pada saat itulah sedang gencarnya sebuah perusahaan membuka website miliki mereka pribadi. Saat itu pula internet semakin dikenal banyak orang sebagai salah satu ladang baru dalam memulai bisnis. Saat itu pula apa itu startup mulai lahir dan berkembang.

Setelah mengetahui banyak informasi mengenai apa itu startup maka ada karakteristik dalam sebuah perusahaan yang memang bisa dikategorikan sebagai startup. Beberapa karakteristik yang dimiliki tersebut antara lain:

 

  1. Perusahaan memiliki pendapatan kurang dari $ 100.000 per tahunnya
  2. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  3. Jumlah pegawai yang ada kurang dari 20 orang
  4. Perusahaan masih dalam tahap berkembang
  5. Umumnya perusahaan beroperasi melalui website
  6. Perusahaan beroperasi dalam bidang teknologi
  7. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi berbentuk digital

 

Beberapa karekteristik di atas memang terlihat lebih cenderung tertuju pada perusahaan yang bergerak dalam bidang web dan teknologi. Hanya saja kenyataannya memang demikian, saat ini perkembangan perusahaan yang memiliki embel-embel startup merupakan sebuah perusahaan yang berhubungan dengan bidang online dan juga teknologi.

Baca Juga : Kenali Dulu Berbagai Macam Bisnis Startup yang Potensi

 

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Mengenal Apa Itu Startup. Pengertian, dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia | IDCloudHost

 

Jika Anda pelajari lebih lanjut, apa itu startup di Indonesia sudah berkembang dengan sangat cepat dari hari ke hari. Hal ini tak lain karena adanya kemudahan masyarakat dalam memanfaatkan koneksi internet. Hal ini juga membuat pengguna internet aktif di Indonesia juga semakin bertambah.

Dengan banyaknya pengguna internet yang ada, cukup menjadikan peluang bagi para pendiri startup dalam mengembangkan bisnis mereka. Dengan begitu, mereka bisa memperoleh keuntungan yang cukup besar. Para pendiri startup sendiri tentunya akan berusaha dalam memberikan kemudahan layanan bagi setiap pengguna internet. Hal ini termasuk dalam pelayanan yang bersifat jasa atau pelayanan dalam menjual produk.

Terlebih lagi dengan adanya smartphone yang berbasis Android bisa membuat masyarakat lebih sering memakai internet. Dengan begitu startup mana yang tidak tergiur atas adanya peluang ini. Sehingga jangan heran jika ada banyak perusahaan yang berlomba-lomba dalam membuat startup dengan pelayanan yang baik.

Di bawah ini merupakan beberapa startup yang berkembang di Indonesia. Perkembangan ini tak lain karena peluang pasar yang masih besar. Adapun beberapa jenis startup dengan perkembangannya yang cukup pesat yakni:

 

  1. Startup game

    Merupakan salah satu jenis startup yang memiliki perkembangan sangat pesat. Hal ini tak lain karena peluang pasar dan peminat game yang juga besar. Terlebih peminat game tersebut tidak mengenal dengan adanya ekonomi yang sulit. Dengan begitu, membuat para peminat game tersebut selalu ada.

  2. Startup edukasi

    Edukasi atau pendidikan adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa tergantikan. Startup yang satu ini juga tergolong sebagai salah satu jenis startup yang memiliki perkembangan pesar. Adapun peminatnya berasal dari berbagai kalangan. Dengan begitu tak heran jika pangsa pasarnya bisa dibilang cukup besar. Misalnya saja sebuah startup yang menyediakan berbagai macam informasi. Mulai dari kisah inspiratif, motivasi, dan lain sebagainya. Tentunya edukasi ini sendiri sangat bernilai informatif untuk setiap pelanggan.

  3. Startup perdagangan atau e-commerce

    Jika dahulunya seseorang harus keluar rumah berjam-jam untuk membeli barang yang diinginkan. Maka seiring perkembangan yang ada hal tersebut bisa terbantahkan. Pasalnya, jenis startup perdagangan atau e-commerce ini memungkinkan pengguna internet tidak perlu lagi keluar rumah jika ingin membeli barang-barang yang diinginkan. Dengan adanya startup jenis ini maka setiap orang bisa berbelanja secara online tanpa perlu susah payah pergi ke pusat perbelanjaan.

 

Ketiga jenis startup di atas tentunya mempunyai peluang yang cukup besar dan potensial di Inonesia. Perkembangan dari ketiga jenis startup tersebut juga sebenarnya tidak lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya seperti masyarakat yang semakin terbuka atas adanya perkembangan teknologi, jumlah penduduk yang semakin banyak, serta dukungan para investor ataupun pemerintah dalam memberikan modal usaha.

Memang mendirikan sebuah startup memerlukan sejumlah modal yang sebagiannya perlu didukung dengan merek dan hak cipta sebagai tanda penghargaan ataupun inovasi yang dibuat. Selain itu, hal ini juga demi menjaga merek startup agar tidak mudah dijiplak oleh orang lain. Tentu saja Anda sebagai pendiri startup tidak ingin karyanya ditiru pihak lain yang tidak bertanggung jawab bukan?

 

Penutup dan Summary

Itulah informasi lengkap mengenai apa itu startup serta perkembangan bisnis startup yang ada di Indonesia. Jadi bagaimana, apakah Anda sudah cukup tertarik untuk bergabung dalam sebuah perusahaan berbasis startup lokal? Atau bahkan Anda sudah memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis saat ini menjadi sebuah perusahaan startup?.

Membangun Startup membutuhkan perjuangan yang luarbiasa karena faktanya 90% startup di dunia gagal sehingga jika Anda ingin menekuni dunai Bisnis Startup dan harus dengan maksimal dan serius sehingga baik itu menjadi profesional dan pebisnis mempunyai tantangan sendiri, yang terpenting adalah bagaimana startup bisa memberikan impact yang positif untuk masyarakat.

Related Post :

popup image