Mengenal Apa itu Teknologi NVMe dan Keunggulannya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Ketika bisnis menghadapi pertumbuhan data yang terus-menerus, mereka perlu memikirkan kembali bagaimana data ditangkap, disimpan, diakses, dan diubah. Kinerja, ekonomi, dan daya tahan data pada skala sangat penting. Maka diperlukan sebuah teknologi yang mampu melakukan itu semua dalam sekali waktu dengan efisien dan cepat.

Hadirnya NVMe (Non-Volatile Memory Express) adalah protokol baru untuk mengakses media penyimpanan berkecepatan tinggi yang membawa banyak keuntungan dibandingkan dengan protokol sebelumnya. NVMe memiliki dampak besar pada bisnis dan apa yang dapat mereka lakukan dengan data, terutama data cepat untuk analisis waktu nyata dan teknologi yang muncul.

Tapi apa itu NVMe dan mengapa itu penting untuk bisnis berbasis data? Mengapa banyak bisnis dan perusahan besar mengandalkan pemakaian NVMe ini dalam kegiatan pekerjaan mereka? Mari simak artikel kali ini yang akan menjelaskan apa itu NVMe dan membagikan teknik menyelam yang dalam tentang bagaimana arsitektur penyimpanan bekerja.

 

Mengenal Apa itu NVMe?

NVMe adalah teknologi  yang berkinerja tinggi, NUMA (Non Uniform Memory Access) dioptimalkan, dan protokol penyimpanan sangat skalabel, yang menghubungkan host ke subsistem memori. Protokol ini relatif baru, kaya fitur, dan dirancang dari bawah ke atas untuk media memori non-volatile (NAND dan Persistent Memory) yang terhubung langsung ke CPU melalui antarmuka PCIe.

Protokol ini dibangun di jalur PCIe kecepatan tinggi. Tautan PCIe Gen 3.0 dapat menawarkan kecepatan transfer lebih dari 2x dari antarmuka SATA. Jadi begitu kira kira pengertian singkat mengenai NUMA (Non Uniform Memory Access), selanjutnya kita akan jelaskan lebih details mengenai teknologi NUMA (Non Uniform Memory Access) ini.

 

Evolusi teknologi NVMe

 

SSD berbasis flash pertama memanfaatkan antarmuka fisik, protokol, dan faktor bentuk lama warisan SATA / SAS untuk meminimalkan perubahan dalam sistem server / penyimpanan perusahaan berbasis hard drive (HDD) yang ada. Namun, tidak ada antarmuka dan protokol ini yang dirancang untuk media penyimpanan berkecepatan tinggi (misalnya NAND dan / atau memori persisten). Karena kecepatan antarmuka, kinerja media penyimpanan baru dan kedekatan dengan CPU, PCI Express (PCIe) adalah antarmuka penyimpanan logis berikutnya.

Slot PCIe langsung terhubung ke CPU yang menyediakan akses seperti memori dan dapat menjalankan tumpukan perangkat lunak yang sangat efisien. Namun, SSD antarmuka PCIe awal tidak memiliki standar industri atau fitur perusahaan. SSD PCIe memanfaatkan firmware eksklusif, yang khususnya menantang untuk penskalaan sistem karena berbagai alasan, termasuk:

 

  • Menjalankan dan memelihara firmware perangkat.
  • Firmware / ketidakcocokan perangkat dengan perangkat lunak sistem yang berbeda.
  • Tidak selalu memanfaatkan jalur dan CPU yang tersedia dengan sebaik-baiknya.
  • Kurangnya fitur nilai tambah untuk beban kerja perusahaan yang membuat spesifikasi NVMe muncul karena adanya masalah ini.

Baca Juga : Tips Memilih Layanan Web Hosting Murah di Indonesia tahun 2020

 

Proposisi nilai NVMe

Protokol NVMe memanfaatkan jalur data paralel dan rendah latensi ke media yang mendasarinya, mirip dengan arsitektur prosesor berkinerja tinggi. Hal ini menawarkan kinerja yang jauh lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah dibandingkan dengan protokol SAS dan SATA lama. Tidak hanya mempercepat aplikasi yang sudah ada yang membutuhkan kinerja tinggi, tetapi juga memungkinkan aplikasi dan kemampuan baru untuk pemrosesan beban kerja waktu nyata di pusat data dan di Edge.

Protokol konvensional mengkonsumsi banyak siklus CPU untuk membuat data tersedia untuk aplikasi. Siklus perhitungan yang sia-sia ini membuat perusahaan kehilangan uang pendapatan. Anggaran infrastruktur IT tidak tumbuh dengan kemampuan kecepatan pengumpulan data dan berada di bawah tekanan luar biasa untuk memaksimalkan pengembalian infrastruktur  baik dalam penyimpanan maupun komputasi. Karena NVMe dapat menangani beban kerja aplikasi yang ketat dengan jejak infrastruktur yang lebih kecil, organisasi dapat mengurangi total biaya kepemilikan dan mempercepat pertumbuhan bisnis.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan PT Dan CV Pada Legalitas Pendirian Perusahaan

 

Bagaimana Cara kerja  NVMe 

Berikut cara kerja NVMe yang diketahui dengan umum :

  • Admin atau pengguna menulis Antrian Perintah I / O dan register bel (I / O Commands Ready Signal);
  • Pengontrol NVMe kemudian memilih Antrian Perintah I / O, mengeksekusinya dan mengirimkan Antrian Penyelesaian I / O diikuti dengan interupsi ke host.
  • Admin atau pengguna mencatat I / O Completion Queues dan membersihkan register pintu (I / O Commands Completion Signal).

 

Kinerja NVMe dari Prosesor Multicore

Seperti yang disebutkan di atas, NVMe adalah protokol yang dioptimalkan NUMA. Hal ini memungkinkan beberapa core CPU untuk berbagi kepemilikan antrian, prioritasnya, serta mekanisme arbitrasi dan atomitas perintah. Dengan demikian, SSD NVMe dapat menyebarkan / mengumpulkan perintah dan memprosesnya secara bergiliran untuk menawarkan IOPS yang jauh lebih tinggi dan latensi data yang lebih rendah.

Baca Juga : Cara Mengoptimalkan Bisnis Agar Tetap Bertahan Saat Wabah

 

Mengapa NVMe Penting untuk Bisnis Anda

 

Sistem perusahaan umumnya kekurangan data. Peningkatan data yang eksponensial dan tuntutannya yang terus berkembang menciptakan tantangan baru. Bahkan SSD berkinerja tinggi yang terhubung dengan protokol penyimpanan lama dapat mengalami kinerja yang lebih rendah, latensi lebih tinggi, dan kualitas layanan yang buruk ketika dihadapkan dengan beberapa tantangan baru Data Cepat.

Fitur unik NVMe membantu untuk menghindari kemacetan untuk segala hal, dari aplikasi basis data tradisional hingga arsitektur Edge yang berkembang dan skala untuk memenuhi permintaan data baru. Dirancang untuk media penyimpanan berkinerja tinggi dan tidak mudah menguap, NVMe adalah satu-satunya protokol yang menonjol dalam ekosistem data perusahaan, cloud, dan ekosistem intensif yang sangat menuntut.

Selain itu, fitur-fitur baru dan unik (yang akan saya bahas di blog saya berikutnya) mencakup kemampuan seperti beberapa antrian, menggabungkan IO, mendefinisikan kepemilikan dan proses penentuan prioritas, multipath dan virtualisasi I/Os, menangkap pembaruan perangkat asinkron, dan banyak fitur perusahaan lainnya yang sama sekali tidak ada sebelumnya. Karena kami membantu bisnis mengubah diri mereka, NVMe memungkinkan Anda melakukan lebih banyak hal dengan data.

Baca Juga : Kumpulan Ide Bisnis Dropship Paling Menguntungkan di tahun 2020

 

Kesimpulan dan penutup

Saat ini banyak dari pengguna yang baik dalam aplikasi dan bisnis konsumen, mengharapkan waktu respons yang semakin cepat, bahkan ketika aplikasi itu sendiri menjadi jauh lebih kompleks dan bergantung pada sumber daya. Untuk membantu memberikan pengalaman pengguna dengan bandwidth tinggi, latensi rendah, protokol NVMe mengakses penyimpanan flash melalui bus PCI Express (PCIe), yang mendukung puluhan ribu antrian perintah paralel dan karenanya jauh lebih cepat daripada hard disk dan semua perangkat tradisional. arsitektur flash, yang terbatas pada antrian perintah tunggal.

Spesifikasi NVMe mengambil keuntungan dari memori yang tidak mudah menguap di semua jenis lingkungan komputasi. Dan ini merupakan bukti masa depan, dapat diperpanjang untuk bekerja dengan teknologi memori persisten yang belum ditemukan. NVMe bukan lagi teknologi penyimpanan yang bagus untuk dimiliki. Jika Anda berbelanja untuk PC baru, ini adalah fitur yang harus Anda cari secara aktif. Selain itu, jika PC Anda dari vintage yang cukup baru, Anda harus meningkatkan ke NVMe

NVMe adalah teknologi penyimpanan yang Anda inginkan untuk PC Anda saat ini atau berikutnya. Terutama bagi Anda yang mempunyai tim IT dengan tingkat pengumpulan data skala besar, tinggi dan terus- menerus. Ada baiknya Anda mulai memikirkan mengganti sistem Anda untuk menunjang pekerjaan dan bisnis Anda lebih lanjut dan spesifik lagi di masa yang akan datang.

Related Post :

popup image