Mengenal Apa itu VCC : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Keamanannya untuk Transaksi

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Kartu kredit bukan sesuatu yang asing, beberapa diantara kita mungkin sudah memiliki dan menggunakannya. Alat pembayaran yang digunakan sebagai pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang dikeluarkan oleh Bank untuk memudahkan para nasabahnya melakukan transaksi disebut dengan kartu kredit. Bank mengeluarkan kartu berupa debit dan kredit, kartu debit adalah alat pembayaran yang saldonya diambil dari rekening milik Anda sendiri. Berbeda dengan debit, transaksi menggunakan kartu kredit seperti pihak Bank meminjamkan uang kepada pengguna bukan mengambil dari rekening penggunanya.

Penggunaan kartu debit lebih dibatasi sesuai dengan jumlah saldo yang Anda miliki, sedangkan pembayaran menggunakan kartu kredit bisa digunakan ke banyak hal namun menuntut penggunanya untuk memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam membayarkan tagihan sesuai jumlah uang yang digunakan. Bank-Bank di Indonesia menciptakan kartu kredit untuk kemudahan setiap konsumennya, cara kerja kartu kredit ini diatur langsung oleh Bank Indonesia (BI). Ada berbagai perusahaan bagian jasa keuangan yang menerbitkan kartu kredit termasuk Indonesia, diantaranya seperti VISA, MasterCard, dan American Express.

Tidak hanya berbentuk fisik kartu kredit kini hadir dalam bentuk virtual, namun kepopulerannya masih jauh dibandingkan kartu kredit reguler. Jenis kartu satu ini tidak diterbitkan oleh provider kartu kredit biasa, kartu kredit virtual bersifat gratis dan hanya bisa digunakan satu kali. Kartu ini memiliki batas dalam masa penggunaannya, kadaluarsa dari kartu kredit virtual lebih singkat dibandingkan kartu kredit reguler. Kartu kredit virtual dilengkapi dengan nomor kartu, tiga angka card verification value (CVV), serta tanggal kadaluarsa, tiga poin penting ini menjadi nyawa dari kartu kredit itu sendiri.

 

Pengertian, Keamanan Bertransaksi, dan Fungsi dari Virtual Credit Card

Mengenal Apa itu VCC : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Keamanannya untuk Transaksi
 

Kartu kredit virtual atau dalam bahasa Inggris disebut Virtual Credit Card (VCC) adalah kartu dengan 16 digit nomor yang dibuat secara acak yang terkait langsung dengan akun kartu kredit Anda. Penyedia kartu kredit menawarkan layanan ini sebagai cara melindungi dari penipuan setiap kali Anda berbelanja tanpa menunjukkan kartu kredit secara fisik. Setelah Anda melakukan pembelian dengan nomor kartu kredit virtual, nomor tersebut tidak lagi digunakan dan tidak pernah digunakan lagi. Ini mencegah penipu mencuri nomor kartu kredit Anda. Kartu kredit virtual menciptakan lapisan keamanan ekstra dalam melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Virtual Credit Card relatif aman untuk digunakan dalam bertransaksi secara online, dengan menggunakan VCC ini Anda tidak diharuskan untuk memberikan informasi pribadi terkait data diri seperti pada kartu kredit biasa yang rawan disalahgunakan.

Fungsi utama dari kartu kredit virtual adalah sebagai alat pembayaran yang tidak tampak secara fisik, selain fungsi utama tersebut ada beberapa fungsi dari kartu kredit virtual ini diantaranya.

 

  1. Pengganti Kartu Kredit

    Berdasarkan data pengguna kartu kredit di Indonesia belum terlalu tinggi, adanya kontradiksi dengan riba serta stigma negatif terkait skema tagihan berbunga menjadi penyebab kurangnya pengguna dari kartu kredit. Untuk Anda yang ingin menggunakan kartu kredit namun kerepotan dalam pengurusannya, Anda bisa menggunakan kartu kredit virtual sebagai alternatif untuk mengakomodir segala kebutuhan transaksi. Jasa membuat kartu kredit virtual ini bisa Anda pilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

  2. Membatasi Penggunaan Kartu Kredit

    Banyaknya kemudahan dalam penggunaan yang ditawarkan oleh kartu kredit ternyata juga menimbulkan penggunaan secara berlebihan, kebiasaan overuse ini tidak baik bagi konsumen dan bisa menimbulkan ketergantungan. Kartu kredit virtual yang memiliki saldo maksimum otomatis sedikit mengurangi intensitas penggunaan. Pengguna akan berpikir dua kali untuk menggunakan kartu kreditnya sebagai alat untuk melakukan transaksi menjadi tidak terlalu penting.

  3. Permudah Pembayaran Internasional

    Alat pembayaran internasional saat ini yang paling banyak digunakan adalah kartu kredit, metode pembayaran satu ini dibilang cukup populer setidaknya ada 97 juta pengguna aktif di Amerika Serikat di tahun 2020. Sebagai pengganti kartu kredit, VCC masih tetap mempertahankan fungsi-fungsi yang ada pada kartu kredit konvensional yang bisa dipakai untuk melakukan transaksi ke website e-commerce berlogo Visa dan Mastercard.

  4. Batas Minimum dan Maksimum Bisa Diatur

    Fitur untuk membatasi dana keluar bagi pengguna VCC menjadi salah satu daya tarik tersendiri, ini berdampak pada kecenderungan pengguna menjadi lebih hemat dibandingkan menggunakan kartu kredit biasa.

 

Baca Juga   :   Kartu Kredit Pengertian, Fungsi, Cara Bayar, dan Cara Membuatnya

 

Mengenal Apa itu PayPal

PayPal merupakan sebuah rekening virtual yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan transaksi konvensional. Menggunakan PayPal berarti Anda dapat melakukan transaksi pembayaran secara online. Anda bisa menggunakan PayPal untuk membeli produk serta menerima uang bagi mereka yang juga memiliki PayPal.

PayPal sendiri sudah tersedia dalam jaringan yang kuat dan mampu memberikan layanan dari berbagai transaksi antar negara dengan memakai surat elektronik. Tentu saja, keberadaan PayPal sangat mempermudah pemilik toko online, ataupun pebisnis lainnya dalam menawarkan alternatif pembayaran kepada setiap konsumen mereka.

Sampai saat ini, PayPal sudah menjadi alat pembayaran yang paling banyak dipakai. Mengapa demikian? Hal ini tak lain karena tingkat keamanannya yang terbilang sangat baik dengan berbagai fasilitas yang lumayan lengkap. Cara ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan transaksi online vie banking ataupun yang lainnya yang penggunaanya masih terbatas dalam cakupan satu negara saja.

Beberapa hal di atas sekaligus menjadi alasan mengapa banyak orang lebih menyukai menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran dalam bisnis online yang mereka jalankan. Terutama bagi mereka yang berbelanja maupun berjualan di lintas negara. Kapanpun dan dimanapun pengguna berada, mereka bisa menggunakannya dengan mudah dan lancar.

 

Baca Juga  :   Mengenal Apa itu Paypal dan Cara Mendaftar dan Menggunakannya

 

Manfaat Menggunakan VCC

Mengenal Apa itu VCC : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Keamanannya untuk Transaksi
 

Kartu kredit virtual memang memiliki sederet fungsi yang sedikit berbeda dibandingkan kartu kredit berbentuk fisik, tetapi beberapa manfaat yang ada pada kartu kredit fisik bisa digantikan dengan Virtual Credit Card berikut.

 

  • Transaksi Secara Online

    Metode pembayaran yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi online menggunakan kartu kredit, jika tidak memiliki kartu kredit berbentuk fisik Anda bisa membayarnya menggunakan kartu kredit virtual. Cara menggunakan kartu kredit virtual sama dengan penggunaan kartu kredit biasa, ketika sudah sampai pada halaman pembayaran pilihlah metode kartu kredit. Anda perlu mengisikan nomor kartu, tiga digit CVV, dan tanggal kadaluarsa pada kolom yang ada. Kartu kredit virtual ini paling dibutuhkan bagi Anda yang gemar melakukan belanja online menggunakan situs luar negeri seperti Amazon dan eBay. Meski tanpa kartu kredit, pembayaran Anda bisa tetap lancar menggunakan Virtual Credit Card.

  • Sarana Membuka Akun Sistem Pembayaran Global

    Jika Anda seorang pekerja lepas atau freelance, menggunakan kartu kredit virtual bisa untuk membuka akun sistem pembayaran global seperti PayPal. Seperti halnya Bank virtual, PayPal bisa digunakan untuk menerima dan mentransfer dana secara internasional mulai dari lintas negara hingga lintas benua. Lewat PayPal, sistem pembayaran dari situs pencari kerja lepas menjadi lebih mudah. Hanya dengan mendaftarkan ke akun PayPal dan masukkan identitas kartu kredit virtual. Honor freelance Anda yang menggunakan mata uang asing akan masuk ke akun PayPal dan bisa dicairkan ke dalam mata uang rupiah. Banyak situs freelance favorit yang menggunakan skema pembayaran ini, sehingga memudahkan Anda untuk mencari pekerjaan lepas dalam jaringan yang lebih luas bukan hanya dalam negeri tetapi juga mancanegara.

 

Baca Juga  :    Apa itu Kredit Tanpa Agunan : Pengertian, Tujuan, dan Syaratnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Metode pembayaran sudah banyak macamnya, salah satunya pembayaran menggunakan kartu kredit. Kartu kredit yang ada tak hanya berbentuk fisik, namun juga ada yang berbentuk virtual. Hal ini cukup efektif dan memudahkan Anda untuk menggunakannya, kemudahan itu juga dilengkapi dengan keamanan tanpa bisa memberikan informasi diri yang bisa disalahgunakan. Mencegah penyalahgunaan tersebut membuat kartu kredit virtual memiliki batasan dalam penggunaannya, adanya tanggal kadaluarsa serta adanya batasan pakai per harinya .

Untuk mendapatkan kartu kredit virtual ini Anda bisa menggunakan jasa penyedia Virtual Credit Card yang murah yang mulai menjamur di jaringan internet mulai dari lokal hingga luar negeri. Harga yang disediakan sesuai dengan masa aktif kartu kredit yang Anda inginkan, kekurangan dari VCC ini hanya bisa digunakan sekali. Anda perlu membeli VCC baru untuk tetap verifikasi pada akun PayPal. Namun kelebihannya adalah proses verifikasi untuk akun PayPal lebih cepat dari yang lainnya.

Related Post :

popup image