Mengenal Apa Itu VPN (Virtual Private Network) dan Cara Memilih Layanan VPN Global Gratis Terbaik

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Apakah Anda pernah mendengar istilah atau menggunakan VPN sebelumnya ? VPN (Virtual Private Network) atau jaringan pribadi virtual adalah koneksi jaringan yang aman dan pribadi melalui internet publik. Layanan VPN melindungi data pribadi Anda, menyembunyikan alamat IP Anda saat menggunakan internet, hingga bahkan memungkinkan Anda melewati sensor, pemblokiran konten serta pembatasan situs web yang biasa terjadi di negara tertentu.

Sebelum Anda memutuskan untuk mencoba layanan VPN yang akan melindungi aktivitas online Anda, penting juga bagi Anda untuk memahami cara kerja VPN itu sendiri. Begitu juga jenis VPN yang ditawarkan yang juga bisa didapatkan secara gratis serta manfaatnya. Mengingat VPN ini adalah cara bagi seseorang untuk tidak dapat di track secara online, maka memilih provider yang tepat adalah hal yang tidak mudah.

Tetapi jika Anda ingin jaminan keamanan yang lebih kredibel lagi, VPN premium berbayar adalah jalan yang tepat terutama jika Anda ingin data dan informasi penting Anda aman tanpa mengambil resiko. Sedangkan jika Anda hanya ingin menggunakan VPN untuk streaming, browsing atau sedang menggunakan jaringan WiFi publik, maka VPN gratis cukup bisa diandalkan dan jauh lebih baik karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

 

Mengenal Apa Itu VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang merupakan cara untuk membuat koneksi jaringan yang dilindungi saat menggunakan jaringan publik. Disini, VPN akan mengenkripsi lalu lintas internet Anda dan menyamarkan identitas online Anda. Ini kemudian yang akan mempersulit pihak ketiga untuk melacak aktivitas Anda secara online dan mencuri data. Selain itu VPN juga berarti layanan yang menciptakan koneksi online yang aman dan terenkripsi.

Pengguna internet dapat menggunakan VPN untuk memberi diri mereka lebih banyak privasi dan anonimitas secara online atau menghindari pemblokiran dan penyensoran berbasis geografis. Pada dasarnya VN dapat memperluas jaringan pribadi di seluruh jaringan publik, yang seharusnya memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data dengan aman di internet. Biasanya, VPN sering digunakan melalui jaringan yang kurang aman, seperti internet publik dan Internet Service Provider (ISP) biasanya memiliki cukup banyak wawasan tentang aktivitas pelanggan.

Selain itu, beberapa titik akses Wi-Fi yang tidak aman dapat menjadi jalan yang nyaman bagi penyerang untuk mendapatkan akses ke data pribadi pengguna. Pengguna internet dapat menggunakan VPN untuk menghindari gangguan privasi ini. VPN dapat digunakan untuk menyembunyikan riwayat browser pengguna, alamat Protokol Internet (IP) dan lokasi geografis, aktivitas web, atau perangkat yang digunakan. Siapa pun di jaringan yang sama tidak akan dapat melihat apa yang dilakukan pengguna VPN yang menjadikannya sebagai alat penjaga privasi online yang sering digunakan.

 

Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

Mengenal Apa Itu VPN (Virtual Private Network) dan Cara Memilih Layanan VPN Global Gratis Terbaik
 

VPN bekerja dengan merutekan koneksi internet perangkat Anda melalui server pribadi VPN pilihan Anda daripada ISP (Internet Service Provider) Anda sehingga ketika data Anda dikirim ke internet, data tersebut berasal dari VPN, bukan komputer Anda. Ini membuat VPN bertindak sebagai semacam perantara saat Anda terhubung ke internet, sehingga menyembunyikan alamat IP Anda. Rangkaian angka yang diberikan ISP Anda ke perangkat Anda bekerja untuk melindungi identitas Anda. Selanjutnya, jika data Anda dicegat, sekalipun tidak akan terbaca hingga mencapai tujuan akhirnya yang mana VPN akan membuat terowongan pribadi dari perangkat Anda ke internet dan menyembunyikan data penting Anda melalui sesuatu yang dikenal sebagai enkripsi.

Dengan menggunakan protokol enkripsi untuk menyalurkan semua lalu lintas internet Anda melalui terowongan terenkripsi yakni jaringan pribadi virtual antara komputer Anda dan server VPN jarak jauh. Maka VPN akan menyembunyikan alamat IP Anda dan mengamankan data Anda, mencegah orang lain mencegatnya.Tanpa VPN, semua lalu lintas internet Anda berpotensi terpapar ke ISP, pemerintah, pengiklan, atau orang lain di jaringan Anda. Itu sebabnya koneksi VPN meningkatkan privasi dan keamanan Anda secara online dan awam digunakan dalam lalu linta data penting dan sensitif.

 

Baca Juga  :    Proxy Server : Tipe/Jenis dan Perbedaanya dengan VPN

 

Manfaat dari Penggunaan VPN

Penggunaan VPN sudah awam bagi pengguna internet dunia baik itu untuk kepentingan atau kebutuhan pribadi. Namun disisi lain VPN memiliki manfaat yang pada umumnya akan Anda dapatkan meski Anda adalah pengguna individu :

  • Terlindungi

    Menggunakan VPN, Anda dan orang lain dapat berbagi file dalam jangka waktu yang lama tanpa harus khawatir tentang data yang dicuri atau diekspos.

  • Akses jarak jauh

    Karena VPN adalah jaringan yang sebenarnya, Anda dapat mengaksesnya dari jarak jauh. Ini menjadikannya sumber daya yang bagus bagi perusahaan, khususnya, memungkinkan karyawan untuk bekerja dari luar kantor. Di mana pun Anda berada, data dan informasi Anda tetap terlindungi selama Anda menggunakan VPN.

  • Anonimitas

    Anonimitas adalah salah satu prinsip terbesar internet atau salah satu masalah terbesarnya karena ada banyak sekali celah pencurian dan penyusupan. Namun, faktanya tetap bahwa ketika identitas Anda terungkap, seseorang atau sesuatu akan datang untuk mengeksploitasi Anda dan data Anda.

 

Baca Juga  :   Tips dan Trick Memperkuat Sinyal WiFi Agar Akses Lebih Cepat dan Lancar

 

Cara Memilih Layanan VPN Global Gratis Terbaik

Meskipun VPN bukanlah solusi anonimitas yang lengkap, tetapi paling tidak VPN dapat membuat aktivitas online Anda hampir tidak mungkin dilacak kembali. Lagi pula, lalu lintas Anda tampaknya berasal dari alamat IP lain yang dibagikan di antara banyak pengguna. Di sini, Anda menginginkan layanan VPN yang tidak menyimpan log apa pun dan memiliki basis pelanggan yang luas karena semakin banyak orang yang menggunakan server mereka, semakin sulit bagi Anda untuk dipilih. Simak tips dan cara memilih layanan VPN global berikut ini :

  • Dukungan Protokol

    VPN menggunakan berbagai protokol keamanan untuk melindungi data saat melewati terowongan, tetapi tidak semuanya dibuat sama. Setiap protokol membawa kelebihan dan kekurangannya sendiri ke dalam tabel mereka.

  • Kompatibilitas Lintas-Platform

    Sebagian besar VPN menyediakan dukungan untuk semua platform utama seperti Windows, iOS, Android, dan Mac, tetapi beberapa tidak. Jika Anda memiliki komputer yang diberdayakan Windows tetapi menggunakan ponsel Android, Anda pasti ingin memastikan bahwa VPN Anda memiliki aplikasi yang tersedia di keduanya.

  • Kecepatan Koneksi

    Saat Anda menggunakan VPN, kecepatan koneksi Anda melambat sampai batas tertentu karena proses enkripsi yang terjadi. Jika Anda ingin melakukan streaming konten favorit atau mengunduh file tanpa gangguan, ini bisa menjadi alternatif pemecah masalah yang tepat.

  • Fitur Dukungan

    Jika Anda bergantung pada VPN untuk menjaga aktivitas online Anda sepenuhnya pribadi, Anda pasti ingin mendaftar ke layanan yang sepenuhnya anti bocor. Lagi pula, tidak ada gunanya menggunakan layanan VPN jika tidak melakukan apa yang seharusnya yakni mendapatkan fitur serta dukungan keamanan yang kuat.

 

Baca Juga  :    Cara Melindungi Website dari Serangan Hacker Tidak Bertanggung Jawab

 

Rekomendasi Layanan VPN Global Gratis Terbaik

Mengenal Apa Itu VPN (Virtual Private Network) dan Cara Memilih Layanan VPN Global Gratis Terbaik
 

Ada banyak variasi layanan yang bisa Anda pertimbangkan bahkan di antara layanan VPN gratis, jadi sebaiknya Anda mencoba beberapa dan mencari tahu mana yang paling Anda sukai. Layanan VPN yang hebat harus mudah digunakan dan dipahami, dan tidak boleh menimbulkan terlalu banyak hambatan, bahkan saat Anda menggunakan langganan gratis. Berikut layanan VPN Global gratis yang terbaik yang populer digunakan :

  • ProtonVPN Free
  • Hotspot Shield Free VPN
  • Windscribe Free
  • TunnelBear
  • Speedify

 

Baca Juga  :   Bandwidth : Definisi, Cara Kerja dan Cara Mengukurnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Alasan banyak orang menggunakan VPN adalah karena VPN dapat membantu anda untuk mengamankan data pribadi Anda. Walau mengamankan banyak hal secara online, VPN juga memiliki kekurangan seperti dapat mengurangi kecepatan Anda dan resiko terkena blokir oleh layanan tertentu. Belum lagi VPN itu sendiri ternyata tidak legal di semua negara jadi pastikan Anda mencari tahu banyak mengenai informasi ini.

Disamping kekurangannya, VPN juga mempunyai kelebihan yang unggul yang membuatnya menjadi pilihan dalam mengamankan banyak arus online dunia. Untuk benar- benar mendapatkan keuntungan dan dukungan yang lengkap, Anda bisa memperitmbangkan untuk menggunakan VPN premium jika Anda menggunakannya untuk kepentingan yang sensitif serta kompleks. VPN gratis akan lebih sesuai bagi mereka yang menggunakannya untuk kepentingan pribadi yang tidak terlalu rumit.

Related Post :