Mengenal Apa Itu Web Crawler dan Tipe/Jenisnya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Ada jutaan kalau tidak milyaran situs web dan blog di dunia maya yang setiap harinya bermunculan. Baik itu situs web resmi sebuah perusahaan, bisnis, brand, instansi, organisasi dan lain sebagainya, datang dengan berbagai tujuan mereka masing- masing. Tetapi bagaimanakah agar semua situs web dan blog ini bisa diindeks dan ditemukan oleh target pengujung mereka?

Disinilah mesin pencari atau search engine berguna dalam membantu pemilik situs web untuk ditemukan. Mesin pencari adalah pintu gerbang informasi yang mudah diakses, tetapi web crawler sendiri yang merupakan bagiannya kurang dikenal. Padahal web crawler memainkan peran penting dalam mengumpulkan konten online selain juga sangat penting untuk strategi optimasi mesin pencari atau search engine optimization (SEO).

Maka ketika bisnis Anda tidak terwakili dan muncul di internet, Anda kehilangan banyak kesempatan untuk menarik lebih banyak prospek berkualitas. Bisnis apa pun baik itu perusahaan raksasa seperti Amazon dan Alibaba hingga bisnis kecil sekalipun pasti harus memiliki situs web dan konten yang menarik bagi audiens mereka. Menemukan Anda dan perusahaan Anda secara online tidak berhenti di situ karena di balik situs web, ada dunia penunjang yang jarang disadari di mana perayap atau web crawling memainkan peran yang sebenarnya sangat penting.

 

Mengenal Apa Itu Web Crawler

Mengenal Apa Itu Web Crawler dan Tipe/Jenisnya
 

 

Perayap atau web crawling bekerja dengan mengumpulkan informasi seperti URL situs web, informasi tag meta, konten halaman web, tautan di halaman web dan tujuan yang mengarah dari tautan tersebut, judul halaman web, dan informasi relevan lainnya. Bot ini melacak URL yang telah diunduh untuk menghindari mengunduh halaman yang sama lagi. Kombinasi kebijakan seperti kebijakan kunjungan ulang, kebijakan pemilihan, kebijakan paralelisasi, dan kebijakan kesopanan menentukan perilaku perayap web.

Selain itu, ada banyak tantangan untuk perayap web, yaitu World Wide Web yang besar dan terus berkembang, pengorbanan pemilihan konten, kewajiban sosial, dan berurusan dengan musuh. Sebagai komponen kunci dari mesin pencari web dan sistem yang melihat ke dalam halaman web, crawler membantu dalam mengindeks entri Web dan memungkinkan pengguna untuk mengirim kueri terhadap indeks dan juga menyediakan halaman web yang cocok dengan kueri.

Penggunaan lain dari perayap Web adalah dalam pengarsipan web, yang melibatkan kumpulan besar halaman web untuk dikumpulkan dan diarsipkan secara berkala. Disamping itu perayap web juga digunakan dalam penambangan data, di mana halaman dianalisis untuk properti yang berbeda seperti statistik, dan analitik data kemudian dilakukan pada semua yang data dan informasi yang dikumpulkan.

 

Baca Juga  :    Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google dan Mesin Pencarian

 

Memahami Cara Kerja Web Crawler

Umumnya, perayap web bekerja seperti pustakawan online yang mengindeks situs web untuk memperbarui informasi web dan mengevaluasi kualitas konten halaman web. Ambil contoh perayap mesin pencari yang akan menelusuri banyak halaman web untuk memeriksa kata-kata di halaman tersebut dan di mana kata-kata tersebut digunakan di tempat lain. Crawler akan membangun indeks besar untuk memasukkan semua temuan. Sederhananya, indeks adalah daftar kata serta halaman web yang terkait dengan kata-kata itu.

Saat Anda mencari big data di mesin pencari tertentu, pencarian akan memeriksa indeksnya dan mengembalikan temuan untuk Anda. Berikut adalah langkah-langkah utama yang dijalankan oleh perayap web sebagai bagian cara kerjanya :

  • Memilih URL dari sekelompok kandidat
  • Mengunduh halaman web terkait dan terkait lainnya
  • Mengekstrak URL di antara halaman web terkait
  • Menambahkan URL baru tersebut ke kandidat terkait

 

Baca Juga  :   Mengenal Meta Description dan Cara Mengoptimalkanya

 

Tipe/Jenis Web Crawler

Mengenal Apa Itu Web Crawler dan Tipe/Jenisnya
 

Ternyata ada beberapa jenis perayap web yang beberapa diantaranya didedikasikan untuk mengumpulkan dan mengindeks data yang ditemukan di seluruh Internet. Salah satunya adalah Googlebot dari Google yang memiliki spider subbot untuk mengumpulkan jenis informasi tertentu. Selain perayap seluruh web yang relatif sedikit, ada banyak perayap yang lebih kecil dan kurang terkenal yang merayap begitu saja di segmen web tertentu. Sedangkan jenis atau tipe umum dari web crawler adalah :

  • Perayapan khusus konten

    Beberapa perayap web hanya digunakan untuk mengumpulkan jenis konten tertentu, seperti email, video, atau gambar. Video Googlebot dan Perayap Media Sosial adalah contohnya. Beberapa perayap bekerja tidak hanya dengan mengumpulkan dan mengatur konten dari situs web atau aplikasi, tetapi dari seluruh dunia e-commerce tetapi juga dapat mengekstrak informasi produk tertentu yang dibutuhkan orang untuk menemukan produk yang tepat dan membuat keputusan pembelian.

  • Single site spider

    Beberapa perayap situs web dirancang untuk digunakan dengan konten di situs web tertentu, seperti :
    a) Perayap Octoparse memungkinkan Anda mengekstrak data dari situs tanpa melakukan pengkodean apa pun
    b) HTTrack Website Copier, utilitas gratis, dapat mengunduh seluruh situs ke direktori lokal di komputer Anda
    c) Perayap Algolia yang dapat disesuaikan dan dikonfigurasi dapat memperkaya konten yang diekstraksi dengan data bisnis untuk meningkatkan relevansi pengalaman pengguna

 

Baca Juga  :     Panduan Mengenal Apa Itu HTML dan XML Sitemap Bagi Pemula

 

Kriteria Web Crawler yang Baik

Saat Anda mencari perayap situs web yang tepat, baik itu untuk situs web dengan konten tertulis, aplikasi dengan konten media, atau toko e-niaga, Anda akan mudah kewalahan dengan semua opsi yang ada. Untuk mempersempit pencarian Anda, fokuslah untuk memastikan perayap baru Anda telah mencakup semua hal berikut ini :

  • Efektif

    Perayap yang baik akan dengan ahli mengekstrak dan menyusun konten situs web Anda, membuatnya mudah dikirim ke pengunjung dan pelanggan Anda, dengan semua manfaat terkait keuntungan yang mungkin ada.

  • Dapat di skalakan

    Jika Anda ingin membangun bisnis Anda dan memperluas konten atau penawaran produk di situs Anda, Anda memerlukan crawler yang dapat secara efisien menskalakan dengan pertumbuhan organisasi Anda dan kebutuhan bisnis yang berkembang.

  • Dapat disesuaikan

    Terlepas dari jenis situs web yang Anda miliki, Anda ingin dapat menyesuaikan operasi perayap untuk memastikan laba-laba Anda secara akurat menafsirkan konten unik Anda dan memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin perayapan dimulai secara otomatis pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Anda mungkin hanya membutuhkan bagian tertentu dari situs Anda yang dirayapi. Perayap Anda harus memenuhi kebutuhan ekstraksi data unik Anda yang mudah beradaptasi.

  • Siap produksi

    Perayap Anda harus menyertakan alat digital yang memungkinkan Anda mengilhami pengalaman penelusuran pengguna dengan informasi yang akurat dan tepat waktu. Misalnya, perayap yang Anda pilih harus menyertakan alat analisis data yang memungkinkan Anda menilai kualitas apa yang digali perayap Anda. Dimana juga harus menyertakan alat pemantauan data yang memberi tahu Anda tentang kesalahan apa pun yang ditemukan selama proses perayapan.

 

Baca Juga  Panduan  :   Cara Menambah Situs Baru di Website Builder

 

Kesimpulan dan Penutup

Kalau diuraikan sekali lagi, perayap web memulai pekerjaannya dengan mengunjungi daftar situs web yang telah dikunjungi sebelumnya. Selama kunjungan, crawler juga akan mencari situs web terkait lainnya yang patut dikunjungi. Dengan kunjungan terus-menerus, perayap web dapat menemukan halaman atau URL baru, memperbarui perubahan pada halaman yang ada, serta menandai tautan mati tersebut. Ketika web crawler mengunjungi halaman tertentu, ia menelusuri semua konten halaman dan kemudian menyampaikannya ke database-nya.

Setelah data pada halaman diambil, kata-kata pada halaman tersebut akan ditempatkan ke dalam indeks mesin pencari. Anda dapat mengambil indeks sebagai basis data besar kata-kata dan di mana mereka muncul di halaman yang berbeda. Crawler tidak akan berhenti sepenuhnya setelah mereka mengindeks halaman web. Sebaliknya crawler akan memeriksa apakah ada perubahan yang dilakukan pada halaman web dari waktu ke waktu. Jika ada situs web yang baru, indeks yang dibuat juga akan turut diperbarui.

 

Related Post :