Mengenal Apa Itu Web Hosting dan Tipe/Jenisnya

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Terlepas dari jumlah waktu yang dihabiskan orang di Internet yang mana menurut laporan adalah rata-rata 6 jam dan 42 menit per hari, tindakan di balik layar yang membuat situs web tetap berjalan tetap misterius bagi banyak orang. Namun, tidak memahami cara kerja Internet tidak berarti Anda tidak dapat membuat situs web impian Anda, terutama jika Anda adalah pemilik bisnis kecil.

Web hosting sendiri adalah layanan online yang memungkinkan Anda mempublikasikan file situs web Anda ke internet. Jadi, siapa pun yang memiliki akses ke internet, juga turut memiliki akses ke situs web Anda atau situs web lainnya. Dalam praktiknya, biasanya mengacu pada layanan yang Anda dapatkan dari penyedia web hosting seperti idcloudhost.com

Meskipun Anda secara teoritis dapat meng-host server sebenarnya untuk situs web Anda di rumah, mengandalkan penyedia layanan hosting web menawarkan banyak manfaat. Selain akan membantu Anda para pemula, menggunakan jasa layanan ini juga dapat mengakomodasi budget serta kebutuhan Anda. Mari simak penjelasan singkat dibawah ini jika Anda sedang mencari informasi untuk menentukan web hosting mana yang sesuai dengan kebutuhan pribadi atau bisnis Anda.

 

Mengenal Apa Itu Web Hosting

Web hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk memposting situs web atau halaman web ke Internet. Host web, atau penyedia layanan web hosting adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang diperlukan untuk situs web atau halaman web agar dapat dilihat di Internet. Situs web di hosting, atau disimpan, di komputer khusus yang disebut server. Ketika pengguna internet ingin melihat situs web Anda, yang perlu mereka lakukan hanyalah mengetikkan alamat situs web atau domain Anda ke dalam browser mereka.

Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser. Sebagian besar perusahaan hosting mengharuskan Anda memiliki domain untuk menjadi host bersama mereka. Namun jika Anda tidak memiliki domain, perusahaan hosting akan membantu Anda membelinya.

 

Baca Juga  :     Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website

 

Cara Kerja Web Hosting

Mengenal Apa Itu Web Hosting dan Tipe/Jenisnya
 

Situs web Anda sebenarnya hanyalah kumpulan file yang berbeda. Saat Anda membuat situs web, maka Anda memerlukan tempat untuk menyimpan semua file ini dan tempat itu adalah server perusahaan hosting Anda. Di server ini, Anda akan menyimpan media situs web Anda, file, database, dan apa pun yang diperlukan untuk merender situs web Anda dengan benar. Berapa tepatnya penyimpanan yang Anda miliki akan bergantung pada paket hosting yang Anda pilih.

Jika Anda baru saja mulai online, Anda mungkin hanya akan menyewa sebagian dari server yang Anda bagikan dengan situs web lain. Saat penyimpanan dan kebutuhan lalu lintas Anda meningkat, Anda mungkin perlu meningkatkan skala untuk menyewa seluruh server fisik atau setidaknya menggunakan sumber daya salah satunya, dengan cloud atau server VPS.

Saat Anda mendaftar untuk paket hosting web, Anda biasanya akan mendapatkan akses ke server melalui solusi seperti cPanel. Ini memudahkan untuk mengunggah file Anda ke server. Atau, Anda dapat menginstal CMS seperti WordPress untuk membuat situs Anda dengan mudah. Untuk memiliki situs web yang berfungsi penuh, Anda juga perlu mendaftarkan nama domain. Setelah Anda membeli ini, Anda akan mengarahkannya ke server, yang memungkinkan browser web mengetahui bahwa di sinilah lokasi file Anda.

Kemudian, saat seseorang mengetik nama domain Anda atau mengklik link ke situs Anda, browser web mendapatkan file dari server dan menampilkannya untuk pengunjung. Semua ini akan terjadi dalam beberapa detik atau kurang. Jika proses ini memakan waktu terlalu lama, Anda perlu mempercepat situs web Anda atau mempertimbangkan untuk mengganti host sepenuhnya.

 

Baca Juga  :     Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda

 

Tipe atau Jenis Web Hosting

Situs web yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga memungkinan berbagai layanan hosting web saat ini. Beberapa di antaranya adalah hared, dedicated, VPS, cloud, and e-commerce yang merupakan jenis yang paling populer. Jenis yang terbaik untuk bisnis Anda akan bergantung pada berbagai hal, termasuk jenis bisnis, jumlah lalu lintas situs web, dan berapa banyak aset visual yang ada di situs Anda.

  • Shared Hosting

    Ini adalah opsi umum karena server dibagikan di antara banyak pengguna, dalam bentuk hosting web tingkat awal yang banyak dipilih oleh para pemula. Bisnis yang memiliki situs kecil dan sederhana dengan lalu lintas sedang, dan menginginkan tersedia opsi yang paling terjangkau.

  • VPSHosting

    Disini satu server fisik dibagi menjadi beberapa ruang virtual, yang digunakan untuk menghosting situs web individual. Bisnis dengan situs web yang lebih besar dan lebih banyak diperdagangkan yang dapat menghabiskan lebih banyak uang untuk kontrol dan sumber daya tambahan.

  • Cloud Hosting

    Sedangkan cloud hosting ini adalah server virtual yang berjalan di lingkungan komputasi awan, dan menyimpan data di seluruh jaringan server. Situs web kecil hingga menengah yang membutuhkan lebih banyak sumber daya daripada hosting bersama, termasuk kemampuan untuk menangani peningkatan lalu lintas dengan cepat.

  • Dedicated Hosting

    Sesuai namanya, maka server jenis ini hanya akan disewakan ke satu pelanggan. Bisnis dengan situs web besar dengan lalu lintas tinggi yang membutuhkan banyak sumber daya, dan dapat membayar harga bulanan yang lebih tinggi.

  • Ecommerce Hosting

    Bagi pebisnis dapat menggunakan hosting khusus dengan fitur yang dirancang untuk toko online, termasuk keranjang belanja, manajemen inventaris, dan fungsi pemrosesan pembayaran. Toko online, atau bisnis fisik yang juga ingin menjual produk melalui situs web mereka.

  • Hosting Reseller

    Bentuk hosting yang memungkinkan pengguna membeli ruang server, membaginya, dan menjualnya kembali ke pelanggan lain. Individu atau bisnis dengan pengetahuan teknis yang ingin menghasilkan uang dengan menjual kembali ruang server kepada pelanggan lain.

 

Baca Juga  :    Penyedia Email Gratis (Email Hosting) untuk Perusahaan dan Bisnis Online

 

Cara Memilih Web Hosting

Mengenal Apa Itu Web Hosting dan Tipe/Jenisnya
 

Setiap host web tidaklah sama dan host yang Anda pilih akan berdampak besar pada performa situs Anda, waktu aktifnya, dan pengalaman pengelolaan situs Anda secara keseluruhan. Berikut beberapa faktor atau fitur yang perlu Anda cari saat memilih host web.

  • Bandwidth / Traffic

    Bandwidth adalah jumlah lalu lintas yang Anda terima setiap bulan, bersama dengan jumlah halaman yang dilihat setiap orang. Anda biasanya ingin memilih paket hosting web yang dapat mendukung kebutuhan bandwidth maksimum Anda.

  • Storage

    File situs web biasanya berukuran cukup kecil, tetapi jika Anda menyimpan banyak data pengguna, video, atau media lain, Anda harus memastikan penyimpanan yang disediakan mencukupi.

  • Uptime

    Sebagian besar penyedia hosting akan mencantumkan uptime mereka sebagai persentase. Biasanya uptime memiliki waktu aktif 99,9% meski memang beberapa situs web mungkin memerlukan waktu aktif 100%.

  • Email accounts

    Biasanya, penyedia hosting web Anda akan mengizinkan Anda membuat alamat email terkait domain. Beberapa host akan menyediakan ini secara gratis, sementara yang lain akan memberikan tambahan biaya.

  • FTP

    FTP memungkinkan Anda mengunggah file langsung dari komputer ke server Anda. Anda mungkin tidak memerlukan fungsi ini, tetapi beberapa pengguna akan memintanya.

  • Support

    Faktor ini adalah salah satu yang terpenting dalam mencari web hosting. Carilah staf pendukung berkualitas yang bekerja ekstra untuk memastikan masalah apa pun diselesaikan tepat waktu.

 

Baca Juga  :     Cara Memilih Hosting yang Tepat dan Terbaik untuk Perusahaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Saat Anda membeli layanan hosting web, pada dasarnya Anda membeli ruang untuk menyimpan file situs web Anda sendiri. File-file ini kemudian dapat diakses oleh browser web, agar situs web Anda dapat ditayangkan di internet. Web hosting sendiri ditawarkan oleh berbagai penyedia layanan yang memiliki teknologi yang diperlukan untuk menyimpan file situs Anda dengan benar. Dengan mendaftar ke layanan hosting, pada dasarnya Anda menyewa ruang di server yang dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting web mereka.

Karena kebanyakan orang atau bahkan bisnis tidak memiliki server sendiri, mereka menyewakan ruang server dari perusahaan hosting web pihak ketiga. Server adalah komputer fisik yang beroperasi 24/7, sehingga file situs Anda selalu dapat diakses tanpa gangguan dalam layanan. Server-server ini dimuat dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan agar situs web Anda berfungsi. Host web Anda bertanggung jawab atas hal-hal seperti pemeliharaan server, keamanan, dan menjalankan perangkat lunak yang benar, sehingga file di server dapat dengan mudah diakses oleh browser situs web.

Related Post :