Mengenal Asal Usul Bootstrap Twitter

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Sebagai seorang programmer baik programmer yang masih awam hingga yang sudah profesional tentu saja banyak masalah yang sering dihadapi dalam pengembangan aplikasi website. Salah satu hal yang menjadi masalah dan terkadang juga merepotkan adalah saat mendesain sebuah tampilan website.

Untuk menghasilkan sebuah desain atau tampilan website bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika tampilan yang diharapkan adalah tampilan yang ideal dan juga responsive dalam berbagai jenis perangkat mulai dari perangkat desktop, tablet, hingga mobile sekalipun. Seorang programmer seperti ini, atau disebut juga sebagai frontend developer, akan banyak menghadapi berbagai macam script program seperti CSS yang begitu panjang dan rumit untuk membuat sebuah website agar memiliki tampilan yang responsive dan juga dapat diakses di berbagai macam browser.

Mark Otto dan Jacob Thorton yang bekerja di Twitter yang melihat hal tersebut sebagai suatu masalah dan tantangan, mengembangkan sebuah framework untuk mendukung pengembangan dan konsistensi tools pada bagian internal sebuah program pada perusahaan Twitter agar dapat mengurang beban pemeliharaan yang membengkak dan inkonsistensi. Framework inilah yang diberi nama Bootstrap Twitter.

Bootstrap pertama kali rilis oleh Twitter pada bulan Februari 2012 dengan projectnya yang dinamakan project GitHub. Bootstrap mendukung HTML 5 dan CSS 3 dan juga kompatibel dengan berbagai web browser. Bootstrap menjadi lebih responsive di berbagai perangkat sejak bootstrap v 2.0 dirilis. Saat ini versi bootstrap yang sudah beredar secara stabil adalah versi 3.0 dan untuk versi 4.0 masih dalam tahap pengembangan.

Bagi kalian yang merasa memiliki hobi, pekerjaan, dan kebutuhan untuk membuat sebuah tampilan website yang dinamis dan juga responsive dalam berbagai perangkat, Bootstrap bisa menjadi framework pilihan yang sangat membantu. Pengerjaan frontend akan berjalan lebih cepat dan tentu saja akan terasa lebih mudah. Bootstrap twitter dapat di download secara gratis di situs resminya yaitu http://getbootstrap.com/.

Related Post :