Mengenal Atom Text Editor

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Memang terdapat banyak software text editor yang sering dipakai oleh web developers, seperti Adobe Dreamweaver cs 3 atau cs 6, Notepad, Notepad  ++, Sublime text 3, dan masih banyak lagi text editor yang sering digunakan .

Saya akan menceritaka pengalaman saya saat menggunakan beberapa text editor  sewaktu pertamakali membuat source code atau mengoding pada saat sekolah, pada  kelas 1 SMK, yang pertama diperkenalkan oleh guru produktif  yaitu dengan notepad dan notepad ++ untuk membuat kodingan, pengalamannya biasa dan tidak banyak fitur yang ditawarkan karena biasanya notepad ++ sudah tersedia pada system operasi windows.

Setelah naik ke kelas 2, barulah diperkenalkan dengan adobe Dream Weaver cs3, pengalamannya lumayan saya rasakan dari mulai bisa mengatur warna, tidak terlalu cape dalam mengetik karena yang biasanya harus mengetik <html> dan untuk menutup </html> kita harus mengetikkan secara manual, tetapi fitur didalam adobe DW cs3 ini sudah tersedia secara otomatis tanpa mengrtikkannya dan pada pilihannya ketika mengetikan bgcolor dan semacamnya akan mengeluarkan dan memilih warna sesuai dengan apa yang kita inginkan tanpa harus melihat kode warnanya. Kemudian teman saya memperkenalkan dengan sublime text 3 , dimana banyak fitur yang saya rasakan karena terdapat warna yang berbeda pada setiap kodingan yang kita ketik , tetapi saya tidak terlalu suka karena saya sudah lama menggunakan adobe DW cs3. Kemudian saya menggunakan Adobe Dream Weaver cs6 karena ada fitur tambahan yaitu terdapat tanda merah jika ada error atau kita salah mengetikkan sebuah kode.

Dan di kelas 3 sekarang saya mencari lagi text editor yang mungkin lebih banyak fitur dan alhasil saya menemukan ATOM text editor ini yang saya lihat berbagai review di youtube banyak yang menggunakan Atom ini, dan kebanyakan yang menggunakannya pengguna Macbook Air, dan saya tertarik untuk mencobanya di Windows dan pengalamannya sangat memuaskan, karena saya mencoba fiitur yang sama seperti Sublime dimana textnya mempunyai warna, saya mersa sangat betah karena terdapat Package control dan masih banyak lagi fitur yang mirip dengan sublime text3.

Mengenal Atom Text Editor

Dan saya akan sedikit memberi tahu fitur yang saya gunakan didalam Atom text editor yang saya pakai beserta shortcut keyboard untuk menggunakan fiturnya, langsung saja :

  1. Mencari file dan kita tidak harus membuka banyak folder uuntuk mencarinya asalkan kita tahu nama filenya , yaitu dengan menggunakan Ctrl+P . Saya akan mencotohkan, saya ingin mencari file Blogcontroller yang letaknya di app/http/controller. tinggal kita klik saja dan akan mucul  dengan sendirinya, jadi kelebihannya sudah kita ketahui dan menjadikan folder disamping tidak berantakan.
  2. Fitur berikutnya yaitu jika kita ingin memberi warna pada background kita tidak perlu mengingat kode warnanya, kita tinggal menggunakan shortcut pada keyboard yaitu Ctrl+alt+C. Tetapi terlebih dahulu kita harus meninstal Color Picker, caranya klik file lalu masuk ke setting lalu pilih install dan cari color picker
    Mengenal Atom Text Editor
    dan tinggal tekan Ctrl+alt+C dan akan muncul pilhan warnanya.
    Mengenal Atom Text Editor
  3. Selanjutnya yang saya sukai ketika mengetik ht akan muncul pilihan html dimana ketika kita tekan enter akan langsung muncul dari awal <html> …</html> .
    Mengenal Atom Text EditorMengenal Atom Text Editor
  4. Minimap Lalu ada minimap yang tidak jauh berbeda dengan Sublime, tetapi jika tidak ada anda harus menginstalnya terlebih dahulu seperti pada no.2 dan tinggal cari minimap.

Mungkin itulah pengalaman saya mengenai Atom text editor yang saya rasakan, dan sampai sekarang saya masih mencari tahu kelebihan dari Atom ini. Dan jika ingin mendownloadnya anda tingal masuk ke https://atom.io/. Sekian artikel yang bisa saya buat slebihnya mohon maaf atas segala kekurangannya dan terimakasih

Related Post :