Mengenal Berbagai Jenis/Tipe Email Marketing dan Solusi Terbaiknya

Business, Email Marketing / 0 | | 1

Hampir semua bisnis baik kecil dan besar pasti ingin melakukan pemasaran yang efektif dan apakah Anda salah satu bisnis yang ingin memasarkan produk Anda? Dalam era digital seperti ini Anda tidak perlu pusing untuk menyebar brosur atau memesan jasa pemasangan pamflet. Anda bisa mendapat banyak konsumen hanya dengan bermodalkan internet dan layanan pengiriman email blast.

Salah satu cara yang efektif dalam digital marketing salah satunya adalah email marketing. Email marketing sendiri bisa menjadi solusi bagi Anda pemilik usaha menengah atau bahkan Anda yang baru memulai bisnis. Anda bisa dengan mudah menyebarkan produk atau layanan Anda dengan menggunakan email marketing secara bersamaan ke banyak orang.

Ada banyak tools, alat dan aplikasi yang bisa Anda gunakan dalam mengirim email marketing, Anda bisa menggunakan Mailchimp atau layanan sejenisnya. Anda juga bisa belajar bagaimana cara menuliskan email marketing dan apa saja jenis email marketing di artikel ini. Temukan semua jawaban tentang email marketing dalam artikel ini dan simak sampai habis.

 

Definisi Email Marketing dan Cara Menulis Email Marketing

Mengenal Berbagai Jenis/Tipe Email Marketing dan Solusi Terbaiknya
 

 

Email marketing adalah alat fleksibel yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan Anda. Jika Anda baru mengenalkan produk atau layanan Anda kepada calon pelanggan, menggunakan email marketing sangat berguna untuk para calon pelanggan Anda supaya mengenal produk atau layanan bisnis Anda. Prospek pada tahap awal proses pembelian. Saat calon pelanggan Anda sudah mengenal bisnis yang Anda tawarkan kepada mereka maka semakin dekat dengan keputusan pembelian, Anda dapat mengirimi mereka penawaran atau diskon untuk meyakinkan mereka agar membeli.

Berikut solusi untuk mengirim email marketing agar bisnis Anda sukses dan mendapat banyak konsumen yang bisa Anda coba terapkan sendiri.

  • Tulis Subjek Email Menarik

    Jika Anda bertanya-tanya bagaimana melakukan email marketing dengan benar, tempat terbaik untuk memulai adalah dengan baris subjek email. Subjek email dapat menjadi penentu apakah email Anda dibuka, dihapus, atau bahkan dilaporkan sebagai spam. Anda harus menuliskannya semenarik mungkin agar calon pelanggan atau pelanggan Anda mau membuka email marketing yang Anda kirimkan. Orang-orang membuka email Anda jika mereka merasa akan mendapat manfaat, sesuatu yang mendesak, atau jika Anda memberikan bukti kuat tentang mengapa pelanggan Anda atau calon pelanggan Anda harus membuka email marketing tersebut lewat subjek yang Anda tulis.

  • Buat Teks Pratinjau

    Email marketing yang bagus bukan hanya terdapat baris subjek yang memikat orang saat membuka email Anda, tapi juga ada peran dari teks pratinjau. Teks pratinjau adalah potongan teks yang memberitahu pelanggan lebih banyak tentang konten email Anda. menunjukkan bagian dari baris pertama email. Buatlah teks pratinjau email mulai dari 35 hingga 140 karakter, tergantung pada calon pelanggan atau pelanggan Anda, ini akan menentukan juga apakah email Anda akan dibuka atau tidak. Tuliskan hal menarik seperti kata-kata “Diskon”, “Gratis”, dan lain sebagainya.

  • Persiapkan Isi Email Terbaik

    Menulis copy email marketing mirip dengan menulis copy di website. Artinya, penting untuk Anda mempertimbangkan hal berikut untuk menulis email marketing dengan panduan :

    a) Struktur Logis

    Buat paragraf tetap pendek. Sertakan satu gagasan utama per paragraf. Jangan ragu untuk menggunakan poin dan subjudul untuk memecah blok teks dan membuat email Anda dapat dipindai.

    b) Perhatikan Penulisan

    Hindari semua huruf besar dan tanda seru ganda di baris subjek dan isi email. Tidak hanya semua huruf besar yang setara dengan memaksa secara online, penggunaan yang berlebihan akan membuat email marketing masuk ke kategori spam. Itu akan merusak tingkat buka email Anda. Serta jika cukup banyak konsumen yang melaporkan Anda, itu juga dapat merusak pengiriman email Anda atau bahkan membuat Anda masuk daftar hitam atau blacklist oleh layanan newsletter email Anda.

    c) Ajak Pembaca Berkomunikasi

    Jika Anda benar-benar ingin pembaca mengklik, maka Anda harus mengirimkan email seperti orang sungguhan, misalnya menggunakan bahasa yang santai dan bukan tulisan yang tampak seperti robot yang mengirim email. Hindari terlalu banyak berjualan dan menawarkan produk Anda secara eksplisit, buatlah email marketing seolah-olah Anda sedang berbicara dengan seseorang yang duduk di seberang meja dari Anda. Jangan mengirim email yang membosankan, gunakan email Anda untuk membangkitkan imajinasi pembaca dengan membagikan pandangan orang dalam tentang perusahaan Anda, kisah pelanggan, atau bahkan anekdot pribadi. Ketika pelanggan Anda dapat membayangkan diri mereka berada di posisi Anda, Anda akan mulai membangun hubungan dengan mereka.

 

Baca Juga  :    Strategi Terbaik Untuk Melakukan Email Blast yang Efektif dan Efisien

 

Mengenal Berbagai Jenis/Tipe Email Marketing

Mengenal Berbagai Jenis/Tipe Email Marketing dan Solusi Terbaiknya
 

Anda sudah mengetahui beberapa trik untuk membuat email marketing Anda bisa mendapatkan banyak pembaca bahkan bisa membuat pembaca email marketing Anda mau membeli produk atau layanan Anda. Sekarang Anda harus bisa membedakan email marketing yang akan Anda kirimkan. Berikut jenis-jenis email marketing yang harus Anda ketahui.

  • Welcome Emails

    Email marketing yang langsung menjualkan barang atau layanan biasanya hanya mendapat perhatian yang sangat sedikit. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hanya 25% email marketing yang langsung mendatangkan pelanggan, sedangkan 50% email marketing memenuhi kriteria email yang baik tetapi belum siap untuk mendapatkan pelanggan.
    Oleh karena itu, perkenalan di awal sangat penting untuk mendorong prospek Anda lebih dekat ke tahap pembelian. Welcome Emails atau email selamat datang menunjukkan rasio buka dan klik-tayang yang lebih baik saat Anda memperkenalkan bisnis Anda tanpa mengirim promosi penjualan. Jangan memperkenalkan produk atau layanan baru sebelum Anda membangun hubungan. Cukup berusaha untuk memberikan kesan pertama yang baik yang menggambarkan pengetahuan dan keahlian industri Anda serta membantu membuka jalan untuk kontak di masa mendatang.

  • Email Newsletters

    Banyak bisnis dan organisasi mengirim email newsletter agar tetap diingat oleh penerimanya. Sebagian besar bisnis industri sebenarnya menggunakan email newsletter sebagai dasar dari program pemasaran email mereka karena mereka adalah alat yang hebat untuk mengedukasi pelanggan dan prospek tentang bisnis Anda dan menampilkan profil karyawan, kehebatan perusahaan, dan grafik yang relevan. Sebelum masuk ke detail seluk beluk membuat buletin email, Anda perlu menentukan tujuan Anda.
    Apa yang Anda inginkan untuk dicapai oleh email newsletter Anda? Anda mungkin ingin menjalin kedekatan dengan kontak yang ada dan menjadi merek pertama yang mereka pikirkan saat mereka membutuhkan produk atau layanan di industri Anda. Bisa jadi tujuan Anda mungkin untuk meningkatkan sharing atau penyebaran informasi sehingga Anda menarik orang baru ke daftar Anda. Saat Anda menentukan sasaran, pikirkan tentang metrik apa yang dapat Anda gunakan untuk melacak kemajuan email newsletter yang Anda kirimkan.

    Baca Juga   :    Memahami Manfaat Menggunakan Kampanye Email Marketing Bagi Bisnis

  • Dedicated Emails

    Dedicated Emails membantu Anda menyiapkan konteks untuk memperkenalkan ajakan untuk bertindak sesuatu sesuai dengan isi pesan Anda. Dedicated Emails mirip dengan halaman arahan. Pengiriman email biasanya digunakan untuk menjangkau seluruh basis pelanggan yang terdapat dalam data penerima pesan email Anda, mungkin praktik ini belum tentu efisien dalam mengoptimalkan konversi dan meminimalkan berhenti berlangganan tapi Dedicated Emails bisa bertindak sebagai alat untuk mengukur seberapa besar pelanggan atau calon pelanggan Anda mau mengikuti instruksi dari pesan yang disampaikan.
    Misalnya, Anda sedang melakukan campaign untuk melakukan penjualan layanan baru dan ingin orang-orang memakai layanan Anda secara trial atau diberikan masa waktu gratis, saat banyak yang mengikuti masa trial tersebut, maka Dedicated Emails yang Anda kirimkan berhasil. Itulah mengapa penting untuk menentukan persona pembeli Anda untuk menjangkau audiens target Anda secara efektif. Jika tidak, email Anda akan dibiarkan belum dibuka atau dihapus.

  • Sponsorship Emails

    Jika Anda ingin menjangkau pelanggan yang berbeda dan mendapatkan prospek baru, Anda dapat mencoba email sponsor dengan iklan bergambar. Sponsor biasanya mengharuskan Anda membayar untuk menyertakan salinan Anda di buletin vendor lain atau kampanye email send Sponsorship khusus adalah salah satu komponen dari strategi media berbayar, termasuk bayar per klik (PPC), iklan bergambar, iklan seluler, iklan afiliasi, dll.

  • Transactional Emails

    Email transaksional adalah pesan yang dipicu oleh tindakan tertentu yang telah dilakukan oleh pelanggan Anda dan memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tindakan tersebut. Misalnya, jika pelanggan Anda mendaftar untuk webinar digital marketing, pelanggan Anda pasti akan mengisi formulir dan menerima email transaksional (ucapan email balasan berupa terima kasih), yang memberi informasi login untuk bergabung. Jika Anda menggunakan pilihan ganda, orang-orang akan menerima email yang meminta mereka untuk mengklik tautan untuk mengkonfirmasi pendaftaran mereka.

  • Re-Engagement Emails

    Jika metrik menunjukkan bahwa sebagian dari daftar klien langganan Anda tidak aktif, mungkin sudah waktunya untuk mengirimkan Re-Engagement Emails untuk menjalin kembali kontak dan niat baik. Meminta umpan balik adalah cara terbaik untuk membawa bisnis Anda kembali ke pikiran pelanggan Anda, dan jika mereka merespons, berarti email Anda berhasil. Pelanggan kembali secara aktif mengetahui bisnis Anda, dan Anda mendapatkan umpan balik baru untuk digunakan guna meningkatkan proses dan taktik pemasaran. Dan bahkan jika mereka berhenti berlangganan, ada sisi baiknya: Tingkat keterlibatan email Anda atau respon dari email yang Anda kirimkan akan meningkat secara keseluruhan, dan reputasi email Anda akan meningkat di antara Internet Service Provider (ISP).

 

Baca Juga  :     Manfaat Penggunaan Email Hosting Bagi Bisnis dan Usaha

 

Kesimpulan dan Penutup

Email marketing adalah alat fleksibel yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan Anda. Jika Anda baru mengenalkan produk atau layanan Anda kepada calon pelanggan, menggunakan email marketing sangat berguna untuk para calon pelanggan Anda supaya mengenal produk atau layanan bisnis Anda.

Anda bisa membuat email marketing yang baik dengan cara Tulis Subjek Email Menarik, Buat Teks Pratinjau, dan Persiapkan Isi Email Terbaik. Sedangkan jenis-jenis email marketing yang harus Anda ketahui yaitu Welcome Emails, Email Newsletters, Dedicated Emails, Sponsorship Emails, Transactional Emails, dan Re-Engagement Emails. Jangan lupa untuk membuat email yang menarik dan mengikuti perkembangan terbaru.

 

 

 

Related Post :