Mengenal Bisnis Franchise : Tips & Trick, Syarat, Cara Membuka di Indonesia

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Saat ini, bisnis franchise di Indonesia semakin banyak penggemarnya. Tentu saja, jenis bisnis ini dipilih bukan tanpa alasan. Usaha franchise dipilih karena seseorang tidak perlu lagi susah payah membangun bisnis dari nol karena usaha franchise telah memiliki nama dan reputasi tersendiri. Hanya dengan modal yang cukup dan niat yang kuat maka kini siapa saja bisa memiliki usaha franchise.

Bisnis franchise di Indonesia juga sudah lama menjadi tren masyarakat yang kini kian menjamur saja keberadaannya. Hampir disetiap tempat, Anda bisa menemukan usaha franchise baik itu dalam bidang makanan maupun minuman. Karena pengusaha dan pebisnis lebih memilih menggunakan franchise mengingat franchise menyediakan banyak variasi yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan pengusaha.

Meski bisnis franchise dipilih karena sudah adanya kredibilitas image branding di baliknya, namun begitu tidak berarti bisnis tipe ini akan mudah untuk dijalankan. Terdapat beberapa tips dan trik menjalankan bisnis franchise di Indonesia agar bisnis tersebut bisa berkembang dengan baik. Apa saja tips dan trik tersebut? Ketahui selengkapnya di bawah ini.

 

Tips Menjalankan Bisnis Franchise di Indonesia

Mengenal Bisnis Franchise : Tips & Trick, Syarat, Cara Membuka di Indonesia
 

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis franchise di Indonesia, maka ketahui dahulu beberapa tips suksesnya di bawah ini.

  • Sesuaikan dengan minat Anda

    Sebuah bisnis akan lebih menyenangkan jika Anda menyesuaikannya dengan minat sendiri. Bisnis franchise sendiri memiliki banyak pilihan. Seperti minimarket, pulsa, minuman, makanan, dan masih banyak lagi. Dengan menyesuaikannya sesuai apa yang Anda minati, maka Anda bisa menjalankan bisnis tersebut dengan lebih nyaman.

  • Cek franchise yang ingin dibeli terlebih dahulu

    Jika Anda sudah menentukan minat yang tepat dalam menjalankan bisnis franchise, maka Anda bisa mengecek dahulu seperti apa bisnis franchise yang akan dibeli. Baik itu dalam hal reputasi, popularitas, peluang pengembangan produk, prediksi keuntungan dan lain sebagainya.

  • Kemudian, kenali segmen pasarnya

    Selanjutnya jika Anda sudah mencari tahu mengenai franchise yang ingin dipilih, maka Anda juga perlu mengetahui seperti apa segmen pasar yang akan dituju nantinya. Jangan sampai segmen pasar yang ada malah berbeda dengan jenis franchise yang akan Anda jalankan nantinya.

  • Siapkan modal yang cukup

    Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan menyiapkan modal yang cukup. Dengan begitu, Anda tidak hanya mengandalkan modal dari pewaralaba itu sendiri, karena dalam proses usaha pun Anda tentu juga memerlukan modal sendiri untuk tetap berjalan.

  • Pilih lokasi strategis untuk menjalankannya

    Kemudian, jangan lupa untuk mencari lokasi strategis untuk bisnis franchise Anda. Pastikan lokasi yang dipilih merupakan lokasi yang memiliki banyak pengunjung dan lokasi yang mudah dicari dan dikenali semakin besar pula kemungkinan penjualan yang akan Anda peroleh.

  • Gunakan sosial media untuk promosi

    Terakhir, Anda bisa menggunakan sosial media untuk promosi. Mengapa? Hal ini tak lain karena dengan sosial media Anda bisa melakukan promosi dengan cara yang mudah dan harga yang murah. Hanya dengan mengandalkan hp, maka Anda sudah bisa mempromosikan bisnis yang dimiliki.

Itulah beberapa tips dan trik dalam menjalankan bisnis franchise di Indonesia. Pastikan setiap tips maupun trik di atas bisa Anda terapkan agar bisnis dapat berjalan dengan maksimal.

Berikut merupakan hal yang harus Anda perhatikan jika Anda tertarik dengan bisnis franchise. Persiapkan semuanya secara detail agar bisnis Anda lancar. Bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis franchise di Indonesia, maka pastikan Anda memenuhi syarat-syaratnya di bawah ini terlebih dahulu.

Baca Juga :   Tips & Trik Membangun Membangun Website Startup yang Baik & Benar

 

Syarat Mendirikan Bisnis Franchise di Indonesia

Mengenal Bisnis Franchise : Tips & Trick, Syarat, Cara Membuka di Indonesia
 

Populernya bisnis franchise di Indonesia membuat banyak orang ingin menjalankan bisnis tersebut. Namun jangan sampai menjalankannya asal-asalan, karena beberapa syarat berikut harus dipenuhi terlebih dahulu. Apa saja? Berikut diantaranya.

  1. Bisnis franchise memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri

    Syarat pertama dalam mendirikan bisnis franchise adalah keunikan dan ciri khas. Coba cari tahu apa saja yang membuat bisnis Anda menjadi berbeda dengan yang lain. Dengan adanya keunikan, maka bisnis franchise yang Anda jalankan tidak mudah ditiru oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Adanya ciri khas pada bisnis franchise juga akan membuat pelanggan mudah mengingat produk yang Anda jual. Dengan begitu, Anda tidak akan sulit untuk mendapatkan orderan ulang.

  2. Sudah terbukti dapat menghasilkan keuntungan

    Syarat bisnis franchise selanjutnya adalah bisnis tersebut sudah benar-benar terbukti menguntungkan. Tidak ada salahnya untuk melakukan riset pasar mengenai apa yang saat ini tengah di sukai dan trending di pasaran begitu juga riset untuk mengetahui prediksi keuntungan. Jika Anda tidak melakukan riset ini, maka semua yang Anda usahakan akan percuma.

  3. Punya SOP yang jelas dan tertulis

    SOP sangat penting untuk dimiliki oleh setiap bisnis. Sebuah SOP adalah panduan dan acuan dalam bertindak maka setiap karyawan mampu bekerja sesuai prosedur yang diberlakukan. Dengan begitu, pelayanan pun dapat dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku.

  4. SOP mudah diaplikasikan dan diajarkan

    Perlu Anda ketahui bahwa memiliki SOP saja tidaklah cukup. Pasalnya, prosedur yang dituliskan dalam SOP harus mudah diaplikasikan dan diajarkan kepada karyawan. Jangan sampai SOP yang Anda berlakukan tidak memenuhi kebutuhan standar dan memberatkan dalam pengerjaannya.

  5. Memberikan dukungan berkelanjutan

    Agar mitra usaha semakin sukses, maka Anda juga perlu memberikan dukungan berkelanjutan mengingat dalam bisnis pasti akan mengalami naik dan turun. Dukungan dan motivasi kepada orang lain ini sangat penting untuk menjadikan usaha semakin berkembang menjadi lebih baik.

  6. Telah terdaftar di HKI

    HKI atau Hak Kekayaan Intelektual terdiri dari hak merek, hak cipta, dan hak paten. Untuk menjalankan bisnis franchise, maka HKI harus didaftarkan pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Dengan begitu, jika suatu saat ada yang meniru produk Anda maka Anda bisa melaporkan dan menggugatnya ke ranah hukum.

Di atas adalah beberapa syarat yang perlu Anda penuhi saat ingin mendirikan bisnis franchise di Indonesia. Jika syarat tersebut terpenuhi, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membuka bisnis tersebut dengan tepat.

Baca Juga :   Mengenal Apa Perbedaan Sales & Marketing dalam Bisnis / Perusahaan

 

Cara Membuka Bisnis Franchise di Indonesia

Mengenal Bisnis Franchise : Tips & Trick, Syarat, Cara Membuka di Indonesia
 

Hal lain yang perlu Anda ketahui khususnya bagi Anda yang masih terbilang masih pemula dalam hal membuka bisnis adalah bagaimana cara membuka bisnis franchise di Indonesia. Di bawah ini merupakan ulasan dari informasi tersebut.

  • Tentukan bisnis franchise yang ingin dibuka

    Bisnis franchise memiliki banyak jenis yang bisa Anda pilih untuk dibuka. Pastikan memilihnya sesuai dengan minat dan juga keinginan. Jika perlu, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu kepada orang-orang yang sudah lebih dulu menggeluti bisnis tersebut.

  • Ketahui juga apa saja syarat syaratnya

    Selanjutnya, saat Anda sudah menemukan jenis bisnis yang cocok maka mulai cari tahu apa saja syarat dan juga ketentuan yang diberlakukan. Pasalnya, tidak semua bisnis dapat memberikan syarat yang mudah, maka mengetahuinya dari awal adalah keputusan yang paling tepat.

  • Siapkan modal yang dibutuhkan

    Jangan lupa juga untuk menyiapkan modal yang dibutuhkan. Modal ini nantinya akan berguna untuk menyewa bisnis franchise serta keperluan lainnya untuk mendukung berjualan. Namun pastikan untuk tidak terburu-buru menghabiskannya, maka Anda bisa mengeluarkan modal sesuai dengan apa yang memang diperlukan saja.

  • Buat perjanjian kontrak

    Berikutnya, Anda bisa membuat surat perjanjian kontrak dengan pemilik waralaba, dengan begitu, terdapat kesepakatan yang harus ditaati dari kedua belah pihak. Jika salah satunya mengingkari, maka pihak lain dapat menuntut atau bahkan meminta ganti rugi sehingga akan memberikan keamana bagi kedua belah pihak.

  • Jalankan bisnis sesuai dengan prosedur yang sudah disepakati

    Terakhir, Anda harus bisa menjalankan bisnis franchise  mengikuti dan sesuai dengan prosedur yang sudah disepakati. Semua prosedur yang sudah disetujui tersebut perlu dilakukan agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

Baca Juga :   Mengenal Apa itu Shopify : Fungsi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

 

Kesimpulan dan penutup

Bisnis franchise sendiri terbilang cukup menjanjikan, sehingga banyak pengusaha awal yang baru mulai berbisnis memilih metode bisnis ini jika dibandingkan membangun bisnis dengan merek sendiri. Karena itu jangan sampai Anda lewatkan peluang bisnis yang menguntungkan satu ini jika Anda masih awam mengenai bisnis dan mencari kepastian serta kemudahan dalam membangun image bisnis.

Apapun jenis bisnis yang nantinya Anda pilih, pastikan untuk menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Jangan takut memulai untuk membuka bisnis, karena bisa saja disitulah peluang dimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan lebih banyak. Semuanya kembali lagi kepada Anda, namun percayalah bahwa setiap usaha tidak akan menghianati hasil.

Related Post :

popup image