Mengenal Cara Kerja Web Crawler Bagi Situs Web

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana mesin pencari seperti Google atau Bing mengumpulkan semua data yang akhirnya mereka sajikan dalam hasil pencarian ketika Anda mencarinya? Itu karena mesin pencari mengindeks semua halaman dalam arsip mereka sehingga mereka dapat mengembalikan hasil yang paling relevan berdasarkan kueri. Perayap web atau web crawler memungkinkan mesin telusur menangani proses ini dan mengumpulkan pencarian yang relevan.

Web crawler yang juga dikenal sebagai laba-laba/spider web atau robot web adalah program atau skrip otomatis yang menelusuri World Wide Web secara metodis dan otomatis. Proses inilah yang disebut web crawling atau spidering. Banyak situs yang sah khususnya di mesin pencari, menggunakan spidering sebagai sarana untuk menyediakan data terbaru mereka.

Perayap web terutama digunakan untuk membuat salinan semua halaman yang dikunjungi untuk diproses nanti oleh mesin pencari, yang akan mengindeks halaman yang diunduh untuk menyediakan pencarian cepat. Crawler juga dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas pemeliharaan di situs web, seperti untuk memeriksa tautan atau memvalidasi kode HTML. Selain itu, crawler dapat digunakan untuk mengumpulkan jenis informasi tertentu dari halaman Web, seperti mengumpulkan alamat email yang biasanya untuk spam.

 

Mengenal Cara Kerja Web Crawler

Mesin pencari bekerja dengan crawling yakni merayapi atau mengunjungi situs dengan melewati tautan di halaman. Namun, jika Anda memiliki situs web baru tanpa tautan yang menghubungkan laman Anda dengan laman lain, Anda dapat meminta mesin telusur untuk merayapi situs Anda dengan mengirimkan URL Anda di Google Search Console. Bisa dikatakan bahwa crawler bertindak sebagai penjelajah di tanah baru dalam hal ini situs web baru.

Crawler akan selalu mencari tautan yang dapat ditemukan di halaman dan mencatatnya di peta setelah mereka memahami fiturnya. Tetapi perayap situs web hanya dapat menyaring halaman publik di situs web, sedangkan dimana halaman pribadi yang tidak dapat mereka jelajahi diberi label dark web. Sederhananya ketika perayap web, saat berada di halaman, akan mengumpulkan informasi tentang halaman seperti salinan dan tag meta. Kemudian, perayap menyimpan halaman dalam indeks sehingga algoritma Google dapat mengurutkannya berdasarkan kata-kata yang terkandung di dalamnya untuk kemudian diambil dan diberi peringkat bagi pengguna.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) dan Cara Kerjanya

 

Memahami Pentingnya Manfaat Web Crawler Bagi Situs Web

Mengenal Cara Kerja Web Crawler Bagi Situs Web
 

Berkat adanya revolusi digital yang membuat masyarakat modern global menggunakan perangkat cerdas dan internet dalam kesaharian mereka, jumlah total data di web telah meningkat. Pada tahun 2013, IBM menyatakan bahwa 90% dari data dunia telah dibuat dalam 2 tahun sebelumnya saja yang mana terus menggandakan tingkat produksi data setiap 2 tahun. Namun ternyata hampir 90% data tersebut tidak terstruktur yang membuat perayapan web sangat penting untuk mengindeks semua data tidak terstruktur ini agar mesin telusur memberikan hasil yang relevan.

Jika menurut data Google, minat terhadap topik web crawler telah menurun sejak tahun 2004. Namun, pada periode yang sama, minat terhadap web scraping telah melampaui minat terhadap web crawling. Berbagai interpretasi dapat dilakukan, beberapa diantaranya adalah :

  • Meningkatnya minat dalam analitik dan pengambilan keputusan berdasarkan data adalah pendorong utama bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam scraping.
  • Perayapan yang dilakukan oleh mesin pencari tidak lagi menjadi topik yang semakin diminati sejak mereka melakukannya sejak awal 2000-an
  • Industri mesin pencari adalah industri bersifat raksasa yang didominasi oleh pemaian lama dan kuat yakni Google dan Baidu (search engine dari China), sehingga hanya sedikit perusahaan yang perlu membangun crawler.

 

Baca Juga  :    Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Mengenal Jenis Web Crawler

Perayap web tidak terbatas pada spider mesin telusur saja. Ternyata ada jenis perayapan web lain di luar sana, yang harus Anda ketahui yaitu :

  • Perayapan berita (news crawling)

    Dengan munculnya internet, berita dari seluruh dunia dapat menyebar dengan cepat di seluruh web dan untuk mengekstrak data dari berbagai situs web, bisa sangat tidak terkendali dan membingungkan jika dilakukan secara manual. Ada banyak perayap web yang dapat mengatasi tugas ini. Perayap tersebut dapat mengambil data dari konten berita baru, lama, dan yang diarsipkan serta membaca umpan RSS. Disini crawler akan mengekstrak informasi yang mereka dapatkan berdasarkankan tanggal penerbitan, nama penulis, tajuk utama, paragraf utama, teks utama, dan bahasa penerbitan.

  • Perayapan gambar (image crawling)

    Sesuai dengan namanya, jenis crawling ini diterapkan pada gambar. Internet penuh dengan representasi visual yang dengan demikian, penggunaan bot perayapan akan membantu orang menemukan gambar yang relevan sesuai pencarian di antara banyak gambar di seluruh web.

  • Perayapan media sosial

    Perayapan media sosial adalah hal yang cukup menarik karena tidak semua platform media sosial memungkinkan untuk dirayapi. Anda juga harus ingat bahwa jenis perayapan semacam itu bisa ilegal jika melanggar kepatuhan privasi data. Namun, ada banyak penyedia platform media sosial yang baik-baik saja dengan perayapan. Misalnya, Pinterest dan Twitter mengizinkan spider bot untuk memindai halaman mereka jika tidak sensitif terhadap pengguna dan tidak mengungkapkan informasi pribadi apa pun. Adapun Facebook juga LinkedIn sangat ketat dalam hal ini.

  • Perayapan video (video crawling)

    Terkadang jauh lebih mudah untuk menonton video daripada membaca banyak konten. Jika Anda memutuskan untuk menyematkan Youtube, Soundcloud, Vimeo, atau konten video lainnya ke situs web Anda, konten tersebut dapat diindeks oleh beberapa perayap web.

  • Perayapan email (email crawling)

    Jenis perayapan email sangat berguna dalam pembuatan prospek keluar karena jenis perayapan ini membantu mengekstrak alamat email. Perlu disebutkan bahwa perayapan semacam ini ilegal karena melanggar privasi pribadi dan tidak dapat digunakan tanpa izin pengguna.

 

Baca Juga  :    Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google dan Mesin Pencarian

 

Perbedaan Web Crawler dan Web Scraper

Mengenal Cara Kerja Web Crawler Bagi Situs Web
 

Banyak orang menggunakan web crawler dan web scraper secara bergantian. Namun demikian, ada perbedaan penting antara keduanya. Jika yang web crawler sebagian besar berurusan dengan metadata konten, seperti tag, tajuk utama, kata kunci, dan hal-hal lain. Sedangkan web scraper bekerja dengan ‘mencuri atau mengambil’ konten dari situs web untuk diposting di sumber online orang lain.

Web scraper juga bekerja dengan berburu untuk data tertentu. Misalnya, jika Anda perlu mengekstrak informasi dari situs web yang berisi informasi seperti tren pasar saham, harga Bitcoin, atau lainnya, Anda dapat mengambil data dari situs web ini dengan menggunakan bot dari web scraper. Jika Anda merayapi situs web Anda, dan Anda ingin mengirimkan konten Anda untuk diindeks, atau agar orang lain menemukannya, itu sah-sah saja, jika tidak, mengganggu situs web orang dan perusahaan lain adalah melanggar hukum.

 

Baca Juga  :     Sitemap : Hubungannya Dengan SEO, Manfaat dan Cara Membuatnya Dengan Mudah

 

Kesimpulan dan Penutup

Situs web, blog, dan semua konten yang ada di internet saat ini tidak lepas dari bantuan web crawler. Perayap situs web adalah bagian integral dari mesin pencari utama yang digunakan untuk mengindeks dan menemukan konten. Banyak perusahaan mesin pencari memiliki bot mereka, misalnya, Googlebot didukung oleh perusahaan raksasa Google. Selain itu, ada beberapa jenis perayapan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tertentu, seperti perayapan video, gambar, atau media sosial.

Sedangkan penerapannya pada bisnis online saat ini, mempertimbangkan apa yang dapat dilakukan spider bot akan sangat penting dan bermanfaat bagi bisnis Anda. Ini dikarenakan perayap web akan membantu mengungkapkan Anda dan perusahaan, organisasi, bisnis atau brand Anda kepada dunia dan dapat mendatangkan pengguna dan pelanggan baru yang relevan.

Related Post :

popup image