Mengenal dan Memahami Cara Kerja Indeks Google News

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Jika Anda memiliki sebuah website, maka Anda mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana meningkatkan trafik visitor ke website Anda. Jawabannya adalah Google News. Dengan Google News Anda bahkan tidak harus menjadi penulis profesional untuk mendapatkan kunjungan ke situs Anda. Google News telah banyak membantu para penulis, blogger, content creator serta penerbit dalam menargetkan trafik yang sesuai.

Selain itu Google News juga membantu mengoptimalkan search engine atau mesin pencari agar situs Anda mendapatkan visibilitas yang lebih baik. Artinya dengan memanfaatkan Google News, artikel atau konten pada website Anda mungkin dapat terlihat oleh visitor saat melakukan pencarian tertentu pada search engine.

Disamping itu Google News disediakan untuk website dan blog yang menerbitkan artikel sesuai topik tertentu dan tepat waktu. Meski situs Anda tidak harus menjadi situs berita karena jika Anda memposting konten yang layak diberitakan dengan audiens yang tidak terbatas secara konsisten maka itu mungkin dapat diterima Google News. Simak penjelasan selanjutnya dibawah ini jika Anda ingin menggunakan Google News untuk membantu meningkatkan trafik situs web Anda.

 

Mengenal Apa Itu Indeks di Google News

Mengenal dan Memahami Cara Kerja Indeks Google News
 

 

Google News adalah layanan berita gratis dari Google dan berfungsi secara berbeda dengan search engine Google. Search engine Google mengirimkan crawlers yakni suatu proses untuk mencari link yang ada di internet yang memindai web untuk pembaruan informasi dan memberi indeks terhadap pembaruan tersebut setelah mendapatkan keyword.

Meskipun begitu Google News juga memiliki crawlers tetapi kebanyakan memindai web dan memberi indeks web tersebut berdasarkan konten berita yang dianggap berkualitas tinggi, mematuhi kebijakan konten Google News, atau telah disetujui sebelumnya. Artinya jika website Anda telah berhasil mendapatkan indeks Google News, website Anda akan terlihat pada hasil pencarian Google dan sebaliknya jika website Anda tidak muncul di hasil pencarian maka web tersebut belum diberikan indeks oleh Google News.

Sedangkan indeks di Google News bisa dikatakan sebagai sebuah database yang berisi informasi website yang telah dipindai dan diberikan peringkat terhadap kontennya berdasarkan keyword pencarian dari user. Agar mendapatkan peringkat pada indeks ini, Anda dapat mengirimkan website Anda secara manual ke Google News ataupun dengan cara lain, karena setelah Desember 2019 Google telah mengumumkan bahwa sebuah berita secara otomatis dapat masuk ke tab pencarian. Ini merupakan kabar baik bagi Anda karena Anda tidak perlu melakukan tugas tambahan seperti mendaftarkan website Anda dan lebih fokus untuk konsisten menerbitkan konten yang berkaitan dengan berita.

 

Baca Juga  :    Pedoman Cepat dan Mudah Google News dan Persyaratannya

 

Keuntungan Website yang Disetujui oleh Google News

Algoritma berubah namun algoritma yang terbaru untuk peringkat berita terbaik dan terautentikasi di search engine berita Google, hanya situs web terbaik di dunia yang mendapatkan trafik besar. Berikut 5 manfaat dan keuntungan yang bisa didapat dari website yang disetujui oleh Google News.

  • Meningkatkan trafik

    Konten berita Anda yang diterbitkan di Google News yang telah disetujui akan terindeks dengan cepat dan bergantung pada kualitas website Anda, Google akan menampilkan konten berita Anda di tempat yang tepat dalam hasil pencarian Google News. Ini akan meningkatkan trafik web Anda dengan sangat instan.

  • Meningkatkan tautan ke website Anda

    Anda dapat menyematkan tautan dari Google News untuk meningkatkan peringkat Anda di website bermerek dan terkenal untuk pembaruan dan berita terbaru. Mereka mungkin akan memberikan tautan ke website Anda dari website mereka. Ini akan meningkatkan tautan balik ke Anda, trafik Anda dan peringkat Anda akan meningkat dalam hasil pencarian organik.

  • Menaikan nilai brand Anda

    Jika trafik website meningkat, Anda tentu dapat melakukan branding ataupun marketing terhadap visitor sehingga memungkinkan menjadi prospek baru, hingga menghasilkan penjualan!

  • Menjadikan status website ke Authority Site

    Situs website Anda akan berstatus Authority Site apabila telah ditinjau dan disetujui secara manual oleh tim Google News. Ini mengakibatkan peningkatan peringkat website Anda dan Anda akan mulai mendapatkan lebih banyak trafik ke website Anda seiring peningkatan peringkat SERP (Search Engine Result Page).

  • Manfaat nilai positif

    Situs website yang menampilkan konten segar setiap harinya akan mendapatkan nilai ekstra dari Google. Ini dikarenakan berita berkualitas di website Anda yang diterbitkan setiap hari akan diindeks oleh crawlers Google News dan Anda akan mendapatkan nilai yang positif dari Google.

 

Itulah beberapa manfaat dan kelebihan bagi situs web yang sudah disetujui oleh Google News. Semua kelebihan itu akan membantu situs web Anda untuk mendapatkan lebih banyak bantuan dalam memperkenalkannya ke target yang relevan dan sesuai. Simak bagaimana Google News bekerja dibawah ini.
Baca Juga  :    Langkah-Langkah Mendaftar Google AdSense dan Tips Mengoptimalkannya

 

Bagaimana Google News Indeks Bekerja

Mengenal dan Memahami Cara Kerja Indeks Google News
 

 

Jika dijelaskan, Google News mengumpulkan berita dari berbagai sumber menggunakan suatu algoritma yang memilih berita mana yang akan ditampilkan kepada user dengan beberapa aspek pertimbangan seperti keyword, minat, keunggulan, otoritas, lokasi, kesegaran, dan kegunaan. Lalu tahapan berikutnya adalah memberi kategori terhadap hasil menjadi topik dan sub topik.

Beberapa staf Google mungkin akan terlibat dalam melakukan kurasi manual saat ada berita acara internasional besar atau topik yang menarik minat budaya populer seperti acara penghargaan. Selain itu Google lebih menekankan pada tampilan hasil otoritatif dibandingkan dengan yang paling segar atau paling relevan selama berita terkini atau situasi krisis untuk mengurangi visibilitas informasi yang menyesatkan. Google bekerja sama dengan penerbit untuk menyusun data serta kualitasnya untuk membantu search engine agar menghasilkan berita yang paling andal.

Setelah mengenal dan memahami tentang indeks di Google News, Anda mungkin dapat mempersiapkan konten berita yang sesuai dengan bagaimana indeks ini bekerja seperti mempertimbangkan minat baca berita di waktu tertentu, lokasi yang sedang menjadi pusat perhatian, minat audiens Anda, ataupun kesegaran berita Anda. Sehingga ketika Anda mengirimkan situs web secara manual ke Google News maupun membiarkannya terdeteksi secara otomatis oleh Google News, Anda akan langsung diberi indeks oleh Google News dan mendapatkan peningkatan trafik ke web Anda.

 

Baca Juga  :     Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Apabila berbicara dalam meningkatkan trafik dan membuat situs web Anda dikenali, Google News adalah salah satu opsi yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan trafik website Anda. terlebih lagi website Anda tidak harus menjadi sebuah website berita untuk dapat dikirim atau terindeks oleh suatu proses untuk mencari link yang ada di internet atau disebut crawlers Google News, melainkan dapat berupa postingan secara konsisten terkait dengan konten yang layak diberitakan serta tanpa batasan audiens.

Supaya website Anda tampil dalam hasil pencarian Google News, dibutuhkan persiapan yang matang terkait konten Anda karena algoritma Google akan melakukan indeksing terhadap konten Anda apabila nilai konten Anda tinggi dan sesuai dengan kebijakan Google. Mengingat indeks di Google News dapat dikatakan sebagai sebuah database yang menyimpan informasi nilai atau peringkat dari situs web yang telah terpilih, sehingga informasi ini dapat ditampilkan di search engine Google News. Jika website Anda disetujui oleh Google News, maka web Anda juga ada di indeks Google News dan akan ditampilkan ke hasil pencarian user. Beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari website yang disetujui oleh Google News adalah peningkatan trafik, melakukan branding terhadap audiens Anda, peningkatan peringkat hasil pencarian, hingga mendapatkan nilai positif dari Google.
 

Related Post :