logo Memahami Cara Kerja Indeks Google News - IDCloudHost

Memahami Cara Kerja Indeks Google News

Memahami Cara Kerja Indeks Google News

Menambah trafik organik dalam suatu website merupakan salah satu indikator yang selalu dipertimbangkan oleh para pemilik website. Namun tahukah Anda bahwa layanan Google News dapat Anda jadikan salah satu metode untuk mewujudkan hal tersebut. Apalagi layanan ini telah didownload oleh lebih kurang 1 miliar pengguna di seluruh dunia dan tentu saja hal ini juga akan menjadi media promosi yang efektif bagi Anda. 

Bayangkan saja jika konten atau website Anda ditampilkan dalam Google News maka secara tidak langsung audiens Anda pun akan bertambah. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai layanan ini dan bagaimana sistem Google News bekerja, maka Anda berada di artikel yang tepat! Dengan demikian, simaklah ulasan artikel berikut ini!

Apa Itu Google News? 

Mengenal dan Memahami Cara Kerja Indeks Google News

Google news adalah layanan gratis oleh google yang memberikan informasi atau berita dan dikumpulkan dari berbagai sumber informasi yang ada di berbagai belahan dunia. Lebih lanjut, Google News pun akan membagikan berdasarkan kriteria tertentu sesuai dengan relevansi, kebaruan konten, kemenarikan, dan otoritas. Jika Anda ingin mengakses secara langsung layanan Google News, maka Anda bisa mengakses link berikut https://news.google.com/

Salah satu kelebihan dari Google News adalah bagaimana sebuah informasi atau berita dikoleksikan atau dikategorikan. Hal demikian juga yang membuat informasi yang berada di Google News berkualitas sehingga ketika konten atau website Anda berada pada Google News, maka tak alang trafik website Anda akan naik. 

Dengan demikian, dengan memanfaatkan layanan Google News maka secara tidak langsung Anda juga sedangkan memperbaiki kualitas SEO pada website Anda. 

Mengenal Apa Itu Indeks di Google News

Google News adalah layanan berita gratis dari Google dan berfungsi secara berbeda dengan search engine Google. Search engine Google mengirimkan crawlers yakni suatu proses untuk mencari link yang ada di internet yang memindai web untuk pembaruan informasi dan memberi indeks terhadap pembaruan tersebut setelah mendapatkan keyword.

Meskipun begitu Google News juga memiliki crawlers tetapi kebanyakan memindai web dan memberi indeks web tersebut berdasarkan konten berita yang dianggap berkualitas tinggi, mematuhi kebijakan konten Google News, atau telah disetujui sebelumnya. Artinya jika website Anda telah berhasil mendapatkan indeks Google News, website Anda akan terlihat pada hasil pencarian Google dan sebaliknya jika website Anda tidak muncul di hasil pencarian maka web tersebut belum diberikan indeks oleh Google News.

Sedangkan indeks di Google News bisa dikatakan sebagai sebuah database yang berisi informasi website yang telah dipindai dan diberikan peringkat terhadap kontennya berdasarkan keyword pencarian dari user.

Agar mendapatkan peringkat pada indeks ini, Anda dapat mengirimkan website Anda secara manual ke Google News ataupun dengan cara lain, karena setelah Desember 2019 Google telah mengumumkan bahwa sebuah berita secara otomatis dapat masuk ke tab pencarian.

Ini merupakan kabar baik bagi Anda karena Anda tidak perlu melakukan tugas tambahan seperti mendaftarkan website Anda dan lebih fokus untuk konsisten menerbitkan konten yang berkaitan dengan berita.

Keuntungan Website yang Disetujui oleh Google News

Algoritma berubah namun algoritma yang terbaru untuk peringkat berita terbaik dan terautentikasi di search engine berita Google, hanya situs web terbaik di dunia yang mendapatkan trafik besar. Berikut 5 manfaat dan keuntungan yang bisa didapat dari website yang disetujui oleh Google News.

  • Meningkatkan trafik

    Konten berita Anda yang diterbitkan di Google News yang telah disetujui akan terindeks dengan cepat dan bergantung pada kualitas website Anda, Google akan menampilkan konten berita Anda di tempat yang tepat dalam hasil pencarian Google News. Ini akan meningkatkan trafik web Anda dengan sangat instan.

  • Meningkatkan tautan ke website Anda

    Anda dapat menyematkan tautan dari Google News untuk meningkatkan peringkat Anda di website bermerek dan terkenal untuk pembaruan dan berita terbaru. Mereka mungkin akan memberikan tautan ke website Anda dari website mereka. Ini akan meningkatkan tautan balik ke Anda, trafik Anda dan peringkat Anda akan meningkat dalam hasil pencarian organik.

  • Menaikan nilai brand Anda

    Jika trafik website meningkat, Anda tentu dapat melakukan branding ataupun marketing terhadap visitor sehingga memungkinkan menjadi prospek baru, hingga menghasilkan penjualan!

  • Menjadikan status website ke Authority Site

    Situs website Anda akan berstatus Authority Site apabila telah ditinjau dan disetujui secara manual oleh tim Google News. Ini mengakibatkan peningkatan peringkat website Anda dan Anda akan mulai mendapatkan lebih banyak trafik ke website Anda seiring peningkatan peringkat SERP (Search Engine Result Page).

  • Manfaat nilai positif

    Situs website yang menampilkan konten segar setiap harinya akan mendapatkan nilai ekstra dari Google. Ini dikarenakan berita berkualitas di website Anda yang diterbitkan setiap hari akan diindeks oleh crawlers Google News dan Anda akan mendapatkan nilai yang positif dari Google.

Itulah beberapa manfaat dan kelebihan bagi situs web yang sudah disetujui oleh Google News. Semua kelebihan itu akan membantu situs web Anda untuk mendapatkan lebih banyak bantuan dalam memperkenalkannya ke target yang relevan dan sesuai. Simak bagaimana Google News bekerja dibawah ini.

Bagaimana Google News Indeks Bekerja

Bagaimana Google News Indeks Bekerja
Dengan semakin berkembangnya berbagai platform media yang membuat arus informasi semakin kencang. Hal tersebut juga membuat pengguna semakin susah mencari informasi yang relevan, faktual, dan aktual. Kehadiran Google News tentunya akan membantu para pengguna untuk mendapatkan informasi yang lebih berimbang dari berbagai sumber media yang terpercaya. 

Dengan aspek kepercayaan yang ditawarkan oleh Google News, tentu saja layanan ini semakin menarik berbagai pengguna. Dengan demikian, ketika konten atau website Anda ditampilkan oleh Google News maka secara tidak langsung website Anda telah menayangkan konten yang relevan sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Meskipun demikian, Anda tetap harus memahami bagaimana Google News bekerja sehingga memaksimalkan potensi konten atau website Anda. 

Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan publisher center untuk membagikan konten Anda dengan Google News dengan melakukan submit RSS Feeds, URL Website, atau video. Meskipun demikian, jika Anda tidak menggunakan publisher center maka konten Anda bisa saja terdeteksi melalui proses crawling google.

Seperti proses biasanya, Google akan mempertimbangkan kualitas dan kebenaran dari suatu konten serta bot Google akan melakukan indexing di saat yang bersamaan. Lebih lanjut, algoritma google akan menganalisa konten yang paling relevan sesuai dengan berbagai indikator yang telah ditetapkan.

Mulai dari jumlah klik, keandalan dari sebuah konten, tingkat kedekatan geografis dengan subjek yang diberitakan,  waktu publikasi, dan berbagai aspek lainnya. Ketika konten atau website Anda telah memenuhi semua kriteria, maka konten Anda pun akan ditampilkan oleh Google News. 

Cara Mudah Terindeks Google News

Pada dasarnya, google bisa merujuk berbagai website untuk dijadikan sumber Google News selama konten yang Anda buat relevan dan menarik. Bagaimanapun, Anda bisa memaksimalkan potensi konten Anda untuk terindeks Google News. Dengan demikian, berikut telah kami rangkum beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Kualitas konten

Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik adalah memastikan konten yang Anda tulis adalah konten yang berkualitas. Sangat perlu bagi Anda untuk memberikan konten yang membuat pengguna nyaman dan tertarik untuk membacanya. Lebih lanjut, hal tersebut dapat diwujudkan dengan beberapa hal berikut:

  • Jenis konten

Anda harus memahami konten yang sedang ditulis karena pada dasarnya Google News akan membagi berbagai konten ke dalam segmen tertentu. Lebih lanjut, pastikan isi konten yang Anda masukkan bermanfaat, relevan, terjadwal, dan menarik perhatian para pengguna.

  • Originalitas konten

Pastikan setiap konten yang Anda tulis mengandung informasi yang valid, akurat, dan original. Meskipun demikian, jika konten yang Anda tulis merupakan gabungan konten yang Anda buat sendiri dengan konten-konten orang lain maka Anda wajib menjelaskan pada konten tersebut. 

  • Konten dapat dipercaya

Pastikan konten pada website Anda mengandung informasi yang dapat dipercaya berdasarkan sumber-sumber yang juga relevan. Jika pun Anda mencantumkan opini maka penjelasannya juga harus jelas sehingga akan memudahkan pemahaman para pembaca atau pengguna. 

  • Pastikan website Anda menggunakan HTTPS

Jika Anda ingin mendapatkan rujukan atau indeks dari Google News maka keamanan adalah hal yang utama. Salah satu perwujudannya adalah dengan menggunakan HTTPS yang lebih memberikan jaminan keamanan yang lebih baik sehingga pengguna akan lebih merasa nyaman dalam berselancar pada suatu website. 

Pada dasarnya, HTTPS bisa Anda dapatkan secara gratis dengan adanya Fitur Let’s Encrypt. Namun jika Anda ingin lebih memahami mengenai hal ini khususnya yang berkaitan dengan cara men-redirect HTTP ke HTTPS, maka Anda dapat mengakses konten panduan redirect HTTP ke HTTPS berikut ini!

  • Bangunlah transparansi yang kuat

Membangun transparansi dan kepercayaan adalah hal penting yang perlu dilakukan. Dengan demikian, sangat perlu bagi Anda untuk menghindari hal-hal berikut:

  1. Menipu pengguna atau pembaca dengan cloaking, automated content, atau memasukkan teks atau link yang tersembunyi. 
  2. Memasukkan keyword stuffing, satellites website, memasukkan teknik optimasi yang berlebihan, dan sebagainya.

Dengan demikian, jika Anda konten atau website Anda terindeks oleh Google News maka pastikan Anda transparan terhadap konten yang Ada publikasikan. 

  • Buatlah section blog pada website Anda

Membuat section blog pada website tentunya akan membantu Google dalam mengindeks website Anda. Pastikan blog yang Anda tulis mengandung informasi atau berita terkini yang dapat dipercaya. Lebih lanjut, pastikan Anda juga untuk selalu update setidaknya dalam satu hari ada sebuah konten yang diterbitkan. 

Lebih lanjut, Anda juga harus memastikan bahwa tim content writer yang Anda miliki adalah para profesional yang mampu membangun tulisan yang baik. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa koordinasi juga berjalan dengan baik antara sesama tim misalnya tim content dengan tim desain atau dengan tim liputan dan sebagainya. 

  • Pahami bot Google News

Seperti yang telah dijelaskan bahwa akan ada bot yang bertugas melakukan identifikasi konten yang Anda tulis. Dengan demikian, agar konten Anda bisa terindeks dengan baik maka Anda perlu memahami bot Google News dengan beberapa cara poin berikut ini:

  • Miliki URL yang unik dan permanen
  • Halaman selalu aksesibel khususnya ketika artikel ditampilkan pada Google News
  • Memiliki tautan HTML dengan beberapa kata untuk anchor karena tidak semua JavaScripts links bisa di-crawling
  • Gunakan format HTML untuk konten
  • Optimalkan file robot.txt dan tag meta description
  • Jangan masukkan multimedia konten atau file audio selain video youtube. 

Penutup

Google News menjadi salah satu layanan yang terus berkembang dengan menghadirkan informasi dari berbagai sumber media. Website atau konten Anda bisa menjadi salah satunya namun pastikan Anda melakukan optimalisasi berbagai aspek yang diperlukan. Ingat saja, ketika konten Anda ditampilkan maka SEO organik Anda akan naik secara bersamaan. 

Adapun salah satu hal yang perlu Anda pertimbangan untuk mewujudkan konten yang berkualitas tentunya tidak terlepas dengan keandalan suatu website.  Adapun salah satu layanan yang bisa Anda gunakan adalah Bare Metal Server yang merupakan server pendukung aktivitas aplikasi dan website dengan spesifikasi sumber daya server serta resource yang sangat tinggi. Dengan demikian, Anda bisa menciptakan konten yang berkualitas dengan space yang mumpuni. 

 

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image