Mengenal Dicoding : Bangun Karirmu Dengan Ratusan Sertifikat Developer

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Dicoding, merupakan sebuah program yang berjalan dalam bidang pengembangan aplikasi, serta memiliki banyak kelas “Dicoding Academy”,dandapat dipelajari dengan system pembelajaran online atau “Daring”. Dicoding sendiri juga menyediakan “challange” atau tantangan, serta even kegiatan yang bisa diikuti oleh setiap anggota membernya.

Setiap tantangan atau even yang berhasil diselesaikan dengan baik, para memberakan dihadiahi dengan Dicoding poin atau XP. Dicoding Points merupakan sebuah istilah dari poin yang bisa anda dapatkan dari developer setelah mengikuti “Challenge”, “Event”, dan “Academy”.

Setiap poin yang sudah diperolah, maka bisa ditukar dengan rewards. Penukaran rewords bisa berupa hadiah sesuai dengan jumlah Poin itu sendiri. Jadi hadiah dari setiap academy, memiliki jumlah poin dan XP yang bervariasi atau tidak dipatok dengan jumlah yang pasti.

 

Apa Itu Dicoding? 

 

Dicoding secara resmi diluncurkan tanggal 5 Januari 2015 untuk menjembatani developer Indonesia dengan kebutuhan dan permintaan pasar yang semakin kompetitif. Melalui ketiga pilar: challenge, event, academy, dan Jobs. Dicoding giat mewujudkan misi menumbuhkembangkan ekosistem industri IT di Indonesia dengan mengasah talenta terbaik yang menghasilkan produk teknologi unggul serta mampu bersaing di pasar lokal maupun global.

Pada awal tahun kelimanya, Dicoding telah berhasil memikat lebih dari 215,000 developer IT dari 487 kota di seluruh Indonesia. Di antara jumlah tersebut, sebanyak 850 merupakan startup members yang memanfaatkan program-program Dicoding untuk memotivasi, mendukung, dan meningkatkan kualitas karya digital startup-nya.

 

Apa Perbedaan Poin Dan XP Pada Dicoding?

Dicoding poin merupakan sebuah penghargaan yang diberikan oleh pihak Dicoding kepada developer, yang berbentuk koin yang dapat ditukar dengan hadiah yang sudah tersedia pada katalog. Sedangkan XP merupakan sebuah poin reputasi yang dimiliki oleh setiap developer yang telah ditempuh selama bergabung di Dicoding.

 

Kapan Poin Dicoding Bisa Ditukar Dengan Rewards?

Penukaran Poin Dicoding dengan Rewards, hanya bisa dilakukan jika jumlah koin cukup dengan target rewards. Artinya perlu penyesuaian jumlah poin dengan Rewards hadiah yang diinginkan. Sebab hadiah hanya bisa diambil dengan jumlah poin tertentu, yang mana jumlah poin harus sesuai dengan target hadiah tersebut.

 

Informasi Lengkap Mengenai Akun Dicoding

 

Saat pertamakali mendaftar akun Dicoding,anda akan disuguhkan dengan dua pilihan akun yakni registrasi sebagai Developer, atau sebagai Partner. Perbedaan antara keduanya adalah, jika mendaftar sebagai akun developer, maka anda bisa mengikuti “Academy”, “Event” serta “Challange” atau bahkan melamar jobs yang ada di Dicoding.

Sedangkan akun partner, sesungguhnya tidak memiliki perbedaan yang jauh. Sebab akun partner memiliki suatu akses yang hampir sama dengan akun developer, namun akun ini tidak bisa digunakan untuk mengikuti challenge yang sudah disediakan Dicoding. Terus apa keuntungan dengan mendaftar akun Dicoding?

Baca Juga : Gimana Rasanya Kerja di Startup ?

 

Apa Saja Keuntungan Mendaftar Pada Akun Dicoding?

  1. Rewards

    Pihak Dicoding sendiri sangat-sangat mengapresiasikan dalam setiap keberhasilan seorang developer, dengan cara memberikan berbagai macam rewards dari penukaran coin Dicoding. Rewards sendiri yang dimaksudkan disini merupakan suatu bentuk kesempatan kepada seluruh developer untuk bisa meningkatkan pembuatan karya yang lebih baik, sehingga mampu meraih karya yang sesuai dengan kebutuhkan.

  2. Sertifikasi

    Dicoding memang menyediakan program sertifikasi bagi seorang developer yang telah mengikuti event atau yang sudah berhasil menyelesaikan academy. Sertifikasi tersebut merupakan suatu penghargaan atau apresiasi bahwa seorang developer telah sepenuhnya mengikuti pembelajaran bersama Dicoding academy.

 

Informasi Lengkap Tentang Dicoding Academy

Setelah anda mengetahui definisi dari Start up Dicoding ini, Tentu ini merupakan kesempatan emas bagi anda untuk meningkatkan softskill anda. terutama dibidang IT,  berikut seputar informasi mengenai dicoding :

 

1. Mengapa Harus MengikutiProgram Dicoding Academy?

Dicoding Academy merupakan sebuah program yang telah dibuat dalam platform Dicoding, dan didesain dengan tujuan untuk meningkatkan pengembangaplikasi khususnya di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produk teknologi yang dilakukan dalam bentuk kuiz serta tutorial untuk para pengembang pemula.

 

2. Siapa Saja Yang Berhak Mendaftar Program Dicoding Academy?

Pihak Dicoding, memang mensyaratkan bahwa platform Dicoding hanya untuk developer berwarga Negara Indonesia saja. Dicoding umumnya bisa diikuti oleh semua orang dengan kalangan yang tidak terbatas. Mulai dari freelancer, pengusaha, mahasiswa, pelajar, komunitas dan lain sebagainya yang berkeinginan tinggi untuk mengikuti program pengembangan tersebut.

 

3. Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Masuk Program Dicoding Academy?

  1.  Perangkat
    Dalam mengikuti Dicoding academy, memang sangat dianjurkan untuk memiliki perangkat elektronik berupa laptop atau computer. Kedua perangkat tersebut nantinya akan menjadi suatu media pembelajaran yang akan diberikan oleh pihak Dicoding academy. Selain itu perangkat yang digunakan juga harus memiliki spesifikasi diatas standart.
  2. Manajemen Waktu
    Dalam academy klass Dicoding memberikan batasan waktu untuk belajar sekitar 30 sampai dengan 90 hari. Proses belajar memang terbatas akan deadline. Sebab bagi yang belum bisa menyelesaikan dengan tenggang waktu deadline tertentu, perlu melakukan restart belajar atau mengulang dari modul terakhir, dan dikenakan biaya untuk pembayaran.
  3. Koneksi Internet
    Memang system pembelajaran yang digunakan Dicoding academy adalah system online/ Daring. Maka dari itu perlu suatu koneksi yang lancar untuk bisa menghubungkan dengan server Dicoding. Dengan koneksi yang memadai, sehinggaproses akses ke server Dicoding bisa lebih lancar tanpa ada hambatan yang terjadi.

 

Apa Keuntungan Belajar di Program Dicoding Academy?

 

Keuntungan yang bisa anda dapatkan yakni ilmu serta skill dalam membuat produk berbasis teknologi yang mencakup beberapa hal berikut ini. Suatu bekal teknis yang mumpuni yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti kelas regular Dicoding academy. Suatu Kemampuandalam membuat aplikasi yang bisa didapat dengan mengikuti chalange di Dicoding academy. Keprofesionalan bakat serta skill yang bisa anda peroleh dalam pelajaran kelas pico diplomadalam Dicoding academy.

 

  1. Bagaimana Cara Mengikuti Program Dicoding Academy?

    Para Developer yang sudah mendaftar akun pada Dicoding, bisa memilih jenis academy yang sesuai dengan minat masing-masing. Setelah pemilihan sudah dilakukan, program academy yang anda pilih akan mengarahkan untuk mengikuti setiap materi serta penyelesaian tugas atau bahkan quiz.
     
    Dengan adanya progam seperti halnya Dicoding, tentu bisa membantu proses pembelajaran di bidang teknologi yang sedang berkembang di era digitalisasi ini,Yakni internet of things, Website, Game, atau bahkan Mobile aplikasi. Penyediaan kelas online di Dicoding academy memang bisa terbilang evektif.

  2. Kapan Bisa Mendapat Sertifikat Dari Dicoding Academy?

    Pendapatan sertifikat bisa dilakukan dengan cara mengikuti event yang telah diadakan oleh pihak Dicoding. Ada pula sertifikat kelulusan yang bisa didapatkan setelah menyelesaikan program kelas Dicoding academy. Untuk sertifikat keikutsertaan evan, memang langsung bisa didapat setelah mengikuti even.
     
    Berbeda dengan sertifikat kelulusan, yang baru bisa didapatkan setelah menyelesaikan kelas Dicoding. Untuk sertifikat academy Dicoding, memiliki masa berlaku selama 3 tahun saja, sedangkan untuk sertifikat event Dicoding memiliki masa aktif selama seumur hidup.

Baca Juga : Kenali Dulu Berbagai Macam Bisnis Startup yang Potensi

Kesimpulan dan Penutup

Itulah informasi lengkap mengenai program Dicoding Academy, walaupun menggunakan system kelas online yang membahas mengenai pembelajaran tentang dunia coding. Dicoding sendiri sudah terbukti mencetak developer-developer handal serta bertalenta guna meningkatkan kemampuan programming untuk seluruh kalangan masyarakat di Indonesia.

Dengan menggunakan system academy, event, serta challenge yang dinilai sangat efektif untuk pembelajaran programming pemula hingga mahir dalam mengembangkannya. Selain itu apresiasi juga diberikan kepada seluruh developer yang telah dinilai berhasil dalam pembelajaran kelas, even, atau challenge dengan memberikan rewards dan sertifikasi.

Program sertifikasi yang diberikan bisa berupa sertifikat yang langsung ditanda tangani oleh pihak Dicoding, dengan pengakuan bahwa telah menyelesaikan suatu study pembelajaran dan dinilai telah layak dianggap sebagai seorang programming.

Related Post :