Mengenal Fitur Facebook Marketplace, Cara Berjualan, dan Tips Membeli

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 2

Apa itu Facebook Marketplace ?

Banyak dari kita yang belum menyadari kehadiran fitur baru dari Facebook belakangan ini. Fitur tersebut bernama Facebook Marketplace. Facebook Marketplace merupakan tempat jual dan beli yang dikhususkan untuk para pengguna Facebook karena marketplace ini ditempatkan didalam platform Facebook. Bisa ditemukan dibagian ujung kiri atas, Facebook Marketplace dapat diakses melalui desktop, tablet, ataupun aplikasi Facebook di smartphone. Ketuk saja ikon seperti ini  di bagian bawah dalam Facebook app (iOS) atau di bagian atas (Android), jika menggunakan browser desktop ikon seperti ini akan muncul di sidebar kiri.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Facebook Ads ?

Facebook menyediakan tempat jual dan beli ini bertujuan agar para penggunanya dapat dengan mudah mencari dan menemukan barang-barang menarik yang dijual didalam Facebook. Disini Pengguna dapat langsung berkunjung ke marketplace ini secara langsung di dalam Facebook tanpa harus melakukan download aplikasi lain atau membuat akun lain

Jika kamu masih kebingungan kamu bisa langsung saja kunjungi URL https://www.facebook.com/marketplace/ untuk membuka Facebook Marketplace. Disana kamu akan temukan banyak sekali produk / item yang dijual oleh para pengguna Facebook yang sudah berjualan di Facebook Marketplace.

Sayangnya fitur ini setelah ditelusuri belum efektif. Masih banyak kebingungan dari segi harga. Mengingat banyak sekali yang berjualan sehingga membuat berbagai cara agar produknya ditanyai. Dengan cara menjual dengan harga yang tidak sebenarnya. Sehingga pengguna yang ingin membeli harus bertanya dengan detail apabila tertarik dengan produk tersebut. 28 Mei 2018 lalu, Facebook Marketplace baru tersedia di beberapa negara saja, tapi para pengguna Indonesia sudah banyak sekali yang memanfaatkan Facebook Marketplace untuk berdagang.

 

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Tidak ada keistimewaan khusus jika kita adalah sering menggunakan e-commerce marketplace dalam berjualan. Fitur facebook marketplace sangat mudah. Tinggal mengupload foto produk yang dijual di lama tersebut dan langsung bisa berjualan.

Jika kamu melihat menu +Jual Sesuatu (jika menggunakan bahasa Indonesia)di sisi layar untuk mulai berjualan. Klik menu +Jual Sesuatu, lalu masukkan semua rincian dari item yang dijual dengan benar. Klik tombol Kirim untuk mulai menjualnya. Setiap produk yang kita jual akan tampil di dalam menu Jual, klik menu Jual untuk melihat semua produk yang kamu jual dengan akun Facebook bersangkutan.

 

Tips Membeli dan Berbelanja di Facebook Marketplace

Fitur ini memang terbilang tidak begitu baru. Namun sangat disayangkan efektivitas dan juga keamanan di facebook marketplace ini belum begitu baik teratasi. Belum lagi kasus kebocoran data baru baru ini terjadi di facebook mungkin menghambat fitur ini dikembangkan dengan baik.

Jika menggunakannya intinya jangan mempercayai 100% detail yang tertera. Kamu harus bertanya detail dan melakukan pembelian secara face to faceuntuk meminmalisir penipuan. Mengingat facebook marketplace ini belum memiliki fitur pembayaran khusus layaknya marketplace pada umumnya. Facebook Marketplace tidak dapat melakukan transaksi jual beli secara langsung melainkan hanya ngobrol atau tawar menawar kemudian selanjutnya tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak.

Penjualan sepenuhnya dilaksanakan melalui chatting di Facebook Messenger. Ketika membuka kamu Facebook Markletplace, klik salah satu produk yang hendak dibeli. Ketika membuka salah satu item (status login), akan muncul tombol Tanya Detil. Hati-Hati ! Ketika mengklik tombol tersebut, secara otomatis Facebook akan mengirimkan pesan “Apakah ini tersedia” seolah calon pembeli bertanya kepada penjual mengenai produk bersangkutan.

Nah, dari situlah mulai obrolan, diskusi, tawar menawar hingga mencapai puncaknya. Jika setuju, maka silahkan beli tapi jika tidak setuju tidak perlu dibeli. Ini tidak seperti toko online kebanyakan. Maka dari itu perlu kewaspadaan yang lebih ketika bertransaksi melalui facebook marketplace apalagi jika pembelian menggunakan system jarak jauh atau transfer. Disarankan belilah barang – barang yang bisa kamu lihat secara nyata jika ingin membelinya.

Baca Juga : Facebook Kembali Dihack, 50 Juta Pengguna Terancam

Semoga kedepan Facebook benar – benar serius mengembangkan Facebook Marketplace ini agar bisa maksimal dan optimal untuk mengembangkan para pebisnis kecil.

Related Post :