Mengenal Google Developer Kejar Dan Cara Mendaftar Ikutan

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Berbicara mengenai dunia teknologi informasi memang tidak ada habisnya. Pasalnya, seiring dengan berjalannya waktu, berbagai perubahan sangat mungkin terjadi hingga kemudian sebagai masyarakat yang hidup di era digital terutama mereka yang menekui dunia teknologi informasi dan komunikasi, keberadaan program Google Developer Kejar menjadi hal yang penting untuk diketahui lebih jauh.

Terkait dengan keberadaan program Google Developer Kejar ini, disebutkan bahwa lapak ini nantinya akan menjadi wadah bagi semua orang yang berkeinginan untuk mendalami tentang dunia android. Disebutkan bahwa android itu sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang sangat populer dan banyak digunakan di berbagai perangkat seperti halnya ponsel ataupun sejenisnya.

Tentu saja dengan munculnya program Google Developer Kejar ini akan menjadi keuntungan tersendiri mengingat pengembangan aplikasi ini nantinya akan disesuaikan dengan perkembangan teknologi sekaligus juga kebutuhan dunia industri saat ini. Untuk bisa mendapatkan pelatihan tersebut, maka seseorang harus bergabung dengan Dicoding yang sebelumnya telah mendapatkan kepercayaan dari Google dalam menjadi mitra sekaligus mengembangkan program Google Developer Kejar.

Munculnya inisiatif Google untuk menggabungkan program Google Developer Kejar dengan platform Dicoding ini akan memberikan kesempatan bagi siapapun untuk bertemu dengan para fasilitator handal sekaligus peserta lain dalam suatu kelompok belajar yang ada di 10 kota di Indonesia. Untuk itu, buat Anda yang masih penasaran, segera bergabung dengan program Google Developer Kejar sekarang juga.

Baca Juga: Mengenal Tentang Macam-Macam Versi Android

 

Apa Itu  Program Google Developer Kejar 2020 ?

 

Jadi, pada hakikatnya, program Google Developer Kejar ini akan memberikan pelatihan atau training yang nantinya akan membangun sistem operasi berbasis android yang mengusung bahasa pemrograman Java. Nantinya, peserta akan belajar seluk beluk materi di dalamnya seperti application UX, debugging, fundamental application, components, testing, persistent data storage hingga enhanced system integration.

Selain itu, peserta yang telah mendaftar dalam program Google Developer Kejar ini nantinya akan memanfaatkan materi online yang berasal dari Google Authorized Training Partner yang sebelumnya telah dilakukan review oleh pihak Googel Expert. Nantinya, setiap peserta yang tergabung dalam program Google Developer Kejar ini akan memperoleh review sekaligus kesempatan untuk belajar secara berkelompok.

 

Mengapa harus Mendaftar Google Developer Kejar

 

nah, setelah anda memahami program Google Developer itu seperti apa, selanjutnya anda wajib mengetahui apa saja keunggulan mengikuti program ini.

 

  1. Keberadaan program

    Google Developer Kejar memang sangat membantu siapapun untuk lebih mendalami mengenai dunia pemrograman yang kerap kali menjadi sumbangsih dalam perkembangan dunia teknologi. Disebutkan, bahwa program tersebut sangatlah recommended untuk diikuti karena beberapa alasan berikut ini.

  2. Ilmu yang disampaikan sangat up to date

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa program Google Developer Kejar ini akan menyampaikan berbagai ilmu tentang dunia teknologi informasi berupa bahasa pemrograman yang telah berkembang secara signifikan. Hal ini nantinya akan membuka wawasan baru para peserta yang mengikuti program Google Developer Kejar tersebut.

  3. Peningkatan skill dalam coding

    Jika sebelumnya, di bangku perkuliahan ataupun sejenisnya, Anda hanya akan diajari coding secara umum saja, maka program Google Developer Kejar menjadi lapak yang tepat untuk mengembangkan skill dalam coding. Bahkan, Anda juga akan berkesempatan untuk menemukan berbagai strategi coding terbaru yang pastinya sangat menarik bersama program Google Developer Kejar tersebut. Kondisi semacam ini telah dirasakan oleh banyak orang sebelumnya.

  4. Membangun network yang luas

    Ketika Anda telah terdaftar dalam program Google Developer Kejar, nantinya Anda akan bertemu dengan berbagai peserta kursus lain yang berasal dari berbagai kalangan. Tentu saja hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda dalam mengembangkan jaringan dan bertukar informasi seputar dunia coding ataupun lainnya. Untuk mempererat hubungan komunikasi, kerap kali dibuat sebuah group whatsapp juga.

  5. Mendapatkan banyak motivasi

    Selain itu, dengan bergabung bersama program Google Developer Kejar, maka seseorang akan mendapatkan banyak sekali motivasi dari orang lain yang juga turut serta program Google Developer Kejar tersebut. Adanya motivasi tersebut nantinya akan mendorong seseorang untuk belajar lebih giat sekaligus juga membantu dalam menemukan kemampuan tersembunyi dalam mengolah bahasa pemrograman.

  6. Membawa suatu perspektif baru dalam dunia teknologi

    Bersama program Google Developer Kejar, maka seseorang akan bisa lepas dari adanya ketertinggalan atas perkembangan dunia teknologi, khususnya mengenai dunia pemrograman yang berkembang pesat. Bahkan, hal ini juga akan membantu dalam menjawab adanya perkembangan zaman di era digital kaitannya dengan dunia teknologi informasi.

 

Cara Mendaftar Program Google Developer Kejar

 

Jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari program Google Developer Kejar 2020, nantinya Anda harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya. Pastikan Anda telah memenuhi salah satu persyaratan tersebut untuk kemudian menjadi bagian dalam program tersebut. Lebih lanjut, berikut beberapa persyaratan yang memang harus Anda penuhi sebagai peserta Google Developer Kejar.
Pastikan Anda masuk dalam salah satu kategori berikut ini:

 

  1. Memiliki suatu akun pada Google Play Developer Console
  2. Mempunyai sertifikasi Associated Android Developer (AAD)
  3. Pernah mengenyam pendidikan pada program Google Developer Kejar
  4. Pernah menjuarai suatu kompetisi terkait dengan teknologi android ataupun programming
  5. Pernah menciptakan produk ataupun aplikasi yang diluncurkan pada halaman Github ataupun Project Repository
  6. Pernah menciptakan aplikasi berbasis android
  7. Bersedia untuk mengikuti kelompok belajar baik secara online maupun offline bersama dengan fasilitator handal hingga nantinya Anda akan berkesempatan untuk berkonsultasi juga.
  8. Menanamkan komitmen untuk menyelesaikan semua pendidikan pada program Google Developer Kejar pada kelas Android Developer Expert.

 

Fasilitator Google Developer

Sedangkan untuk Anda yang tertarik ingin menjadi fasilitator pada program Google Developer Kejar, ada beberapa persyaratan yang memang harus dipenuhi. Tentu saja untuk persyaratan tersebut cukup berbeda dengan para calon peserta pada program tersebut dan berikut beberapa diantaranya. Pastikan Anda memenuhi salah satu syarat yang tercantum berikut ini:

 

  1. Android developer
  2. Lulusan MADE (Menjadi Android Developer Expert) atau juga bisa Associate Android Developer Certificaton
  3. Fasilitator pada program Google Developer Kejar atau juga Indonesia Android Kejar
  4. Developer sistem android dengan jumlah downloader minimal mencapai 50,000 dan telah dipublish pada Google play store
  5. Berkenan dalam membuat dan juga membimbing kelompok belajar yang telah ditentukan dalam program Google Developer Kejar
  6. Berkomitmen dalam memberikan bimbingan kepada peserta Google Developer Kejar hingga menyelesaikan programnya.

Parnership Udacity untuk Modul

Dalam menjalankan program ini, Google menggandeng Udacity, dan mengajak seluruh masyarakat yang tidak terdaftar dalam program ini, agar bisa menggunakan platform tersebut untuk belajar. 

Berbagai kemudahan akan diberikan untuk masyarakat Indonesia, seperti menerjemahkan materi pemrograman ke dalam bahasa Indonesia, dan video-video pembelajarn akan ditranslate ke dalam bahasa Indonesia.

Google akan bekerja sama dengan sejumlah Universitas untuk memasukkan kurikulum pemrograman ini agar bisa dipelajari dalamsatu semester. Pun demikian dengan sekolah menengah, pada tahun 2016 ini akan ditetapkan kurikulum pemrograman di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Baca Juga : Mengenal Apa itu Android Studio : Fungsi, Manfaat, dan Cara Installasinya

 

Kesimpulan dan  Penutup

Program Google Developer Kejar disediakan untuk semua orang yang memang tertarik untuk mendalami dunia teknologi informasi khususnya dalam bidang pemrograman. Namun demikian, untuk menjadi bagian dari program tersebut, baik fasilitator maupun peserta harus memenuhi salah satu persyaratan yang ditetapkan sebelumnya. Hal ini akan menjadi bekal tersendiri untuk memahami materi yang disampaikan.

Hingga detik ini, banyak sekali peserta yang sangat puas dengan program Google Developer Kejar. Kepuasan tersebut didapatkan karena berbagai hal termasuk penyampaian materi yang sangat mudah dan adanya sistem pembelajaran group hingga memudahkan seseorang untuk berkonsultasi dan sharing satu sama lain.

Sebagai informasi, IDcloudhost juga merupakan salah satu partner Google Developer Kejar yang  hingga saat ini terus mendukung terciptanya lebih banyak lagi Developer di Seluruh Indonesia, terutama Developer Perempuan. Simak Kisah kak Eliza salah satu Mentor dan Fasilitator Google Developer Kejar di Bandung.

 

Tidak hanya itu, materi yang disampaikan juga sangat up to date dan pastinya didukung oleh fasilitator yang kompeten. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mendalami bahasa pemrograman ataupun ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sistem operasi Android, sudah saatnya Anda bergabung dengan program Google Developer Kejar. Dijamin, Anda nantinya tidak akan rugi dan pastinya bisa menemukan berbagai inovasi terbaru setelah mengikuti program tersebut.

Related Post :